Home Investasi 5 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini
cara mempersiapkan dana pensiun

5 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

by Titis NP

Cara mempersiapkan dana pensiun adalah sesuatu yang perlu dipikirkan sejak dini. Hal ini karena masa pensiun adalah masa yang sangat genting. Pensiun berarti seseorang tidak bekerja lagi dan bisa menikmati masa tua setelah bertahun-tahun bekerja keras.

Tapi tanpa adanya dana pensiun, masa tua yang indah dan didambakan hanya akan menjadi mimpi belaka. Para PNS atau Pegawai Negeri Sipil tidak perlu bersusah payah memikirkan masa pensiun karena adanya dana pensiun yang diberikan oleh pemerintah. Bagaimana dengan pekerja swasta?

Cara Terbaik untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

Mumpung masih mempunyai pekerjaan, sangat disarankan untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini, apalagi bagi yang bekerja di sektor swasta dan tidak memperoleh tunjangan pensiun dari pemerintah. Di bawah ini berbagai cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menyiapkan dana pensiun.

1. Melakukan investasi mulai sekarang

Kapan waktu yang paling tepat untuk mulai berinvestasi? Sekarang. Tidak ada yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi besok. Sehingga sekarang adalah waktu yang paling baik untuk mulai melakukan investasi. Semakin awal berinvestasi, semakin maksimal hasil investasi yang bisa dirasakan nanti.

Investasi sebaiknya tidak ditunda atau ditunggu sampai mapan terlebih dahulu. Yang benar adalah melakukan investasi dengan tujuan untuk menjadi mapan. Pilih investasi jangka panjang sehingga pada masa pensiun nanti atau Ketika sudah lanjut usia, ada tunjangan finansial yang bisa diperoleh.

Anak-anak sebaiknya tidak dipandang sebagai investasi. Biarkan anak-anak mendanai kehidupan mereka sendiri. Persiapkan investasi sendiri sehingga nantinya tidak akan membebani anak-anak.

banner gadau bpkb gadai kendaraan

2. Mengenali kemampuan finansial diri sendiri

Cara mempersiapkan dana pensiun yang efektif adalah dengan mengetahui biaya hidup yang perlu disiapkan untuk masa pensiun. Setelah mengetahui dana yang diperlukan selama masa pensiun nanti, hitung besaran dana yang perlu disiapkan setiap bulannya untuk keperluan investasi dana pensiun.

Baca Juga  Cari Pinjaman Uang Mudah untuk Kebutuhan Pribadi dan Modal Usaha

Besaran dana pensiun dipengaruhi oleh gaya hidup. Sebaiknya pikirkan gaya hidup yang sederhana untuk masa pensiun nanti sehingga dana yang perlu dipersiapkan juga tidak akan terlalu besar. Jika gaya hidup yang diinginkan pada masa pensiun sangat tinggi, dana yang harus disiapkan juga besar.

Misalnya, jika Anda berencana untuk jalan-jalan ke negara-negara lain pada masa pensiun, dibutuhkan banyak uang untuk mendanai rencana tersebut. Pertimbangkan gaya hidup yang lebih sederhana.

Baca Juga : Ini Contoh Perencanaan Keuangan, Bisa Untuk Pribadi dan Keluarga

3. Memahami bahwa investasi lebih baik daripada menabung

Investasi merupakan pilihan yang lebih baik untuk mempersiapkan masa depan, jika masalah yang dihadapi adalah inflasi. Inflasi sangat mempengaruhi tingkat biaya hidup dan pengeluaran masyarakat. Semakin tinggi inflasinya, semakin turun nilai uang yang dimiliki oleh masyarakat.

Sebagai contoh, 5 tahun yang lalu 50 buah jeruk bisa dibeli dengan selembar uang Rp 100 ribu. Tapi sekarang, uang yang sama hanya bisa dipakai untuk membeli 20 buah jeruk saja. Di masa depan, inflasi bisa membahayakan nilai uang yang ditabung.

Sebaliknya, investasi bisa bertahan menghadapi inflasi. Tapi pastikan untuk memahami berbagai resiko investasi. Jangan sampai tergiur dengan investasi yang untungnya besar tanpa mengenali resikonya.

Baca Juga : Pengertian Dana Pensiun, Fungsi, Manfaat dan Panduan Cara Menghitung Dana Pensiun

4. Melakukan diversifikasi dalam berinvestasi

Jika sudah mantap untuk berinvestasi, hindari untuk melakukan investasi hanya di satu tempat. Cara mempersiapkan dana pensiun yang satu ini sebenarnya adalah hukum dalam dunia investasi, yaitu jangan menyimpan semua telur di satu wadah yang sama atau semua telur akan pecah bersamaan.

Tempatkan modal di berbagai aset yang berbeda. Misalnya, lakukan investasi saham, properti, emas, surat utang, dan sebagainya. Diversifikasi bertujuan untuk mengatur resiko investasi serta memastikan bahwa ada aset lain yang bisa menguntungkan ketika aset lainnya mengalami kerugian.

Baca Juga  Aset Kripto: Pengertian, Jenis dan Aturannya di Indonesia!

Jika semua aset berada di satu tempat dan ternyata terjadi kerugian, beban yang ditanggung akan terlalu besar. Diversifikasi bisa membantu Anda memperoleh hasil atau keuntungan yang lebih baik.

5. Memilih bentuk investasi yang paling tepat

Ada banyak sekali jenis investasi. Untuk memilih jenis investasi yang paling tepat, sangat penting untuk mengenali resikonya. Pilih investasi yang resikonya sesuai dengan kemampuan finansial dan profil investasi Anda. Kenali semua resiko dan keuntungan dari produk investasi yang akan dipilih.

Investasi yang imbalan dan resikonya tertinggi adalah investasi saham, yang diikuti dengan investasi reksa dana dan investasi obligasi. Produk investasi yang resikonya lebih rendah adalah investasi emas atau logam mulia dan investasi deposito. Berikut penjelasan untuk setiap jenis investasi yang tersedia.

Baca Juga : 7 Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan dan Mudah Bagi Pemula

– Investasi saham

Jenis investasi yang pertama adalah investasi saham yang menunjukkan bahwa investor memiliki sebagian aset dari suatu perusahaan. Contohnya, investor yang mempunyai saham 50% dari suatu perusahaan berarti mempunyai setengah dari semua aset yang dimiliki perusahaan tersebut.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Investasi Saham yang Benar Agar Pemula Bisa Untung

– Investasi reksa dana

Reksa dana adalah suatu tempat khusus untuk menghimpun dana secara kolektif yang nantinya akan dikelola oleh manajer. Manfaat yang diperoleh akan dibagikan secara merata pada para investor yang bergabung. Reksa dana dikenal sebagai tempat berkumpul para investor.

Baca Juga : 7 Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan dan Mudah Bagi Pemula

– Investasi obligasi

Investasi jenis ini bisa memberikan manfaat yang lebih tinggi daripada investasi deposito karena bunga yang ditawarkan oleh jenis investasi ini juga lebih tinggi. Tapi jenis investasi ini juga cukup beresiko. Jika peminjam bangkrut, modal Anda pun kemungkinan besar tidak bisa dibayarkan.

Baca Juga  7 Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan dan Mudah Bagi Pemula

– Investasi emas

Bagi yang lebih tertarik untuk mencoba cara mempersiapkan dana pensiun melalui investasi dengan resiko yang lebih rendah, pertimbangkan investasi emas atau logam mulia. Nilai emas terbukti selalu mengalami peningkatan sehingga investasi emas adalah pilihan yang sangat baik. 

Jenis investasi yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena jenis logam mulia yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat. Emas yang akan diinvestasikan bisa berupa perhiasan, emas batangan, emas murni, atau bahkan nilai emas dalam investasi emas online.

Baca Juga : 7 Investasi yang Cocok Untuk Milenial yang Menguntungkan

– Investasi deposito

Deposito adalah salah satu produk investasi yang ditawarkan oleh perbankan untuk para nasabah. Nasabah yang tertarik untuk mendapatkan lebih banyak manfaat bisa menabung sekaligus melakukan investasi berbentuk deposito yang terbagi menjadi deposito berjangka dan sertifikat.

Baca Juga : 5 Aplikasi Investasi Online Modal Kecil

– Investasi properti

Investasi properti tidak secara langsung melibatkan uang sehingga termasuk dalam jenis investasi non riil. Properti yang diinvestasikan berupa bangunan, seperti misalnya apartemen, gedung, atau rumah. Investasi jenis ini layak dipertimbangkan karena harga jual properti cenderung naik.

Sebelum memilih investasi terbaik untuk mempersiapkan dana pensiun, luangkan cukup waktu untuk memahami dengan mendalam produk investasi yang akan dipilih. Jangan melakukan investasi sebelum mempelajari dan memahami seluk beluk tentang produk investasi agar tidak rugi.

Investasi yang dipilih dengan cermat dan dilakukan dengan hati-hati bisa menghasilkan dana yang cukup untuk menunjang masa pensiun. Tentukan pilihan investasi yang paling sesuai dengan kemampuan finansial saat ini.

Diantara sekian banyak cara mempersiapkan dana pensiun, melakukan investasi adalah yang solusi yang sangat baik. Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi, mulai sedini mungkin agar nantinya bisa menikmati hasil investasi dengan lebih maksimal.

Related Posts