Home Produk Keuangan 7 Rekomendasi Bank Keliling Mingguan Mudah Tanpa Ribet!
bank keliling mingguan

7 Rekomendasi Bank Keliling Mingguan Mudah Tanpa Ribet!

by Titis NP

Istilah bank keliling mingguan memang tidak begitu akrab untuk semua kalangan. Pasalnya, lembaga ini memang lebih menyasar pada kalangan bawah karena syaratnya yang terbilang mudah. Terlebih keberadaannya memang tidak memiliki kejelasan badan hukum.

Inilah yang membuat bank jenis ini dianggap kurang aman. Namun jika tetap ingin meminjam di sini, ada beberapa bank keliling yang cukup aman dan bisa dicoba. Keamananya dibuktikan oleh banyaknya masyarakat yang sudah menjadi nasabahnya.

Informasi tentang Bank Keliling Mingguan

Sebelum memutuskan untuk meminjam uang di bank keliling, seseorang harus mengenal seluk beluknya lebih detail. Jika dirasa cocok dan tidak ragu, barulah bisa meminjam di sini.

Sesuai namanya, bank keliling menawarkan pinjaman kepada nasabahnya dengan berkeliling kampung sambil membawa catatan. Karena sasarannya kalangan bawah, biasanya sering ditemukan di kompleks dan perkampungan.

Disebut bank keliling mingguan karena tenor atau jangka waktu pelunasan bisa dicicil secara mingguan ataupun bulanan. Inilah keunggulan tersendiri dari bank keliling dibandingkan bank formal pada umumnya.

Dalam menawarkan jasanya, bank ini sering mengatasnamakan koperasi simpan pinjam. Dengan begitu, identitasnya lebih jelas dan terlihat memiliki lembaga hukum. 

Orang bisa tertarik menggunakan bank ini karena syaratnya mudah, hemat mobilitas, serta pencairannya lebih cepat dibandingkan bank formal. Hal ini yang menjadikan banyak yang mengandalkan bank keliling untuk meminjam dana.

Rekomendasi Bank Keliling Mingguan

Walaupun tidak formal dan statusnya kurang jelas, tawaran pinjaman bank keliling mingguan yang praktis terbilang cukup menggiurkan. Bagi yang tertarik menggunakannya, berikut rekomendasi beberapa bank keliling yang terkenal cukup aman:

Baca Juga  5 Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal dan Resikonya!

1. Koperasi Kemuning

Bank Keliling yang paling terkenal di berbagai daerah dan semua kalangan adalah Koperasi Kemuning. Meski sebagian orang merasa dirugikan karena penagihannya yang asal sita, tapi bagi yang membayar cicilan sesuai tenor sebenarnya aman-aman saja.

 Saat ini Koperasi Kemuning juga terus meningkatkan kualitasnya sehingga tidak lagi ditemukan kasus asal sita pada nasabahnya.

 Salah satu daya tarik yang membuat nasabahnya cukup banyak adalah tawaran pinjaman yang lebih beragam dan lebih besar dibanding bank keliling lainnya, yakni antara Rp1 juta sampai Rp50 juta. Tenor cicilannya juga beragam, mulai dari 60, 80, hingga 100 hari.

Menariknya lagi, koperasi ini tidak meminta jaminan BPKB untuk pinjaman yang besar, namun menawarkan jaminan lainnya yang mirip BPKB, SHM, ataupun SPPT. Tapi Koperasi Kemuning tetap tidak mengenakan jaminan pada pinjaman yang nominalnya sedikit.

Sayangnya, ada biaya administrasi bagi peminjam, yakni 25 ribu setiap pemberian 1 juta dari pinjaman. Syarat pinjaman secara detail di bank keliling ini meliputi:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi keterangan surat kontrak
  • Biaya admin 25 ribu setiap 1 juta

2. Koperasi A.S.A

Eksistensi koperasi ini cukup dikenal masyarakat. Selain terpercaya, nominal pinjaman yang diberikan juga cukup beragam dan lebih terjamin aman. Pinjaman yang diberikan minimal Rp300.000 dan maksimal Rp3.500.000.

Untuk tenor yang diberikan ada 2 pilihan, yakni 6 dan 8 Minggu. Jadi tidak lebih dari 2 bulan. Adapun syarat meminjam di bank keliling ini adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Surat Nikah
  • Fotokopi KK
  • Akta Kelahiran
  • Bukti usaha yang sedang dijalankan

3. Koperasi Semarak Dana

Koperasi Semarak Dana juga sudah sangat familiar di masyarakat menengah ke bawah, terutama yang memiliki usaha dagang. Ini disebabkan karena cabangnya sudah tersebar di berbagai daerah dan sangat mudah ditemukan.

Baca Juga  Apa Itu NFT? Ini Cara Kerja dan yang Perlu Disiapkan Supaya Cuan!

Pinjaman yang ditawarkan berkisar antara 1 hingga 3 juta dengan cicilan mingguan hingga 11 kali. Tawaran menggiurkan dari bank keliling ini adalah proses pencairannya yang juga sangat cepat. Syarat yang dibutuhkan juga tergolong mudah, yaitu:

  • KTP suami istri
  • Rekening listrik
  • Kartu keluarga
  • Pas Foto

4. Koperasi Sentra Dana

Koperasi yang juga dikenal sebagai bank keliling mingguan populer di Pulau Jawa adalah Sentra Dana. Tawaran pinjaman yang diberikan tanpa agunan sehingga lebih ramah untuk semua kalangan.

Dana yang cair juga sangat cepat, sehingga tidak heran kalau pinjaman dananya tidak begitu besar. Kisaran antara Rp1 juta sampai Rp2,5 juta saja. Tenor yang disediakan hingga 11 Minggu. Syarat pinjamannya meliputi:

  • Fotokopi KTP suami istri
  • Fotokopi rekening listrik
  • Fotokopi Kartu keluarga

5. Koperasi Serambi Dana

Koperasi ini memiliki perbedaan yang menonjol dari variasi penggunaan pinjaman yang diberikan. Jadi tidak hanya meminjamkan dana untuk usaha saja, tapi juga untuk renovasi rumah, pendidikan, dan yang lainnya. Dengan begitu, syarat kepemilikan usaha tidak perlu dilampirkan.

Adapun jaminannya tidak berupa barang, namun tertulis. Bank Keliling ini juga disukai karena angsuran mingguannya cukup ringan. Plafonnya sama dengan bank keliling lainnya, yakni 1 sampai 3 juta. Syarat pinjam di sini adalah:

  • Fotokopi buku nikah
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi akta kelahiran
  • Fotokopi kartu keluarga

6. Koperasi Jaya Abadi

Nama bank keliling ini juga cukup dikenal masyarakat. Menawarkan pinjaman mulai dari Rp750.000 hingga Rp3 juta dengan angsuran paling lama 11x setiap minggunya.

Barang yang dijadikan jaminan tidak begitu berat karena bukan berupa surat-surat yang berkaitan dengan harga benda. Adapun jaminan yang umum diminta kepada peminjam adalah akta kelahiran dan buku nikah yang asli. Sementara syarat pinjam hanya menyerahkan fotokopi KTP dan KK.

Baca Juga  Tabel Angsuran BRI & Cara Pengajuannya Terlengkap (2022)

7. Koperasi Berkah Mulia

Koperasi ini memberikan pinjaman dengan batas minimal paling kecil dibandingkan bank keliling lainnya, yakni mulai dari Rp500 ribu hingga Rp6 juta. Cicilannya juga dihitung mingguan dalam jangka waktu 8 kali. Pencairan dana bisa langsung diproses dalam waktu 1 hari.

Pinjaman Uang Selain Bank Keliling Mingguan yang Lebih Cepat dan Aman

Dibalik berbagai kelebihannya, meminjam uang di bank keliling mingguan juga memiliki berbagai kelemahan. Beberapa di antaranya adalah bunganya yang cukup besar serta tingkat keamanannya yang sangat rendah.

Bagi yang ingin meminjam di bank keliling karena tergiur syaratnya yang mudah serta proses cepat, ada alternatif lain yang bisa digunakan. Caranya dengan meminjam secara online di gadaikendaraan.com.

Meskipun online, di sini juga menawarkan pinjaman yang yang prosesnya cepat dan terjamin aman. Selain itu, ada banyak kelebihan lainnya yang akan diperoleh jika meminjam uang di sini, yaitu:

  • Lebih praktis karena peminjaman dana bisa dilakukan secara online dan dana bisa langsung cair setelah syarat terpenuhi.
  • Syarat lebih mudah dengan menunjukkan BPKB kendaraan. Tidak perlu repot membawa syarat ke kantor, karena pihak jasa yang akan langsung datang ke lokasi.
  • Proses pencairan dana sangat cepat selama syarat terpenuhi.
  • Terjamin aman dan terpercaya karena sudah diawasi oleh OJK. Jadi bebas penipuan meskipun dilakukan secara online.

Dengan eksistensinya yang cukup dikenal masyarakat, tidak ada salahnya meminjam dana dari salah satu bank keliling mingguan di atas. Namun, agar lebih aman dan bebas dari bunga yang tinggi, akan lebih baik kalau menggunakan alternatif lainnya dalam meminjam dana seperti di gadaikendaraan.com.

Related Posts