Home Produk Keuangan 5 Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal dan Resikonya!
cara kabur dari pinjaman online ilegal

5 Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal dan Resikonya!

by Titis NP

Cara kabur dari pinjaman online ilegal banyak dicari tahu oleh orang karena maraknya pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar di OJK. Meminjam sejumlah uang saat ini tidak hanya bisa dilakukan secara konvensional seperti di bank atau koperasi.

Lebih dari itu, kini sudah semakin berkembang lebih cepat yaitu dengan menggunakan sistem online. Dengan segala keunggulannya, membuat jasa pinjaman online semakin banyak bermunculan. Kemudian bagaimana caranya kabur dari pinjol ilegal? Simak caranya dan resikonya secara lengkap di artikel ini.

Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal

Jasa pinjaman online ini ada yang legal yaitu sudah terdaftar di OJK dan yang ilegal. Kemudian, bagaimana cara agar bisa kabur dari pinjaman online ilegal? Berikut beberapa cara kabur dari pinjaman online ilegal yang perlu dilakukan:

1. Mengganti Nomor HP yang Terdaftar

Cara lari dari pinjaman online ilegal yang pertama adalah dengan mengganti nomor handphone yang terdaftar di aplikasi pinjaman online. Cara yang satu ini bisa Anda rencanakan dan harus dilakukan sejak pertama mengajukan pinjaman.

Saat akan mengajukan pinjaman, pasti Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa data diri termasuk nomor handphone. Anda bisa menggunakan nomor handphone alternatif dimana bukan nomor handphone yang Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari atau personal.

Nomor handphone akan digunakan oleh pihak jasa pinjaman online untuk melakukan penagihan atas utang yang Anda ajukan. Jadi, dengan mengganti nomor handphone, Anda akan terhindar dari segala telepon teror dari depkolektor.

Baca Juga  Tabel Pinjaman Kredivo & Cara Pengajuannya Terlengkap (2022)

Selain itu, dengan menggunakan nomor alternatif, pihak penyedia jasa pinjaman online tidak akan bisa melakukan pelacakan terhadap dan tidak akan bisa mengakses informasi pribadi karena Anda tidak menggunakan nomor tersebut untuk keperluan pribadi.

2. Mempersiapkan Mental

Cara kedua untuk bisa kabur dari pinjaman online ilegal adalah dengan mempersiapkan mental yang kuat. Dalam proses menghindari segala bentuk penagihan dari pihak pinjaman online, Anda membutuhkan mental yang kuat.

Hal ini dikarenakan pinjaman online ilegal biasanya akan menagih dengan sangat intens, tidak kenal waktu, dan membuat Anda kelelahan secara mental. Dengan memiliki mental yang kuat, hal-hal tersebut tidak akan membuat Anda down atau merasakan tekanan mental.

Jadi, hal yang perlu Anda persiapkan sebelum mengajukan pinjaman online salah satunya adalah memantapkan mental dan hati.

3. Mengajukan Laporan Atas Pencemaran Nama Baik

Cara kabur dari pinjaman online ilegal berikutnya adalah dengan mengajukan laporan ke pihak yang berwajib atas pencemaran nama baik. Cara ini merupakan cara yang ekstrim dan mungkin bisa dilakukan setelah Anda sudah mencoba berbagai hal.

Sesuai dengan UU No.39 Tahun 1999 mengenai Hak Asasi Manusia, hutang piutang tidak bisa memenjarakan seseorang. Dengan demikian, Anda tidak akan ditahan apabila Anda tidak mampu membayar utang tersebut.

Kondisi ini bisa Anda gunakan untuk melawan balik penyedia jasa pinjaman online apabila proses penagihan uangnya sudah masuk ke dalam kategori pencemaran nama baik. Anda bisa melaporkan kepada pihak yang berwajib tanpa perlu khawatir mereka akan menuntut balik.

4. Memberitahu Kontak Para Penjamin Pinjaman

Keempat, ada cara kabur dari pinjaman online ilegal yaitu dengan memberitahu kontak para penjamin pinjaman dimana data ini pasti akan diminta oleh pinjaman online ilegal ketika akan dimintai data terkait kontak penjamin.

Baca Juga  Tabel Angsuran Kredit Plus & Syaratnya Terlengkap (2022)

Kontak penjamin ini akan dihubungi oleh pinjaman online ilegal untuk menagih hutang Anda. Jadi, apabila kontak para penjamin bisa diajak bekerja sama untuk merencanakan kabur dari penagihan tersebut, maka Anda bisa bernafas lega.

