Home Bisnis Cara Bisnis Online yang Menguntungkan dalam 9 Langkah Bagi Pemula
cara bisnis online pemula

Cara Bisnis Online yang Menguntungkan dalam 9 Langkah Bagi Pemula

by Titis NP

Apakah ada cara bisnis online untuk orang yang benar-benar pemula dalam hal berbisnis dan bahkan tanpa modal? Dapatkan orang tanpa latar belakang pendidikan bisnis memiliki bisnis online yang sukses? Jawaban singkat dari kedua pertanyaan di atas adalah ya. 

Saat ini, ada ribuan bisnis online sukses yang dimulai oleh berbagai jenis individu termasuk oleh orang-orang yang sama sekali tidak memiliki pengalaman atau pun background sekolah bisnis. Hari ini juga mereka dapat menghasilkan jutaan bahkan mungkin puluhan juta rupiah sebagai pendapatan.

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula 

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk memulai bisnis online dari awal dan cukup dari rumah sendiri:

  • Tentukan Jenis Bisnis Online yang Akan Dijalankan

Hal pertama yang harus diputuskan adalah jenis bisnis. Ada banyak opsi dan tergantung pada jenis yang dipilih, pelaku bisnis online akan memiliki cara berbeda untuk memonetisasi bisnis tersebut dan menghasilkan uang. Berikut adalah beberapa jenis bisnis online tanpa modal yang sedang populer:

  • Menjadi dropshipper online.
  • Penulis artikel freelance.
  • Pemasaran afiliasi.
  • Membuat blog dan mengisinya.
  • Membuka kursus online sesuai bakat/keterampilan masing-masing (kursus masak, piano atau alat musik lain, menyanyi/vokal, menari, dan lain-lain).
  • Menjadi asisten virtual.
  • Editor online.
  • Membuka jasa desain grafis (jika memang memiliki keahlian atau mengambil pendidikan formal di bidang ini).
  • Translator online.
  • Guru les virtual (bisa untuk murid-murid Sekolah Dasar, SMP, atau SMA).

Saat akan memutuskan jenis bisnis online apa yang akan dimulai, pertimbangkan 3 hal penting berikut ini:

  • Temukan Hal yang Benar-Benar Disukai

Menyukai suatu topik, aktivitas, hobi, atau produk akan membantu calon pelaku bisnis untuk membuat produk yang bagus atau konten menarik yang mungkin dapat berguna untuk orang lain. Jadi, luangkan waktu sejenak dan pikirkan dengan baik hal apa yang benar-benar Anda suka.

Baca Juga  Rincian Modal Usaha Laundry Kiloan Bagi Pemula (Lengkap!)

banner modal usaha gadai kendaraan

  • Temukan Keterampilan yang Dimiliki

Apakah ada keterampilan yang dapat digunakan untuk membantu orang lain menyelesaikan tugas, mempelajari sesuatu, atau memecahkan masalah?

Mungkin suka mengajari orang cara memperbaiki sesuatu atau suka menulis cerita yang bagus untuk memberikan edukasi kepada orang lain tentang topik yang berbeda?

Temukan keterampilan yang dimiliki dan pikirkan cara agar dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk menciptakan produk yang membuat orang bersedia membayar untuk mendapatkannya.

  • Jadikan Keahlian Sebagai Bisnis

Bagi calon pebisnis yang sebelumnya pernah mengikuti pelatihan, kursus, pendidikan formal, atau pengalaman apapun yang cukup di suatu bidang hingga membuatnya pantas untuk disebut ahli, maka jadikan keahlian ini sebagai ide bisnis online.

Baca Juga : Peluang Kerja dari Rumah dan Hasilkan Banyak Uang

  • Lakukan Riset Pasar

Salah satu langkah terpenting dari cara bisnis online yang menguntungkan adalah melakukan riset. Setelah menemukan jenis/ide bisnis, jangan langsung memulai bisnisnya, tapi lakukan dulu riset pasar. Karena akan percuma memulai bisnis yang kemungkinan untuk laku sangat kecil.

Jadi, cari tahu dulu apakah ada produk atau sumber daya online yang saat ini sedang dibutuhkan tapi belum ada yang menyediakannya, atau adakah celah dalam industri tertentu yang kira-kira dapat diisi dengan produk baru yang sesuai keahlian/keterampilan yang dimiliki tadi? 

Apakah ada konten online tentang suatu topik yang tidak lengkap dan dapat ditingkatkan? Semua pertanyaan ini akan membantu memastikan bahwa jenis bisnis yang sudah dipilih tadi benar-benar dapat dijalankan atau tidak. 

  • Evaluasi Ide dengan Riset Kata Kunci

Lakukan evaluasi ide untuk mencari tahu apakah ide tersebut benar-benar dapat diubah menjadi bisnis online yang berpotensi menghasilkan keuntungan atau tidak. 

