Home Bisnis 7 Ide Bisnis Unik Bagi Mahasiswa Modal Kecil Untung Besar
bisnis unik

7 Ide Bisnis Unik Bagi Mahasiswa Modal Kecil Untung Besar

by Titis NP

Sebenarnya, ada banyak ide bisnis unik yang bisa diikuti oleh mahasiswa yang sedang membutuhkan uang tambahan. Beberapa ide bisnis ini bisa dilakukan tanpa harus menyiapkan modal besar sehingga untuk memulainya dijamin tidak akan membuat seseorang merasa kesulitan.

Ketika mahasiswa memiliki penghasilan sendiri, hal ini juga akan membantu orang tuan karena sudah tidak perlu lagi mengandalkan uang saku dari orang tua. Segala keinginan dari mahasiswa tersebut bisa terpenuhi tanpa harus meminta uang saku tambahan dari kedua orang tuanya.

7 Ide Bisnis Unik bagi Mahasiswa yang Memberi Keuntungan Berlimpah

Sebagai seorang mahasiswa, pasti akan membutuhkan begitu banyak kebutuhan, mulai dari kebutuhan pangan, sekolah, hingga hal penting lainnya. Untuk bisa memenuhi beberapa kebutuhan tersebut, seorang mahasiswa harus bisa memiliki uang saku tambahan yang mencukupi.

Ketika seorang mahasiswa memulai usaha unik dengan memilih dan menerapkan beberapa ide bisnis unik yang akan disebutkan di artikel ini, hal ini bisa membantunya dalam memenuhi kebutuhan yang penting tersebut. Maka dari itu, catat dengan baik beberapa idenya berikut ini:

1. Reseller

Untuk ide bisnis unik mahasiswa yang satu ini, sudah sering dipilih dan terbukti mampu memberikan dampak yang positif dalam kehidupan finansial mahasiswa yang melakukannya. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini, dijamin mampu memenuhi kebutuhan yang sewajarnya.

Sementara itu, untuk memulai bisnis yang satu ini, mahasiswa hanya membutuhkan jaringan internet yang stabil dan perangkat pintar yang memadai. Jadi, modal untuk memulai bisnis ini tergolong tidak terlalu besar sehingga semua mahasiswa bisa mencobanya sendiri.

Baca Juga  10 Ide Peluang Sukses Bisnis Milenial

Hal terpenting ketika memulai bisnis ini hanyalah keberanian, tekad yang kuat, media sosial yang memadai, dan jaringan internet yang stabil. Media sosial yang dimiliki harus mempunyai banyak followers aktif, supaya ketika produk sedang diiklankan, ada banyak orang yang melihatnya.

2. Penulis Lepas

Kreativitas seorang mahasiswa akan semakin diuji ketika mereka memulai bisnis yang satu ini. Sebab, untuk menjadi penulis lepas yang andal, seseorang harus memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, supaya artikel atau tulisan yang dibuat bisa memenuhi tujuan yang direncanakan sejak awal.

Tujuan utama dalam pembuatan artikel ataupun tulisan ilmiah memang untuk memberikan informasi yang tepat kepada publik atau para pembacanya. Maka dari itu, sebagai seorang penulis lepas, mahasiswa harus bisa memutar otaknya untuk mencari rangkaian kalimat yang mudah dipahami.

Saat ini sudah ada banyak media atau sarana yang akan membantu untuk memulai bisnis ini. Untuk memulainya, seorang mahasiswa hanya perlu mencari platform yang paling sesuai dengan kebutuhannya, lalu nanti mereka akan diberi job yang bisa diakses melalui platform tersebut.

3. Bisnis Makanan

Dari dulu hingga sekarang, masyarakat Indonesia termasuk tipe orang yang sangat menyukai dunia kuliner. Maka dari itu, tidak mengherankan jika salah satu ide bisnis unik yang bisa diikuti oleh para mahasiswa adalah bisnis makanan atau kuliner yang kekinian.

Bisnis kuliner selalu menjadi jenis usaha yang menjanjikan karena peluangnya tergolong sangat besar. Untuk saat ini, bisnis makanan beku atau biasa disebut dengan frozen food, memiliki peluang yang cukup besar. Bisnis makanan dengan jenis ini juga akan sangat cocok untuk para mahasiswa.

