Home Investasi 5 Aplikasi Investasi Online Modal Kecil
aplikasi investasi online modal kecil

5 Aplikasi Investasi Online Modal Kecil

by Titis NP

Bagi sebagian orang, kata “investasi” mungkin memunculkan gambaran pria berjas dengan latar belakang keluarga kaya yang memantau pertukaran jutaan dolar pada ticker saham. Padahal, tidak perlu menjadi orang kaya untuk mulai berinvestasi, karena saat ini sudah banyak aplikasi investasi online modal kecil.

Jadi, tak masalah jika hanya memiliki sedikit uang sebagai modal, karena uang yang sedikit tersebut akan tumbuh banyak dengan bunga majemuk. Namun dengan syarat, pastikan untuk memilih jenis dan platform online yang tepat, aman, dan terpercaya.

banner pinjaman dana gadai kendaraan

Aplikasi Investasi Online Modal Kecil

  • Stash

Aplikasi ini dikembangkan oleh Stash Financial, yang merupakan perusahaan teknologi keuangan dan jasa keuangan Amerika namun berbasis di New York. Tak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi seluler di Google Play dan App Store, Stash juga bisa diakses melalui platform web di https://www.stash.com.

Stash mendapat rating 4.5 dari pengguna Android, dan 4.7 dari para iPhone user. Stash bertujuan untuk membuat proses pemilihan investasi, khususnya saham dan reksa dana yang diperdagangkan di bursa, menjadi lebih cepat dan mudah bagi para pemula. 

  • Aplikasi ini gratis digunakan tapi hanya untuk 1 bulan. Selanjutnya pengguna akan dikenakan biaya berlangganan mulai dari $1 per bulan (untuk akun pialang ditambah akses ke rekening bank dan kartu debit online Stash yang mencakup program hadiah).
  • Saldo minimum untuk portofolio pribadi adalah $0, dan karena Stash menawarkan investasi fraksional, Anda dapat membeli bagian dari saham perusahaan atau bagian dana untuk uang.
  • Stash juga menawarkan opsi akun lain dengan harga langganan $3 per bulan, dan pengguna akan mendapatkan pialang serta rekening bank, ditambah akses ke rekening pensiun.
  • Ada juga opsi langganan $9 sebulan, dengan fasilita semua hal di atas tadi ditambah akses ke dua akun kustodian untuk anak di bawah umur, bonus tambahan melalui program hadiah, dan laporan riset investasi bulanan. 
Baca Juga  Kredit Investasi: Pengertian, Contoh dan Cara Pengajuannya!

Baca Juga : 5 Daftar Rekomendasi Aplikasi Kredit HP Terpercaya Proses Cepat

  • KoinWorks

KoinWorks menjadi salah satu aplikasi investasi kecil kecilan karya dalam negeri tepatnya dari PT Sejahtera Lunaria Annua. Sayangnya, aplikasi ini hanya berfokus pada satu jenis investasi, yaitu Peer-to-Peer Lending atau yang lebih akrab dengan sebutan P2P Lending. 

Pengertian dari Peer-to-Peer Lending sendiri adalah salah satu jenis investasi online dengan sistem meminjamkan uang dari satu individu yang disebut pemberi pinjaman atau investor kepada individu lain yang disebut penerima pinjaman. 

Saat proses mengajukan dan memberikan pinjaman, pihak ketiga seperti lembaga keuangan tidak akan dilibatkan sama sekali, sehingga proses keseluruhannya lebih cepat dan tidak ribet.

Karena termasuk mudah, investasi jenis ini paling banyak disukai oleh para pemilik usaha kecil (UMKM), para petani atau pemilik perkebunan kecil, serta para investor properti yang mungkin kekurangan modal.

Individu bukan pemilik usaha namun sedang membutuhkan dana tambahan untuk kebutuhan pribadi seperti renovasi rumah, berobat, biaya pendidikan, atau lainnya juga banyak yang mengajukan pinjaman di KoinWorks. Aplikasi ini termasuk intuitif dan memiliki layanan pelanggan yang responsif.

Sedangkan untuk para calon investor, cukup siapkan dana sekitar Rp 100.000 saja untuk mulai berinvestasi lewat aplikasi KoinWorks yang tersedia di App Store dan Google Play, dan bisa di download serta digunakan secara gratis 100%. Tersedia dua pilihan bahasa, yaitu Inggris dan Indonesia. 

Selanjutnya para investor bisa memilih sendiri kepada siapa akan meminjamkan uangnya. Namun, hati-hati saat memilih calon penerima pinjaman, karena pinjaman dengan sistem Peer-to-Peer Lending tidak menggunakan jaminan. Adapun keuntungan yang diperoleh oleh investor adalah lewat bunga pinjaman. 