Baca Juga  10 Usaha Rumahan yang Lagi Trend & Auto Cuan!

Cara terbaik mengevaluasi ide bisnis online adalah dengan riset kata kunci. Hal pertama yang harus dilakukan adalah buka Google dan cari kata kunci yang terkait dengan jenis bisnis yang sudah ditentukan tadi.

Jangan hanya mengetikkan kata kunci yang terkait langsung dengan niche yang sudah dipilih, tapi cari istilah luas dan istilah yang terkait secara tidak langsung.

Tujuan pada tahap ini adalah untuk mengetahui berapa banyak situs web, konten, dan produk yang terkait dengan ide bisnis yang akan dijalankan, apakah mereka menjual produk buatan sendiri atau dari supplier, dan sebagainya.

Lakukan pencarian yang sama di marketplace populer seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll, serta media sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, dan sebagainya. 

Cari tahu jenis konten apa yang dipublikasikan di media sosial terkait ide bisnis yang sudah (apakah konten berupa video berkualitas tinggi, foto produk biasa, artikel, atau yang lainnya), dan berapa banyak interaksi (suka, komentar) yang didapat postingan tersebut.

  • Analisis Pesaing Potensial

Langkah berikutnya dalam panduan cara memulai bisnis online adalah menganalisis pesaing. Pesaing potensial adalah satu atau dua perusahaan yang sudah menjual produk atau layanan yang serupa dengan apa yang ingin Anda jual. 

Cari tahu lebih banyak informasi tentang pesaing potensial tersebut mulai dari kelebihan dan kekurangan mereka, jenis konten apa yang digunakan untuk memasarkan produk, platform apa yang digunakan untuk menjual produk, hingga teknik penjualan apa yang paling disukai oleh pelanggan mereka.

Seluruh informasi di atas bisa didapat dengan membuka website dan media sosial kompetitor, membaca review para pelanggan mereka, atau bahkan dengan mencoba membeli produk mereka dan perhatikan seperti apa kemasannya, rasanya, warnanya, tampilannya, harga, dan sebagainya.

  • Identifikasi Audiens Target

Langkah terakhir sebelum benar-benar mendirikan bisnis online adalah mengidentifikasi audiens target dan membuat “buyer persona”. Temuan dari langkah 4 (analisis pesaing) dapat digunakan untuk menentukan siapa audiens target dari bisnis yang akan didirikan ini. 

Baca Juga  Rincian Modal Usaha Pecel Lele Menguntungkan!

Sebagai contoh, produk yang akan dijual adalah tas wanita model Korea, maka audiens targetnya adalah wanita dengan usia kisaran 17 – 35 tahun. 

Jika sudah menemukan target, cari informasi lebih lanjut tentang audiens target seperti media sosial mana yang paling mungkin sering digunakan, siapa influencer online dari audiens target tersebut, situs web lain mana yang paling mungkin dikunjungi, forum atau grup online mana yang mereka gunakan, dsb.

  • Buat Merek dan Jika Perlu Daftarkan

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih nama bisnis/merek adalah:

  • Temukan nama yang menarik yang akan diingat orang.
  • Buat sesingkat mungkin.
  • Mudah dibaca.
  • Jangan gunakan tanda hubung atau angka.
  • Pastikan tidak ada perusahaan/bisnis online lain yang menggunakan merek yang sama.
  • Siapkan Lapak Online Beserta Produk/Jasa yang Akan Dijual

Langkah selanjutnya adalah menghidupkan bisnis dengan menyiapkan lapak dan isinya. Lapak online yang dimaksud bisa di media sosial, situs web, atau membuka toko di salah satu atau beberapa e-commerce.

  • Promosi

Agar bisa membuat promosi bisnis online yang menarik, pelajari tentang pemasaran digital yang sumbernya bisa dengan mudah ditemukan di Google. Setelah itu, buatlah rencana pemasaran digital, dan terakhir buat rencana pemasaran konten dan mulai publikasikan konten.

Baca Juga : Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Mudah dan Menguntungkan

  • Berikan Pelayanan Virtual yang Memuaskan 

Setelah promosi bisnis berhasil dan ada sejumlah pembeli yang datang, pastikan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan dengan berusaha membalas setiap komen dan chat yang masuk. Selain itu, gunakan kalimat sopan dan ramah, ucapkan terima kasih jika ada yang memberikan pujian, dan sebagainya.

Cara memulai bisnis online dari nol memang tidak mudah, ada banyak langkah dan masing-masing membutuhkan waktu, usaha, tenaga, serta pikiran. Kunci dari bisnis yang sukses, siapapun pendirinya, adalah tidak mudah menyerah dan memiliki kemauan untuk terus belajar.

Related Posts