Home Produk Keuangan Ini Cara Mudah Investasi Reksadana di Bareksa Agar Cuan Bertambah!
bareksa investasi

Ini Cara Mudah Investasi Reksadana di Bareksa Agar Cuan Bertambah!

by Titis NP

Saat ini, hampir segala sesuatu bisa dilakukan dengan lebih mudah berkat kemajuan teknologi. Salah satunya adalah proses investasi reksadana yang bisa dilakukan dengan praktis menggunakan aplikasi Bareksa. Apa itu Bareksa dan bagaimana cara investasi reksadana di Bareksa?

Bareksa merupakan suatu platform atau wadah bagi orang-orang yang tertarik untuk melakukan investasi reksadana. Platform ini bisa ditemukan di Play Store dan App Store sehingga investor bisa melakukan investasi dengan mudah melalui smartphone apapun yang dimilikinya.

Cara Membuka Akun di Bareksa

Untuk bisa berinvestasi di Bareksa, calon investor perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi Bareksa aman untuk digunakan karena diawasi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Bareksa sudah ditetapkan sebagai APERD atau Agen Penjual Efek Reksadana.

Selain itu, Bareksa juga ditunjuk oleh Kementerian Keuangan sebagai salah satu mitra distribusi resmi yang melakukan penjualan produk berupa Surat Berharga Negara pada investor ritel. Setelah mengunduh aplikasi Bareksa, calon investor perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Tap Daftar untuk membuat akun Bareksa baru

Akan muncul dua tombol pada saat aplikasi Bareksa dibuka. Tap tombol Daftar yang berwarna hijau untuk memulai proses pendaftaran atau pembukaan akun. Proses pendaftaran ini hanya membutuhkan 6 langkah praktis yang perlu dilakukan oleh calon investor.

Baca Juga  Tabel Angsuran BFI Finance Terlengkap 2022 (Wajib Dicek!)

Langkah pertama adalah memilih kewarganegaraan dan memasukkan nomor identitas. Bagi WNI, diwajibkan untuk memasukkan nomor KTP yang masih berlaku. Sedangkan WNA diwajibkan untuk memasukkan nomor paspor yang masih berlaku. Setelah itu tap pada tombol Daftar.

banner pinjaman dana gadai kendaraan

2. Masukkan informasi akun yang akan didaftarkan

Berbagai informasi yang perlu dimasukkan antara lain adalah alamat email, password untuk akun Bareksa, dan nomor smartphone yang masih aktif. Setelah memasukkan informasi tersebut, calon investor akan memperoleh kode OTP yang harus dimasukkan ke aplikasi Bareksa.

Selanjutnya, lengkapi berbagai persyaratan yang diperlukan yaitu foto KTP yang jelas, tidak terpotong, dan tidak blur serta tanda tangan calon investor yang berbentuk digital. Setelah semua formulir selesai dilengkapi, Bareksa akan mengirimkan link untuk aktivasi akun.

Baca Juga : Bareksa vs Bibit, Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

3. Melakukan aktivasi akun agar bisa segera investasi

Buka email yang digunakan untuk mendaftar ke aplikasi Bareksa. Periksa email yang dikirimkan oleh Bareksa dan klik link yang ada di email tersebut. Setelah proses aktivasi akun selesai, calon investor bisa segera melakukan investasi reksadana di aplikasi Bareksa. 

Baca Juga : 7 Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan dan Mudah Bagi Pemula

Cara Investasi Reksadana di Bareksa dengan Mudah

Pendaftaran akun adalah langkah awal yang perlu dilakukan agar calon investor bisa berinvestasi reksa dana di aplikasi Bareksa. Untuk membeli reksadana sendiri, ada beberapa langkah lanjutan yang harus dilakukan, yaitu:

1. Masuk ke akun yang terdaftar di aplikasi Bareksa

Proses login bisa dilakukan di situs web Bareksa tapi investasi akan lebih nyaman jika dilakukan di aplikasi Bareksa. Lakukan login dengan memasukkan email serta password yang sebelumnya sudah didaftarkan ke Bareksa.

2. Membeli reksadana di Bareksa

Untuk melakukan pembelian di Bareksa, investor hanya perlu mengklik tombol yang bertuliskan Reksa Dana Online. Tombol ini ada di sebelah kanan atas layer. Setelah diklik, akan muncul beberapa pilihan menu, pilih menu Beli Reksa Dana.

Baca Juga  Tabel Angsuran Kredit Plus & Syaratnya Terlengkap (2022)

3. Memilih jenis, nama, dan manajer investasi reksadana

Cara investasi reksadana di Bareksa berikutnya adalah memilih jenis reksadana, nama reksadana, serta manajer investasi reksadana yang diinginkan. Proses pemilihan ini sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan profil risiko setiap investor.