Dengan sulitnya pihak pinjaman online ilegal mendapatkan informasi mengenai keberadaan Anda, maka proses kabur dari pinjaman online ilegal akan lebih mudah dilakukan. 

5. Pindah Rumah

Cara kabur dari pinjaman online ilegal yang kelima adalah dengan pindah rumah. Hal ini bisa Anda rencanakan dari awal ketika mengajukan pinjaman. Jika Anda mengontrak, maka akan lebih mudah juga untuk pindah alamat rumah atau kosan.

Dengan pindah rumah atau kosan, pihak pinjaman online tidak akan bisa mendatangi Anda ke rumah karena alamat Anda sudah berubah. Hal ini akan menyulitkan pihak pinjaman online ilegal untuk mendatangi Anda secara langsung guna menagih hutang Anda.

 

Resiko Kabur dari Pinjaman Online

Selain perlu mengetahui bagaimana cara kabur dari pinjaman online ilegal, Anda juga perlu mengetahui apa saja resiko kabur dari pinjaman online. Berikut beberapa resikonya:

1. Denda Menjadi Tinggi

Resiko kabur dari pinjaman online ilegal yang pertama adalah akumulasi denda yang dibebankan kepada Anda akan semakin tinggi.

Sebagaimana dengan pinjaman yang lainnya, pemberi pinjaman akan memberlakukan denda berlipat apabila peminjam terlambat untuk melunasi angsuran setiap bulannya. 

Jumlah denda pinjaman online ilegal bisa jadi sangat besar dan mencekik karena mereka tidak mengikuti aturan yang diterbitkan oleh OJK sebagaimana pinjaman online resmi. Selain denda yang tinggi, Anda juga akan dibebani dengan bunga yang semakin hari akan semakin tinggi.

Jadi, apabila Anda terus menghindar dan pada akhirnya diharuskan membayar pinjaman, Anda akan membayar dalam jumlah yang berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan dengan hutang yang Anda ambil.

Baca Juga  15 Tabel Angsuran BNI Fleksi Terlengkap (Wajib Dicek!)

2. Teror dari Debt Collector

Resiko kedua dari menggunakan cara kabur dari pinjaman online ilegal adalah akan selalu menghadapi teror dari debt collector yang menagih angsuran pinjaman Anda. 

Pihak pinjaman online ilegal akan mengutus debt collector untuk melakukan tindakan apa saja meskipun terkesan sewenang-wenang asalkan nasabah membayarkan tagihan pinjamannya. Pada awalnya Anda akan ditagih melalui nomor handphone atau whatsapp.

Apabila tidak kunjung membayar maka nasabah akan mendapatkan teror seperti akan menyebarkan data pribadi ke publik dan lain sebagainya. Tidak hanya sebatas itu, mereka juga bisa mendatangi alamat rumah Anda secara tiba-tiba untuk menagih hutang tersebut.

3. Hanya Bisa Digunakan di Pinjaman Online Ilegal

Cara kabur dari pinjaman online ilegal di atas tidak bisa Anda gunakan jika meminjam di jasa penyedia pinjaman yang resmi seperti bank, koperasi, atau pinjaman online ilegal. Hal ini karena penyedia pinjaman tersebut sudah terdaftar di OJK.

Karena mereka sudah terdaftar di OJK, maka jika Anda melakukan pemangkiran pembayaran tagihan hutang, maka akan dimasukkan ke dalam list blacklist BI Checking atau Slik Otoritas Jasa Keuangan.

Dan apabila data Anda sudah dimasukkan ke dalam daftar tersebut, maka riwayat kredit Anda akan jelek dan menyebabkan Anda akan kesulitan melakukan pengajuan kredit di berbagai lembaga keuangan di masa mendatang.

Beberapa cara kabur dari pinjaman online ilegal di atas membutuhkan keberanian, keyakinan dan pertahanan diri yang sangat kuat. Jadi, sebelum Anda mengajukan hutang, alangkah baiknya Anda memikirkan mengenai apakah bisa melunasinya atau tidak.

Namun, apabila Anda membutuhkan uang dengan cepat untuk melunasi hutang, maka Anda bisa menggadaikan BPKB motor atau mobil di gadaikendaraan.com. Jasa gadai yang satu ini memiliki proses yang mudah dan cepat sehingga akan memudahkan saat membutuhkan uang dadakan.

Related Posts