4. Desain Grafis

Di era digital yang semakin canggih seperti sekarang ini, sudah ada banyak mahasiswa Indonesia yang memiliki keterampilan dalam dunia desain grafis. Dengan memiliki keterampilan yang sangat hebat ini, mereka bisa mengambil peluang tersebut untuk menjadi desainer grafis yang andal.

Baca Juga  15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil Menengah

Ide bisnis unik yang satu ini tidak mengharuskan pihak penyedia jasa bertemu secara langsung dengan klien atau pengguna jasa tersebut. Dengan begitu, bisnis dengan jenis ini bisa dibilang sangat praktis.

Sama seperti penulis lepas, saat ini juga sudah ada platform yang siap membantu para mahasiswa untuk memulai bisnis sebagai desainer grafis andal. Pengalaman ini nantinya mampu memberikan dampak positif ketika ada seorang mahasiswa yang sedang melamar pekerjaan di bidang ini.

5. Youtuber

Masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal dengan aplikasi Youtube yang merupakan aplikasi streaming video yang dapat diakses secara gratis ini. Di aplikasi ini seseorang tidak hanya bisa menonton sebuah video, tapi mereka juga bisa membuat konten sendiri dengan semenarik mungkin.

Melihat peluang yang cukup menjanjikan seperti ini, tidak mengherankan jika menjadi Youtuber termasuk salah satu ide bisnis unik yang bisa dilakukan dan diikuti oleh para mahasiswa. Dengan begitu, ide ini cocok untuk yang sedang ingin menambah uang saku.

Saat ini memang sudah ada banyak orang yang beralih profesi menjadi Youtuber. Untuk bisa meraih banyak penonton, seorang Youtuber pemula harus bisa menciptakan konten yang unik dan tentunya berbeda dengan konten milik orang lain.

Jadi, untuk bisa menjadi Youtuber yang memiliki jumlah penonton banyak, seseorang harus bisa memiliki kreativitas tingkat tinggi.

6. Bisnis Online

Ada begitu banyak barang yang bisa dijual secara online. Sekarang, bisnis jualan sudah bisa dilakukan secara online sehingga jangkauan pembeli yang bisa didapatkan pun akan semakin luas.

Ketika jangkauan pembeli bisa terus berkembang secara lebih meluas, maka keuntungan penjualan yang bisa didapatkan pun juga akan terus mengalami peningkatan yang signifikan. 

Baca Juga  10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula

Bagi para mahasiswa yang tidak memiliki waktu luang cukup banyak, bisnis unik satu ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuknya. Sebab, untuk menjalankan bisnis ini tidak terlalu menyita waktu yang banyak sehingga mahasiswa masih bisa menjalankan aktivitasnya dengan normal.

7. Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Dikarenakan semua aktivitas sekarang lebih sering dilakukan secara online, jadi ketika mahasiswa membuka atau membangun bisnis pulsa dan paket internet pun bisa dibilang cukup menjanjikan. 

Keuntungan yang bisa didapatkan dari menjalankan bisnis ini dikatakan mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa secara sangat baik. Untuk memenuhi kebutuhan yang cukup beragam itu, mahasiswa sudah tidak perlu terlalu mengandalkan uang yang diberikan oleh kedua orang tuanya.

Selain itu, jenis bisnis yang satu ini juga tergolong sangat praktis karena untuk menjalankannya tidak akan membutuhkan waktu yang banyak. Bahkan, sistem balik modal dari bisnis yang satu ini juga dikatakan sangatlah menjanjikan dan cepat.

Maka dari itu, bagi para mahasiswa yang ingin menambah uang sakunya tanpa harus bekerja terlalu keras, mereka bisa menjadikan jenis bisnis yang satu ini sebagai pilihan yang paling tepat.

Jika ada mahasiswa yang sedang mencari pinjaman untuk modal usaha, bisa segera menghubungi gadaikendaraan.com. Perusahaan ini siap membantu dalam memulai bisnis menguntungkan, sehingga tidak perlu bingung lagi untuk menyiapkan modal awal dari bisnis tersebut.

 

Ketujuh ide bisnis unik yang ada di atas tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Walaupun begitu, masih ada kemungkinan bahwa beberapa mahasiswa merasa kesulitan untuk menyiapkan modal awal dari bisnis yang dipilihnya tersebut.

Related Posts