Home Investasi 9 Cara Membeli Saham di IPOT bagi Pemula (Terlengkap!)
cara membeli saham di ipot

9 Cara Membeli Saham di IPOT bagi Pemula (Terlengkap!)

by Titis NP

IPOT diusung sebagai salah satu platform investasi online terbaik di Indonesia. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, banyak nasabah yang mengandalkan aplikasi ini. Ingin tahu bagaimana cara membeli saham di IPOT? Simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu IPOT?

Indo Premier Online Technology (IPOT) ialah aplikasi sekuritas milik PT. Indo Premier Sekuritas yang diluncurkan pada tahun 2007. Aplikasi ini juga dapat dikatakan sebagai platform keuangan berbasis teknologi.

Dengan adanya IPOT, pengguna dapat berinvestasi saham dengan lebih cepat dan lebih mudah. Cara menggunakannya pun tidak sulit, sehingga aplikasi ini cocok bagi investor pemula yang baru terjun ke dunia pasar modal dan ingin tahu cara membeli saham di IPOT.

Platform investasi ini memungkinkan pengguna untuk bertransaksi saham, reksa dana, serta exchange traded fund (ETF) dalam satu aplikasi. Jadi, hanya perlu satu akun dan satu bank pembayaran saja bila ingin membeli ketiga produk tersebut.

Segala pelaporan juga akan tercatat di dalam aplikasi dengan baik, seperti halnya internet banking yang memiliki fitur mutasi rekening.

Apa Saja Fitur dalam IPOT?

Sebelum beranjak menuju cara membeli saham di IPOT, ada baiknya mengenal dahulu beberapa fitur dalam aplikasi ini. Terdapat dua fitur utama dalam aplikasi ini yang dapat digunakan nasabah dalam bertransaksi saham, reksa dana, atau ETF, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Fitur untuk Saham

Fitur penting terkait cara membeli saham di IPOT ini terdiri dari tiga menu, yakni List Saham (daftar saham yang dapat dibeli), Market (melihat data statistik pasar dan melakukan stock screening), serta Live Trade (proses perdagangan saham secara real time di jam bursa).

Baca Juga  Cara Mendapatkan Uang 1 Juta Dalam Sehari Tanpa Modal!

2. Fitur untuk Reksa Dana dan ETF

Fitur ini terdiri dari tiga menu, yakni List Reksa Dana (daftar reksa dana dan ETF), Compare Reksadana (melakukan komparasi dengan detail dan melakukan pembelian), serta IPOT Evaluator (memantau ranking kinerja reksa dana di macam-macam kategori.)

Apa Saja Keunggulan IPOT?

Dengan merambahnya digitalisasi dalam membuka rekening efek saham serta reksadana, IPOT hadir sebagai aplikasi yang tidak memerlukan tanda tangan basah untuk memulai investasi. Untuk meyakinkan diri hingga cara membeli saham di IPOT, simak beberapa keunggulan aplikasi ini.

1. Robo Trading Lengkap

Sistem ini akan melaksanakan semua instruksi order jual-beli saham berdasarkan ketentuan harga yang ditetapkan nasabah sebelumnya sehingga momen tidak terlewat. Sistem ini dapat mengatur untuk membeli saham jenis apa, pada harga berapa, target, jumlah, serta sampai kapan akan dieksekusi.

2. Charting Lengkap

Fitur ini dilengkapi dengan indikator serta tools yang lengkap, up to date, dan kalender aksi korporasi bernotifikasi dalam mendukung keputusan nasabah dalam berinvestasi, termasuk cara membeli saham di IPOT.

Fitur ini dapat menolong nasabah dalam memantau pergerakan harga saham di masa lalu serta prediksi di masa selanjutnya.

3. Transaksi Berapa Saja dan dari Mana Saja

Transaksi multi order dapat dilakukan dengan fitur fast buy/sell. Ketetapan harga dan jumlah dapat dilakukan pula secara bersamaan. Fitur dapat diakses dari layar mana saja, transaksi pun dapat diborong sekaligus meski harga dan jumlahnya berbeda-beda.

4. Pemberitaan Akurat

Berita-berita yang ada lengkap, akurat, serta berdasarkan riset yang mendalam. Laman ‘News’ berisi berita-berita keuangan dan ekonomi hasil riset dari Tim Indo Premier sendiri. Pada laman ini, ada pula artikel hasil riset dan berita-berita terkait saham.

Dengan adanya fitur ini, nasabah akan dimudahkan dalam berinvestasi nantinya. Tidak hanya itu, nasabah juga dapat langsung membeli atau menjual saham dalam berita dengan kode saham yang tertera di sana.

5. Laporan Transaksi Tiada Batas

Laporan transaksi serta gain/loss tersedia tanpa batas. Histori atau riwayat transaksi serta laporan gain/loss ini bisa ditampilkan dengan rinci dan lengkap tanpa batasan waktu, bahkan mulai dari akun pertama kali dibuat.

Baca Juga  Saham Gorengan : Pengertian, Ciri-ciri dan Cara Menyikapinya

6. Adanya Platform Edukasi

Platform edukasi di IPOT sudah terintegrasi. Kontennya terdiri dari bermacam-macam format, jadwal kegiatannya pun tertera di laman ‘Journey’. Nasabah dapat memilih konten dan mengikuti aktivitas sesuai kebutuhan dalam rangka menambah pengetahuan tentang investasi dan cara membeli saham di IPOT.

Platform ini juga unggul sebab nasabah akan dituntun sejak level newbie hingga terampil dalam berinvestasi. Pada laman ‘Journey’, banyak konten edukatif mulai tingkat beginner hingga advanced dalam banyak format agar dapat dipelajari dan dipraktekkan secara langsung.

7. Tampilan Customized

Tampilan ini didukung oleh fitur quicklink, di mana bisa menolong pengguna dalam mengakses fitur favorit di aplikasi. Nasabah juga dapat memilih preferensi tampilan yang sesuai dengan terdapatnya opsi mode gelap (dark mode).

Bagaimana Cara Membeli Saham di Aplikasi IPOT?

Sebelum memulai berinvestasi atau jual-beli saham dengan cara membeli saham di IPOT, pengguna harus memiliki akun atau melakukan registrasi di aplikasi ini. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat akun.

  • Buka aplikasi. Lakukan registrasi, isi alamat email dan nomor ponsel. Klik ‘Lanjut’.
  • Ketik kembali alamat email untuk konfirmasi. Klik ‘OK’.
  • Ketik kode OTP yang dikirim lewat SMS. Klik ‘Lanjut’.
  • Isi nomor KTP dan NPWP (jika punya). Klik ‘Lanjut’.
  • Setelah menu pop up muncul, cek kembali data e-KTP. Bila sudah pas, klik ‘OK’.
  • Isi data-data tentang pekerjaan. Klik ‘Lanjut’.
  • Jika memilih ‘Profesional’, tuliskan juga nama profesi.
  • Isi detail perusahaan; nama perusahaan, bidang usaha, serta nomor telepon kantor.
  • Pilih tujuan pembukaan RDN (rekening dana nasabah) dan rekening efek.
  • Pilih data korespondensi calon investor.
  • Isi data tambahan; rekening bank pribadi, nomor rekening, dan nama ibu kandung.
  • Unggah foto selfie sambil memegang KTP dengan jelas.
  • Isi besar penghasilan per tahun.
  • Foto dan unggah e-KTP serta tanda tangan di atas kertas putih.
  • Buat username serta password.
  • Lakukan verifikasi data. Periksa email untuk mengetahui pesan mengenai pembukaan akun dan notifikasi SID dan SRE.
  • Setelah itu, akun telah ada dan dapat dipakai untuk memulai investasi.
Baca Juga  Investasi Leher ke Atas: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Jenisnya!

Setelah memiliki akun, maka pengguna sudah dapat mulai berinvestasi. Cara membeli saham di IPOT cukup mudah, dan langkah-langkahnya dapat disimak pada poin-poin berikut ini.

  • Buka aplikasi. Login dengan akun yang telah dibuat.
  • Klik ‘List Saham’ untuk melihat semua daftar saham yang dapat dibeli.
  • Tentukan saham, namun pelajari dahulu grafik serta fundamental yang ditampilkan pada aplikasi.
  • Klik ‘Tombol B’ di sebelah kanan untuk membeli saham yang dipilih.
  • Pada ‘Buy Order’, isikan jumlah lot serta harga saham yang diinginkan.
  • Pilih ‘Submit Buy’.
  • Ketika menu ‘Confirm Buy Order’ muncul untuk mengkonfirmasi pembelian, klik ‘Confirm Order’ jika sudah yakin.
  • Tunggu hingga transaksi diproses.
  • Bila pembelian berhasil, saham akan masuk ke menu ‘Portofolio’ dan pengguna dapat mengakses menu untuk memantau perkembangan saham yang telah dibeli tadi.

Solusi Pinjaman Modal Investasi?

Ingin mulai berinvestasi setelah membaca cara membeli saham di IPOT tetapi tidak tahu dari mana mendapatkan dananya? Masalah ini dapat diatasi dengan menggadaikan BPKB mobil atau BPKB motor yang ada di Gadaikendaraan.com! Mengapa harus di sini?

  • Proses cepat. Dana cair tanpa perlu menunggu lama. Tim akan langsung menghubungi segera. Proses approval saat menggadaikan pun cepat.
  • Syarat mudah. Prosesnya fleksibel, plat daerah pun diterima baik oleh pemohon perorangan atau perusahaan.
  • Simulasi gratis. Dengan berbagai kebutuhan, tim akan membantu menghitung simulasi menggadaikan BPKB kendaraan. Tentunya tidak perlu biaya dan akan disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Jaringan terluas. Tidak peduli di mana lokasi pemohon, data akan dijemput langsung oleh surveyor resmi Gadaikendaraan.com. Tidak ada fee, tidak ada perantara. Tipping pun tidak ada, dan hanya memakan proses satu hari.

Mulai berinvestasi berarti siap menanggung profil risiko. Maka dari itu, pertimbangkanlah dahulu instrumen investasi apa yang sesuai dengan kondisi keuangan saat ini.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts