Home Produk Keuangan 10 Bank Syariah Terbaik dan Terbesar di Indonesia
bank syariah terbaik

10 Bank Syariah Terbaik dan Terbesar di Indonesia

by Titis NP

Bicara seputar bank syariah terbaik tentunya ada banyak sekali bank yang dimasukkan, mengingat bank syariah di Indonesia sendiri sangatlah banyak. Namun bila dilihat dari spesifikasi dan keunggulannya, maka terdapat beberapa bank syariah yang bisa disebut sebagai terbaik.

Bank syariah memang sangat populer akhir-akhir ini, terutama di kalangan umat muslim di Indonesia. Hal tersebut karena bank ini menggunakan syariat Islam di dalamnya, sehingga lebih aman dan nyaman untuk digunakan.

10 Bank Syariah Terbaik dan Terbesar di Indonesia

Setidaknya terdapat 10 bank syariah yang dapat dikatakan sebagai yang terbaik, dimana setiap bank tersebut menawarkan kelebihannya tersendiri. Berikut ulasan lengkap seputar bank syariah di Indonesia yang disebut sebagai yang terbaik saat ini:

1. BSI (Bank Syariah Indonesia)

Bank Syariah Indonesia atau BSI tentunya menjadi yang terbaik, dimana lembaga perbankan ini dikelola secara langsung oleh pemerintah. Sehingga tak heran semuanya diawasi dengan ketat agar sesuai dengan syariat Islam.

Mulai dari transaksi keuangan, peminjaman uang, penanaman modal, pembelian saham, dan lain sebagainya dilakukan dengan memperhatikan kaidah yang ada. Dijamin semua transaksi dalam bank ini sangatlah halal.

BSI juga memiliki otoritas yang sangat kuat dalam dunia perbankan syariah, hal ini karena ia sebenarnya merupakan gabungan dari 3 bank syariah besar. Seperti BNI Syariah, BRI Syariah, dan Mandiri Syariah.

2. BCA Syariah

Terdapat pula bank BCA Syariah yang dibuat secara khusus agar semua transaksi terhindar dari riba. Meskipun berada di bawah bank konvensional, namun keuangan dalam bank ini benar-benar terpisah dari bank utamanya.

Baca Juga  15 Tabel Angsuran BNI Fleksi Terlengkap (Wajib Dicek!)

BCA Syariah juga telah terdaftar di OJK dan MUI, sehingga telah melewati kajian yang sangat ketat untuk bisa menjadi bank syariah. Oleh karena itu bank ini sudah sangat terjamin dalam menyediakan transaksi yang sesuai dengan ajaran Islam.

Terlebih lagi ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan nasabah bila menggunakan BCA Syariah ini. Mulai dari transaksi tanpa biaya, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa bunga, pembiayaan pendidikan, dan masih banyak lagi lainnya.

3. BTPN Syariah

Bukan hanya bank BCA saja, melainkan bank BTPN juga membentuk lembaga baru berupa BTPN Syariah. Tujuannya agar transaksi yang dilakukan sesuai dengan kaidah Islam, terutama dalam hal peminjaman uang.

Disini peminjaman uang dilakukan dengan sistem bagi hasil, baik saat rugi maupun saat untung bank juga akan kena imbasnya. Hal inilah yang membuatnya benar-benar sesuai dengan aturan yang ada di dalam Islam.

BTPN Syariah juga menggunakan konsep anggota, sehingga tidak ada kata nasabah dalam bank ini. Semuanya dilakukan secara beranggota dan transaksinya juga harus dilakukan secara tunai.

4. Bank Mega Syariah

Bank syariah yang bagus selanjutnya datang dari Bank Mega Syariah, dimana bank ini dibuat sedemikian rupa agar benar-benar terpisah dari bank konvensionalnya. Mulai dari aturan yang ada, konsep kredit, transaksi keuangan, hingga pengelolaan uang yang dilakukan.

Bank Mega Syariah sendiri memiliki beberapa jenis transaksi di dalamnya, mulai dari Tabungan Bisnis Tama iB, Tabungan Berkah Tama iB, Pembiayaan Investasi iB, Pembiayaan Modal Kerja iB, dan masih banyak lagi lainnya.

Semua transaksi yang ada di bank ini diawasi secara ketat serta ditinjau secara rutin, sehingga sangat terjamin sebagai salah satu bank syariah paling terbaik di Indonesia. Bahkan bank inilah yang sering digunakan sebagai moda haji atau umrah.

Baca Juga  Kredit Investasi: Pengertian, Contoh dan Cara Pengajuannya!

5. Bank Syariah Bukopin

Berdiri sejak tahun 1990 membuat Bank Syariah Bukopin tidak perlu diragukan lagi sebagai salah satu bank syariah terbaik saat ini. Mengingat ia menggabungkan beberapa syariat Islam dari berbagai pandangan tokoh agama terkemuka.

Selain itu bank ini juga berada di bawah pengawasan organisasi Islam Muhammadiyah, sehingga ia juga menerapkan konsep Islam yang sangat ketat. Bahkan terdapat banyak perwakilan Muhammadiyah yang bekerja di bank yang satu ini.

6. Bank Muamalat Indonesia

Apabila bank lain masih memiliki hubungan dengan bank konvensional, namun tidak demikian dengan Bank Muamalat Indonesia. Bank ini sendiri berdiri tanpa adanya bank konvensional sama sekali di belakangnya.

Apalagi ia dikelola secara langsung oleh Majelis Ulama Indonesia, baik dari segi pengelolaan, pembuat kebijakan transaksi, hingga konsep kredit yang ada. Dapat dipastikan bank ini sangat bersih dan terhindar dari yang namanya riba.

7. BTN Syariah

Ada pula bank BTN Syariah yang menawarkan konsep keuangan menurut Islam, baik untuk transaksi giro, simpanan, kredit, wakaf, deposito, dan berbagai transaksi keuangan lainnya. Bank ini juga telah resmi diawasi oleh OJK serta MUI sejak tahun 2009.

Terlebih lagi BTN Syariah selalu melakukan evaluasi secara rutin agar terhindar dari penyimpangan yang bisa terjadi. Sehingga ia memiliki transaksi yang benar-benar bebas dari yang namanya riba atau uang haram.

8. Bank Sinarmas Syariah

Bank Sinarmas Syariah juga termasuk ke dalam salah satu daftar bank syariah terbaik di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh transaksinya yang begitu transparan, baik pemberi modal, pengelola, hingga peminjam modal tersebut.

Dengan keterbukaan tersebut, tentunya membuat transaksi lebih jelas dan tidak ada salah satu pihak yang dirugikan nantinya. Hal ini juga mengacu pada konsep keuangan Islam yang harus jelas dan transparan dalam keuangan.

Baca Juga  Tabel Angsuran Pinjaman Bank BTN Terlengkap 2022 (Wajib Dicek!)

Transaksi yang ada di Bank Sinarmas Syariah ini sangatlah lengkap, mulai dari tabungan, pembiayaan, pinjaman modal bagi hasil, investasi bagi hasil, dan berbagai instrumen lainnya. Dengan begitu semua kegiatan bank sudah dapat dilakukan secara syariah.

9. Bank Panin Dubai Syariah

Didukung secara langsung oleh Dubai Islamic Bank, membuat Bank Panin Dubai Syariah berkembang sangat pesat saat ini. Seperti namanya bank ini dibantu langsung dari Islamic Bank yang berpusat di Dubai.

Bukan hanya sumber dananya saja yang berasal dari Dubai, namun soal ketentuan dan konsep keuangan juga menganut bank yang berpusat di Timur Tengah tersebut. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu bank syariah di Indonesia yang bertaraf internasional.

Tak heran bila Bank Panin Dubai Syariah seringkali digunakan untuk transaksi mata uang asing secara syariah. Hal ini karena ia bekerja sama dengan Islamic Bank yang ada di berbagai negara di luar negeri, sehingga semuanya dapat dilakukan secara syariah.

10. BJB Syariah

BJB Syariah menjadi bank selanjutnya yang patut dipertimbangkan, dimana bank ini telah dipercaya sejak tahun 2010 sebagai penyelenggara keuangan dengan konsep syariah. Hal ini tercantum secara jelas di pusat perbankan atau BI.

Meskipun hanya beroperasi di Jawa Barat dan Banten, akan tetapi bank ini memiliki pelayanan yang sangat lengkap. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya transaksi yang bisa dilakukan, seperti penghimpunan atau deposito, pembiayaan produktif, hingga pembiayaan konsumtif.

Adanya banyak bank syariah di Indonesia saat ini, tentunya membuat transaksi keuangan digital secara Islami kini bisa dengan mudah dilakukan. Apalagi dengan beberapa bank syariah terbaik diatas, pastinya tidak ada alasan lagi menunda penggunaan bank syariah di era modern seperti sekarang.

Related Posts