Home Asuransi Tips dan Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik
asuransi mobil terbaik

Tips dan Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

by Titis NP

Mobil termasuk salah satu jenis kendaraan yang bisa dijadikan aset karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Tapi agar harganya tetap stabil, mobil harus dijaga dan dirawat dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mengasuransikan mobil di perusahaan asuransi mobil terbaik.

Manfaat utama mengasuransikan mobil adalah terhindar dari berbagai resiko yang bisa membuat mobil mengalami kerusakan, baik karena kecelakaan, pencurian, atau bahkan bencana alam yang akhirnya membuat pemilik mobil harus mengeluarkan biaya perbaikan atau bahkan membeli unit baru.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih polis asuransi mobil, seperti berapa banyak pertanggungan yang dibutuhkan, berapa banyak premi yang mampu dibayar, jenis perlindungan apa yang dibutuhkan, perusahaan mana yang akan dipilih, dan sebagainya.

Bagi para pemilik mobil yang baru pertama kali akan mengasuransikan mobilnya, inilah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih jenis dan perusahaan asuransi mobil:

  • Pahami Jenis dan Kebutuhan Asuransi 

Sebelum mulai memilih perusahaan asuransi mobil, mulailah memahami lebih dulu bagaimana sebuah asuransi akan melindungi mobil tersebut. 

Caranya dengan mencari tahu apa saja jenis-jenis asuransi kendaraan/mobil yang ada di Indonesia, pahami masing-masing dari jenis tersebut, dan pikirkan dengan matang jenis mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Ada jenis asuransi yang hanya mengganti rugi ketika mobil mengalami kecelakaan yang diakibatkan pemilik mobil. Jadi jika pengemudi adalah orang lain, maka klaim tidak dapat diajukan. 

Ada jenis asuransi yang bisa menanggung biaya perbaikan berbagai tingkat kerusakan, mulai dari goresan kecil hingga ringsek. Ada juga yang dapat memberikan perlindungan untuk mobil rusak akibat bencana alam atau musibah kebakaran dengan mengganti unit baru yang merk dan modelnya sama persis.

Baca Juga  9 Kisah Sukses Investor Saham Dunia

Memilih jenis asuransi mobil yang tepat sangatlah penting karena setiap jenisnya menawarkan bentuk perlindungan yang berbeda, dan dengan premi serta jumlah klaim yang tentunya juga tidak sama. 

banner pinjaman dana gadai kendaraan

  • Tanyakan Tentang Kustomisasi

Ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan custom untuk setiap pemegang polis, namun ada juga yang tidak. 

Jika jenis perlindungan yang dibutuhkan tidak disediakan oleh satu jenis asuransi saja, maka pilihlah jenis gabungan atau bahkan custom. Jadi, pilihlah penyedia asuransi yang jenis perlindungannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga : Ingin Kredit Mobil Tanpa DP? Berikut Syarat Lengkapnya yang Wajib Kamu Ketahui!

  • Cari Tahu Tentang Layanan Pelanggan

Sangat penting untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki layanan pelanggan handal, profesional, berpengalaman, dan tersedia kapan saja. 

Hal ini karena setiap pemilik polis memiliki kemungkinan untuk mengalami kecelakaan lalu lintas atau musibah kapan saja. Jadi, sangat penting untuk memilih perusahaan dengan layanan pelanggan berperingkat tinggi yang bisa membantu pemrosesan klaim 24/7.

  • Pilih Perusahaan yang Tidak Ribet

Ciri lain dari perusahaan asuransi mobil terbaik adalah menyediakan pertanggungan mudah dan nyaman. Sehingga jika sewaktu-waktu harus melakukan klaim, tidak perlu merasa khawatir dengan prosesnya.

Cari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerima dana klaim tersebut, apa saja dokumen atau syarat-syarat lain yang dibutuhkan agar klaim dapat disetujui, dan apakah prosesnya harus datang ke kantor atau bisa secara online.

Perusahaan yang bisa melakukan pemrosesan klaim online akan sangat membantu karena prosesnya jauh lebih cepat dan sederhana. Klaim online juga sangat menghemat tenaga karena pemegang polis tidak perlu datang jauh-jauh ke perusahaan asuransi.

  • Lakukan Perbandingan

Sebelum memutuskan untuk mendaftar asuransi di suatu perusahaan, buatlah dulu 2-3 daftar perusahaan yang kira-kira bagus kemudian lakukan perbandingan.

Baca Juga  IPOT VS Ajaib, Investasi Mana yang Cocok bagi Pemula?

