Home Perencanaan Keuangan 15 Cara Mendapatkan Uang Bagi Pengangguran
cara mendapatkan uang bagi pengangguran

15 Cara Mendapatkan Uang Bagi Pengangguran

by Team Aturpundi

Bagaimana cara mendapatkan uang bagi pengangguran bila mendapatkan pekerjaan di zaman seperti sekarang ini sulit, sehingga membuat banyak orang menyerah dan putus asa. Alhasil, tagihan dan utang yang menumpuk semakin menambah beban pikiran setiap harinya.

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang saat ini sedang mengalami hal tersebut? Lantas, bagaimana cara cerdas, cepat, dan mudah untuk mendapatkan uang bagi orang yang tidak memiliki pekerjaan alias pengangguran?

 

Cara mendapatkan uang melalui internet

Berikut ini ada beberapa inspirasi pekerjaan yang bisa Anda lakukan demi mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari berbekal kecanggihan teknologi masa kini, antara lain:

1.    Bergabung dalam program afiliasi

Pada dasarnya, afiliasi merupakan program kerjasama promosi sekaligus penjualan suatu produk ataupun jasa tertentu. Melalui program semacam ini, Anda bakal mendapat sejumlah imbalan berupa komisi untuk setiap produk atau jasa yang berhasil terjual. Bisa dikatakan, afiliasi menganut sistem revenue sharing atau berbagi pendapatan.

Menariknya, afiliasi merupakan cara cerdas menghasilkan uang dengan bantuan internet tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Pasalnya, hampir semua program afiliasi yang ada sangat memungkinkan Anda untuk bergabung secara gratis.

Untuk meraup uang dari hasil afiliasi, Anda harus mendaftar terlebih dulu ke sebuah program tanpa biaya pendaftaran. Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan semacam banner referral atau yang dikenal sebagai kode kupon. Nah, kode inilah yang harus Anda bagikan ke orang lain, seperti pengunjung website ataupun follower di media sosial pribadi Anda.

Ketika orang tersebut menggunakan link yang Anda cantumkan dan melakukan pembelian produk, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

banner dana cepat gadai kendaraan

2.    Menekuni dunia cryptocurrency

Salah satu teknologi yang kini tengah berkembang dan mampu menghasilkan banyak uang bagi para pelakunya adalah cryptocurrency. Secara sederhana, cryptocurrency merupakan suatu sistem yang memudahkan transaksi online menggunakan uang digital seperti misalnya, BitCoin, Ripple, LiteCoin, atau Ethereum.

Kini, cryptocurrency dianggap sebagai mata uang di masa depan sehingga dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mendapatkan uang dari internet secara efektif. Hal ini sempat dibuktikan oleh Chris Larsen yang sukses menekuni dunia cryptocurrency hingga mampu meraup pendapatan sekitar USD 2,1 miliar.

Cara mendapatkan uang dari cryptocurrency ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah investasi. Artinya, Anda harus membeli dan menunggu waktu yang tepat untuk menjualnya kembali. Contoh sederhananya seperti ini, di awal tahun 2010 silam, harga 1 BitCoin sekitar USD 0,08. Namun kini, berdasarkan data yang dilansir melalui Google, harga 1 BitCoin telah berlipat ganda menjadi USD 57.152.

Kemudian dilanjutkan dengan mining atau proses memverifikasi transaksi yang terjadi pada jaringan cryptocurrency. Apabila Anda berhasil, maka Anda akan mendapatkan imbalan sejumlah dana tertentu hingga USD 116,250.

Lalu, langkah selanjutnya adalah trading. Tak seperti investasi, trading memaksa Anda harus melihat perubahan pasar di setiap harinya. Jika ada peluang mendapatkan keuntungan untuk menjual cryptocurrency yang dimiliki, maka Anda bisa langsung merealisasikannya.

 

3.    Menjadi freelancer

Tahukah Anda, menjadi freelancer adalah salah satu peluang kerja yang bisa Anda jadikan pilihan jika belum berhasil mendapatkan pekerjaan tetap hingga kini. Siapa sangka, ternyata freelancer tetap bisa menghasilkan sejumlah uang melalui proyek-proyek yang diberikan oleh klien di berbagai bidang. Mulai dari menulis, desain grafis, fotografi, menjadi guru privat, dan lain sebagainya.

Baca Juga  5 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Namun perlu Anda garis bawahi, sistem yang digunakan untuk menjadi seorang freelancer adalah kepercayaan. Sekali Anda mampu menyelesaikan proyek sesuai permintaan klien, maka bisa dipastikan jasa Anda akan terus digunakan. Pun sebaliknya, jika Anda melakukan pekerjaan ini secara sembarangan, berarti hilang pula kesempatan Anda untuk bekerjasama kembali di lain waktu.

 

4.    Membuat jingle

Berdasarkan definisinya, jingle merupakan lagu yang sengaja diciptakan secara khusus untuk kebutuhan promosi suatu produk atau jasa. Apabila Anda memiliki keahlian dalam hal menciptakan lagu dan musik, maka menciptakan atau membuat jingle bisa jadi lahan menjanjikan untuk dilakukan. Mengingat jingle adalah karya seni yang eksklusif, maka pendapatan yang Anda terima pun kemungkinan sangat besar.

Kendati demikian, mendapat penghasilan yang luar biasa dari membuat jingle iklan membutuhkan beberapa persiapan khusus. Di antaranya, Anda harus rajin membuat karya dan mengunggahnya di website pribadi ataupun media sosial agar karya tersebut bisa didengarkan oleh banyak orang, rajin mempromosikan karya yang dimaksud, dan bergabung dengan platform khusus musisi, seperti Fiverr ataupun Taxi.

 

5.    Menciptakan karya seni yang tak biasa

Jika Anda memiliki keahlian di bidang seni, maka jangan hanya dipendam sendiri. Lebih baik buat beberapa karya seni yang apik dan memiliki nilai jual tinggi. Baik itu berupa lukisan, lagu, novel, fotografi, ataupun lainnya. Karya-karya semacam itu bisa Anda jual dan menghasilkan sejumlah uang yang tentu tidak sedikit.

 

6.    Mengikuti kontes desain secara online

Ada beberapa platform yang khusus menggelar berbagai jenis kontes desain untuk Anda ikuti jika memang Anda memiliki kemampuan desain yang baik. Tak sekadar jadi ajang memperlihatkan kualitas diri dan menambah portfolio, mengikuti kontes semacam ini ternyata bisa dijadikan sumber penghasilan yang menggiurkan. Beberapa website yang cukup sering mengadakan kontes semacam ini adalah LogoMyWay, DesignCrowd, dan 99designs.

 

7.    Mengikuti live streaming game

Di zaman serba canggih seperti saat ini, cukup duduk santai sambil memainkan game dan menayangkannya secara live juga bisa dijadikan sumber penghasilan yang luar biasa. Salah satu platform live streaming interaktif bernama Twitch adalah salah satu buktinya. Tak heran jika saat ini semakin banyak gamers yang berbagi momen seru saat bermain game sekaligus mendapatkan pundi-pundi uang.

Salah satunya adalah Tyler Blevins yang berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar USD 500 ribu per bulan hanya dari kegiatan live streaming game Fortnite di kanal pribadinya. Sementara di Indonesia sendiri, seorang gamer bernama Randi juga telah membuktikan cara satu ini melalui permainan DOTA 2.

Namun sayangnya, Twitch agak kurang populer di Indonesia karena kalah bersaing dengan kehadiran YouTube. Jadi, apabila Anda tertarik untuk menggunakan cara satu ini, maka Anda harus membangun kanal Twitch dengan audience dari mancanegara.

 

8.    Membuat membership site

Salah satu cara mendapatkan uang termudah bagi para pengangguran adalah membuat situs berlangganan alias membership site. Diketahui, situs semacam ini biasanya memuat banyak artikel yang memiliki ulasan mendalam sekaligus memberikan preview kepada para pengunjungnya. Apabila ingin membaca lebih lengkap, maka pengunjung tersebut diharuskan untuk berlangganan terlebih dulu.

Sebenarnya, membuat membership site seperti ini tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu memasang plugin membership pada website WordPress yang dimiliki. Adapun beberapa plugin terbaik yang bisa Anda manfaatkan secara gratis adalah Paid Membership Pro dan Ultimate Member.

