Home Perencanaan Keuangan Goodbye Boros! Ini 12 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat Bagi Pemula
cara menabung unik

Goodbye Boros! Ini 12 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat Bagi Pemula

by Titis NP

Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk membiasakan diri menabung karena merasa bahwa menabung adalah beban bagi dirinya sendiri. Untuk menjawab kesulitan tersebut, ada beberapa cara menabung unik yang bisa diterapkan agar terasa lebih mudah dan ringan.

Kebiasaan menabung juga memiliki banyak manfaat terutama dalam segi finansial untuk masa mendatang. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui beberapa cara menabung yang unik dan bikin semangat.

12 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat Bagi Pemula

Beberapa orang mungkin akan merasa kesulitan saat menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Hal-hal konsumtif seperti membeli barang atau makanan kesukaan seringkali membuat orang-orang menjadi malas menabung dan boros. Berikut beberapa cara menabung unik yang bisa dilakukan:

1. Buat Rencana dan Target Menabung

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri menabung adalah dengan menentukan rencana dan target ke depan, misalnya keinginan untuk berlibur ke luar negeri atau membeli rumah.

Buat target menabung sebanyak 30 juta dalam satu tahun, maka dalam sebulan setidaknya perlu menyisihkan uang sebanyak 2,5 juta. Agar lebih teratur, buatlah tabel tabungan bulanan untuk memotivasi diri supaya lebih giat dan rajin untuk menabung.

Selain itu, siapkan tempat khusus untuk menabung dan tuliskan target jumlah uang tersebut agar lebih semangat. Agar makin semangat dan termotivasi, tempelkan foto tempat wisata yang ingin dikunjungi atau foto rumah idaman yang diinginkan.

Baca Juga  Penting, Begini Rumus Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank

2. Buat Tantangan Berhemat

Cara unik selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri menabung yaitu dengan membuat tantangan menabung bagi diri sendiri. Tantang diri sendiri untuk bisa mengendalikan pengeluaran dan membiasakan diri untuk menabung secara teratur.

Misalnya, buat tantangan untuk berbelanja menggunakan uang tunai daripada kartu kredit, batasi diri untuk berbelanja barang mewah selama 1 bulan, atau lakukan diet belanja barang-barang yang kurang bermanfaat selama 2 minggu.

3. Menabung dengan Nominal Tertentu Secara Teratur

Cara menabung yang unik dan bikin semangat selanjutnya bisa dilakukan dengan cara menabung uang dengan nominal tertentu. Misalnya, buatlah jadwal menabung setiap hari dengan nominal 5 ribu, 10 ribu, atau 20 ribu secara teratur.

Agar lebih semangat, gunakan dompet khusus atau celengan transparan. Celengan atau wadah transparan terbukti bisa mensugesti seseorang untuk lebih rajin dan termotivasi menabung karena bisa melihat jumlah uang yang ditabung setiap harinya.

4. Tabung Uang Kertas Terkecil

Cara selanjutnya untuk membiasakan diri menabung yaitu dengan menabung uang kertas pecahan terkecil yang ada di dalam dompet. Atur juga jam berapa akan menabungkan uang tersebut agar lebih disiplin.

Misalnya, cek dompet setiap pulang kerja atau pulang beraktivitas di sore hari. Apabila uang nominal terkecil yang ada di dompet senilai Rp20.000, maka tabungkan uang tersebut dengan memasukkannya ke dalam celengan atau dompet khusus.

5. Kumpulkan Uang Koin

Banyak orang yang menganggap sepele uang receh atau koin. Padahal, uang koin ini bisa dikumpulkan untuk menambah tabungan. Simpan uang koin sisa kembalian dari berbelanja di sebuah celengan atau dompet khusus agar tidak berceceran.

Cara menabung unik satu ini terbilang mudah karena cukup memasukkan uang koin sisa belanja atau jajan tanpa perlu menentukan target.

Apabila kebiasaan ini dilakukan secara rutin, maka bukan hal mustahil lagi jika uang receh yang dikumpulkan akan bernilai sangat banyak dan bisa digunakan untuk dana darurat.

Baca Juga  Tabungan Pendidikan Anak BNI : Janis, Manfaat dan Keuntungannya!

6. Menabung Sistem Tanggal

Cara unik menabung selanjutnya yaitu menanamkan kebiasaan bahwa menabung bukanlah menyisihkan uang sisa, namun menyisihkan uang sebelum digunakan menggunakan sistem tanggal. 