Pada satu jenis asuransi yang sama namun dari 2-3 perusahaan berbeda tadi, bandingan fasilitas apa saja ditawarkan, berapa preminya, seperti apa layanan pelanggannya, dan semua hal lain yang berkaitan.

  • Beli Asuransi Sesuai Kemampuan

Saat melakukan perbandingan tadi, cari tahu juga tentang premi asuransi mobil yang nantinya harus dibayar secara rutin. Pilihlah perusahaan yang jumlah preminya sesuai dengan kemampuan, sehingga kondisi keuangan tetap stabil dan tidak berdampak pada kebutuhan lainnya.

  • Cari Tahu Bengkel yang Menjadi Rekan Perusahaan

Selain profil, layanan, dan kualitas dari perusahaan asuransi itu sendiri, bengkel yang menjadi rekannya juga patut untuk diselidiki. 

Pastikan bahwa bengkel-bengkel yang menjadi rekannya memiliki review yang bagus dari para pelanggan, hasil kerjanya bagus atau memuaskan, para montirnya adalah orang-orang ahli dan berpengalaman, serta dapat dipercaya saat merekomendasikan suatu komponen yang harus diganti.

Pastikan juga para karyawannya jujur, ramah, serta sopan, karena sebagus apapun suatu bengkel tapi jika karyawannya tidak berlaku sopan dan jutek/ketus, maka pelanggan tidak akan merasa nyaman dan akhirnya malas untuk kembali menggunakan jasanya.

Baca Juga : Yuk Pahami Aturan Premi Asuransi Kredit Mobilmu

Rekomendasi Asuransi Mobil

Saat ini sudah ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi mobil dengan pilihan jenis dan premi beragam yang bisa dipilih sesuai dengan keadaan keuangan, kebutuhan, atau pertimbangan pribadi lainnya seperti tips di atas tadi.

Jika ingin mendaftar asuransi mobil tapi belum tahu dimana, berikut adalah beberapa perusahaan asuransi mobil terbesar, terbaik, dan paling banyak mendapat review positif dari para pelanggannya:

  • Garda Oto

Garda Oto menjadi salah satu perusahaan asuransi mobil terbaik di negeri ini. Sebab, memiliki beragam layanan mulai dari offline di banyak pusat perbelanjaan di hampir seluruh wilayah Indonesia hingga layanan online melalui aplikasi dan situs web, serta layanan telpon yang tersedia 24 jam/7 hari.

  • Autocillin

Perusahaan asuransi yang satu ini terkenal dengan proses klaimnya yang mudah dan cepat tanpa harus datang ke kantor. Pengajuan klaim bisa dilakukan via aplikasi, telepon, dan website. Adapun jenis kerusakan yang dapat ditanggung mulai dari lecet kecil, pencurian, hingga kecelakaan lalu lintas.

  • AXA Mandiri

AXA Mandiri menyediakan asuransi kendaraan untuk mobil pribadi, dinas, dan perusahaan. Klaim bisa diajukan jika mobil rusak karena bencana alam, huru hara, serta mogok dan harus diderek. 

Baca Juga  Cara Daftar dan Pinjam Menggunakan KoinWorks Lengkap Bagi Pemula!

Biaya ambulans dan/atau taksi juga bisa diganti pemilik mobil mengalami kecelakaan dan harus segera dibawa ke pusat medis dengan kendaraan lain.

  • Simas Insurtech

Menjadi salah satu perusahaan asuransi paling unggul di Indonesia, Simas Insurtech yang merupakan anak perusahaan dari Sinar Mas memiliki proses klaim sangat mudah. Sebab, pemilik mobil bisa langsung datang ke bengkel mitra untuk memperbaiki mobil.

Namun, mobil yang bisa diasuransikan hanya mobil-mobil dengan muda dengan usia maksimal 10 tahun sejak tahun produksi. Adapun kerusakan yang dapat diganti meliputi benturan, tabrakan, hilang, dan rusak akibat bencana alam.

  • Asuransi MAG

MAG menjadi salah satu perusahaan asuransi tertua karena sudah ada sejak tahun 1980, dan saat ini juga menjadi salah satu yang terbesar. Perusahaan ini mengcover biaya untuk kerusakan akibat petir, benturan, kecelakaan, tergelincir di jalan, kebakaran, kerusuhan, pencurian, dan sabotase atau terorisme.

Sebenarnya masih ada banyak perusahaan asuransi mobil terbaik di Indonesia, namun lima yang paling rekomended adalah daftar di atas. Sedangkan untuk rekomendasi tempat gadai BPKB mobil, gadaikendaraan.com di Jakarta pusat adalah salah satu yang terbaik karena aman, cepat, dan tidak ribet.

Related Posts