Home Bisnis 10 Usaha Ternak Modal 300 Ribu Menguntungkan!
usaha ternak modal 300 ribu

10 Usaha Ternak Modal 300 Ribu Menguntungkan!

by Titis NP

Dewasa ini banyak usaha yang dilakukan seperti usaha ternak karena memberikan income yang luar biasa bagi pelaku usaha. Bahkan ada usaha ternak modal 300 ribu saja sudah menghasilkan keuntungan untuk melanjutkan bisnis sampai besar. 

Apa saja yang harus dilakukan agar usaha dengan modal kecil ini bisa bertahan dan bertambah besar? Pastinya membutuhkan cara yang tidak instan dan membutuhkan konsistensi dalam melakukan usaha yang baik. Kenali beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa menumbuhkan bisnis yang baik. 

Ternyata bukan hanya unggas saja yang bisa digunakan untuk usaha ternak karena masih banyak jenis lainnya. Usaha ternak bisa semakin besar jika sukses dalam mengembangbiakkannya. 

Jenis-Jenis Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Kenali terlebih dahulu untuk jenis ternak yang menarik perhatian dan mudah untuk dijangkau. Tidak membutuhkan modal uang secara besar namun tetap butuh konsistensi, disiplin, dan gigih untuk merawat ternak sampai nantinya bisa dijual dan menguntungkan. 

1. Ternak Itik

Dimulai dengan hewan unggas yang mudah untuk dirawat dan bisa dijalankan dengan modal kecil. Dengan modal tersebut bisa membeli sepasang itik terlebih dahulu untuk dikembangbiakkan. Jangan lupa untuk melihat gender dari itik yang dibeli harus jantan dan betina. 

Modal yang sedikit tersebut jika membeli itik dan dikembangbiakkan ternyata satu itik betina bisa bertelur sampai dengan 20 telur loh. Kemudian, bisa menjual anak itik Rp. 10.000,- per ekornya. Jika masih sabar dan ingin merawatnya sampai dewasa nantinya bisa dijual Rp. 40.000,- untuk itik dewasa. 

2. Ternak Ayam Kampung

Banyak masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi ayam kampung dibandingkan ayam jenis lain. Hal tersebut dikarenakan kandungan lemak jenuhnya lebih rendah. Jadi, adanya peluang usaha ini tidak boleh disia-siakan. 

Baca Juga  12 Cara Cari Uang Tambahan di Masa Pandemi Tanpa Modal!

Bagi yang ingin membangun usaha ternak modal 300 ribu saja bisa digunakan untuk ternak ayam kampung. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membeli indukan ayam dan dibudidayakan sampai bertelur dan berkembang biak dengan baik. 

Namun, untuk modal tersebut juga harus digunakan untuk membeli kandang yang cukup nyaman. Berikan pakan yang tepat namun harganya relatif murah seperti ubi cincang, jagung giling, bungkil kacang kedelai, dan lainnya. 

3. Ternak Burung Puyuh

Selain ide ternak di atas, ternyata ternak burung puyuh juga termasuk ke dalam ternak dengan modal yang kecil. Bahkan untuk bibitnya sendiri cukup murah yaitu mulai dari 7 ribu rupiah saja yang bisa dikembang biakkan dengan baik. 

Memang untuk harganya murah namun kualitasnya tidak bisa diragukan. Pasalnya, ternak ini memberikan potensi yang baik karena pakannya juga cukup mudah berupa biji-bijian saja. 

Ingin hasil cepat? Ternyata dengan ternak burung puyuh ini maka dengan waktu 40 sampai 50 hari saja maka bisa jual loh. Untuk harganya bisa disesuaikan saja dengan harga pasaran saat ini.

4. Ternak Kambing

Apakah bisa dengan modal Rp. 300.000,- saja membangun usaha ternak kambing? Bahkan jika ingin membeli sepasang kambing harus mengeluarkan uang setidaknya Rp. 5.000.000,- loh. Bukankah ini usaha yang membutuhkan banyak uang? 

Jadi, berawal dari kegigihan bisa melakukan usaha dengan melakukan jasa ternak kambing yang dimiliki oleh peternak lain atau perorangan. 

Untuk modal yang dimiliki tersebut bisa digunakan untuk membeli keperluan perawatan ternak dan pakannya. Kemudian, keuntungan dari jasa ternak kambing tersebut bisa dibelikan kambing ternak sendiri jika modal sudah terkumpul banyak. 

