Home Bisnis 10+ Ide Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Menguntungkan
bisnis di masa pandemi

10+ Ide Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Menguntungkan

by Titis NP

Masa pandemi ini memang merupakan masa kelam bagi banyak orang. Tapi bukan berarti tidak ada hal baik yang bisa terjadi di masa sulit ini. Salah satu hal baik yang bisa terjadi adalah memulai suatu bisnis di masa pandemi. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan mulai mencoba peruntungan ini. 

Kehilangan pekerjaan bukan berarti kehilangan jalan keluar dalam hidup. Masih ada banyak jalan keluar lain yang bisa ditempuh, termasuk merintis usaha di rumah. Usaha baru tidak perlu besar dan membutuhkan modal yang besar. Usaha apa saja yang menjanjikan selama masa pandemi ini?

Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Menjanjikan

Agar bisa terus bertahan hidup selama masa pandemi yang entah kapan selesai ini, sangat penting untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan menyediakan kebutuhan masyarakat, suatu bisnis akan berjalan dan berkembang dengan baik.

1. Paket Data atau Pulsa

Selama masa pandemi, banyak pekerja yang mulai bekerja dari rumah. Para pelajar juga belajar secara online tanpa perlu pergi ke gedung sekolah. Hal ini berarti semua pelajar dan pekerja tersebut membutuhkan pulsa maupun paket data untuk mendukung kegiatan online yang dilakukannya.

Keuntungan dari berjualan paket data memang tidak terlalu besar, tapi jika ada banyak yang melakukan pembelian dan sering membeli dari Anda, keuntungannya akan terus menerus datang dan bisa dirasakan setelah beberapa waktu. Pertama, tawarkan pada orang-orang terdekat terlebih dahulu.

Atau bisa juga menawarkan produk berupa pulsa atau paket data melalui status WhatsApp. Orang-orang yang ada di kontak bisa jadi akan berlangganan.

banner modal usaha gadai kendaraan

2. Masker Kain

Masker merupakan kebutuhan mutlak di era pandemi ini. Bahkan bisa jadi akan terus dibutuhkan setelah pandemi usai. Masker medis sempat mengalami kelangkaan dan harganya menjadi sangat tidak masuk akal. Solusi dari permasalahan ini adalah masker kain buatan pribadi.

Baca Juga  10 Ide Peluang Sukses Bisnis Milenial

Saat ini pemerintah menganjurkan pemakaian masker dua lapis, yaitu masker medis dengan masker kain. Hal ini membuat kebutuhan akan masker kain ikut meningkat. Artinya, peluang bisnis masker kain ikut naik. Buat masker kain yang berkualitas dan terjangkau bagi semua kalangan.

Baca Juga : Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan

3. Frozen Food

Demi tetap berada di rumah, banyak orang memutuskan untuk membeli frozen food dan memasaknya setiap saat tanpa harus keluar lagi dari rumah. Peluang bisnis frozen food pun ikut meningkat. Untungnya, saat ini sudah tersedia ekspedisi yang bisa mengantarkan frozen food ke luar kota.

Frozen food bisa dijual di rumah dan dipromosikan secara online. Bisa juga dijual di berbagai marketplace dan dikirim ke berbagai daerah. Pastikan ekspedisi yang dipilih mampu mengantarkan frozen food dalam waktu yang cepat agar frozen food tidak mengalami kerusakan dalam perjalanan.

4. Catering Makanan

Masih banyak pekerja yang tidak sempat memasak tapi tidak ingin makan di restoran yang berpotensi menyebarkan virus. Tawarkan layanan catering makanan yang akan menjadi solusi terbaik bagi para pekerja tersebut. Tapi pastikan jasa catering yang Anda sediakan mengikuti protokol kesehatan.

Gunakan sarung tangan saat mempersiapkan makanan. Siapkan hidangan yang enak, rapi, dan terutama bersih. Sehingga para pekerja kantoran yang membutuhkan makan siang enak dan sehat pun akan langsung menghampiri bisnis catering yang Anda jalankan.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Murah dan Menguntungkan 2021

5. Produk Kesehatan

Inspirasi bisnis di masa pandemi berikutnya adalah menyediakan berbagai produk yang bisa menunjang Kesehatan tubuh. Tubuh harus tetap fit agar tidak mudah tertular virus. Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit, sediakan berbagai produk alami seperti jamu atau madu.

Baca Juga  10+ Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Laris dan Menguntungkan

Pabrik besar sudah memproduksi berbagai jenis jamu, tapi jauh lebih aman mengkonsumsi jamu yang dibuat secara alami. Jamu alami dibuat tanpa tambahan bahan kimia berbahaya sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. Sayangnya, jamu alami tidak tahan lama seperti jamu buatan pabrik.

