Home Investasi Apa Itu Binance? Cara Beli dan Panduan Lengkap Bagi Pemula
binance adalah

Apa Itu Binance? Cara Beli dan Panduan Lengkap Bagi Pemula

by Titis NP

Binance adalah salah satu mata uang digital nomor 1 di dunia dengan volume perdagangannya yang sangat tinggi hingga mencapai 2 miliar dollar setiap harinya. Sejak diluncurkan tahun 2017 lalu, harga Binance Coin terus naik turun. 

Meski begitu, sebagai Cryptocurrency Exchange nomor 1 di dunia, pengguna Binance tembus hingga 15 juta. Ini mampu menarik banyak pelaku ekonomi untuk turut menggunakannya dengan segala kelebihan yang ada di dalamnya.

Apa Itu Binance?

Bagi yang masih awam dengan  mata uang kripto, tentu juga asing dengan Binance. Padahal, saat ini penggunaan kripto sebagai mata uang digital sangat populer di kalangan masyarakat modern. Dengan mata uang ini, segala transaksi virtual bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui jaringan internet.

Berkaitan dengan hal ini, Binance adalah salah satu coin exchange atau media pertukaran koin kripto dari koin yang satu dengan koin lainnya. Adapun beberapa jenis koin digital yang cukup menguasai dunia saat ini adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Binance Coin (BNB).

Selain Binance, sebenarnya ada media lainnya yang bisa dipakai untuk pertukaran kripto, yakni Indodax. Namun Indodax tidak selengkap Binance, karena tidak semua koin bisa dibeli salah satunya adalah NEO. Sementara Binance bisa digunakan untuk membeli NEO.

Bagi pemula yang masih bingung memahami Binance, berikut adalah beberapa poin penting terkait Binance yang mudah dipahami.

  • Binance adalah salah satu platform pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia.
  • Binance tidak hanya dipakai menukarkan mata uang kripto, tapi juga bisa menjual dan membelinya.
  • Binance juga punya mata uang sendiri, yakni Binance Coin atau BNB.
  • Binance menyediakan beragam kripto dengan pilihan paling lengkap yang tidak ada pada Indondax.
  • Pengguna Binance sangat banyak sehingga memungkinkan jaringan yang lebih luas.  
Baca Juga  Cara Mudah Hitung Premi Asuransi Mobil

Panduan Menggunakan Binance bagi Pemula

Bagi pemula yang baru mengenal Binance, bisa mulai membuka akun untuk melakukan berbagai transaksi yang diinginkan. Beberapa cara menggunakan Binance untuk pemula ataupun Trading Basic adalah:

1. Pastikan Sudah Memiliki Akun Binance

Cara pertama untuk memiliki akun Binance adalah dengan mendaftar terlebih dahulu dengan membuka beranda resmi dari Binance yang bisa diakses. Tahapannya meliputi:

  • Klik Register untuk mulai registrasi membuat akun.
  • Masukkan alamat email dan buat kata sandi rahasia.
  • Baca persyaratan dari Binance, lalu centang kolom setuju dan klik register. 
  • Buktikan pendaftar bukan robot dengan menyelesaikan teka teki yang ada.
  • Lakukan verifikasi e-mail. 
  • Akun sudah jadi dan masuk tahap pengamanan. 
  • Ikuti proses mengamankan akun dengan mengatur 2FA.

2. Login ke Akun

Jika akun sudah jadi, bisa langsung menggunakan Binance dengan klik Exchange dan pilih opsi Basic untuk mulai melakukan trading. Pada opsi ini nantinya akan muncul grafik yang bisa dibaca untuk mengetahui berbagai pasang perdagangan koin yang ada di dalamnya. 

3. Klik Trading Pair

Pada opsi Basic akan langsung ditampilkan ratusan pasang perdagangan dengan pasangan koin Binance yang ditawarkan dengan nilai tukar tertentu. Sebagai contoh, Bitcoin yang diperdagangkan dengan 143 poin atau lebih sehingga ada 143 pasang perdagangan pada Binance.

4. Pilih Jenis Trading

Pada beranda yang sudah dibuka, akan ditampilkan tiga jenis trading perdagangan yang bisa dipilih. Pertama limit order, market order, dan terakhir stop limit order.  

Limit order untuk pengguna yang ingin bisa menetapkan harga maksimum kepada penjual yang menawarkan harga minimum tertentu. Sementara market order bisa membantu pengguna untuk menjual koin dengan harga pasar yang sedang berlaku saat itu.