Setelah penerima pinjaman menerima uang, penerima harus membayar bunga setiap bulan yang jumlahnya sudah ditentukan oleh aplikasi, dan jika sudah jatuh tempo harus membayar pinjaman pokok. Sejumlah fitur dan menu dari aplikasi KoinWorks adalah sebagai berikut:

  • KoinP2P
  • KoinRobo
  • KoinBisnis
  • KoinEmas
  • KoinBond
  • Faktur Koin
  • Informasi tentang pinjaman
  • Simulasi pinjaman
Baca Juga  Terjerat Pinjol Ilegal? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya

Baca Juga : Yuk Mengenal P2P Lending Beserta Cara Kerjanya Secara Lengkap!

  • Acorns

Acorns bisa dijadikan pilihan untuk bisnis investasi modal kecil lain jika dua daftar aplikasi sebelumnya dirasa kurang cocok. Sistem aplikasi ini terbilang unik namun juga sangat memudahkan para pengguna. Acorns akan secara otomatis menginvestasikan uang receh/uang sisa para pengguna aplikasi. 

Saat pengguna aplikasi membeli sebuah barang di platform online seharga Rp 165.000 misal, dan melakukan pembayaran lewat aplikasi Acorns, maka aplikasi akan menampilkan harga bulat ke atas, yaitu menjadi Rp 200.000. 

Selisih sekitar Rp 35.000 tadi akan langsung diinvestasikan oleh Acorns ke dalam jenis investasi bitcoin, obligasi, atau saham. Selain investasi kecil dengan memotong sisa belanja sehari-hari, para pengguna juga memiliki opsi lain untuk menginvestasikan uang yang lebih besar lewat sejumlah fitur seperti:

  • One-Time Investment
  • Recurring Investment
  • Found Money
  • Referral. 

Aplikasi ini gratis di download dari Google Play dan App Store, namun harus berlangganan $1 per bulan agar bisa terus menggunakannya. Jika rekening pengguna sudah mencapai valuasi $5,000, atau sekitar Rp 67.000.000, maka akan dikenakan biaya admin flat sekitar 0,25% per tahun.

Baca Juga : Mengenal Robot Trading, Plus Minus Investasi Menggunakan Robot Trading

  • Robinhood

Aplikasi investasi online berikutnya adalah Robinhood, yang memungkinkan para investor berbagai level untuk melakukan investasi di ETF (Exchange Traded Fund), pasar saham, ethereum, dan cryptocurrency tanpa membayar komisi atau biaya.

Biaya rendah Robinhood dan persyaratan saldo nol untuk membuka akun adalah dua alasan menarik bagi investor baru. Kelebihan lainnya aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana dan minimalis, sehingga mudah digunakan termasuk oleh para pemula sekalipun. 

Selanjutnya ada dua pilihan rekening yang bisa dipilih pengguna, yaitu rekening gold dan standar. Khusus pengguna Robinhood Gold harus membayar $5 per bulan agar dapat berdagang dengan margin, melihat data kedalaman pasar, dan mengakses detail seperti laporan Morningstar tentang saham bervolume tinggi. 

Baca Juga  Tips dan Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

Namun sebelum berlangganan, pengguna Robinhood akan diberi kesempatan untuk mencoba layanan Gold ini selama 30 hari penuh secara gratis. Selain hadir dalam bentuk aplikasi, Robinhood juga bisa diakses di situs web resminya di alamat https://robinhood.com.

Baca Juga : 5+ Rekomendasi Cryptocurrency Terbaik dan Bagus untuk Investasi

  • Betterment

Perbaikan telah menjadi yang terdepan sebagai salah satu platform investasi Robo terbesar di dunia investasi virtual. Aplikasi ini akan menjadi titik awal yang baik untuk para investor pemula, dan menjadi platform yang bisa memberikan pengalaman lebih bagi investor berpengalaman.

Akun dasar aplikasi ini membebankan biaya 0,25% per tahun dengan saldo minimal adalah $0. Sedangkan untuk akun premium, biaya per tahun adalah 0,40% dengan saldo paling sedikit adalah $100,000. Namun jangan khawatir, tidak ada biaya untuk transfer dan memperdagangkan sekuritas.

Jika pengguna aplikasi membutuhkan bantuan, maka ada fitur chat dengan CS manusia yang tersedia 24/7. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini mudah dioperasikan dan pengguna dapat mengatur akun manajemen kas, sehingga semua rekening tabungan, giro, serta investasi bisa dikelola di satu tempat.

Baca Juga : 11+ Aplikasi Bisnis Online Terbaik yang Wajib Dimiliki Pebisnis Pemula

Berinvestasi bahkan dalam jumlah yang sangat kecil dapat menuai hasil yang besar, tapi dengan syarat harus telaten, tidak gampang menyerah, dan berkeinginan kuat untuk terus belajar. Bagi pemula yang ingin investasi mudah dan murah bisa menggunakan salah satu aplikasi investasi online dalam daftar di atas

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts