Home Investasi 8 Aplikasi Saham Syariah Terbaik Indonesia (Terdaftar di OJK)
aplikasi saham syariah terbaik

8 Aplikasi Saham Syariah Terbaik Indonesia (Terdaftar di OJK)

by Titis NP

Aplikasi saham syariah memang mulai banyak diminati, hal ini bukanlah tanpa alasan melainkan ia memiliki konsep perdagangan yang telah disesuaikan dengan syariat Islam. Dengan begitu orang-orang bisa trading saham tanpa takut akan adanya riba.

Selain itu aplikasi-aplikasi tersebut juga menawarkan banyak keunggulan, seperti bebas biaya transaksi, tidak adanya spread, serta perdagangan saham yang lebih aman. Oleh karena itulah aplikasi berbasis syariah kini lebih disukai ketimbang aplikasi saham konvensional.

8 Aplikasi Saham Syariah Terbaik di Indonesia

Ada beberapa aplikasi saham berbasis syariah yang kini populer untuk digunakan, seperti IPOT, MOST, POEMS, Hissa, MNC Motion, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu saja setiap aplikasinya memiliki kelebihannya tersendiri, yaitu sebagai berikut:

1. IPOT

IPOD menjadi aplikasi yang kini banyak digunakan sebagai trading saham syariah, dimana aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk profesional atau seorang pemula sekalipun. Hal tersebut karena aplikasi IPOD bukan hanya dapat digunakan sebagai aplikasi jual beli saham saja.

Melainkan ia juga memiliki menu edukasi saham, berita terbaru, fitur chatting dengan pengguna lain, dan masih banyak lagi lainnya. Sehingga bagi yang masih awam di dunia saham, maka bisa belajar dari berbagai sumber tersebut.

Selain itu aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis di Playstore ataupun Appstore, apalagi biaya transaksi dan withdrawal di aplikasi ini terbilang sangat terjangkau. Oleh karena itu aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai aplikasi jual beli saham syariah.

2. MOST (Mandiri Online Securities Trade)

Ada pula aplikasi bernama MOST atau Mandiri Online Securities Trade, seperti namanya aplikasi ini menawarkan pasar saham dan sekuritas yang dapat diakses oleh perseorangan. Dengan begitu siapa saja dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan transaksi saham.

Baca Juga  10 Sekuritas Terbaik di Indonesia, Aman untuk Investor Pemula

MOST juga dikembangkan dengan konsep syariah di dalamnya, sehingga sangat sesuai untuk digunakan di Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini sendiri pengguna harus melakukan pendaftaran melalui website resminya terlebih dahulu.

Barulah login di aplikasi untuk menggunakan akun yang telah dibuat, dimana di dalam aplikasi terdapat menu jual beli, berita saham syariah, analisis ahli, dan lain sebagainya. Ada pula fitur pengingat yang membuat trader bisa memantau saham secara real time.

3. POEMS

Selanjutnya terdapat aplikasi POEMS yang merupakan aplikasi saham syariah online dan reksadana syariah terkemuka. Hal ini karena ia telah terdaftar secara resmi di OJK dan telah mendapatkan lisensi syariah dari MUI.

Ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh POEMS, mulai dari investasi awal bisa dengan hanya 50 ribu, tersedia fitur cerdas investor, dua akun dalam satu platform, hingga didukung chart yang profesional. Hal inilah yang membuatnya cocok untuk seorang profesional atau pemula sekalipun.

Uniknya lagi POEMS menyediakan komunitas trading syariah di Telegram, sehingga pengguna bisa saling berkomunikasi dan tips berdagang saham secara syariah. Untuk bisa bergabung ke komunitas tersebut caranya bisa langsung mengklik link komunitas yang ada di aplikasi POEMS.

4. Hissa

Aplikasi selanjutnya datang dari aplikasi Hissa, dimana aplikasi ini dikembangkan oleh PT. Syariah Saham Indonesia. Perusahaan tersebut sendiri secara khusus dibuat untuk menciptakan perdagangan saham dengan konsep yang syariah.

Selain menawarkan konsep syariah di dalamnya, Hissa juga dikemas secara baik sebagai aplikasi perdagangan saham. Mengingat disini terdapat fitur yang sangat lengkap, mulai dari edukasi saham syariah, rekomendasi saham syariah terbaik, pasar saham real time, dan lain sebagainya.

Baca Juga  9 Cara Membeli Saham di IPOT bagi Pemula (Terlengkap!)

Jangan khawatir pula soal keamanan atau legalitas aplikasi Hissa, karena ia telah mendapatkan izin secara resmi dari OJK dan telah mendapatkan lisensi syariah dari lembaga keagamaan. Oleh karena itu ia juga sering disebut sebagai aplikasi saham syariah terbaik yang ada sekarang ini.

5. MNC Motion Trade

Apabila ingin trading saham syariah yang lebih mudah lagi, maka gunakanlah aplikasi bernama MNC Motion Trade. Karena selain menawarkan trading saham syariah, aplikasi ini juga memberikan pengalaman trading yang mudah.

Disini pengguna bisa mengikuti pembelajaran saham syariah online, follow trader syariah sukses, hingga copy trade dari pakar trading saham syariah terkenal. Dengan begitu bagi seorang pemula sekalipun bisa melakukan trading dengan lebih mudah dan menguntungkan.

Penggunaannya sendiri juga sangatlah fleksibel, dimana minimum deposit hanya 50 ribu dan dapat withdrawal selama 24 jam penuh. Hal inilah yang membuatnya sangat digemari sebagai salah satu aplikasi trading saham syariah terbaik saat ini.

6. Maybank Trade

Bagi yang sudah berkecimpung di dunia investasi saham, pastinya sudah tidak asing lagi dengan platform Maybank Trade. Meskipun tidak dilegalisasi oleh lembaga syariah, namun sebenarnya Maybank sendiri menggunakan konsep syariah di dalamnya.

Maybank trade sendiri merupakan aplikasi yang bertaraf internasional, sehingga ia dapat melakukan transaksi saham baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan begitu saham yang bisa dipilih lebih banyak dan pastinya akan lebih menguntungkan.

Namun untuk bisa menggunakannya, terlebih dahulu pengguna harus melakukan convert mata uang rupiah menjadi dollar. Hal ini karena semua transaksi yang digunakan di Maybank menggunakan dollar AS. Namun jangan khawatir karena Maybank juga telah menyediakan fitur convert di dalam aplikasi.

7. D’One Syariah

Baru-baru ini BRI bekerja sama dengan Danareksa Sekuritas, dimana keduanya berkolaborasi membuat aplikasi jual beli saham dengan konsep syariah. Aplikasi saham syariah ini dinamai dengan D’One Syariah yang memiliki makna perdagangan saham hanya dilakukan secara syariah.

Baca Juga  Cara Daftar dan Pinjam Menggunakan KoinWorks Lengkap Bagi Pemula!

Aplikasi D’One Syariah memiliki beberapa saham syariah yang diperjual belikan, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Akan tetapi D’One menawarkan saham-saham yang memiliki kredibilitas baik, sehingga soal keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Bukan hanya jual beli saham syariah saja, D’One Syariah juga menawarkan instrumen lain di dalamnya. Mulai dari obligasi, reksadana syariah, emas, dan masih banyak lagi lainnya. Sehingga pengguna tidak hanya bisa trade saham saja, melainkan dapat trade berbagai instrumen berbasis syariah lainnya.

8. RHB Trade Smart Syariah ID

RHB Sekuritas Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang melayani jual beli surat berharga. Perusahaan ini sendiri memiliki banyak jenis perdagangan saham, salah satunya perdagangan saham syariah yang bisa dilakukan dengan aplikasi RHB Trade Smart Syariah ID.

Meskipun berada di bawah perusahaan perdagangan saham konvensional, namun RHB Trade Smart Syariah ID dibuat benar-benar terpisah dari perusahaan utamanya. Sehingga dijamin seluruh transaksi yang ada telah menggunakan syariah Islam.

Selain itu ia juga diawasi secara langsung oleh OJK dan telah mendapatkan lisensi resmi sebagai lembaga syariah dari Majelis Ulama Indonesia. Dengan begitu semua transaksi saham yang ada di dalam aplikasi ini sangat terjamin keamanan serta legalitasnya.

Aplikasi saham syariah memang saat ini sedang populer untuk digunakan, dimana aplikasi syariah cenderung aman dan memiliki legalitas resmi. Selain itu semua perdagangan yang ada juga menggunakan konsep syariah, sehingga cocok digunakan di negara yang mayoritas umat muslim ini.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts