Home Produk Keuangan Review Blu BCA Digital: Fitur & Cara Daftarnya!
review blu bca digital

Review Blu BCA Digital: Fitur & Cara Daftarnya!

by Titis NP

Blu BCA adalah sebuah aplikasi bank digital milik PT Bank Digital BCA. Aplikasi ini hadir dengan mempermudah kebutuhan perbankan seperti membuka rekening, menabung, deposito dan keperluan yang menyangkut perbankan lainnya.

Kini dengan semakin maraknya aplikasi bank digital, apa yang membuat Blu BCA lebih unggul dari yang lain? Simak urain di bawah ini untuk mengetahuinya!

Apa Itu Blu BCA Digital?

Blu merupakan aplikasi mobile banking milik BCA Digital yang bisa digunakan untuk transaksi dalam waktu 24/7 selama 365 hari. Seperti bank digital lain, pembukaan rekening Blu dapat dilakukan melalui aplikasi dengan tanpa harus datang ke kantor secara langsung.

Fitur

Meski Blu BCA hadir di tengah maraknya bank digital, tetapi ia menawarkan fitur-fitur yang tidak kalah canggih dan menarik untuk dicoba. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah:

1. Tabungan Blu

Salah satu kegiatan perbankan adalah menabung, namun melalui aplikasi Blu nasabah tidak hanya bisa menabungkan uangnya dalam rekening utama, tetapi juga pada jenis rekening lain sesuai kebutuhan. Rekening ini diantaranya BluSaving, BluGether dan BluDeposit.

  • BluSaving

Blu Saving merupakan fitur dalam aplikasi Blu yang merupakan tabungan khusus dan berbeda dari rekening BluAccount. Jenis rekening ini bisa dimanfaatkan untuk menabung saat memiliki keinginan tertentu, sehingga sebagian pendapatan bisa disisihkan ke akun BluSaving.

  • BluGether

BluGether dapat digunakan untuk kepentingan kelompok karena jenis ini berupa rekening bersama. Anggota yang dapat bergabung dalam rekening BluGather sebanyak 24 orang dimana semua anggota dapat menambah, melihat saldo maupun mutasi transaksi.

  • BluDeposito

BluDeposito adalah jenis rekening deposito berjangka yang memberikan suku bunga tinggi. Rekening jenis ini sangat cocok untuk investasi dengan nominal deposito yang ditawarkan mulai dari Rp 1 juta dan tenor mulai dari 1 – 12 bulan.

Baca Juga  7 Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji dan NPWP (Langsung Cair!)

Kelebihan lainnya, deposito ini dapat ditarik meski belum jatuh tempo dengan konsekuensi tidak mendapat bunga, sehingga sangat membantu apabila nasabah memiliki kebutuhan yang mendadak.

2. Fitur Transaksi Blu

Aplikasi perbankan rasanya belum lengkap jika tidak menawarkan kemudahan untuk bertransaksi. Oleh karena itu, Blu memiliki fitur transaksi sebagai berikut:.

  • Bayar/beli

Bayar/beli merupakan fitur yang digunakan untuk membayar tagihan dengan lebih mudah. Transaksi yang dilakukan secara rutin dapat disimpan untuk transaksi selanjutnya dengan jangka waktu tertentu, sehingga nasabah tidak perlu khawatir terlupa membayar tagihannya.

  • QRIS

QRIS adalah sistem pembayaran terbaru dengan cara scan code. Tagihan yang belum dibayarkan akan secara otomatis akan muncul dan bisa langsung dibayarkan.

  • Tarik tunai

BCA Digital memang tidak memiliki ATM khusus, tetapi nasaha tetap bisa melakukan tarik tunai melalui ATM BCA yang tersebar di seluruh Indonesia. Tanpa adanya biaya tambahan lagi, nasabah bisa menarik tunai uangnya hingga maksimal Rp 7 juta per hari.

  • E-money

Kelebihan Blu BCA dibanding dengan aplikasi bank digital lainnya adalah bisa melakukan top-up e-money secara gratis. Namun hal tersebut hanya berlaku untuk 2 bulan pertama saja, sedangkan untuk selanjutnya tetap bisa gratis dengan syarat minimal saldo rata-rata per bulan di atas Rp 1 juta.

3. Fitur Monitor Blu

Fitur monitor Blu berfungsi untuk melihat semua transaksi yang terjadi dalam periode tertentu. Aplikasi ini menyediakan laporan keuangan yang bisa diunduh dengan mudah. Selain itu, nasabah juga bisa menambahkan filter apabila hanya ingin melihat beberapa jenis transaksi saja.

Kelebihan Blu BCA Digital

1. Gratis biaya admin bulanan

Seperti bank digital lain yang menyediakan kemudahan bebas biaya bulanan, Blu juga memberikan layanan gratis seperti:

  • Bebas biaya buka dan penutupan rekening
  • Bebas biaya admin bulanan
  • Bebas biaya setoran awal saat buka rekening
  • Bebas biaya dorman (tidak adanya transaksi yang terjadi selama 6 bulan ke atas)
Baca Juga  Apa Itu Blockchain? Cara Kerja dan Cara Menggunakannya (Lengkap!)

