Home Asuransi 7 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik di Indonesia (Lengkap!)
asuransi pendidikan anak

7 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik di Indonesia (Lengkap!)

by Titis NP

Pendidikan adalah salah satu bagian penting dari masa depan anak yang harus dipikirkan dengan matang. Bagi yang tahu betapa pentingnya pendidikan ini, tentu akan memilih jalan asuransi pendidikan anak sebagai cara proteksi yang aman di masa mendatang.

Sebagian orang tua bahkan menjadikan asuransi pendidikan sebagai bukti kecintaan dan rasa peduli kepada anak. Karena berkaitan dengan kecintaan pada anak, tentu saja tidak boleh sembarang memilih asuransi. Pastikan untuk memilih asuransi terbaik yang benar-benar bisa menjamin pendidikan anak.

banner gadau bpkb gadai kendaraan

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik di Indonesia

Semakin banyaknya masyarakat yang menyadari betapa pentingnya proteksi pendidikan anak di masa depan, semakin banyak pula asuransi yang menciptakan produk ini demi nasabahnya. Adapun beberapa asuransi pendidikan anak yang terbaik di Indonesia meliputi:

1. Prudential

Sebagai salah satu asuransi yang berjalan lebih dari 25 tahun, tentu saja Prudential juga memiliki produk asuransi pendidikan anak terbaik yang sudah digunakan banyak nasabahnya. Produk tersebut bernama PRUlink Edu Protection yang menjamin kelangsungan pendidikan anak hingga jenjang tertinggi.

Produk asuransi ini menjamin perlindungan dalam satu polis bagi keluarga, yakni orang tua sekaligus dengan anaknya. Total premi yang wajib dibayar minimal Rp500.000,00 per bulannya. Sementara keuntungannya bisa mencapai 30 juta setiap polis.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan produk asuransi pendidikan anak dari Prudential ini adalah:

  • Saat mendaftar, usia tertanggung mulai dari 1 hari sampai dengan 15 tahun.
  • Masa perlindungan pihak Prudential kepada peserta yang mendapat proteksi asuransi ini adalah sampai usianya 18 atau 25 tahun.
  • Premi minimal per bulan yang wajib dibayar adalah Rp500.000,00.

2. Manulife

Nama produk asuransi pendidikan dari Manulife adalah Manulife Education Protector. Sama dengan asuransi pendidikan pada umumnya, produk ini menjamin pendidikan anak di masa depan. Sifatnya bisa memenuhi kebutuhan investasi seperti dana ekuitas serta pasar uang. 

Baca Juga  Tips dan Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

Premi pendidikan yang perlu dibayar pada Manulife lebih besar dibandingkan Prudential, yakni 1 juta setiap bulannya. Namun asuransi ini juga menyediakan pembayaran premi setiap tahunnya dengan minimal pembayaran yang lebih terjangkau, yakni 5 juta saja. 

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi agar bisa menikmati produk asuransi pendidikan dari Manulife ini meliputi:

  • Pihak yang memegang polis atau orang tua minimal berusia 18 tahun dan maksimal 50 tahun.
  • Sementara untuk pihak yang tertanggung minimal berusia 30 hari dan maksimal sampai 10 tahun. 
  • Total premi yang dibayar setiap bulan minimal 1 juta, sedangkan setiap tahunnya minimal 5 juta. 

3. Sequis

Walaupun cara terlihat tampil sebagai iklan di televisi, tapi produk Asuransi dari Sequis ini cukup terkenal karena berbagai kelebihan yang diberikan. Apalagi pengalaman operasionalnya sangat lama karena sudah berdiri sejak 1984. 

Sequis sebenarnya produk asuransi yang bekerja sama dengan bank BRI dengan layanan asuransi keselamatan jiwa dan pendidikan. Asuransi khusus pendidikannya disebut Edu Plus. 

Menariknya, premi yang wajib dibayar cukup sampai 10 tahun saja dengan manfaatnya yang bisa dirasakan sampai 16 tahun. Dana pertanggungan yang akan diterima nasabah bisa mencapai 150% apabila yang tertanggung meninggal bukan karena kecelakaan. 

Sementara jika karena kecelakaan, dana yang diberikan mencapai 200%. Untuk dana pendidikan yang diterima tersebut akan dibayar sesuai jadwal kalau memenuhi syarat. Sementara kisaran preminya tergantung dengan usia tertanggung saat didaftarkan asuransi. 

Syarat menggunakan asuransi pendidikan Sequis atau Edu Plus adalah:

  • Masa pembayaran premi hanya sampai 10 tahun saja.
  • Usia tertanggung saat masuk asuransi adalah 18 sampai 50 tahun.
  • Periode pertanggungan asuransinya hingga 16 tahun.
  • Pembayaran premi dilakukan setiap bulan. 
  • Uang pertanggungan dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan rencana, yakni:

Plan A: 15 juta. 

Plan B: 25 juta.

Plan C: 30 juta.

Plan D: 35 juta.

Plan E: 40 juta.

Plan F: 50 juta.

Plan G: 75 juta. 

Baca Juga  Tabel Menabung Harian / Celengan Target Supaya Efektif!

