Home Investasi Bibit vs Ajaib, Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?
bibit vs ajaib

Bibit vs Ajaib, Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

by Titis NP

Salah satu cara mengelola keuangan agar lebih produktif adalah dengan berinvestasi. Banyaknya kesadaran masyarakat akan pentingnya berinvestasi membuat berbagai aplikasi reksadana bermunculan. Dua diantaranya adalah Bibit vs Ajaib yang sama-sama terkenal karena kelebihannya.

Perbandingan Bibit VS Ajaib

Bagi pemula yang belum memiliki pengalaman berinvestasi, tentu harus membandingkan dua aplikasi reksadana tersebut agar lebih mudah digunakan sesuai kebutuhannya. Kelebihan dan kelemahan masing-masing dari berbagai sisi bisa dijadikan pertimbangan.

1. Kemudahan Penggunaan Bibit VS Ajaib

Bagi pemula, pertimbangan pertama yang selalu diperhitungkan adalah kemudahan penggunaan aplikasinya. Semakin mudah aplikasi digunakan, pemula biasanya akan lebih tertarik memilihnya.

  • Bibit

Dari sisi penggunaannya, aplikasi Bibit memang sangat terkenal dengan user interface yang mudah dipahami oleh semua kalangan termasuk pemula.  Produk desain, pengalaman pengguna, serta visualnya didesain sangat sederhana sehingga mudah digunakan oleh pemula yang belum berpengalaman. 

Menariknya, Bibit juga memudahkan pengguna dalam membuat akun karena waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 30 menit saja. Selanjutnya pengguna aplikasi bisa langsung membeli produk reksadana yang diinginkan. 

  • Ajaib

Sebagai aplikasi reksadana yang masih baru, saat ini Ajaib juga telah melakukan beberapa kali pembaruan sehingga proses pembuatan akun juga lebih cepat. Bahkan cukup 5 menit mengisi data diri, akun akan segera diverifikasi dan transaksi yang diinginkan bisa langsung dilakukan.

Namun Ajaib tidak begitu mengedepankan visual sehingga bagi sebagian orang masih merasa kurang nyaman menggunakannya.  

2. Keunggulan Fitur Bibit VS Ajaib

Baik Bibit ataupun Ajaib sama-sama dilengkapi dengan fitur yang menguntungkan penggunanya. Fitur tersebut di antaranya:

  • Bibit

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh Bibit adalah Robo Advisor. Fitur ini memberikan kemudahan berupa adanya rekomendasi reksadana yang paling sesuai dengan profil pengguna.

Baca Juga  Cara Mudah Hitung Premi Asuransi Mobil

Mulai dari usianya, penghasilan, hingga target ataupun risiko investasinya. Selain fitur unggulan tersebut, Bibit juga dilengkapi dengan fitur live chat dan referral. 

  • Ajaib

Ajaib juga memiliki fitur yang tidak berbeda jauh dengan Bibit, yakni Live Chat dan bisa langsung terhubung ke WA. Ada juga fitur referral, artikel, serta gratis konsultasi bagi penggunanya melalui live chat yang tersedia. 

Di aplikasi ini juga sudah tersedia informasi lengkap terkait waktu untuk menjual beli saham terbaik sehingga investor pemula ataupun yang sudah lama bisa memaksimalkan keuntungan yang akan diperoleh. 

3. Keamanan Bibit VS Ajaib

  • Bibit

Bibit adalah salah satu aplikasi yang sudah ditetapkan aman oleh OJK karena telah terdaftar secara resmi dan diawasi langsung. Cara beroperasinya juga sudah sesuai dengan ketetapan OJK. Adapun uang investor yang diinvestasikan melalui aplikasi ini tidak disimpan secara pribadi.

Semuanya telah disimpan dalam bank kustodian seperti BNI, BCA, dan HSBC. Bank-bank tersebut memiliki tanggung jawab penuh dalam menyimpan dana dari investor. 

  • Ajaib

Sama dengan Bibit, aplikasi Ajaib sebagai platform investasi online juga sudah mendapat pengawasan Otoritas Jasa Keuangan sehingga terjamin keamanannya. Tetapi dana yang masuk ke Ajaib sebagai dana investasi akan dikelola langsung oleh pihak Manajer dari Investasi Ajaib. 

Aplikasi yang sudah didownload jutaan orang ini juga sudah mendapat izin operasi dari BEI dan OJK yang keduanya sama-sama memiliki wewenang mengawasi kewajaran jasa keuangan termasuk investasi. 

4. Pengalaman Berdiri Bibit VS Ajaib

  • Bibit

Bibit termasuk salah satu platform jasa keuangan yang sudah cukup lama berdiri, yakni sejak tahun 2017 lalu. Tetapi setelah diakuisisi oleh perusahaan Stockbit, bibit diperkenalkan ulang dengan pembaruan pada Januari 2019 silam.

  • Ajaib

Ajaib termasuk platform baru yang baru berdiri pada Februari tahun 2019. Sebagai pendatang baru, Ajaib telah melakukan update pada Agustus 2019 dengan segala pembaruan yang membuatnya bersaing dengan platform investasi online lainnya.

Baca Juga  Investasi Syariah: Pengertian, Cara Kerja dan Jenis Investasi Syariah Terbaik

5.  Metode Pembayaran

  • Bibit

Hingga saat ini, Bibit memberikan kemudahan bagi para investor untuk melakukan metode pembayaran dari sejumlah dana yang diinvestasikan. Bibit menerima pembayaran melalui transfer Bank, Go-Pay serta aplikasi OVO. 

Meskipun hanya tiga pilihan metode pembayaran, tapi metode transfernya bisa lebih mudah karena bisa dilakukan hanya dengan sekali transaksi tanpa harus mengirim bukti transfer.

  • Ajaib

Ajaib sendiri menawarkan pemilihan pembayaran yang lebih banyak. Mulai dari transfer menggunakan Bank, virtual account, link aja, hingga Go-Pay bisa dipilih sesuai dengan kemudahan penggunanya untuk mengirim dana investasi. Sayangnya metodenya terpisah dan tidak bisa dilakukan dalam sekali transaksi.

6. Platform yang Digunakan

  • Bibit

Walaupun sudah berdiri sejak lama, Bibit baru menggunakan platform Android dan IOS yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini.

  • Ajaib

Sementara itu, Ajaib menawarkan platform yang lebih banyak, yakni Android, IOS, hingga web based. Inilah yang menyebabkan calon investor bisa mendaftar dengan lebih mudah karena bisa langsung login melalui akun Google saja. 

7. Reksadana Bibit VS Ajaib

  • Bibit

Karena sudah berdiri dan berpengalaman sejak lama, platform Bibit memiliki cukup banyak produk reksadana yang bisa dipilih sesuai keinginan pelanggan. Mulai dari reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap atau obligasi, hingga reksadana syariah tersedia di dalamnya. 

  • Ajaib

Platform ini menggunakan teori Harry Markowitz, dimana alokasi dana diambil langsung dari tiga jenis reksadana, yakni saham, pasar uang, dan pendapatan tetap. Namun seiring pembaruan yang dilakukan secara berkala, Ajaib sekarang juga menyediakan reksadana syariah. 

Sejak diperbarui pada Agustus 2019, Ajaib juga sudah menambah jumlah reksadana yang dijual. Jika sebelumnya hanya 3 produk, saat ini semakin banyak. Produk reksadana yang dimiliki juga dikemas dengan berbagai kategori menarik, seperti investasi 30 saham terbaik, hingga investasi di perusahaan BUMN.

8. Investasi Awal Bibit VS Ajaib

  • Bibit

Bibit sangat memudahkan investor pemula sehingga setoran awalnya sangat murah dan terjangkau, yakni hanya Rp10.000,00 saja. Walaupun murah, kinerja produknya sama saja dengan platform investasi online lainnya.

  • Ajaib

Pada dasarnya, Ajaib mengajak investor pemula untuk lebih serius dalam berinvestasi. Ini ditunjukkan dengan setoran minimal awalnya yang direkomendasikan mencapai Rp400.000,00. Dengan jumlah investasi minimal di awal yang cukup tinggi, maka tidak heran jika sebagian besar investor di platform ini jauh lebih serius menjalankan dana yang dimiliki. 

Baca Juga  Cara Investasi di Bibit Supaya Portofolio Makin Meroket Bagi Pemula

Tabel Perbandingan Bibit VS Ajaib

Dari beberapa kelebihan dan kelemahan Bibit vs Ajaib di atas, dapat diketahui beberapa perbandingan yang menentukan manakah di antara keduanya yang lebih cocok untuk pemula. Perbandingan tersebut bisa dilihat dengan mudah melalui tabel di bawah ini.

Perbandingan Bibit Ajaib
Kemudahan Aplikasi User Friendly Standar
Fitur Sudah dilengkapi fitur Robo Advisor sejak lama. Baru menggunakan Robo Advisor.
Pengalaman Berdiri Sejak 2017. Tahun 2019.
Metode Pembayaran Bisa memilih metode pembayaran Go-Pay atau OVO dalam sekali transfer. Harus transfer secara terpisah melalui Bank, virtual account, link aja, dan Go-Pay.
Platform Android dan IOS Android, IOS, dan webs based.
Produk Reksadana Pasar uang, obligasi, dan saham. Pasar uang, obligasi, dan saham.
Setoran Awal Rp10.000,00 Direkomendasikan minimal Rp400.000,00

Investasi Mana yang Lebih Cocok untuk Pemula?

Dari tabel di atas, secara keseluruhan sebenarnya Bibit lebih cocok digunakan oleh investor pemula. Selain unggul dari tampilan aplikasi yang mudah dipahami, setoran awalnya juga sangat ringan sehingga pemula yang masih ragu tidak perlu khawatir memulai investasi. 

Meski begitu, bagi pemula yang mulai paham seputar investasi dan reksadana, tidak ada salahnya menggunakan Ajaib sebagai salah satu langkah awal keseriusan dalam memulai investasi online.

Jadi, antara Bibit vs Ajaib sebenarnya sama-sama unggul dengan kesamaan teori dasar dari Harry Markowitz yang digunakan. Namun jika dikhususkan untuk pemula, tentu Bibit lebih unggul dan lebih sesuai dengan investor pemula yang masih berada dalam tahap percobaan.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts