Home Perencanaan Keuangan 7+ Cara Mengelola Gaji 3 Juta Supaya Kondisi Finansial Aman

7+ Cara Mengelola Gaji 3 Juta Supaya Kondisi Finansial Aman

by Titis NP

Sering merasa bahwa gaji 3 juta tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan dan menabung? Banyak orang berpikiran serupa, apalagi jika ada banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi. Tapi sebenarnya ada cara mengelola gaji 3 juta yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan finansial.

Gaji yang minim bukan akhir segalanya, selama ada perencanaan dan pengelolaan keuangan. Sangat penting untuk membuat perencanaan keuangan yang matang dan mengikuti perencanaan tersebut agar gaji yang diperoleh tetap bisa digunakan untuk mencukupi semua kebutuhan hidup.

Cara Terbaik Mengelola Penghasilan 3 Juta 

Banyak pakar keuangan merekomendasikan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan dengan baik. Diantara sekian banyak cara yang direkomendasikan, ada beberapa cara yang sangat mudah untuk diterapkan oleh siapapun. Berikut beberapa cara yang sebaiknya dilakukan:

1. Mempersiapkan dana darurat

Cara mengelola gaji 3 juta per bulan berikutnya adalah mempersiapkan dana darurat untuk berbagai kebutuhan yang sifatnya mendadak dan tidak bisa diprediksi. Dana ini bisa digunakan jika tiba-tiba terjadi bencana alam, PHK, atau kecelakaan lainnya. Angka dana darurat bisa disesuaikan.

Tapi sebaiknya dana darurat mampu menutupi kebutuhan hidup selama kurang lebih 2 hingga 3 bulan yang akan datang. Sebagai contoh, jika dana yang dihabiskan untuk bertahan hidup dalam 1 bulan adalah Rp 2,5 juta, maka dana darurat yang sebaiknya disiapkan adalah Rp 5 hingga 7,5 juta.

Dana darurat yang dikumpulkan tidak boleh diganggu sedikitpun kecuali untuk kebutuhan yang sifatnya benar-benar darurat. Maksimalkan penggunaan dana yang nominalnya sudah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga  Terapkan 7 Pola Pikir dan Kebiasaan Berikut agar Gaji Bulanan Tidak Cepat Habis

banner dana darurat gadai kendaraan

2. Mengalokasikan gaji dengan cerdas

Ada rumus praktis yang bisa diikuti untuk mengelola penghasilan dengan lebih baik, yaitu 40, 30, 20, 10. Apa artinya angka-angka tersebut? Pertama, alokasikan 40% dari gaji untuk memenuhi semua biaya hidup serta pengeluaran rutin, seperti biaya air dan listrik, transportasi, makan, dan sebagainya.

Kemudian gunakan 30% gaji untuk pembayaran tagihan dan cicilan, misalnya untuk membayar cicilan kendaraan, rumah, atau membayar kost atau kontrakan. Selanjutnya, gunakan 20% dari gaji untuk berinvestasi, menabung, atau membeli asuransi.

Dan yang terakhir, sisihkan 10% dari gaji untuk melakukan kebaikan seperti sedekah atau donasi. Angka 10% yang terakhir ini bersifat fleksibel, bisa dikurangi jika nominal gaji belum mencukupi.

Baca Juga : Ini Contoh Perencanaan Keuangan, Bisa Untuk Pribadi dan Keluarga

3. Menyisihkan uang untuk ditabung pada saat gajian

Cara yang ketiga untuk mengelola penghasilan sebesar 3 juta adalah bertekad untuk menabung. Kemudian realisasikan tekad ini dengan menyisihkan uang segera setelah gaji diterima. Langsung pisahkan uang yang akan ditabung setelah menerima gaji dan jangan ganggu uang tersebut.

Menabung sebaiknya dilakukan setelah gaji diterima. Biasanya, menabung tidak akan berhasil dilakukan jika ditunda-tunda hingga uang yang ada terlanjur habis terpakai untuk memenuhi kebutuhan.

Siapkan rekening khusus untuk tabungan tersebut. Pilih rekening tabungan yang bebas dari biaya administrasi dan tidak dilengkapi dengan kartu ATM. Dengan begitu, uang tabungan tidak bisa diambil dengan leluasa dan akan bisa digunakan di kemudian hari saat benar-benar dibutuhkan.

Baca Juga : Tabungan Menipis? Ini Cara Menghemat Uang dengan Bijak Agar Tidak Boros

4. Mengadopsi gaya hidup sederhana

Sebenarnya, gaji sebesar 3 juta sangat cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan, asalkan Anda memiliki gaya hidup sederhana. Gaya hidup sederhana bisa diterapkan untuk menjaga keutuhan finansial. Salah satu contoh gaya hidup ini adalah membawa bekal makan siang saat bekerja.

