Home Produk Keuangan 6 Bank Digital Terbaik di Indonesia, Cocok Bagi Kaum Millennial
bank digital terbaik

6 Bank Digital Terbaik di Indonesia, Cocok Bagi Kaum Millennial

by Titis NP

Bank digital terbaik merupakan layanan perbankan digital atau online yang memiliki track record atau rekam jejak yang mumpuni, baik itu dalam fitur ataupun layanan yang dilakukan terhadap nasabahnya. 

Minat penggunaan bank digital semakin hari terus mengalami peningkatan sehingga tidak heran banyak anak muda beralih dari bank konvensional menuju bank digital. Itu sebabnya, rekomendasi bank digital terbaik merupakan suatu hal yang menarik untuk diketahui. 

Daftar Bank Digital Terbaik di Indonesia

Berikut ialah beberapa bank digital terbaik di Indonesia sepanjang tahun 2021 sampai memasuki awal tahun 2022:

1. Bank Jago

Bank Jago merupakan salah satu bank digital paling baik di Indonesia yang dulunya memiliki nama Bank Artos. Perubahan nama ini dilakukan sejak adanya akuisisi saham oleh Jerry Ng dan Perusahaan Gojek. 

Konsep bank yang disusun dekat dengan pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang dikemas dalam fitur yang memudahkan dalam pengaturan finansial. 

Bank ini memiliki beberapa keuntungan seperti bunga tabungan yang tinggi, fitur lengkap dengan proses yang cepat dan mudah. 

Selain itu, nasabah juga tidak akan dikenai biaya admin setiap bulannya serta tidak ada batasan saldo minimum yang mengendap dalam rekening.

Untuk pendaftaran akun baru, pengguna cukup dengan melakukan video call bersama admin sekaligus menyiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan dan menggunakan smartphone versi 5.0 ke atas ataupun iOs versi 10.0 ke atas.

2. Jenius

Jenius termasuk aplikasi bank digital terbaik saat ini yang banyak digunakan oleh masyarakat. Posisinya sebagai salah satu platform bank digital terbaik tidak tergantikan sejak awal kemunculannya tahun 2016 lalu. 

Baca Juga  Memahami Jenis-Jenis Kredit Agar Tak Salah Ambil Kredit!

Bank digital ini merupakan anak perusahaan Bank BTN yang berhasil menyerap banyak nasabah dalam kurun waktu yang singkat. Hal tersebut dikarenakan aplikasi Jenius yang kaya akan fitur menarik dan biaya yang fleksibel. 

Nasabah aplikasi ini bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan seperti menabung, melakukan transaksi sampai melakukan investasi dalam deposito. Untuk pendaftarannya juga cukup mudah yakni bisa dilakukan secara online tanpa harus ke kantor cabang Bank BTPN.

3. Blu by BCA Digital

Blu merupakan produk perbankan digital yang diusung dari BCA Digital dan berada di bawah naungan BCA Group. 

Blu by BCA dikenalkan dengan sistem aplikasi branchless atau tanpa kantor cabang. Konsep ini tidak lain bertujuan agar posisinya mampu bersaing dengan bank digital lainnya.

Tampilan aplikasi bank digital ini juga tergolong sangat friendly dan sesuai dengan karakteristik anak muda saat ini. Layanan branchless yang diusung ini memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai jenis layanan tanpa harus antri dalam kantor cabang. 

Adapun jenis layanan yang tersedia diantaranya seperti live chat dan video call yang bisa digunakan dalam menyampaikan berbagai keluhan ataupun kendala.

Meski tidak memiliki kartu debit, namun layanan perbankan digital ini tetap bisa digunakan dalam seluruh mesin atau ATM BCA secara mudah dan gratis. Berikut ialah beberapa jenis layanan yang ditawarkan:

  • Blu Account

Jenis layanan pertama yang ditawarkan ialah Blu Account dengan bunga sebesar 0,5% p.a.

  • Blu Saving / Blu Gether

Layanan selanjutnya yakni Blu Saving atau kerap disebut sebagai Blu Gether yang menawarkan bunga cukup rendah dibandingkan layanan lainnya yakni sebesar 3% dari total p.a.

  • Blu Deposit

Tidak jauh berbeda dengan layanan perbankan konvensional pada umumnya, nasabah Blu juga bisa menikmati layanan deposito. 

Baca Juga  6 Rekomendasi Pinjaman Online Pemerintah & Ada Izin OJK

Dalam layanan ini bunga yang akan dikenakan sebesar 3,75% dari total p.a ketika saldo deposit berjumlah kurang dari 100 juta Rupiah.

Selanjutnya untuk deposit yang lebih dari 100 juta Rupiah, maka nasabah akan dikenai bunga sebesar 4,00% dari total p.a.

4. TMRW

TMRW adalah anak bank UOB Indonesia yang berhasil diluncurkan pada tahun 2020 lalu. Meski terbilang sebagai bank yang masih baru, namun keberadaannya telah menempati salah satu bank digital terbaik. 

Bank digital ini memiliki tampilan yang sangat kekinian dan playful, beberapa menu dan fitur yang tersedia cukup unik dan menarik. Hal ini tidak lain karena tujuan utamanya yakni menarik minat dan perhatian anak muda atau kaum milenial. 

Untuk pendaftaran awalnya, calon nasabah akan diminta untuk melengkapi data diri dan melakukan verifikasi melalui kode OTP yang telah dikirimkan dalam nomor telepon yang terdaftar. 

Setelah itu, proses terakhir ialah verifikasi melalui video call yang tidak akan memakan waktu lama. Dalam menjalankan aktivitas digitalnya, TMRW menggandeng beberapa e-commerce seperti Shopee, Blibli dan Tiket.com.

5. Digibank

Bank digital terbaik selanjutnya adalah Digibank sebagai anak perusahaan dari DBS. Bank ini memiliki sasaran yang cukup unik yakni calon nasabah dengan pekerjaan yang profesional seperti misalnya pegawai negeri, pengusaha ataupun pegawai swasta. 

Sama halnya dengan kebanyakan bank digital pada umumnya, pembuatan rekening baru bisa dilakukan secara online melalui aplikasi dan dilanjutkan dengan mendatangi booth DBS terdekat. 

Adapun salah satu jenis layanan perbankan yang cukup populer ialah DBS Reguler Saving Account yang menetapkan setoran awal sebesar Rp. 100.000.

Digibank memberlakukan sistem layanan gratis transfer baik itu antar bank di dalam maupun luar negeri. Selain itu, nasabah juga berkesemPatan untuk melakukan tarik tunai di semua ATM secara gratis Sebanyak 5x. 

Baca Juga  4 Tabel Angsuran KUR BRI & Syaratnya Terlengkap!

Bagi nasabah yang memiliki saldo lebih dari 5 juta Rupiah, maka tidak akan dikenai biaya admin setiap bulannya sekaligus menikmati berbagai promo hemat dari kartu debit. 

6. Line Bank

Line Bank ialah aplikasi bank digital terbaik sebagai wujud kerja sama antara Line Messenger dan Hana Bank. 

Bank ini berhasil rilis pada pertengahan tahun 2021 dengan sistem pengelolaan multi rekening yakni nasabah berkesempatan untuk membuat maksimal 8 rekening. 

Layanan bank ini tidak menetapkan biaya admin setiap bulannya ataupun minimal setoran saldo awal. Sama halnya untuk transfer antar bank, nasabah tidak akan dikenai biaya baik itu transfer melalui aplikasi ataupun ATM. 

Selanjutnya untuk layanan deposito yang ditawarkan minimal sebesar 1 juta Rupiah dan maksimal sebesar 1 miliar. Dalam hal ini, nasabah bisa menentukan jangka waktu penempatan dengan penawaran bunga mencapai 4,5% p.a.

Perihal keamanan, Line Bank tidak perlu diragukan lagi karena terdapat fitur custom keypad yang bisa digunakan untuk menambah keamanan. Selain itu, terdapat pula metode pembayaran melalui QR code yang bisa memudahkan nasabahnya ketika melakukan transaksi.

Tampilan dan berbagai fitur yang tersedia baik itu dalam aplikasi atau kartu debit juga cukup menarik dan sangat cocok dengan sasaran utamanya yakni anak-anak muda dan kaum millennial. 

Setelah memahami ke-6 daftar bank digital terbaik di atas, calon nasabah nantinya bisa memilih bank yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Seperti misalnya kelebihan dan kekurangan, metode pembayaran dan fitur-fitur pendukung lainnya. 

Mengenai keamanan juga tidak perlu dikhawatirkan karena ke-6 bank yang disebutkan di atas telah mengantongi izin secara resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Related Posts