Home Bisnis 11+ Aplikasi Bisnis Online Terbaik yang Wajib Dimiliki Pebisnis Pemula
aplikasi bisnis online

11+ Aplikasi Bisnis Online Terbaik yang Wajib Dimiliki Pebisnis Pemula

by Titis NP

Memulai bisnis online bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Agar bisa berjalan dengan lancar, seorang pebisnis harus memiliki aplikasi bisnis online untuk menunjang performa dan pelayanannya. Kehadiran berbagai aplikasi ini memudahkan penjual dan pembeli, sehingga terjadi interaksi yang lebih intens.

Berbicara tentang aplikasi untuk bisnis online, ada pembagian yang harus dilakukan supaya lebih mudah. Pertama, ada aplikasi untuk merekam ide bisnis dan manajemen proyek. Selain itu, pebisnis juga harus memiliki aplikasi untuk promosi dan desain, komunikasi profesional, serta aplikasi untuk menunjang finansial.

Aplikasi Bisnis Online Terbaik Wajib Dimiliki Pebisnis

Aplikasi Perekam Ide Bisnis

Ide bisnis memang bisa datang kapan saja secara tiba-tiba. Maka dari itu, seorang pebisnis harus memiliki aplikasi khusus untuk merekam ide agar tidak kelewatan. Berikut rekomendasi aplikasi bisnis online untuk merekam ide bisnis.

1. Keep Notes

Ide yang muncul di kepala sewaktu-waktu jangan sampai dilewatkan begitu saja. Agar tidak terjadi, sebaiknya para pebisnis mengunduh aplikasi Keep Notes untuk mencatat ide bisnis. Karena disimpan dalam cloud, pebisnis tidak perlu khawatir catatan hilang atau diambil orang.

Aplikasi ini terintegrasi oleh Google, sehingga menawarkan berbagai fitur numpuni, mulai dari voice memo, drawing memo, hingga image memo. Selain itu, Keep Notes juga memudahkan pebisnis dalam memonitor task dan mengelompokkan notes. Tersedia aneka template lucu agar pebisnis bisa berkreasi dan meluapkan ide semaksimal mungkin.

Baca Juga : 12+ Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Supaya Pengelolaan Keuangan Terkendali

2. One Note

Masih dalam bidang pencatatan ide bisnis, kali ini ada aplikasi One Note buatan Microsoft. Aplikasi ini membantu para pebisnis dalam menentukan daftar prioritas. Pebisnis juga bisa mencatat berbagai topik dengan mudah, mendengarkan catatan dengan immersive reader, dan menghitung sesuatu.

Baca Juga  11 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Bahkan, pebisnis juga bisa mencari catatan yang sudah tersimpan dengan cepat karena sudah tersimpan dalam cloud. Kehadiran fitur voice note dan bebas desain juga membuat pebisnis lebih inovatif dalam membuat catatan.

3. Trello

Aplikasi bisnis online terbaik selanjutnya adalah Trello. Melalui aplikasi ini, pebisnis bisa menyimpan ide berupa tulisan dan gambar dalam satu tempat yang sama. Tersedia fitur kartu agar pebisnis mudah mengelompokkan ide berdasarkan tanggal, tema, dan lain sebagainya.

Uniknya lagi, aplikasi ini bisa diakses secara gratis. Lewat aplikasi ini, pebisnis juga bisa menjalin kerja sama dengan orang lain atau tim. Jangan takut lupa soal catatan karena ada fitur notifikasi yang bisa diatur sesuka hati.

Baca Juga : 5 Aplikasi Investasi Online Modal Kecil

Aplikasi Desain dan Promosi Bisnis

Untuk mempromosikan bisnis, seorang pebisnis harus memiliki aplikasi desain agar lebih menarik calon konsumen. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk desain dan promosi adalah sebagai berikut.

1. Canva

Sudah bukan rahasia lagi jika bisnis online memerlukan aplikasi desain untuk membuat promosi lebih menarik. Sesuai namanya, segala komponen dalam bisnis digital memang dilakukan secara online. Canva merupakan salah satu aplikasi untuk mendesain poster, iklan, atau foto produk.

Aplikasi yang satu ini menawarkan berbagai template untuk diedit sesuka hati. Tersedia dua versi, yakni gratis dan berbayar. Tampilan Canva cukup sederhana, sehingga mudah digunakan oleh siapapun.

Selain itu, pebisnis bisa memilih ukuran template sesuai kebutuhan, baik untuk membuat brosur, flyer, resume, maupun katalog produk. Jangan khawatir, aplikasi bisnis online terbaik ini memungkinkan pebisnis untuk menyimpan hasil desain dalam berbagai format, mulai dari JPG, PDF, hingga PNG.

Baca Juga : 5 Daftar Rekomendasi Aplikasi Kredit HP Terpercaya Proses Cepat

2. Inshot

Berikutnya, ada aplikasi Inshot. Sesuai namanya, aplikasi ini awalnya memang diperuntukkan bagi para pebisnis yang ingin berpromosi dari Instagram. Namun, seiring berjalannya waktu, aplikasi ini terus mengadakan pembaruan hingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan platform lain, seperti Facebook, Twitter, maupun TikTok.