Baca Juga  Penting, Begini Rumus Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank

Bekal makan siang merupakan gaya hidup yang lebih sehat dan tentu saja bisa mengurangi pengeluaran yang dihabiskan untuk makanan. Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan transportasi umum. Fasilitas ini lebih murah daripada jenis transportasi lainnya.

Pikirkan cara lain untuk menerapkan gaya hidup sederhana yang lebih cocok dengan kondisi Anda. Cara mengelola gaji 3 juta akan menunjukkan hasilnya pada setiap akhir bulan.

Baca Juga : Mengenal Frugal Living: Tips Hidup Hemat yang Bisa Diterapkan

5. Mencari pekerjaan sampingan

Jika sudah mencoba semua cara diatas dan ternyata gaji yang diperoleh masih belum bisa memenuhi semua kebutuhan hidup, coba temukan pekerjaan sampingan yang bisa membantu kondisi finansial saat ini. Temukan pekerjaan part time atau freelance yang bisa dikerjakan saat sedang libur.

Ada juga pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah pada malam hari. Atau, coba jalankan bisnis atau usaha kecil-kecilan untuk menambah pemasukan. Yang perlu diperhatikan dalam membuka bisnis rumahan adalah jangan mengorbankan tabungan dan menggunakannya sebagai modal usaha.

Modal usaha bisa diperoleh dengan mengajukan pinjaman untuk modal usaha. Tapi pastikan untuk meminjam dana sesuai dengan kemampuan dan gunakan dana hanya untuk mengawali usaha.

Baca Juga : 7 Usaha Sampingan Paling Menjanjikan

6. Menghindari situasi yang berbahaya

Kata ‘berbahaya’ memaksudkan situasi yang bisa menguras keuangan dan mengacaukan perencanaan keuangan yang sudah disiapkan dengan baik. Contohnya adalah jalan-jalan di mall sambil membawa banyak uang dan kartu kredit atau melihat-lihat e-commerce.

Godaan dari toko-toko yang ada di pusat perbelanjaan dan foto-foto yang ada di e-commerce bisa membuat Anda tertarik untuk membeli barang atau produk tertentu karena tergiur oleh potongan harga atau diskon. Padahal belum tentu produk tersebut akan berguna di kemudian hari.

Jika Anda sulit mengendalikan keinginan untuk berbelanja, hindari melihat-lihat e-commerce atau jalan-jalan di pusat perbelanjaan jika tidak berencana untuk membeli barang yang dibutuhkan.

Baca Juga  8 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama Bagi Pemula

7. Memaksa diri untuk belanja dengan uang tunai

Rencanakan berapa banyak uang yang boleh dibelanjakan dalam satu bulan untuk berbagai kebutuhan dan keinginan. Tentukan nominalnya dengan jelas dan pastikan untuk selalu membawa uang tunai sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan. Cara mengelola gaji 3 juta ini terbukti sangat efektif.

Hindari membawa kartu ATM atau mengisi aplikasi dompet digital. Hanya gunakan uang tunai sesuai dengan nominal yang sudah dipersiapkan untuk berbelanja. Cara ini akan memaksa Anda untuk membeli hanya barang-barang yang diperlukan saja dan tidak membeli produk lain yang tidak penting.

Dengan begitu, dana yang ada di rekening pun akan tetap aman dan bisa disimpan untuk berbagai kebutuhan, seperti menabung, melakukan investasi, atau bahkan menyiapkan dana darurat.

8. Membuat laporan keuangan setiap bulan

Ingin tahu kemana semua gaji yang diperoleh pada awal bulan? Buat laporan keuangan bulanan yang berisi daftar pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Masukkan informasi gaji segera setelah gaji diterima. Lalu masukkan informasi pengeluaran setiap kali Anda melakukan transaksi atau pembelian.

Pada akhir bulan, periksa laporan keuangan dan cari tahu bagian mana yang bisa diperbaiki untuk menjaga kondisi keuangan tetap sehat. Contohnya, jika ternyata biaya nongkrong dan ngopi terlalu besar, kurangi atau buang kebiasaan ini sehingga dana bisa dialokasikan ke kebutuhan yang lain.

Baca Juga : 12+ Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Supaya Pengelolaan Keuangan Terkendali

Cara mengelola gaji 3 juta yang ada di atas hanya bisa dilakukan dengan tekad yang bulat dan paksaan terhadap diri sendiri. Rencanakan di awal bulan dan ikuti semua perencanaan yang sudah dibuat agar proses pengelolaan keuangan berhasil dijalankan dan kondisi finansial bisa ditingkatkan.

Related Posts