Home Perencanaan Keuangan 12+ Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Supaya Pengelolaan Keuangan Terkendali

12+ Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Supaya Pengelolaan Keuangan Terkendali

by Titis NP

Smartphone dan berbagai aplikasi yang ada di dalamnya bisa sangat mempermudah berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu aplikasi yang sangat berguna, terutama untuk keperluan bisnis adalah aplikasi keuangan yang bisa diunduh gratis dan dipasang di perangkat seluler.

Dunia bisnis sangat berkaitan dengan keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik tentu bisa membuat bisnis semakin berkembang dengan lebih baik. Kehadiran berbagai aplikasi untuk mengatur keuangan bisa mempermudah pengelolaan keuangan semua skala bisnis dan mengembangkan bisnis. 

12 Pilihan Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik

Saat mencari aplikasi untuk mengelola keuangan bisnis di toko aplikasi, akan muncul banyak sekali pilihan yang membingungkan dan membuat pemilik bisnis kesulitan memutuskan aplikasi mana yang akan digunakan. Berikut ini adalah pilihan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan keuangan bisnis.

1. Money Manager Expense & Budget

Aplikasi pengatur keuangan berikutnya merupakan aplikasi untuk mengelola keuangan yang cukup populer. Aplikasi ini dikembangkan oleh Realbyte Inc. dan tersedia untuk diunduh secara gratis dari App Store dan Play Store. Aplikasi ini mampu mempermudah proses pengelolaan keuangan bisnis rumahan.

Fitur dalam aplikasi ini cukup lengkap sehingga bisa langsung digunakan untuk berbagai kebutuhan keuangan mendasar, seperti misalnya mencatat pengeluaran, membuat anggaran untuk belanja bulanan, serta membuat target uang yang perlu dikumpulkan selama periode waktu tertentu.

banner dana darurat gadai kendaraan

2. Monefy

Monefy – Money Manager adalah aplikasi keuangan yang ada di Play Store. Di App Store, aplikasi buatan Reflectly ini Bernama Monefy: Money Tracker. Fungsi utamanya adalah untuk mencatat penggunaan keuangan bisnis Anda. Tampilan aplikasi ini sederhana tapi visualisasinya cukup bagus.

Aplikasi yang satu ini dilengkapi dengan widget yang bisa digunakan dengan mudah untuk mengatur keuangan bisnis dari home screen smartphone tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu. Data yang tersimpan di aplikasi ini bisa disinkronkan dengan penyimpanan cloud yaitu Dropbox.

Baca Juga  Faktor Penyebab Perusahaan Bangkrut

Baca Juga : Ini Contoh Perencanaan Keuangan, Bisa Untuk Pribadi dan Keluarga

3. Money Lover

Di Play Store, aplikasi ini Bernama Money Lover: Pengelola Uang sedangkan di App Store aplikasi ini bisa ditemukan dengan nama Money Lover: Expense Manager. Kedua versi tersebut sama-sama dikembangkan oleh Finsify. Money Lover bisa dipakai untuk mencatat pengeluaran setiap hari.

Pemilik bisnis juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengklasifikasikan pengeluaran berdasarkan kategori, seperti misalnya pengeluaran untuk makan, transportasi, dan lain sebagainya. Money Lover juga bisa mengunduh aplikasi ini dari Windows Store untuk digunakan di perangkat komputer.

Baca Juga : 11+ Aplikasi Bisnis Online Terbaik yang Wajib Dimiliki Pebisnis Pemula

4. TemanBisnis – Pencatatan Keuangan Bisnis UMKM

Aplikasi Android yang satu ini dikembangkan oleh Badr Interactive dan bisa diunduh langsung dari Play Store. Aplikasi pencatatan keuangan ini dirancang khusus untuk digunakan oleh para pemilik usaha, teristimewa bagi pemilik usaha yang masih baru dalam merintis usaha.

Dalam aplikasi TemanBisnis, pemilik usaha bisa mencatat semua pengeluaran dan pemasukan dari berbagai sumber. Pemilik bisnis jugs bisa mengelompokkan transaksi keuangan berdasarkan kategorinya. TemanBisnis adalah aplikasi pengatur keuangan terbaik yang bisa dipertimbangkan oleh pemilik bisnis baru.

Baca Juga : Perencanaan Keuangan: Definisi, Tujuan, dan Tips Membuatnya

5. Wallet dari BudgetBakers

Aplikasi keuangan selanjutnya yakni Wallet dari BudgetBakers bisa ditemukan di App Store dengan nama Wallet – Daily Budget & Profit. Sedangkan di Play Store, aplikasi ini Bernama Wallet: Track Expenses, Budget. Meskipun namanya sedikit berbeda, fungsi keduanya sama saja.

Wallet hadir dengan fitur sinkronisasi dengan berbagai akun online banking sesuai dengan bank yang Anda gunakan. Dengan adanya fitur ini, transaksi yang dilakukan di akun online banking akan terekam secara otomatis dan tidak perlu dicatat secara manual.

Ada juga fitur perencanaan pembayaran dan fitur pengingat dalam aplikasi Waller. Untuk menikmati semua fitur lain dengan lebih lengkap, unduh aplikasi Wallet versi berbayar.

Baca Juga  12 Cara Mendapatkan Uang Banyak dalam Sehari Cepat Bagi Pemula!