Baca Juga  10 Ide Usaha Jualan di Mobil Paling Laris Untung Besar

Tersedia berbagai ukuran kanvas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, pebisnis juga bisa materi dalam bentuk teks, foto, dan video agar lebih hidup. Bahkan, hasilnya bisa dibagikan langsung ke sosial media dengan kualitas tinggi.

3. Hootsuite

Aplikasi bisnis online terbaik berikutnya yang bisa dipakai untuk desain dan promosi bisnis adalah Hootsuite. Aplikasi ini akan membantu pebisnis dalam mengelola berbagai akun sosial media.

Bersama aplikasi ini, pebisnis bisa mengelola dan memantau lebih dari satu sosial media sekaligus. Selain itu, pebisnis juga bisa menjadwalkan postingan ke banyak sosial media dan membentuk tim untuk berkolaborasi. Tersedia juga fitur analisis data untuk melihat peningkatan traffic promosi.

Baca Juga : 7 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

Aplikasi Komunikasi Bisnis Profesional

Dalam berbisnis, komunikasi antara penjual dan pelanggan harus berjalan dengan lancar. Maka dari itu, ketahui sejumlah aplikasi untuk komunikasi bisnis profesional.

1. Slack

Memisahkan komunikasi antara kehidupan pribadi dengan bisnis memang cukup sulit untuk dilakukan. Untungnya, kini hadir aplikasi Slack yang bisa membantu para pebisnis menjalin komunikasi kerja secara profesional. Dengan berbagai fitur unggulan, pebisnis tidak perlu khawatir komunikasi akan tercampur atau berantakan.

Di aplikasi ini, pebisnis bisa melangsungkan voice dan video call, baik secara personal maupun grup. Selain itu, pebisnis juga bisa mengatur tema sesuai selera, membuat team survey, melihat status online, hingga berbagi file dengan pihak lain.

2. Workplace

Aplikasi bisnis online berikutnya adalah Workplace. Sesuai namanya, aplikasi ini memang cocok dijadikan sebagai tempat kerja online paling efisien. Disini, pebisnis bisa menjalin komunikasi sebagai rekan tim.

Aplikasi ini menyediakan fitur pembuatan grup, sehingga bisa mengganti fungsi email. Selain itu, hubungan antar divisi juga akan menjadi lebih baik karena sistem komunikasinya tertata rapi. Masalah berbagi file atau update berita juga tak perlu dipusingkan karena bisa langsung menggunakan Worksplace.

Baca Juga  12 Contoh Bisnis Online Tanpa Modal

3. RingCentral

Terakhir, ada aplikasi RingCentral. Aplikasi ini memungkinkan para pebisnis untuk mengirim teks, gambar, maupun video. Pebisnis juga bisa melakukan screen sharing untuk presentasi atau memonitor pekerjaan karyawan. Tersedia fitur penjadwalan agar komunikasi lebih teratur.

Baca Juga : 7 Cara Cepat Menjadi Kaya dan Sukses

Aplikasi Penunjang Finansial Bisnis

Masalah modal dan keuangan juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan para pebisnis. Kini, hadir beberapa aplikasi penunjang finansial bisnis, seperti:

1. PayPal

PayPal bukanlah aplikasi baru di dunia bisnis digital. Salah satu alat pembayaran virtual ternama ini sudah digunakan lebih dari 100 juta orang di dunia. Selain bisa digunakan untuk transaksi antar negara, sistem keamanan PayPal juga sangat ketat, sehingga pebisnis tidak perlu takut uang dibobol pencuri.

Aplikasi ini tidak memiliki limit saldo dan bisa digunakan secara gratis. Bahkan, pebisnis bisa menukarkan mata uang negara lain ke Rupiah Indonesia.

2. Moka POS

Aplikasi bisnis online berikutnya adalah Moka POS. Kehadiran aplikasi ini seperti kasir digital yang akan memudahkan para pebisnis dalam melakukan perhitungan terkait laba, BEP, dan lain sebagainya. Tampilannya cukup ramah, sehingga pebisnis bisa memakainya dengan mudah. Umumnya, aplikasi ini digunakan untuk membuat laporan keuangan.

3. RajaOngkir

Perhitungan ongkos kirim kerap membuat pebisnis merasa pusing. Jangan khawatir, saat ini pebisnis tidak perlu menghitung secara manual karena ada RajaOngkir. Sesuai namanya, aplikasi ini akan membantu pebisnis dalam menampilkan ongkir dari puluhan kurir ternama di Indonesia. Bahkan, pebisnis bisa melakukan tracking saat produk sudah dikirim.

Baca Juga : 10 Ide Jualan Online Modal Kecil Paling Laris 2021

Berbagai aplikasi bisnis online terbaik di atas harus dimiliki agar meraup keuntungan yang maksimal secara efisien. Selain memudahkan pebisnis, aneka aplikasi di atas juga menunjang kebutuhan pembeli, sehingga transaksi berjalan dengan lancar.

Related Posts