Baca Juga  5 Strategi Bisnis Online Efektif dan Menguntungkan

5. Ternak Lele

Sempat booming untuk ternak lele dengan modal yang murah. Pasalnya, lele adalah makanan sehari-hari yang mudah diolah namun memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Baik rumah makan maupun ibu-ibu rumah tangga banyak yang mengolahnya sebagai makanan sehari-hari. 

Tidak akan rugi jika melakukan ternak lele dengan baik. Bahkan perawatan yang dilakukan cukup mudah dan tidak perlu perawatan ekstra. Lele adalah hewan yang dikenal mudah dibudidayakan dan tahan dengan penyakit. 

Nah, berbicara mengenai usaha ternak modal 300 ribu untuk lele rincian yang bisa dilakukan adalah membeli bibit lele dengan kualitas yang baik. Berikan pakan yang tepat sehingga lele bisa bertumbuh dengan baik. Semakin baik kualitas lele yang dibudidayakan maka omset usaha juga akan lebih banyak. 

6. Ternak Ikan Hias

Selanjutnya adalah rekomendasi untuk ternak ikan hias yang bukan merupakan hewan yang bisa dikonsumsi. Menjalankan usaha ini layaknya menjalankan hobi yang dimiliki seseorang. Jadi, cocok bagi yang suka memelihara ikan. 

Berangkat dari sebuah hobi nantinya akan menghasilkan uang yang cukup banyak. Bahkan dengan modal 300 ribu saja nantinya bisa membeli berbagai macam ikan hias. Contoh jenis ikan hias yang ada di pasaran seperti manfish, cupang, louhan, moli, dan lainnya. 

Pilihlah ikan hias yang memiliki warna dan keunikan tersendiri sehingga pembeli akan tertarik untuk membawanya pulang. Namun, perlu diingat bahwa ternak ikan hias membutuhkan konsistensi dan disiplin dalam perawatannya. 

7. Ternak Jangkrik

Berbicara mengenai potensi usaha di masa depan ternyata ternak jangkrik bisa mudah dilakukan. Memang hewan kecil ini bisa ditemukan dimana saja. Nyatanya banyak orang yang mencari jangkrik sebagai makan burung peliharaan contohnya. 

Usaha ternak modal 300 ribu ini bisa digunakan untuk membeli telur jangkrik yang kemudian bisa dirawat dan dijual saat sudah dewasa. Namun, jangan lupa juga untuk membeli pakannya seperti wadah telur, dedak ayam, dan sayur-sayuran hijau.

Baca Juga  10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Murah dan Menguntungkan 2021

8. Ternak Kelinci

Kelinci adalah hewan lucu yang banyak disukai oleh orang sehingga bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Selain sebagai hewan peliharaan ternyata kelinci juga bisa dikonsumsi karena dagingnya yang terkesan gurih dan enak untuk di sate. 

Perlu diingat bahwa jenis kelinci yang bisa diternak dan dibudidayakan adalah jenis kelinci pedaging. Untuk modal 300 ribu sudah bisa mendapatkan sepasang kelinci pedaging. Persiapkan juga kandang yang nyaman dan bersih. 

Perawatan kelinci tidak susah namun perlu diperhatikan bahwa kelinci rentan dengan suara bising karena bisa membuatnya stress. 

9. Ternak Udang

Siapa bilang ingin usaha ternak udang harus memiliki rumah dekat pantai? Ternyata bisa juga membudidayakan udang di kolam terpal. Jadi, ide usaha ini sangat potensial bukan di masa depan? Terlebih banyak pecinta udang karena rasanya gurih dan gizinya cukup baik. 

Dalam menyiapkan ternak udang sebenarnya cukup mudah meskipun hanya dengan modal 300 ribu saja. Siapkan bibit udang dengan ukuran 7 – 10 cm. Kemudian, rawat udang tersebut di kolam terpal dengan sirkulasi oksigen yang baik dan berikan makanan yang tepat. 

10. Ternak Ulat Sutra

Rekomendasi terakhir yang diberikan adalah ternak ulat sutra yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kain sutra. Usaha ternak modal 300 ribu untuk bibit ulat sutra bisa mendapatkan sampai dengan 25 ribu telur ulat yang bisa dikembangbiakkan. 

Cara pengembangbiakkannya juga mudah karena hanya butuh kotak sebagai tempat ternak dan makanan berupa murbei. 

Bagaimana dengan ide bisnis usaha ternak yang akan dilakukan kedepannya? Apakah dana 300 ribu sudah cukup? Jika ingin mendapatkan modal usaha dengan cepat dan aman bisa menghubungi gadaikendaraan.com. Customer service akan memberikan rekomendasi terbaik untuk bisnis

Related Posts