6. Minuman Kekinian

Meskipun terkurung di rumah saja, generasi milenial tetap merasa perlu menyalurkan keinginan mereka akan berbagai minuman kekinian yang tersedia dimana-mana. Berbagai jasa pesan makanan online membuat proses pembelian minuman kekinian semakin mudah dilakukan tanpa meninggalkan rumah.

Untuk menindaklanjuti kebutuhan yang satu ini, Anda bisa menjual produk minuman kekinian yang dikemas dalam botol. Penjualan bisa dilakukan secara online, para pembeli pun bisa menikmati minuman favorit mereka dengan lebih aman, higienis, dan terhindar dari virus yang berbahaya.

Baca Juga : 7+ Bisnis Franchise Kopi Hits yang Paling Laris di Indonesia

7. Guru Les Online

Sekolah online tentu harus diimbangi dengan les privat online. Les online merupakan peluang yang sangat bagus bagi yang mempunyai kemampuan mengajar dan minat yang tinggi dalam dunia pendidikan. Guru les online sebaiknya memahami bagaimana cara mengajar online dengan menarik.

Dengan begitu, para siswa les online pun akan tertarik untuk belajar dan bisa mendapatkan ilmu yang dibutuhkan untuk menunjang pendidikan formal. Upah untuk guru les online tidak sedikit, peluang ini merupakan ide bisnis di masa pandemi yang wajib dipertimbangkan dengan matang.

8. Menjadi YouTuber

Semakin banyak orang menghabiskan waktu di rumah dengan berselancar di dunia maya, menonton konten-konten yang ada di berbagai platform media sosial. Tidak sedikit masyarakat yang mulai sering menonton video-video yang dibagikan di platform YouTube.

Membagikan konten yang bermanfaat di YouTube dan mendapatkan banyak followers juga bisa memberikan penghasilan tambahan. Pastikan konten yang dibuat dan dibagikan adalah konten yang kreatif, unik, dan original. Sehingga banyak orang akan semakin tertarik untuk menonton.

Baca Juga  Bisnis Setelah Pensiun Dengan Ratusan Miliar

Baca Juga : 10 Ide Usaha Jualan di Mobil Paling Laris Untung Besar

9. Budidaya Ikan Hias dan Tanaman Hias

Di rumah saja berarti banyak waktu luang yang tersisa untuk melakukan berbagai aktivitas yang disukai. Banyak orang menggunakan lebih banyak waktu luang untuk memelihara ikan hias atau menanam tanaman hias. Ini adalah peluang yang sangat bagus bagi para calon pelaku bisnis.

Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk menjual ikan hias atau tanaman hias. Bahkan kalangan bawah pun mulai tertarik untuk memelihara ikan cupang untuk mengisi waktu luang selama di rumah saja. Dan tidak sedikit orang yang rela membayar mahal demi memenuhi hobi mereka.

10. Tutor Fitness Online

Banyak tempat olahraga seperti gym yang terpaksa ditutup karena berpotensi menularkan virus. Jika Anda sering berolahraga di tempat kebugaran semacam itu, manfaatkan teknologi untuk membantu orang lain mendapatkan tubuh yang lebih sehat dengan menjadi tutor fitness secara online.

Semakin lama di rumah saja, kecenderungan untuk malas bergerak menjadi semakin besar. Dengan menjadi tutor fitness secara online, Anda bisa membantu lebih banyak orang untuk menjalankan pola hidup yang lebih sehat, sambil tetap mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Baca Juga : 10 Ide Jualan Online Modal Kecil Paling Laris 2021

11. Dropshipper

Semua orang tertarik untuk berbelanja online sejak mall-mall tutup dan virus semakin berkembang dengan hadirnya varian-varian baru. Ini merupakan kesempatan untuk menjalankan bisnis dengan modal yang sangat kecil, yaitu menjadi dropshipper.

Pastikan supplier yang Anda pilih benar-benar bisa dipercaya dan menyediakan barang yang berkualitas sehingga para pelanggan tidak akan dibuat kecewa.

Baca Juga : 15 Peluang Usaha Jasa yang Menjanjikan dengan Profit Berlipat

Masa pandemi bukan akhir segalanya. Masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup dan bahkan meraih keuntungan yang besar. Kumpulkan tekad dan mulai jalankan usaha Anda sendiri. Inspirasi bisnis di masa pandemi manakah yang akan Anda coba?

Related Posts