Baca Juga  Yuk Pahami Aturan Premi Asuransi Kredit Mobilmu

Adapun stop limit order bisa membantu pedagang untuk menjual ataupun membeli koin setelah memenuhi harga tertentu yang diinginkan.

5. Pilih Total yang Diinginkan

Apabila harga pasar tertentu dirasa cocok, bisa langsung mengajukan perdagangan dengan memasukkan Ripple yang ingin dibeli. 

Cara Beli Koin Binance 

Kalau sudah memiliki akun di Binance tentu akan lebih mudah membeli koin BNB dengan harga pasar yang sudah dipantau sebelumnya. Namun apabila belum memiliki akun di Binance dan ingin membeli koin BNB, ada cara lain yang bisa digunakan yakni dengan memakai aplikasi eToro.

Adapun langkah-langka ataupun cara beli koin Binance adalah sebagai berikut.

1. Download Aplikasi eToro

Download aplikasi eToro menggunakan playstore yang sudah tersedia pada android masing-masing. Aplikasi ini memiliki lambang huruf e kecil dengan sayap dan latar berwarna hijau. Setelah proses download selesai, bisa langsung instal pada android yang digunakan. 

2. Daftarkan Diri

Untuk mulai mendaftar, langsung saja pilih opsi sign up pada beranda utama yang muncul ketika pertama membuka aplikasi. Gunakan alamat e-mail yang aktif untuk mendaftar. Selanjutnya pilih nama pengguna dan password yang diinginkan.

Centang persetujuan kebijakan informasi yang tertulis setelah mendaftar, lalu klik opsi buat akun. Sebagai platform internasional tidak heran kalau Binance adalah salah satu media pertukaran poin yang memberlakukan tingkat keamanan tinggi. 

3. Proses Verifikasi Data

Ketika berhasil, e-mail yang dipakai mendaftar akan diverifikasi dan terdapat kotak masuk berisi link verifikasi tersebut. Pada beranda akun eToro yang sudah diverifikasi, bisa langsung melengkapi profil dengan memilih opsi setting. 

4. Log In dengan Akun yang Digunakan Mendaftar

Setelah semua informasi profil benar dan submenu sudah dilengkapi, masuk kembali ke aplikasi dan pilih opsi Trade Markets untuk mulai melakukan pembelian koin Binance.

5. Mulai Tahap Pembelian

Supaya pencarian lebih fokus dan mudah, pada opsi pencarian di trade market langsung saja filter dengan opsi crypto-coins. 

Baca Juga  Binance vs Indodax: Aplikasi Mana yang Cocok bagi Pemula?

6. Pilih Kripto BNB yang Ingin Dibeli

Nantinya akan ada banyak kripto yang dijual pada opsi ini. Kalau ingin membeli koin Binance, langsung saja pilih crypto Binance Coin atau BNB karena koin dari Binance adalah BNB.

Binance adalah platform dengan koin BNB yang harganya memang terus berubah. Ketika harganya sedang tinggi, maka mereka yang melakukan investasi ketika harganya rendah bisa mendapatkan keuntungan besar. Sebaliknya, ketika harga BNB anjlok investor dan trader bisa mengalami kerugian. 

Kondisi ini membuat banyak trader berlomba-lomba membeli koin Binance. Jika kondisi harganya sedang murah dan ingin membelinya tapi tidak memiliki banyak dan untuk investasi awal, bisa meminjam uang di gadaikendaraan.com untuk meminjam dana tersebut.

Sesuai namanya, di sini peminjam hanya perlu menggadaikan kendaraan yang dimiliki dari jenis apapun. Adapun keunggulan yang akan didapatkan dengan meminjam dana investasi di sini meliputi:

  • Proses mudah dengan mengisi data peminjam dan kendaraan yang digadaikan secara online.
  • Syarat mudah dan bisa langsung disurvei oleh petugas gadai kendaraan tanpa perlu ke lokasi.
  • Tidak akan antri untuk melakukan peminjaman seperti di tempat gadai lainnya.
  • Ada konsultasi dan simulasi gratis terkait perhitungan dana yang dibutuhkan dengan perkiraan total dana yang bisa dipinjam di gadai kendaraan.
  • Proses sangat cepat hanya dalam satu hari selama syarat sudah terpenuhi.
  • Jaringan sangat luas sehingga dimanapun berada data bisa dijemput di lokasi. 

Sebagai salah satu platform pertukaran koin kripto terbesar dan ternama di dunia, tidak heran jika Binance adalah incaran banyak trader untuk melakukan investasi dengan pertukaran atau pembelian koin.

Namun proses pertukaran koin ini juga perlu dipelajari agar tidak sampai mengalami kerugian karena kurangnya pengalaman.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts