Home Bisnis 12 Contoh Bisnis Online Tanpa Modal
bisnis online tanpa modal

12 Contoh Bisnis Online Tanpa Modal

by Titis NP

Bisnis online sudah populer sejak lama dan banyak orang yang berhasil bahkan menjadi kaya. Dua alasan mengapa banyak orang tertarik menjalankannya adalah karena tidak ada hambatan untuk masuk ke banyak industri, dan sering kali modalnya tidak banyak bahkan ada beberapa bisnis online tanpa modal.

Namun, maksud dari kata “tanpa modal” dalam hal ini adalah untuk orang-orang yang memang sudah memiliki perangkat yang dibutuhkan seperti laptop, PC, tablet, atau smartphone dan tentu saja koneksi internet. Dibilang tanpa modal karena hal-hal di atas sudah dimiliki oleh hampir setiap orang di dunia.

Daftar Bisnis Online Menguntungkan Tanpa Modal

Jika ada tetangga membeli mobil baru padahal ia hanya di rumah, jangan kaget atau berpikir negatif, karena mungkin saja ia menjalankan bisnis online.

Jika tidak memiliki banyak uang sebagai modal untuk memulai usaha atau ingin mencoba mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu keluar rumah, maka berikut adalah beberapa contoh bisnis online yang patut untuk dicoba:

  • Menjadi Dropshipper

Dropshipper menjadi salah satu jenis pekerjaan online yang tak hanya ramai di kalangan wanita tapi juga pria. Pekerjaan virtual ini bahkan tak hanya diminati oleh orang dewasa tapi juga para mahasiswa dan anak sekolah. 

Hal ini karena menjadi dropshipper memang benar-benar tidak membutuhkan modal, sehingga bisa dimulai oleh siapa saja. Adapun penghasilan yang bisa didapat oleh dropshipper adalah dari selisih harga produk yang dijual. 

Pertama, dropshipper harus menemukan supplier yang jelas dan terpercaya, kemudian dropshipper membuat toko online dan memasarkan produk. Saat ada pembeli, dropshipper menghubungi pihak supplier untuk memesan barang sesuai permintaan pembeli dan sisanya akan diurus supplier.

Baca Juga  Peluang Kerja dari Rumah dan Hasilkan Banyak Uang

Jadi, proses packing dan pengiriman akan diurus sepenuhnya oleh supplier. Barang yang dikirim pun akan mengatasnamakan toko si dropshipper. Meski terkesan remeh, pekerjaan ini ternyata bisa mendatangkan banyak keuntungan jika dilakukan dalam jangka panjang dan diimbangi teknik marketing yang bagus.

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Laris dan Menguntungkan

  • Blogger

Selama lebih dari dua dekade, banyak orang telah mencari nafkah dengan menjadi seorang blogger yang memberikan konten gratis, menghibur, informatif, dan mendidik tentang berbagai topik. 

Ada banyak topik menarik yang bisa dibahas, seperti makanan, produk kecantikan (makeup atau skincare), tempat-tempat wisata dalam dan luar negeri, berbagai tips dan trik, perawatan hewan peliharaan, dan banyak lagi.

Jika sudah memiliki banyak pengunjung, seorang blogger bisa memasang iklan di blog miliknya untuk menghasilkan uang. Pekerjaan ini sama sekali tidak membutuhkan modal, namun perlu kreativitas dan dedikasi waktu yang tinggi.

banner modal usaha gadai kendaraan

  • Penulis Freelance 

Sebagian orang yang memiliki hobi atau bakat menulis bisa mencoba menjadi penulis freelance untuk menghasilkan uang secara online. Sebagai penulis berbakat, seseorang bisa menawarkan jasa penulisan dalam bentuk artikel, majalah, posting blog, buku, editorial, dan lain sebagainya kepada para webmaster.

Baca Juga : 17+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Prospek Keuntungan Besar

  • Kursus Online 

Tak hanya membeli dan menjual produk, saat ini les/kursus juga bisa dilakukan secara virtual, dan membuka kursus online adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan pendapatan pasif. 

Cara bisnis online yang satu ini termasuk mudah pelakunya hanya perlu menemukan satu hal yang paling dikuasai, dan pastikan untuk bisa mengajar orang lain dengan baik. Beberapa contoh kursus online yang bisa dibuka adalah kursus musik, vokal, memasak, membuat kerajinan tangan, menari, dsb.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik dan Menguntungkan

  • Asisten Virtual

Ada begitu banyak tugas penting namun memakan waktu yang seringkali ingin didelegasikan oleh pemilik usaha/bisnis kepada tangan-tangan yang cakap, dan disinilah asisten virtual masuk.

