Home Investasi 5 Cara Mencari Investor Untuk Modal Usaha Bagi Pemula
cara mencari investor

5 Cara Mencari Investor Untuk Modal Usaha Bagi Pemula

by Titis NP

Informasi tentang cara mencari investor yang tepat memang menjadi informasi yang penting bagi para pelaku usaha yang baru terjun ke dunia bisnis. Pada dasarnya, mencari investor yang tepat bagi para pemula tidaklah rumit, selagi pelaku usaha tersebut memahami caranya dengan baik.

Sekarang segala informasi juga bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. Jadi, jangan pernah takut terjun ke dunia bisnis, hanya karena takut tidak bisa mendapatkan investor yang mampu membantu dalam menyiapkan modal awal hingga bisnis bisa terus berkembang menjadi lebih baik.

5 Cara Mencari Investor yang Cocok Untuk Para Pemula

Umumnya, ketika sebuah bisnis mengalami hambatan dalam perkembangannya, hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya modal yang dikarenakan tidak memiliki investor yang tepat untuk bisnis tersebut. Kendala seperti ini sering dialami oleh para pelaku usaha yang masih berstatus pemula.

Maka dari itu, tujuan utama dari adanya artikel ini adalah untuk membantu para pelaku usaha yang masih pemula guna mengetahui secara lengkap bagaimana cara mendapatkan investor yang tepat, dan dapat membuat bisnis berkembang ke arah lebih baik. Jadi, bagaimana cara yang dimaksud itu?

1. Mengajukan Proposal

Cara mencari investor untuk usaha yang pertama adalah dengan mengajukan proposal sebaik dan semenarik mungkin. Nantinya, proposal ini akan berperan penting dalam pencarian investor yang tepat untuk bisnis yang sedang dijalankan.

Proposal yang dibuat dan diajukan ini akan menjadi jembatan antara pihak perusahaan yang membutuhkan pinjaman modal dan pihak investor yang siap membantu pelaku usaha dalam menyediakan modal yang sesuai.

Baca Juga  Tokocrypto vs Indodax, Mana yang Cocok Bagi Pemula?

Mengapa proposal harus dibuat dengan semenarik mungkin? Sebab ketika proposal dibuat dengan semenarik mungkin seperti ini, pihak investor akan lebih mudah untuk tertarik dalam melihat proposal yang diajukan tersebut.

Hal terpenting pada saat membuat proposal bisnis seperti ini adalah visi dan misi dari perusahaan akan disampaikan secara lengkap. Dengan begitu, pihak investor dapat menilai kinerja dari perusahaan tersebut.

Selain itu, posisi arus kas perusahaan dan perencanaan usaha di masa mendatang juga tidak kalah penting untuk dicantumkan. Pasalnya, pihak investor akan menjadikan kedua hal ini sebagai acuan apakah mereka siap menjadi investor dari perusahaan tersebut atau tidak.

2. Membuat Presentasi yang Menarik dan Unik

Setelah membuat proposal menarik, sekarang tugas dari pelaku usaha yang sedang mencari investor adalah membuat presentasi yang menarik dan juga unik. Tujuan dari pembuatan presentasi yang menarik dan unik ini adalah untuk membentuk kepercayaan dari calon investor.

Dengan begitu, pihak calon investor bisa yakin bahwa keputusan untuk menjadi investor di perusahaan tersebut adalah tepat. Selain itu, presentasi juga dikatakan akan lebih mampu menarik perhatian investor karena “feel” yang ada di dalamnya cukup berbeda dengan yang ada di proposal.

Pastikan presentasi dibuat dengan rapi, sederhana, dan menarik karena pihak investor akan lebih suka dengan presentasi yang dibuat dengan perencanaan yang matang. 

Umumnya, hanya dengan melihat presentasi dan proposal yang diajukan oleh perusahaan tertentu, pihak investor sudah bisa menilai bagaimana kinerja dan peluang dari bisnis tersebut di masa depan.

Buatlah slide presentasi yang sederhana, tetapi hal ini tetap harus mengutamakan karakteristik yang menarik di dalamnya. Tidak perlu mencantumkan banyak tulisan di presentasi tersebut dan pastikan menulis poin-poin pentingnya saja, yang memang akan disampaikan ke pihak investor tersebut.

Di dalam slide ini, nantinya pelaku usaha bisa menjelaskan secara rinci bagaimana perkembangan manajemen keuangan yang direncanakan, bagaimana prospek bisnis yang direncanakan, dan beberapa informasi penting sejenis ini lainnya juga patut dimasukkan ke slide presentasi.