Misalnya, dalam 1 bulan terdapat 30 hari, maka pada tanggal 1 bisa menabungkan uang sebanyak 30 ribu. Pada tanggal 2, menabungkan uang sebesar 29 ribu, tanggal 3 menabungkan uang sebesar 28 ribu, dan seterusnya hingga tanggal 30 atau akhir bulan menabung uang sebesar seribu rupiah.

Apabila cara ini dilakukan secara rutin, maka dalam sebulan atau 30 hari setelahnya akan terkumpul uang sebesar Rp 465 ribu. Sangat mudah dan efektif, bukan?

7. Menabung Sebagai Hukuman

Cara menabung unik selanjutnya yang bisa dilakukan agar lebih semangat yaitu menjadikan menabung sebagai hukuman. Buatlah aturan atau kesepakatan bersama teman, saudara, atau diri sendiri untuk menabung dengan nominal tertentu setiap kali melakukan kesalahan.

Misalnya, tabungkan uang Rp5.000 setiap berkata kasar atau mengumpat, Rp10.000 setiap kali terlambat berangkat kantor, dan kebiasaan buruk lainnya. Cara ini sangat efektif untuk membiasakan diri menabung sekaligus mengurangi kebiasaan buruk.

8. Letakkan Tabungan di Tempat Tersembunyi

Cara menabung agar lebih semangat dan rajin yang bisa dicoba bagi orang-orang yang suka khilaf jajan menggunakan tabungan yaitu dengan meletakkan tabungan ke tempat yang tersembunyi.

Misalnya dengan menyimpan uang ke rekening bank yang tidak didaftarkan m-banking. Cara ini akan menghindarkan diri dari niat konsumtif karena malas mengambil uang ke ATM.

9. Arisan

Ikut arisan juga bisa menjadi cara unik menabung dan bikin semangat. Selain mempererat hubungan dan sosialisasi, arisan juga bisa menjadi cara efektif agar lebih konsisten dan disiplin menabung karena secara tidak langsung membiasakan diri untuk menyisihkan uang bayaran arisan.

Baca Juga  Tips Menabung 100 Juta Pertama Untuk Pemula

Misalnya, dalam sebulan jumlah uang setoran untuk arisan sebesar Rp300 ribu dengan jumlah peserta arisan sebanyak 20 orang, maka dana yang terkumpul sebanyak Rp6 juta. Lumayan, bukan?

Selain itu, arisan juga melatih kedisiplinan karena sulit untuk mangkir dari kewajiban membayar setoran. Apabila mangkir membayar uang arisan, maka akan membuat nama baik tercoreng dan pertemanan dalam circle arisan menjadi renggang.

10. Pisahkan Rekening Tabungan

Memiliki rekening yang sama untuk menyimpan uang tabungan, biaya pengeluaran rutin bulanan, dan dana darurat akan sangat mengganggu kondisi finansial. Pasalnya, bisa saja uang tabungan tidak sengaja digunakan untuk biaya pengeluaran rutin.

Untuk itu sebaiknya pisahkan rekening tabungan dengan dana darurat dan biaya rutin bulanan agar lebih efektif dan mencegah pemborosan.

11. Menabung Reksa Dana

Reksa dana merupakan cara menabung unik dan praktis untuk investasi masa depan karena dikelola oleh ahlinya secara langsung dan bisa mendiversifikasi aset secara otomatis. 

Di Indonesia, ada 4 jenis reksa dana yang populer antara lain pasar uang, saham, pendapatan tetap, dan campuran.

12. Menabung Emas

Selain reksa dana, cara unik menabung yang efektif dan berguna untuk masa depan yaitu dengan menabung emas. Emas merupakan logam mulia yang menjadi salah satu aset riil untuk melindungi nilai uang dari inflasi.

Meskipun kadang mengalami fluktuasi jangka pendek, nilai dari emas akan selalu naik dari tahun ke tahun sehingga cocok untuk dijadikan tabungan jangka panjang. Tabungan emas ini bisa berupa emas perhiasan, emas batangan, maupun tabungan emas dalam bentuk rekening.

 

Beberapa cara menabung unik di atas akan membantu membentuk kebiasaan menabung secara rutin dan disiplin. Menabung juga memiliki banyak manfaat baik untuk bekal di masa mendatang maupun sebagai dana darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu apabila dibutuhkan. 

Related Posts