 

2. Bebas biaya admin untuk transfer ke bank lain dan top up e-wallet

Blu menawarkan layanan bebas biaya admin untuk transfer ke bank lain dan top up e-wallet maksimal 20 kali setiap bulan. Apabila transaksi melebihi 20 kali akan dikenakan biaya sebesar Rp 6.500,. Sayangnya fasilitas transfer bebas biaya admin ini dibatasi hanya sampai 2 bulan pertama.

Fasilitas bebas biaya admin ini akan tetap berlaku apabila memiliki saldo rata-rata tiap bulan minimal Rp 1 juta.

3. Tidak perlu datang ke kantor untuk buka rekening

Proses pembukaan rekening dapat dilakukan secara online dengan mengisi data-data yang diminta di dalam aplikasi Blu. Hal ini mempermudah nasabah karena tidak perlu lagi menulis formulir pembukaan rekening berlembar-lembar.

Namun sayangnya, aplikasi Blu BCA hanya dapat diakses melalui ponsel android versi 6 keatas, versi dibawahnya tidak bisa mendownload aplikasi ini.

4. Suku bunga dan deposito tinggi

Suku bunga yang Blu tawarkan mencapai 3% per tahunnya, sedang suku bunga depositonya mencapai 4% per tahun.

5. Fasilitas pembayaran tagihan dan QR Code

Selain fasilitas bebas biaya admin untuk membayar tagihan, Blu juga bisa digunakan untuk membayar menggunakan metode QR Code.

6. Fasilitas rekening bersama

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Blu memiliki beberapa jenis rekening yang bisa digunakan, salah satunya adalah BluGether sebagai rekening bersama. Dengan menabung di BluGether juga juga bisa mendapatkan bunga sebesar 3% per tahun.

7. Terkoneksi ke seluruh ATM BCA

Proses tarik tunai dapat dilakukan di seluruh ATM BCA tanpa perlu adanya kartu fisik, yaitu dengan menggunakan QR Code yang terdapat di mesin ATM.

Baca Juga  Tabel Pinjaman Kredivo & Cara Pengajuannya Terlengkap (2022)

Kekurangan

  1. Hanya tersedia untuk android versi 6 ke atas
  2. Tidak tersedia rekening untuk mata uang asing
  3. Tidak ada fasilitas investasi seperti reksadana atau obligasi
  4. Tidak ada fasilitas kartu kredit dan pinjaman online
  5. Tidak memiliki ATM, sehingga tarik tunai dilakukan melalui ATM BCA yang memiliki fitur tarik tunai tanpa kartu atau cardless. Apabila ATM BCA tidak memiliki fitur cardless maka tidak bisa melakukan tarik tunai
  6. Tidak bisa tarik tunai menggunakan ATM bersama
  7. Proses verifikasi buka rekening cukup lama hingga 1 minggu dengan alasan antrian lama
  8. Login menggunakan sidik jari tidak aktif setiap kali dilakukan pembaruan aplikasi sehingga harus login menggunakan password
  9. Aplikasi yang belum stabil, terkadang menu login tidak muncul setelah dilakukan update sehingga harus memasukkan nomor HP lagi

 

Cara Buka Rekening

Salah satu keunggulan bank digital dibandingkan dengan bank konvensional adalah proses daftar yang mudah dengan syarat lebih sedikit. Begitupun dengan Blu BCA yang hanya membutuhkan KTP dan NPWP (opsional).

Berikut langkah-langkah membuka melalui aplikasi Blu:

  1. Download aplikasi Blu melalui Google Play Store atau Apple Store, kemudian buka
  2. Masukkan nomor telepon aktif dan upload dokumen persyaratan berupa KTP dan NPWP (opsional)
  3. Lengkapi formulir data diri beserta foto selfie yang diambil langsi melalui aplikasi Blu
  4. Menghubungkan dengan akun BCA, tetapi apabila tidak punya bisa dilewati. Jika memiliki rekening BCA, bisa melakukan verifikasi dengan memasukkan nomor rekening dan nomor telepon yang terdaftar
  5. Melengkapi formulir seperti alamat sesuai KTP dan detail pekerjaan
  6. Menyetujui perjanjian
  7. Menunggu Customer Service Blu menghubungi melalui panggilan video untuk memastikan identitas dan dokumen sudah sesuai
  8. Tunggu hingga pengajuan pembukaan rekening berhasil disetujui.

Itulah review Blu BCA yang dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih bank digital yang sesuai kebutuhan. Apabila membutuhkan pinjaman uang dengan cepat aman kunjungi gadaikendaraan.com, syaratnya mudah dengan jaringan luas, tanpa perantara maupun biaya tambahan lain.

Related Posts