Home Bisnis 9 Cara Memulai Usaha Tanpa Modal dari Nol bagi Pemula!
cara memulai usaha tanpa modal

9 Cara Memulai Usaha Tanpa Modal dari Nol bagi Pemula!

by Titis NP

Anggapan bahwa memulai usaha butuh banyak modal tidaklah selamanya benar. Siapapun, termasuk pemula, bisa menghasilkan uang asalkan mengetahui cara memulai usaha tanpa modal. Ada banyak cara yang mudah untuk diterapkan, misalnya dengan menjual keahlian yang dipunyai. 

Terlebih, dukungan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet, PC dan HP sangat besar sehingga memberikan peluang usaha yang luas. Bagi pemula, tidak perlu ragu karena penjelasan berikut memuat cara yang dapat dilakukan demi mendapatkan cuan tanpa modal. 

Bagaimana Cara Memulai Usaha Tanpa Modal? 

Terdapat 9 cara usaha tanpa modal yang cukup efektif untuk dicontoh oleh para pemula. Berikut penjelasan selengkapnya tentang cara-cara tersebut: 

1. Manfaatkan Skill yang Dimiliki 

Perlu diketahui bahwa aset tidak selalu berupa uang. Skill yang dikuasai dengan baik juga merupakan aset yang memiliki nilai jual jika dimanfaatkan dengan maksimal. Cobalah untuk membuat daftar tentang skill yang dimiliki sebagai bahan pertimbangan. 

Jika lebih dari satu, maka mulailah dari skill yang paling dikuasai atau paling dibutuhkan oleh banyak orang. Misalnya, memilih menjahit sebagai kemampuan yang akan dijual karena belum ada penjahit di area tempat tinggal sehingga para warga harus ke luar desa untuk mencari. 

Memanfaatkan kemampuan sendiri merupakan pintu untuk menapaki tangga bisnis tanpa perlu modal. Sebab, skill tersebut sejatinya adalah modal yang ditonjolkan ke orang lain sehingga mereka mau membayar untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan, misalnya baju seragam.  

2. Mulailah dari Hobi 

Tidak hanya skill, hobi yang digeluti selama ini juga bisa dijadikan lahan untuk mencari uang. Cara memulai usaha tanpa modal dengan memanfaatkan hobi merupakan solusi yang praktis. Usaha bisa langsung dibuka saat itu juga karena tidak perlu mengumpulkan uang banyak dan latihan. 

Baca Juga  Contoh Surat Perjanjian Gadai Kendaraan

Contohnya, manfaatkan hobi membuat kue kering sebagai usaha yang mulai ditekuni. Sebagai permulaan, tawarkan ke saudara, tetangga dan teman-teman. Bukalah pemesanan dengan sistem PO dan 50% DP, misalnya. 

Tujuan dari sistem PO dan DP tersebut adalah mengetahui jumlah kue yang harus dibuat sehingga tidak berlebihan. Selain itu, uang yang sudah didapatkan dari pembayaran DP bisa digunakan untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. 

3. Menjadi Bagian dari Bisnis Orang Lain

Bagi yang ingin memulai usaha dari nol, jangan malu untuk bergabung dengan bisnis yang sudah dijalankan seseorang. Misalnya, dengan menjadi seorang reseller jilbab atau baju muslimah dari agen suatu brand.

Hal tersebut merupakan langkah yang mudah dan praktis karena tugas reseller hanya menjual barang jadi, tanpa perlu memikirkan proses produksi. Sebagai permulaan, ambillah sekitar 10 atau 20 jilbab untuk dijual. 

Apabila sudah mendapatkan banyak pelanggan, maka barulah menambah jumlah barang sekaligus warna, model dan ukuran jilbab yang lebih bervariasi. Kelebihan lain dari reseller yakni bisa menentukan harga jual sendiri yang sekiranya dapat mendatangkan keuntungan besar.

4. Melakukan Pekerjaan Seorang Diri

Masih ada cara memulai usaha tanpa modal yakni dengan menyelesaikan pekerjaan secara mandiri. Jika baru saja memulai usaha dengan modal yang pas-pasan, maka jangan dulu membayar orang lain untuk bantu-bantu. 

Cobalah dengan sekuat tenaga untuk melakukannya sendiri sehingga menghemat pengeluaran. Apabila memang butuh bantuan, maka mintalah salah satu anggota keluarga untuk melakukan hal tertentu. 

5. Menggunakan Media Promosi yang Murah

Memulai usaha tanpa modal bukanlah hal yang mustahil di era modern saat ini. Teknologi dan informasi dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk keperluan promosi. Pilihan platformnya ada banyak, mulai dari Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, blog dan marketplace. 

Instagram dan Facebook merupakan media sosial yang sangat potensial karena penggunanya banyak dan tersedia fitur khusus untuk berjualan. Promosi lewat platform online dapat menjangkau lebih banyak orang dalam waktu singkat sehingga peluang mendapatkan pembeli akan besar. 

