Home Bisnis Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan
buka usaha

Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan

by Titis NP

Masih banyak yang beranggapan bahwa buka usaha di rumah membutuhkan modal yang besar dan sulit untuk dilakukan. Padahal memulai usaha tidak serumit yang dibayangkan. Sejak masa pandemi, banyak orang tertarik untuk menjalankan usaha milik pribadi. 

Menjalankan usaha sendiri bisa dilakukan dengan menyenangkan dan menuntun pada kesuksesan jika sudah ada kemauan yang kuat dan didukung dengan kemampuan. Sebelum mulai menjalankan usaha sendiri, cari tahu dulu langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mulai dari awal.

Cara Memulai Usaha Sendiri untuk Pemula

Beberapa orang bertanya-tanya apakah bisa memulai usaha atau bisnis dari nol dan dengan modal yang terbatas. Jenis usaha apakah yang paling cocok untuk para pemula? Bagi yang tertarik untuk menjalankan bisnis rumahan dengan sukses, berikut beberapa langkah awal yang perlu dilakukan.

1. Lakukan Analisis terhadap Jenis Usaha yang Diinginkan

Jenis usaha apakah yang paling Anda minati saat ini? Saat akan memulai bisnis baru, jenis bisnis tersebut harus benar-benar sesuai dengan minat calon pelaku bisnis sehingga pelaku bisnis akan benar-benar menikmati usaha tersebut dan tidak merasa terbebani dengan rutinitas bisnis yang ada.

Tapi calon pelaku bisnis juga perlu mempunyai pengalaman dan keahlian dalam bidang usaha yang akan dijalankan. Calon pelaku usaha juga perlu melakukan analisis BEP atau break event point dengan tujuan menentukan potensi yang dimiliki oleh bidang usaha yang dipilih.

banner modal usaha gadai kendaraan

2. Tentukan Produk yang Unik dan Banyak Diminati

Kunci sukses lain untuk buka usaha di rumah adalah menyediakan produk yang bisa menjadi solusi untuk para konsumen. Jika produk yang tersedia sangat diminati oleh banyak orang, sudah pasti keuntungan akan terus mengekor di belakangnya.

Baca Juga  10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula

Sediakan produk berupa jasa atau barang yang unik dan tidak sama dengan berbagai produk lain yang sudah tersedia di pasar. Keunikan produk akan menjadi keunggulan utamanya dan menjadi suatu alasan yang membuat para pelanggan lebih memilih untuk membeli dari Anda.

Baca Juga : 15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil Menengah

3. Jangan Abaikan Tren yang Berkembang

Mengikuti perkembangan tren adalah kunci sukses lain yang perlu dijalankan agar bisnis bisa berkembang dengan lebih baik. Dengan mengikuti perkembangan tren, bisnis yang berjalan bisa tetap bertahan karena mampu memenuhi kebutuhan para konsumen.

Bisnis yang senantiasa mengikuti perubahan tren akan mendapatkan perhatian para konsumen. Contohnya adalah menyesuaikan metode pembayaran yang tadinya hanya bisa tunai menjadi digital dengan menggunakan aplikasi atau dompet digital.

Orang-orang yang tidak membawa uang tunai tetap bisa berbelanja di tempat Anda karena adanya fitur pembayaran digital yang sesuai dengan perkembangan tren dan kebutuhan konsumen.

Baca Juga : 10+ Ide Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Menguntungkan

4. Belajar Administrasi untuk Buka Usaha Sendiri

Bisnis rumahan dan bisnis besar sama-sama perlu mempunyai pencatatan atau administrasi yang dikelola dengan baik. Administrasi yang sangat sederhana sekalipun bisa membantu bisnis menjadi lebih tertata, dan terhindar dari perhitungan modal dan omset yang berantakan.

Administrasi bisnis bisa sangat mempengaruhi usaha dan arus keuangan bisnis. Pisahkan rekening pribadi dari rekening bisnis sehingga pengelolaan keuangan bisnis bisa menjadi jauh lebih jelas. Pastikan untuk menghitung modal awal, keuntungan, dan uang belanja dengan baik dan teliti.

Baca Juga : 15 Ide Usaha Modal 2 Juta yang Menjanjikan dan Paling Laris Saat Ini

5. Jalankan Usaha Pribadi pada Waktu yang Paling Tepat

Produk yang dipersiapkan bisa jadi merupakan produk yang unik, tapi jika dipasarkan dan dijual pada waktu yang salah, penjualannya tidak akan semaksimal yang diharapkan. Hitung waktu memulai usaha dengan lebih cermat dan dapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Baca Juga  7 Ide Bisnis Unik Bagi Mahasiswa Modal Kecil Untung Besar

Contoh penerapan langkah ini adalah memulai usaha kue kering beberapa bulan menjelang lebaran. Anda bisa mendapatkan bahan baku kue kering dengan harga yang lebih rendah dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi saat orang-orang membutuhkan pasokan kue kering untuk lebaran.

Contoh yang salah adalah membuka sebuah cafe kecil bertema garden di halaman depan rumah Ketika musim hujan. Pelanggan akan ragu untuk singgah karena cuacanya tidak mendukung.

Baca Juga : 7 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

6. Pertimbangkan Tenaga dan Waktu untuk Buka Usaha Sendiri

Ada yang berpikiran untuk menjalankan suatu usaha pribadi padahal masih mempunyai pekerjaan utama dan tidak bisa meninggalkan pekerjaan tersebut. Hal ini bisa menghambat kemajuan bisnis apalagi jika pemilik usaha belum bisa mempekerjakan karyawan.

Tenaga dan waktu yang terbagi bisa mempengaruhi perkembangan bisnis. Atasi hambatan ini dengan mengajak kerabat atau rekan untuk membangun suatu bisnis bersama. Dengan begitu Anda bisa tetap fokus pada pekerjaan utama tapi bisnis pribadi pun tidak akan terbengkalai.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula

7. Rencanakan Penggunaan Tenaga Kerja Tambahan

Saat pertama kali merintis usaha, penggunaan tenaga kerja tambahan atau karyawan memang belum diperlukan. Tapi sebaiknya direncanakan sejak awal apakah nantinya akan menggunakan karyawan atau tidak. Hal ini karena bisnis yang dibangun mempunyai kesempatan untuk berkembang.

Rencanakan dengan matang mengenai penambahan karyawan ini dan sesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan serta alur keuangan bisnis. Jika arus keuangan bisa mendukung pembayaran gaji karyawan, rencana ini sudah bisa dijalankan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik dan Menguntungkan

8. Membuat dan Menjalankan Strategi Pemasaran yang Tepat

Strategi promosi juga merupakan kunci kesuksesan bisnis rumahan. Bahkan produk yang tidak terlalu berguna pun akan bisa laku keras dipasaran jika strategi promosinya benar-benar tepat sasaran. Cara yang paling mudah untuk memasarkan dan mempromosikan produk adalah melalui media sosial.

Baca Juga  10 Ide Jualan Online Modal Kecil Paling Laris 2021

Saat ini, segala sesuatu bisa dilakukan dengan sangat praktis. Bahkan beriklan di berbagai platform media sosial juga bisa dilakukan dengan mudah. Biaya promosinya juga terjangkau dan bisa dijalankan dari rumah secara mandiri.

9. Promosikan ke Orang-Orang Terdekat

Cara buka usaha sendiri yang paling efisien untuk dilakukan adalah memperkenalkan produk tersebut pada orang-orang yang sudah dikenal terlebih dahulu. Tetangga, kerabat, dan keluarga adalah beberapa target yang perlu Anda pertimbangkan untuk kepentingan promosi tahap awal.

Orang-orang yang paling dekat dan sudah mengenal Anda akan dengan senang hati membantu mempromosikan bisnis yang Anda jalankan. Cara promosi dari mulut ke mulut ini merupakan yang paling murah dan paling efektif sekaligus.

Untuk keperluan promosi ini, berikan harga promo atau harga yang lebih murah sehingga akan ada banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

Baca Juga : 10 Ide Jualan Online Modal Kecil Paling Laris 2021

10. Persiapkan Modal yang Cukup untuk Mengawali Usaha

Modal adalah faktor yang sangat penting untuk menjalankan usaha pribadi. Modal yang tidak mencukupi bisa menggagalkan rencana bisnis. Modal bisa dihasilkan dari beberapa cara, misalnya modal dari diri sendiri dengan cara menabung, modal dari investor, modal dari partner, atau dari bank.

Modal awal bukan satu-satunya modal yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha. Setidaknya, miliki modal cadangan untuk tiga bulan kedepan. Jika modal yang dimiliki terbatas, pilih jenis usaha yang tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar, seperti misalnya menjadi reseller.

Untuk menjadi reseller, Anda tidak perlu menumpuk terlalu banyak barang di rumah. Modal yang dibutuhkan untuk buka usaha reseller tidak terlalu besar dan tidak sulit untuk diusahakan.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Murah dan Menguntungkan 2021

Jadi bagaimana, sudah siap buka usaha sendiri? Selain modal materi, sebuah bisnis juga memerlukan persiapan mental dan pengetahuan yang cukup. Jadi, pastikan bisnis berjalan sesuai strategi dan ilmu ya!

Related Posts