Home Perencanaan Keuangan Tabungan Menipis? Ini Cara Menghemat Uang dengan Bijak Agar Tidak Boros

Tabungan Menipis? Ini Cara Menghemat Uang dengan Bijak Agar Tidak Boros

by Titis NP

Keuangan memang merupakan sesuatu yang sifatnya sensitif. Jika tidak dikelola dengan baik, keuangan bisa berantakan dan mengakibatkan banyak masalah. Jika Anda sedang berusaha melakukan penghematan, pahami berbagai cara menghemat uang dan segera terapkan. 

Ada banyak sekali tips mengenai keuangan yang bisa diterapkan dan bisa membantu keuangan agar menjadi lebih baik. Berhemat juga bisa membuat tabungan Anda bertambah, artinya penghematan bisa membuat orang yang melakukannya lebih cepat kaya. Tertarik untuk berhemat?

Berbagai Cara Praktis untuk Menghemat Uang

Kunci terpenting dalam melakukan penghematan adalah mendisiplin diri. Tetapkan aturan dan jadwal yang jelas untuk menghemat uang dan menabung. Paksa diri sendiri untuk mengikuti peraturan dan berpaut pada jadwal yang sudah ditetapkan. Setelah itu, ikuti beberapa cara berikut ini :

1. Prioritaskan Kebutuhan, Abaikan Keinginan

Ada sesuatu yang tampaknya dibutuhkan tapi sebenarnya merupakan suatu keinginan belaka. Pisahkan mana yang benar-benar dibutuhkan dan pastikan untuk mengutamakan kebutuhan diatas keinginan. Abaikan keinginan jika benar-benar ingin berhemat.

Kebutuhan merupakan sesuatu yang tidak boleh ditunda dan harus segera dipenuhi. Contohnya adalah kebutuhan akan makanan, telekomunikasi, serta transportasi. Selain yang termasuk dalam daftar kebutuhan, abaikan saja atau letakkan di daftar yang kurang penting.

banner pinjaman dana gadai kendaraan

2. Alokasikan Pengeluaran dan Pendapatan

Mengalokasikan pengeluaran dan pemasukan merupakan cara yang sangat penting untuk dilakukan jika ingin benar-benar berhemat. Cara ini bisa membantu Anda melihat apakah kondisi keuangan sedang dalam keadaan sehat atau perlu diperbaiki lagi.

Cara menghemat uang setiap hari bisa diterapkan setelah Anda mengalokasikan pengeluaran serta pemasukan. Jika pada proses alokasi sudah terlihat bahwa ternyata pengeluaran melebihi pemasukan, Anda harus mengatur ulang semua kebutuhan dan memprioritaskannya di atas keinginan.

Baca Juga  Cara Pensiun Kaya Dengan Uang Miliaran Di Tangan

Baca Juga : Cari Pinjaman Uang Mudah untuk Kebutuhan Pribadi dan Modal Usaha

3. Mencatat Semua Transaksi dan Melakukan Evaluasi

Mencatat anggaran belanja adalah langkah yang harus dilakukan, segera setelah Anda mendapatkan pemasukan atau penghasilan. Hal ini terutama sangat penting bagi yang sering lupa pengeluaran apa saja yang sudah dibuat setiap harinya dalam satu bulan.

Pastikan untuk memperhatikan pemasukan dan setiap transaksi pengeluaran. Selalu catat pemasukan segera setelah penghasilan diterima. Kemudian catat secara terperinci semua kebutuhan yang harus dibayar secara rutin, seperti tagihan listrik, belanja kebutuhan bulanan, dan sebagainya.

Cari tahu sektor mana yang bisa ditekan kemudian gunakan uang dari sektor tersebut untuk sektor lainnya yang lebih membutuhkan tambahan dana. Buat laporan keuangan di akhir bulan.

Baca Juga : 12+ Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Supaya Pengelolaan Keuangan Terkendali

4. Investasi atau Menabung

Tahan diri dan jangan habiskan uang untuk berbagai hal yang tidak penting. Sebaliknya, gunakan dana yang ada untuk investasi atau menabung. Kedua hal ini adalah cara yang sangat bagus untuk menggunakan dana. Tujuannya adalah untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan.

Tujuan dari investasi adalah mempertahankan aset beserta nilainya dari adanya inflasi. Investasi sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari investasi emas, investasi saham, dan lain sebagainya. Saat ini, menabung sangat mudah untuk dilakukan.

Berbagai aplikasi bank digital yang kaya fitur bisa digunakan untuk menabung dengan mudah. Menabung adalah cara yang paling tepat untuk menyiapkan dana darurat.

Baca Juga : Tips Menabung 100 Juta Pertama Untuk Pemula

5. Bayar Berbagai Transaksi Hanya dengan Uang Tunai

Kartu kredit memang bisa memudahkan berbagai transaksi. Promo, cashback, hingga diskon khusus juga tersedia untuk pembayaran transaksi dengan kartu kredit. Tapi membayar menggunakan uang cash merupakan salah satu cara menghemat uang yang paling tepat untuk dilakukan.

Bagaimana jika ternyata Anda sedang tidak membawa uang cash atau uang tunai? Maka sebaiknya batalkan niat Anda untuk berbelanja. Coba cara ini dalam satu bulan, setelah merasakan manfaatnya, Anda akan ketagihan dan mulai terbiasa untuk menghemat uang.