Baca Juga  11+ Aplikasi Bisnis Online Terbaik yang Wajib Dimiliki Pebisnis Pemula

WhatsApp juga sangat ideal untuk membuka lapak. Pengguna hanya cukup membuat WhatsApp Business yang menawarkan fitur penjualan seperti katalog, alamat toko dan jam operasional. Fitur WhatsApp Status juga cocok dimanfaatkan untuk mengupload barang dagangan. 

6. Membuka Usaha di Rumah 

Selanjutnya, cara memulai usaha tanpa modal yang perlu dicontoh adalah dengan membuka usaha di rumah. Dengan begitu, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membangun atau menyewa toko. 

Banyak jenis usaha yang cocok dilakukan dari rumah, misalnya katering, bakery, konter pulsa, reseller baju dan laundry. Jenis pekerjaan freelance seperti penerjemah dan graphic designer juga dapat dilakukan di rumah sehingga tidak perlu menyewa tempat khusus. 

Apabila membutuhkan ruang kerja yang private, maka manfaatkan salah satu ruangan kosong di rumah. Solusi lain yaitu menata ulang kamar agar tersisa space sebagai ruang kerja mini. Bagian teras rumah juga bisa dipakai untuk berjualan pulsa atau minuman serta makanan ringan. 

7. Batasi Pengeluaran yang Tidak Dibutuhkan

Fokuslah pada tujuan yakni membangun usaha tanpa modal. Hal tersebut akan mencegah terjadinya pengeluaran yang berlebihan, padahal sama sekali tidak dibutuhkan. Cobalah untuk sehemat mungkin pada masa awal merintis usaha. 

Manfaatkan apa yang dimiliki untuk menjalankan usaha yang diimpikan. Apabila harus membuat sesuatu, misalnya banner, kartu nama atau brosur, maka buatlah yang sederhana untuk mengurangi biaya. 

Selain itu, jangan dulu belanja keperluan usaha terlalu banyak. Jika ingin memulai usaha konter pulsa, maka gunakan dulu meja yang ada di rumah atau etalase kaca yang sederhana. Setelah bisnis berkembang, barulah upgrade perlengkapan dan barang dagangan. 

8. Cobalah Crowdfunding

Pertimbangkanlah crowdfunding sebagai cara memulai usaha tanpa modal yang hasilnya cukup menggiurkan nantinya. Beberapa situs crowdfunding yang populer di Indonesia yaitu Kitabisa.com, Ayopeduli.id dan Kolase.com. 

Hanya saja, sistem crowdfunding terbukti sangat kompetitif sehingga jenis usaha yang ditawarkan harus benar-benar memiliki nilai. Jika merasa bisnis yang dijalankan mempunyai kelebihan dari segi kreativitas, inovasi atau produk yang berkualitas, maka cobalah sistem crowdfunding.

Baca Juga  10+ Ide Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Menguntungkan

Apabila berhasil memikat banyak orang, maka tambahan modal akan mengalir deras ke rekening. Dengan begitu, usaha yang dijalankan bisa bertahan dan terus berkembang. Bagi yang kurang percaya diri, cobalah untuk berkonsultasi dengan pebisnis lain yang berpengalaman. 

9. Nikmati Prosesnya dan Tetap Melangkah

Tidak kalah penting dari sebelumnya, cara memulai usaha dari nol tanpa modal adalah dengan menikmati proses tanpa berpikir negatif dan tetaplah melangkah. Terkesan sepele, tapi hal tersebut sangat perlu untuk ditanamkan dalam diri karena bisnis pasti memiliki konsekuensinya. 

Jangan memasang target yang terlalu tinggi, misalnya untung besar setelah seminggu membuka usaha. Menentukan target memang boleh, tapi tetap harus realistis. Memulai sebuah usaha, tidak selalu langsung mendapatkan untung. 

Ada kalanya dagangan sama sekali belum terjual atau hanya satu pembeli yang datang. Kenyataan tersebut perlu disadari sehingga akan lebih lapang untuk menikmati setiap proses tanpa menyerah terlalu cepat. 

Butuh Pinjaman Dana Cepat dan Aman? Cobalah Gadaikendaraan.com

Salah satu tantangan pemula saat membangun usaha dari nol adalah mencari bantuan dana yang syaratnya mudah dan cepat cair. Walaupun dimulai dengan tanpa modal sekalipun, uang tetap dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis kedepannya. 

Jika mengalami hal serupa, maka jangan ragu untuk mengandalkan gadaikendaraan.com sebagai penyedia pinjaman yang cepat dan aman. Apalagi keunggulan yang dimiliki? 

  • Proses pengajuan langsung ditangani tim dan proses pencairan uang hanya butuh 1 hari;
  • Syarat hanya gadai BPKB kendaraan sehingga sangat mudah;
  • Tanpa perantara pihak ketiga karena surveyor resmi tersedia di berbagai area. 

Bagi pemula, jangan ragu untuk mengambil langkah awal karena 9 cara memulai usaha tanpa modal tersebut dapat diterapkan dengan mudah. Pertimbangkan dengan baik tentang aset dalam diri dan potensi yang ada di sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan.

Related Posts