Baca Juga  9 Saham Consumer Goods Terbaik di Indonesia

3. Membuat Strategi Usaha dengan Tepat

Untuk cara mencari investor yang satu ini, akan berguna untuk meyakinkan pihak calon investor bahwa keputusan yang telah diambilnya tersebut sudah benar. Manfaat utama ketika sebuah bisnis tertentu memiliki investor yang tepat adalah perkembangan bisnis akan berjalan secara lebih lancar.

Namun, perkembangan bisnis yang berjalan lancar tidak hanya didapatkan dari seorang investor saja, tetapi strategi usaha yang tepat juga harus mengiringinya. Semakin matang strategi usaha yang dibuat oleh perusahaan, maka hal ini akan semakin baik untuk perkembangan bisnis tersebut.

Bahkan, ketika seorang pelaku usaha mampu menyampaikan strategi usaha yang dimilikinya kepada pihak calon investor. Hal ini juga akan mempermudahnya dalam meyakinkan pihak investor tersebut.

Maka dari itu, sudah ada banyak pelaku usaha yang mengatakan bahwa salah satu cara mencari investor yang sesuai dengan kebutuhan bisnis adalah dengan membuat strategi usaha yang tepat dan matang. Dengan begitu, investor akan lebih mudah untuk mempercayai perusahaan tersebut.

4. Mengikuti Pameran Maupun Kompetisi Bisnis Tertentu

Mengapa dikatakan salah satu cara mencari investor adalah dengan mengikuti pameran maupun kompetisi bisnis tertentu? Sebab di dalam sebuah pameran dan kompetisi yang bergerak di bidang bisnis ini, akan ada banyak investor yang sedang mencari perusahaan untuk diajak kerja sama.

Kesempatan untuk bisa mendapatkan investor di pameran dan kompetisi bisnis seperti ini tergolong lebih besar. Bahkan, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa cara mencari investor yang satu ini tergolong instan dan mudah sehingga sering dipilih oleh para pelaku usaha yang masih pemula.

Baca Juga  Investasi Leher ke Atas: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Jenisnya!

Alasan mengapa cara ini dikatakan instan adalah karena calon investor yang memiliki kemungkinan akan menanamkan modalnya ke bisnis tertentu itu bukanlah pihak yang diincar sejak awal. 

Untuk menarik perhatian para investor yang hadir di acara sejenis ini, perlu memperlihatkan konsep bisnis dengan semenarik mungkin.

Ketika ada salah satu investor yang tertarik dengan penjelasan tersebut, biasanya pihak investor akan segera menghubungi pihak yang bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk membuat perencanaan dan perjanjian selanjutnya.

5. Membuat Laporan Keuangan yang Benar Adanya

Laporan keuangan memang memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bisnis tertentu. Umumnya, hanya dengan melihat laporan keuangan dari sebuah perusahaan tertentu, seorang investor akan mengetahui bagaimana kinerja dari perusahaan atau bisnis tersebut.

Umumnya, pihak investor akan lebih memilih perusahaan yang memiliki perencanaan yang matang untuk masa depan bisnisnya, jadi pelaku usaha harus meyakinkan pihak calon investor dengan memberikan laporan keuangan yang sesuai dengan kebenarannya.

Untuk mencari investor yang satu ini pada dasarnya bisa dilakukan oleh semua pelaku usaha yang ada di Indonesia maupun di seluruh dunia. Tunjukkan laporan keuangan bisnis yang sudah ada sejak awal.

Sebelum menunjukkannya ke pihak investor, pihak pelaku usaha harus merapikannya dulu. Dengan begitu, pihak investor akan lebih mudah untuk memahami isi dari laporan keuangan tersebut, sehingga pihak investor bisa semakin yakin untuk menanamkan modalnya ke bisnis tersebut.

Untuk pengusaha yang sedang membutuhkan dana atau modal usaha, bisa memanfaatkan jasa dari gadaikendaraan.com. Prosesnya yang mudah dan cepat tidak akan membuat peminjam merasa kerepotan untuk memperoleh pinjaman dana.

Cara mencari investor memang tidak bisa dikatakan mudah. Walaupun begitu, bukan artinya seseorang harus menyerah terhadap impiannya membangun usaha. Buatlah perencanaan dan persiapan yang matang supaya bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Related Posts