Baca Juga  Faktor Penyebab Perusahaan Bangkrut

Baca Juga : Ini Contoh Perencanaan Keuangan, Bisa Untuk Pribadi dan Keluarga

6. Menyiapkan Dua Rekening Tabungan yang Berbeda

Jika keinginan menabung sangat sulit untuk didapatkan, coba siapkan dua rekening tabungan berbeda. Gunakan salah satunya untuk berbelanja dan yang satu lagi untuk menabung. Dengan demikian, Anda bisa membedakan mana yang boleh digunakan untuk belanja dan mana yang tidak boleh diganggu.

Cara ini bisa membantu mengendalikan pengeluaran bulanan. Sebagai contoh, jika dana yang ada di rekening belanja mulai menipis atau bahkan habis, hal ini bisa menjadi peringatan bahwa pengeluaran harus lebih dikendalikan lagi. Sebisa mungkin jangan gunakan dana dari rekening khusus tabungan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Bank Tabungan Pendidikan Anak Terbaik

7. Terapkan Gaya Hidup Sederhana dan Minimalis

Gaya hidup sederhana adalah solusi terbaik untuk melakukan penghematan. Gaya hidup sederhana atau minimalis tidak sama dengan hidup pas-pasan. Fokus utama gaya hidup ini adalah memenuhi seluruh kebutuhan tapi dengan porsinya sendiri dan secukupnya saja.

Dengan menerapkan gaya hidup sederhana ini, pengeluaran bisa lebih terkendali, dan dana yang ada bisa disimpan untuk ditabung maupun diinvestasikan.

Baca Juga : Mengenal Frugal Living: Tips Hidup Hemat yang Bisa Diterapkan

8. Membawa Bekal Setiap Kali Pergi ke Luar

Selalu bawa bekal saat pergi ke kantor atau bahkan saat berlibur ke suatu tempat. Kebiasaan ini tampaknya sepele, tapi bisa sangat bermanfaat jika dilakukan secara rutin dan teratur. Cara menghemat uang belanja yang satu ini akan sangat terasa di akhir bulan nanti.

Anda akan bisa melihat perbedaan antara membeli makan siang setiap hari dan membawa bekal makanan. Dalam satu hari memang tidak akan terasa perbedaannya. Simpan uang makan siang Anda setiap hari selama satu bulan untuk melihat seberapa banyak Anda bisa berhemat dengan bawa bekal.

9. Menikmati Kopi di Rumah Saja

Suka beli dan menikmati kopi sambil nongkrong? Coba investasikan dana dengan membeli mesin kopi dan membuat kopi sendiri di rumah. Simpan semua uang yang digunakan untuk membeli kopi dan periksa berapa banyak yang bisa dihemat selama sebulan hanya dari berpuasa membeli kopi.

Baca Juga  Cara Perhitungan Pensiun Lengkap Beserta Contohnya!

Harga mesin pembuat kopi bisa jadi tidak murah. Tapi membeli satu mesin kopi saja bisa membuat bergelas-gelas kopi yang bisa dinikmati bertahun-tahun. Tidak perlu lagi membeli kopi di luar sana, apalagi di café atau tempat nongkrong lain yang harga kopinya seringkali tidak masuk akal.

Kurangi keinginan untuk nongkrong. Sebaliknya, undang teman-teman ke rumah dan suguhi kopi terbaik buatan Anda, hal ini akan sangat membantu menghemat pengeluaran.

Baca Juga : 7 Usaha Sampingan Paling Menjanjikan

10. Berhenti Menonton berbagai Layanan E-Commerce

E-commerce memang bisa sangat bermanfaat dan sangat membantu ketika Anda perlu membeli sesuatu untuk memenuhi kebutuhan. Tapi terlalu sering melihat e-commerce akan membuat Anda terdorong untuk membeli sesuatu yang diinginkan padahal tidak dibutuhkan sama sekali.

Hal ini karena e-commerce menawarkan banyak sale, diskon, atau cuci gudang. Anda pun akan tergoda untuk membeli barang tersebut karena harganya sedang murah, padahal barang itu belum tentu akan berguna. Akibatnya, Anda mungkin merasa menyesal di akhir bulan nanti.

11. Paksa Diri Sendiri untuk Mengikuti Aturan

Semua cara menghemat uang yang ada dalam daftar di atas tidak akan ada gunanya jika Anda tidak mempunyai motivasi yang kuat untuk berhemat. Tentukan hukuman jika Anda melanggar aturan. Misalnya, Anda tidak boleh ngopi selama dua minggu jika melanggar aturan nomor 9.

Dengan cara ini, Anda akan terpaksa mengikuti aturan. Terpaksa merupakan langkah awal untuk menjadi terbiasa. Setelah terbiasa berhemat, Anda akan dengan senang hati mengikuti semua aturan yang telah Anda tentukan sendiri.

Baca Juga : 10 Ide Usaha Kecil Modal Terjangkau

Hemat pangkal kaya bukan sekadar pepatah. Buktikan sendiri pepatah itu dengan mulai berhemat sedini mungkin dan menyisihkan dana untuk ditabung. Awalnya memang tidak mudah, tapi hasilnya akan sangat memuaskan.

Related Posts