4. BCA

Asuransi pendidikan anak yang bagus selanjutnya adalah BCA. Meskipun pada dasarnya BCA adalah lembaga keuangan berupa Bank, tapi saat ini sudah menciptakan beberapa produk asuransi. Salah satunya adalah asuransi pendidikan yang diberi nama Proteksi Edukasi Maksima atau EduPlan. 

Bekerja sama dengan perusahaan asuransi dari Hongkong, EduPlan menawarkan asuransi pendidikan dwiguna. Jadi bisa membantu para orang tua untuk mempersiapkan kebutuhan terkait pendidikan anaknya di masa mendatang. 

Untuk pembayaran premi nya juga lebih bervariasi, mulai dengan jangka 3, 10, hingga paling lama selama 15 tahun. Asuransi pendidikan dari BCA ini kian menarik banyak peminat mengingat ada bonus tahunan dan akhir polis yang selalu dibagi-bagikan pihak BCA.

Syarat yang harus dipenuhi agar bisa menggunakan asuransi pendidikan anak dari BCA meliputi:

  • Melengkapi dokumen berupa surat pengajuan asuransi jiwa.
  • Melengkapi kartu identitas, surat kuasa pendebetan rekening, dan ilustrasi.
  • Pemegang polis minimal berusia 18 tahun.
  • Usia pihak yang tertanggung mulai dari 15 hari sampai 10 tahun. 

5. Mandiri

Sama dengan BCA, Bank Mandiri juga menciptakan produk asuransi jiwa dan pendidikan untuk para nasabahnya. Khusus produk asuransinya dikenal dengan Axa Mandiri. Untuk asuransi pendidikan, di sini terdapat beberapa pilihan produk yang bisa dipilih nasabah.

Ada asuransi pendidikan syariah dan asuransi pendidikan sejahtera. Bagi yang ingin menghindari unsur riba, maka asuransi pendidikan syariah bisa dijadikan pilihan.

Sementara asuransi anak sejahtera akan membantu pendidikan anak apabila pihak tertanggung terkena risiko cacat total dan penyakit kritis. Selain itu, ketika risiko tersebut benar-benar terjadi maka polis tidak perlu lagi dibayar. 

Syarat-syarat untuk menikmati segala kelebihan dan fasilitas dari asuransi pendidikan ini di antaranya:

  • Batas usia saat ikut asuransi standar, yakni mulai 18 hingga 64 tahun.
  • Masa pertanggungan berlaku sampai anak berusia 18 tahun saja.
  • Sementara masa pertanggungan dari sisi pihak yang mengajukan asuransi adalah sampai tertanggung berusia 65 tahun.
  • Premi minimal yang harus dibayar adalah 1,5 juta per tahun. 
Baca Juga  7 Cara Cepat Menjadi Kaya dan Sukses

6. BNI

Produk asuransi pendidikan anak dari BNI diberi nama Solusi Pintar, sementara produk asuransinya secara umum adalah BNI Life. Dana pendidikan yang ditawarkan oleh asuransi ini cukup beragam dan bertahap. Mulai dari anak masuk SD, SMP, SMA, bahkan hingga lulus dari perguruan tinggi. 

Tentu saja uang pertanggungan yang dibayarkan berbeda sesuai dengan jenjang pendidikannya. Bagi pendidikan SD, pertanggungannya hanya 20% saja. Untuk SMP 30%, SMA 40%, serta perguruan tinggi yang mencapai 100%. 

Besaran pertanggungan ini bisa disepakati di awal dengan pihak BNI ketika memutuskan untuk memakai produk asuransi pendidikan. Masa pembayaran untuk asuransi ini juga beragam, yakni antara 9 sampai dengan 17 tahun dengan usia maksimal tertanggung adalah 65 tahun. 

Syarat-syarat asuransi pendidikan di BNI Life:

  • Kisaran usia masuk tertanggung mulai dari 20 sampai dengan 55 tahun.
  • Usia anak yang ditanggung mulai lahir hingga 9 tahun.
  • Pembayaran premi dalam jangka 9 sampai maksimal 17 tahun sesuai kesepakatan.
  • Pembayaran premi dilakukan secara fleksibel, boleh bulanan, 3 bulan sekali, per semester, hingga satu tahun sekali. 

7. Allianz

Meski terkenal dengan produk asuransi jiwanya, Allianz sebenarnya juga punya produk asuransi pendidikan anak. Perlindungan yang diberikan kepada tertanggung terkait pendidikan anak bahkan sampai berusia 100 tahun.

Jika sudah terdaftar dan rutin membayar premi, uang santunan yang diberikan mencapai 400% ketika tertanggung meninggal dunia karena sakit ataupun kecelakaan. 

Syarat asuransi pendidikan Allianz yang bisa dipenuhi:

  • Tertanggung saat masuk sedang berada dalam usia produktif, minimal 18 tahun.
  • Masa pembayaran premi bisa dipilih sesuai kemampuan, bisa 5 sampai 18 tahun lamanya.
  • Biaya pendidikan anak hanya akan ditanggung sampai anak berusia 18 tahun.

Dari 7 asuransi pendidikan anak terbaik di Indonesia ini, semuanya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Jika kebetulan menabung di beberapa Bank yang juga menyediakan jasa asuransi anak, tidak ada salahnya untuk memilih asuransi dari Bank tersebut sehingga prosesnya jadi lebih mudah.

Related Posts