 

9.    Bergabung dengan platform survei online

Ternyata, mendaftarkan diri pada sebuah platform survei online bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet yang wajib dicoba. Walaupun cara ini tidak menjanjikan hasil yang terlalu besar, tapi setidaknya cukup untuk menambah uang demi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga  8 Tips dan Pentingnya Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Di samping itu, semakin banyak pula perusahaan yang membutuhkan survei demi meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus mendapatkan data untuk kepentingan pengembangan produk ataupun jasa yang ditawarkan. Artinya, survei online semacam ini memang akan selalu dibutuhkan dalam jangka panjang. Jumlah pendapatan yang bisa Anda peroleh tergantung pada platform yang dipilih. Biasanya, bentuk pembayarannya berupa uang tunai ataupun voucher khusus.

Baca Juga: Cara Banyak Uang yang Penting Untuk Diketahui

 

10. Menjadi proofreader

 

Sebagian dari Anda pasti familiar dengan istilah proofreading, bukan? Pada dasarnya, proofreading merupakan suatu proses pengecekan kesalahan di sebuah dokumen supaya lebih siap untuk diterbitkan secara luas.

Tak seperti proses editing yang lebih kompleks, proofreading ini hanya fokus pada format penulisan dan tata bahasa serta typo. Oleh sebab itu, ketika Anda merasa memiliki ketelitian dalam melakukan koreksi sesuai standar penulisan yang baik dan benar, coba saja untuk menjadi seorang proofreader.

Ketahuilah, hasil yang bisa diperoleh seorang proofreader juga tak kalah menjanjikan lho. Apalagi, kebutuhan akan jasa satu ini kian meningkat seiring berjalannya waktu. Demi keleluasaan dan branding yang lebih baik, Anda disarankan menggunakan website pribadi untuk berkomunikasi secara langsung dengan klien daripada platform penyedia layanan sejenis. Dengan demikian, hasil yang Anda peroleh pun jelas lebih besar.

 

11. Menjadi sosial media influencer yang kreatif

 

Seperti namanya, influencer merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi sebagian besar masyarakat dalam membeli suatu produk atau jasa tertentu berkat reputasinya. Mungkin selama ini Anda kurang menyadari, bahwa menjadi seorang influencer, khususnya di jejaring sosial adalah cara mendapatkan uang yang paling ampuh.

Berdasarkan fakta yang beredar di lapangan, sebanyak 80% perusahaan menyatakan kesediaannya untuk membayar seorang influencer karena memang cara ini dinilai efektif. Apabila sang influencer memang sesuai dengan target pasar yang ingin dijangkau, maka tak jarang pebisnis tersebut akan mengajak kerjasama dalam jangka panjang sebagai bentuk strategi marketing yang ampuh.

Apabila Anda berminat menjadi seorang influencer, maka pastikan untuk menjadi diri sendiri dan mencapai sukses dengan niche tertentu.  Tentu saja, cara ini tidak akan terlalu sulit. Apalagi hampir semua platform jejaring sosial seperti Facebook ataupun Instagram memiliki audience masing-masing. Kejelian melihat peluang dan platform yang tepat adalah kunci kesuksesan Anda tanpa harus mempedulikan levelnya.

 

12.  Menyediakan jasa subtitling atau transcription

Bisa dibilang, transcription merupakan suatu proses untuk mengubah percakapan dalam bentuk audio dan video menjadi tulisan. Apabila perubahan tersebut dilakukan dengan bahasa yang berbeda, maka namanya berubah menjadi subtitling.

Kedua hal tersebut sama-sama bisa dijadikan cara menghasilkan uang bagi para pengangguran. Sebab, ada semakin banyak orang yang membutuhkan jasa satu ini. Contohnya saat sebuah perusahaan melakukan promosi suatu produk melalui talk show dan membutuhkan versi teks atau tulisan dengan tujuan publikasi di website resmi mereka.

Ada beberapa platform penyedia jasa semacam ini dengan metode pembayaran yang berbeda-beda pula. Ada yang per proyek ataupun per minggu. Intinya, pekerjaan subtitling ini bisa mendatangkan pekerjaan yang jauh lebih besar karena proses alih bahasa yang dilakukan.

Apabila keahlian Anda meningkat, maka tawarkan saja jasa transcription ini secara mandiri melalui website pribadi. Kunci keberhasilan pekerjaan satu ini adalah mampu memberikan yang terbaik sesuai waktu yang ditentukan dan mematok harga yang kompetitif.