Baca Juga  Cara Bisnis Online yang Menguntungkan dalam 9 Langkah Bagi Pemula

Beberapa tugas yang dapat ditangani oleh asisten virtual termasuk memasarkan produk atau jasa di media sosial, memposting blog, mengedit foto atau video, melayani pembeli online, dan sebagainya.

  • Menjadi Editor Online

Jika membuat blog sendiri masih cukup sulit namun ingin keterampilan bahasa yang dimiliki dapat bermanfaat, maka cobalah mencari lowongan pekerjaan dengan posisi editor.

Sejumlah perusahaan jasa penulisan artikel seringkali membutuhkan editor untuk membaca tulisan dan memperbaiki penulisan atau tanda bahasa yang salah.

  • Konsultan SEO

Mayoritas lalu lintas situs web saat ini masih berasal dari Google, sehingga optimisasi mesin pencari (SEO) masih merupakan keahlian yang berharga dan dibutuhkan banyak pihak termasuk perusahaan-perusahaan besar yang bekerja dengan teknologi.

Biasanya akan butuh waktu sekitar 4-6 bulan untuk mempelajari SEO agar bisa mulai menawarkannya sebagai layanan kepada orang lain. Modal yang dibutuhkan hanyalah internet dan semangat tinggi untuk belajar menjadi ahli SEO.

  • Jasa Desain Grafis

Khusus untuk orang-orang yang ahli dalam hal desain grafis, bisa dengan sangat mudah menghasilkan uang secara online dengan menawarkan jasanya. 

Peluang bisnis online tanpa modal yang satu ini termasuk sangat menjanjikan karena keahlian desain grafis selalu dibutuhkan dan akan terus dibutuhkan oleh para pemilik bisnis, mulai dari bisnis kecil hingga perusahaan besar.

Mulai dari membuat logo dan brosur hingga desain kemasan produk dan bahkan tampilan pada media promosi online, semua tugas ini hanya bisa dilakukan oleh graphic designer.

  • Pemasar Afiliasi

Pemasar afiliasi termasuk salah satu profesi yang akan tetap dibutuhkan selama bertahun-tahun mendatang. Sistem kerjanya mirip seperti dropshipper tadi.

Pekerjaan ini termasuk sangat mudah karena pelakunya hanya perlu menawarkan produk atau jasa, dan jika ada yang membeli, maka pemasar afiliasi akan mendapatkan komisi yang besarnya bisa 20% hingga 50% tergantung kesepakatan. Komisi yang diberikan juga bisa per nasabah atau per proyek.

Baca Juga  Cara Gadai BPKB Mobil dan Syaratnya

Kabar baik tentang model pekerjaan ini adalah tidak perlu memiliki banyak modal untuk memulai. Bahkan dengan kantong kosong, setiap orang yang menguasai ilmu dasar marketing bisa menjadi pemasar afiliasi. Pasalnya, sebagian besar vendor afiliasi di internet tidak memungut biaya pendaftaran untuk bergabung.

Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Minim Keuntungan Maksimal

  • Menjadi Penerjemah 

Translator online adalah pilihan pekerjaan yang bagus untuk orang-orang yang menguasai satu atau beberapa bahasa asing, misalnya bahasa Inggris, Korea, Jepang, atau yang lainnya. Bisnis ini termasuk menjanjikan karena akan terus dibutuhkan selama puluhan tahun ke depan.

  • Guru Les Virtual

Sudah sejak lama guru les dijadikan profesi karena permintaan pasar yang cukup tinggi dan bahkan terus meningkat setiap tahunnya. 

Namun karena pandemi Covid yang belum juga mereda, seluruh kegiatan belajar mengajar offline harus terpaksa dihentikan. Namun di sisi lain, kondisi ini membuka peluang usaha baru yang salah satunya adalah menjadi guru les virtual.

  • Menjadi Youtuber

Mulai membuat channel Youtube dan mengisinya dengan berbagai konten menarik yang sedang trending topic adalah salah satu contoh bisnis online tanpa modal yang saat ini sedang sangat happening. Tak hanya di tanah air tapi juga di berbagai negara lain.

Namun, dibutuhkan kepercayaan diri tingkat tinggi untuk bisa tampil di depan kamera dan harus selalu kreatif agar dapat memproduksi berbagai macam video keren dengan beragam topik. Dengan skill edit video yang mumpuni, maka kamera jenis apapun bisa digunakan.

Perubahan zaman dan perkembangan teknologi telah membuat banyak hal menjadi lebih mudah termasuk untuk menghasilkan uang. Kini, hampir setiap orang dapat memperoleh penghasilan yang lumayan hanya dari rumah menggunakan gadget dan memulai salah satu bisnis online dalam daftar di atas.

Related Posts