4. Memberikan persetujuan untuk melakukan investasi

Langkah ini sangat sederhana tapi juga sangat berpengaruh terhadap bisa tidaknya investasi dilakukan. Centang bagian persetujuan untuk memberitahu pihak Bareksa bahwa Anda menyetujui semua persyaratan yang diajukan dan akan memulai investasi reksadana di Bareksa.

5. Menentukan nilai pembelian reksadana

Setelah menyetujui persyaratan investasi, investor perlu menentukan harga pembelian. Misalnya, investor yang ingin berinvestasi sebesar Rp 500 ribu harus mengetikkan angka IDR 500.000 di kolom Nilai Pembelian Bersih. Tap tombol Selanjutnya untuk melanjutkan ke pembayaran.

6. Memilih metode pembayaran yang paling sesuai

Ada beberapa metode pembayaran yang tersedia dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan setiap investor. Salah satu metode pembayarannya adalah melalui transfer bank. Setelah memilih metode pembayaran yang paling diinginkan, berikan konfirmasi pembelian untuk memproses pembelian.

Tap pada tombol Konfirmasi sehingga akan muncul nomor rekening yang merupakan tujuan pembayaran. Nama rekening yang muncul harus merupakan nama reksadana yang akan dibeli oleh investor.

7. Melakukan pembayaran untuk membeli reksadana

Setelah nomor rekening yang menjadi tujuan pembayaran dana muncul di layar, investor mempunyai waktu 1×24 saja untuk melakukan pembayaran ke rekening tersebut. Saat akan melakukan pembayaran atau transfer dana, jangan lupa untuk mencantumkan nomor order pada berita transfer.

Nomor order wajib dicantumkan pada keterangan transfer untuk mempermudah proses pengecekan pembayaran pada reksadana yang dibeli.

8. Melakukan konfirmasi pembayaran atau transfer dana

Cara investasi reksadana di Bareksa selanjutnya adalah melakukan konfirmasi bahwa pembayaran sudah dilakukan. Caranya mudah, yaitu dengan mengklik link yang telah dikirimkan oleh pihak Bareksa ke email yang terdaftar di aplikasi Bareksa.

Cara lainnya adalah membuka bagian Portofolio lalu mengklik bagian yang berjudul Order. Klik tombol Konfirmasi Pembayaran yang ada di samping order reksadana yang telah dibuat. Bukti transfer bisa difoto atau di scan untuk kemudian dilampirkan di bagian Konfirmasi Pembayaran.

Baca Juga  12 Game Penghasil Bitcoin Terbaik Mudah dan Menguntungkan!

Setelah investor memberikan konfirmasi bahwa pembayaran sudah dilakukan, pembelian reksadana akan diproses dalam waktu kurang lebih 1×24 jam hari kerja.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Investasi Saham yang Benar Agar Pemula Bisa Untung

Tips Berinvestasi di Bareksa

Bagi yang masih baru dalam dunia investasi reksadana, ada beberapa tips yang sebaiknya dipahami agar proses investasi bisa berjalan dengan lancar dan tujuan investasi pun bisa tercapai. Beberapa tips tersebut antara lain:

1. Menetapkan tujuan dalam berinvestasi

Apakah investasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mendesak dalam jangka waktu yang singkat? Atau apakah investasi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang seperti misalnya memenuhi dana pensiun? Tujuan yang jelas akan mempermudah penentuan nominal investasi.

Selain itu, tujuan yang jelas juga membantu investor untuk memilih jenis investasi yang paling tepat. Setidaknya ada 3 jenis investasi reksadana dengan jangka waktu berbeda dan resiko berbeda yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan investor.

2. Memilih reksadana yang tepat

Bagi para investor pemula, sebaiknya memilih investasi yang resikonya lebih rendah, misalnya reksadana pasar uang. Jenis investasi ini berisi deposito serta instrumen pasar uang yang jangka waktunya kurang dari satu tahun. Setelah lebih kenal investasi, pilih reksadana obligasi.

Reksadana obligasi mempunyai resiko moderat, lebih cocok untuk investor yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu antara 1 hingga 3 tahun. Jika sudah lebih siap menerima resiko yang lebih tinggi, pertimbangkan reksadana saham yang cocok untuk investasi jangka panjang, lebih dari 5 tahun.

Baca Juga : Cara Investasi di Bibit Supaya Portofolio Makin Meroket Bagi Pemula

Di era modern ini, investasi sudah lebih mudah untuk dilakukan. Cukup pahami beberapa cara investasi reksadana di Bareksa di atas dan terapkan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi yang dilakukan secara online.

Related Posts