Baca Juga : 5 Daftar Rekomendasi Aplikasi Kredit HP Terpercaya Proses Cepat

6. AndroMoney

Berikutnya ada aplikasi yang bernama AndroMoney, yang tersedia gratis di App Store dan Play Store. AndroMoney merupakan aplikasi yang fiturnya sangat lengkap sehingga bisa membuat pengelolaan keuangan semakin mudah untuk dilakukan.

Selain itu, AndroMoney juga menawarkan tampilan yang lebih minimalis. Dengan begitu, siapapun bisa menggunakan aplikasi ini dengan lebih mudah tanpa merasa kesulitan dengan banyaknya angka-angka yang tidak perlu. Aplikasi pengatur keuangan ini memang dirancang untuk digunakan dengan lebih mudah.

Baca Juga : Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan

7. 1Money – Expense Tracker, Money Manager, Budget

Aplikasi keuangan lain yang bisa dipertimbangkan adalah 1Money. Aplikasi ini mempunyai user interface atau tampilan pengguna yang lebih sederhana sehingga fungsinya bisa lebih dimaksimalkan lagi. Meskipun tampilannya sederhana, fitur yang dibawanya cukup kompleks.

Beberapa fiturnya bisa digunakan secara gratis. Tapi berbagai fitur lain yang lebih rumit hanya bisa digunakan setelah pengguna aplikasi mengupgrade aplikasi ini ke versi berbayar. Versi berbayar memungkinkan pemilik bisnis untuk mengakses lebih banyak kategori pengeluaran.

8. Fast Budget

Fast Budget – Expense & Money Manager adalah aplikasi untuk mengelola keuangan yang sangat unik karena desainnya dilengkapi dengan warna-warna yang menarik. Aplikasi yang satu ini memang mengutamakan tampilan pengguna yang bisa memanjakan mata.

Fast Budget hadir dengan ikon yang menarik dan efek animasi yang tidak akan membuat penggunanya merasa bosan. Kategori pengeluaran dalam Fast Budget bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pengguna bisa mengedit kategori yang sudah ada atau menambahkan yang baru.

Baca Juga : 15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil Menengah

9. Money Manager: Expense Tracker, Free Budgeting App

Aplikasi yang tersedia di Play Store ini dikembangkan oleh Draw Puzzle Game yang juga mengembangkan berbagai game yang menarik. Aplikasi pengelolaan keuangan ini mendapatkan respon yang cukup positif dan sudah diunduh oleh 150 ribu lebih pengguna Android.

Desain aplikasi ini mempunyai tampilan yang menarik, sederhana, dan mudah untuk digunakan. Tampilan tersebut sangat cocok untuk anak muda yang membutuhkan perencanaan keuangan yang akurat tapi tidak membosankan. Secara fungsi, aplikasi ini mirip dengan aplikasi serupa yang lainnya.

Baca Juga  Cara Perhitungan Pensiun Lengkap Beserta Contohnya!

10. QuickBooks Accounting

Intuit Inc. sebenarnya merilis banyak aplikasi yang sangat berguna dan tersedia untuk diunduh di App Store serta Play Store. Salah satunya adalah QuickBooks Accounting yang sangat efektif untuk digunakan dalam melacak pengeluaran serta mengatur anggaran.

QuickBooks Accounting bisa menghubungkan seluruh kartu kredit dan rekening bank yang digunakan oleh pemilik aplikasi. Seluruh tagihan bulanan juga bisa dihubungkan ke aplikasi ini sehingga semua transaksi keuangan akan lebih mudah diatur karena ada di satu tempat yang sama.

Baca Juga : Tips Menabung 100 Juta Pertama Untuk Pemula

11. Wally

Ingin menggunakan aplikasi untuk mengelola keuangan yang sangat mudah untuk digunakan? Wally adalah aplikasi yang paling mudah untuk digunakan karena penggunanya tidak perlu mencatat pengeluaran secara manual. Cukup ambil foto nota pembelian atau struk belanja.

Hal ini sangat cocok untuk anak muda yang tidak ingin ribet dalam mencatat berbagai perincian kecil setiap bulannya. Wally yang dikembangkan oleh Netel Paraguay S.A. hanya tersedia untuk perangkat Android dan bisa diunduh gratis di Play Store. 

12. Mint

Mint: Budget Planner & Tracker tersedia di Play Store. Bagi pengguna iOS, temukan aplikasi Mint: Budget & Expense Tracker di App Store. App ini bisa memberitahu penggunanya mengenai tagihan yang akan jatuh tempo sehingga pengguna bisa menghindari keterlambatan.

Mint adalah aplikasi keuangan paling praktis dan cerdas bagi yang terlalu sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk mengendalikan keuangan secara manual. Mint bisa melacak secara otomatis serta mengkategorikan semua aktivitas di setiap akun yang disinkronkan ke aplikasi ini.

Baik pengeluaran pribadi maupun keuangan bisnis akan lebih tertata dan terpetakan dengan baik dengan bantuan salah satu aplikasi keuangan di atas. Gunakan salah satu aplikasi terbaik untuk meningkatkan kesehatan keuangan pribadi atau bisnis Anda!

Baca Juga : Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Mudah dan Menguntungkan

Related Posts