Baca Juga: Cara Banyak Uang yang Penting Untuk Diketahui

 

13.  Menawarkan jasa sebagai tester website

Secara garis besar, tester website merupakan orang yang sengaja melakukan pengujian pada suatu website, baik sebelum dirilis secara online ataupun dengan tujuan pengembangan. Saat ini, semakin banyak platform yang memang bersedia membayar Anda untuk sekadar melakukan pengujian website. Misalnya, TryMyUI dan User Testing yang memiliki klien dari brand ternama seperti Facebook, Microsoft, dan juga Adobe.

Baca Juga  7 Cara Cepat Menjadi Kaya dan Sukses

Pendapatan rata-rata yang bisa Anda peroleh sebagai tester website adalah USD 10 di setiap pengujian. Bahkan, Anda bisa mendapatkan USD 60 jika pengujian tersebut memang membutuhkan keahlian tinggi.

Jika tertarik dengan pekerjaan satu ini, Anda harus mendaftarkan diri ke salah satu platform dan menjalani beberapa rangkaian tes yang diberikan. Tak seperti survei online, pekerjaan website testing ini hanya bisa Anda lakukan setelah dinyatakan lolos uji kemampuan. Tentu saja, cara ini sangat layak dicoba bagi Anda yang benar-benar tahu bagaimana sebuah website bisa terlihat bagus disertai kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni pula untuk menuliskan review.

 

14.  Beralih profesi sebagai social media manager

Ternyata, kemampuan dalam mengelola akun media sosial juga bisa dijadikan cara menghasilkan uang bagi Anda yang saat ini masih belum berhasil mendapatkan pekerjaan. Salah satunya sebagai social media manager.

Seperti yang telah banyak diketahui, media sosial telah memiliki peran penting dalam membangun reputasi online suatu brand sekaligus meningkatkan omzet penjualan. Jadi jangan heran, jika ada banyak perusahaan yang kemudian memutuskan menunjuk seorang manajer untuk mengelola akun resmi perusahaan.

Tanpa harus susah payah mengeluarkan modal, Anda sudah bisa bergabung ke platform freelance, lalu menawarkan jasa pengelolaan akun media sosial semacam ini. Apabila tertarik untuk menjadi lebih profesional, sebaiknya bangun portfolio di website pribadi dan tunjukkan klien yang pernah Anda tangani. Dengan cara ini, dijamin reputasi Anda bakal jauh lebih meningkat.

 

15. Membuka online shop

Cara terakhir mendapatkan uang untuk Anda yang sedang bingung mencari pekerjaan adalah membuka online shop. Anda bisa membuka bisnis satu ini dari sesuatu yang memang benar-benar diminati agar Anda bisa menjalaninya sepenuh hati. Misalnya, Anda suka dengan fesyen, maka mulai untuk membuka online shop yang menjual pakaian ataupun kosmetik.

Lantas, bagaimana dengan modal bisnisnya? Tentu saja, modal juga harus Anda pikirkan secara seksama. Akan tetapi, modal bukan suatu penghalang. Pasalnya, saat ini ada banyak pinjaman modal usaha yang bisa Anda dapatkan sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Apabila tidak ingin meminjam dana untuk modal bisnis tersebut, maka Anda bisa menyediakan dana dari tabungan ataupun aset yang dimiliki. Supaya lebih hemat, Anda cukup memulai bisnis satu ini di rumah. Tekuni dengan memaksimalkan media sosial sebagai strategi pemasaran yang paling efektif dan efisien.

Percayalah, bisnis kecil yang mulai dikenal bakal menjadi besar secara perlahan. Bukan hanya mampu menghasilkan uang yang melimpah, bisnis online shop seperti ini telah dibuktikan oleh banyak orang mampu mengalahkan gaji para karyawan kantoran. Menariknya lagi, Anda bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar.

 

Tekun dan buang rasa gengsi demi mencapai keberhasilan

Jangan pernah merasa gengsi hanya karena Anda menyandang status freelancer atau tidak bekerja di kantoran seperti sebagian besar orang. Berbisnis dengan kemampuan diri sendiri bukanlah aib yang harus disembunyikan. Justru, itu semua adalah suatu kebanggaan karena Anda mampu menghasilkan uang sendiri bukan meminta pada orang lain.

Ketahuilah, setiap orang sukses pasti butuh proses yang tidak mudah. Semua yang ada di dunia pun tidak bisa terjadi secara instan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda abaikan pandangan orang yang menganggap Anda rendah. Sebaliknya, Anda harus merasa yakin bahwa roda kehidupan itu selalu berputar dan Anda bakal meraih kesuksesan suatu saat nanti.

Related Posts