Home Bisnis 10 Cara Meningkatkan Penjualan Produk dengan Jitu Menguntungkan!
cara meningkatkan penjualan produk

10 Cara Meningkatkan Penjualan Produk dengan Jitu Menguntungkan!

by Titis NP

Salah satu target dalam bisnis adalah, meningkatkan jumlah penjualan secara kontinu. Memang bukan hal mudah, butuh kesabaran dan fokus tingkat tinggi sambil berupaya menerapkan cara meningkatkan penjualan produk supaya keuntungan semakin bertambah.

Upaya yang paling sering dilakukan, biasanya seputar diskon maupun pemberian hadiah dengan undian tertentu. Tapi, untuk zaman sekarang jika hanya bergantung pada hal tersebut maka prosesnya akan lama dan belum pasti berhasil. Lantas bagaimanakah cara jitunya?

10 Cara Meningkatkan Penjualan Produk

Buat para pebisnis pemula yang ingin melejit, atau pebisnis yang sudah lama berkecimpung di dunia usaha namun belum mendapatkan untung sesuai harapan. Sepertinya perlu melakukan 10 strategi meningkatkan penjualan cara berikut, agar peningkatan penjualan terealisasi.

1. Tambah Target Pemasaran

Kalau ingin penjualan meningkat, maka cara pertama bisa dilakukan adalah memperluas jangkauan penjualan produk atau perluasan pasar.

Contohnya, untuk produk skincare dengan target anak muda maka lakukan perluasan dengan menargetkan pasar wanita karir hingga usia di atas 40 tahun. Lakukan promosi, yang mampu meyakinkan pasar usia tersebut untuk membeli produk.

Bisa juga dengan menargetkan perkantoran sebagai pasar baru, dengan melakukan promosi door to door untuk awal. Kemudian promosi melalui berbagai media, hingga membuka booth khusus sebagai penunjang pencapaian target perluasan pasar tersebut.

2. Branding Power

Percaya atau tidak, konsumen dari berbagai latar belakang lebih cenderung memilih produk dari brand yang sudah terkenal. Paling tidak, ada iklannya dan sering terlihat dimana-mana.

Oleh karena itu, sangat dibutuhkan upaya untuk membuat brand bisnis lebih dikenal. Cara meningkatkan penjualan produk melalui branding ada beberapa, diantaranya dengan menginformasikan pencapaian perusahan dalam berbagai bentuk.

Baca Juga  Cara Daftar Bantuan Modal Usaha UMKM Online dan Syaratnya (Lengkap!)

Jika memiliki situs internet resmi, maka cantumkanlah disama. Seperti penghargaan yang pernah didapat, hingga volume penjualan dari waktu ke waktu.

Sehingga muncul kepercayaan dari konsumen tentang kredibilitas, kemudian berdampak pada branding.

3. Deadline Promo

Promo memang masih menjadi salah satu cara meningkatkan omset penjualan ampuh, namun strateginya harus lebih diperhatikan. Misalnya, terkait apa saja produk yang masuk dalam daftar promo hingga penentuan sampai kapan promo tersebut berlangsung.

Salah satu kebiasaan sebagian konsumen adalah, membeli produk promo supaya bisa mendapatkan harga lebih murah dan beli lebih banyak.

Contoh, untuk produk perlengkapan mandi. Lakukan promo dengan jangka waktu pendek seperti tiga hari saja, kemudian lakukan promosi di berbagai media yang dimiliki.

Biasanya akan sukses menggaet lebih banyak konsumen, alhasil penjualan akan meningkat dalam waktu singkat.

4. Peningkatan Kualitas

Salah satu alasan orang membeli sebuah produk adalah karena kualitasnya yang bagus. Bahkan tidak jarang, yang rela membeli sebuah produk harga mahal sebab para konsumen ini sudah tahu seperti apa kualitas produk yang mereka beli.

Beberapa cara meningkatkan omset penjualan, tentu berhubungan dengan penggunaan bahan baku yang lebih baik. Hingga melibatkan pendapat ahli, untuk lebih meyakinkan bahwa produk bisnis tersebut memiliki kualitas bagus.

Sebagai contoh, untuk produk kuliner sehat maka gandenglah ahli gizi untuk memberikan pendapat positif tentang produk kuliner tersebut.

5. Menjaga Konsumen Lewat Pelayanan

Menjadi penjual, bukan hanya soal menyediakan produk yang dibutuhkan konsumen. Tapi juga tentang cara melayani setiap pembeli dengan ramah dan tuntas yang merupakan cara meningkatkan penjualan produk berikutnya.

Ramah artinya, memberikan jawaban atas semua pertanyaan dengan penjelasan yang tepat dan nada bicara yang sopan. Misalnya ketika seorang konsumen datang ke toko untuk berbelanja, maka pasanglah wajah senyum dan dampingi mereka sampai menemukan produk sesuai keinginan dan kebutuhan.

Baca Juga  Rincian Modal Usaha Laundry Kiloan Bagi Pemula (Lengkap!)

Begitu juga ketika bisnis dijalankan secara online, pelayanan bisa dilakukan dengan fast response dan memberikan solusi belanja yang tepat. Jadi, di kemudian hari mereka tidak akan ragu untuk belanja lagi meskipun tidak promo.

6. Memuaskan Pelanggan dengan Kenyamanan

Bagaimana cara membuat konsumen nyaman? Salah satu triknya adalah suasana toko offline yang friendly, bersih, tertata dengan baik, meskipun tokonya berukuran kecil.

Kemudian, petugas yang melayani mampu menunjukkan barang dengan tepat. Memberikan rekomendasi yang bagus dari segi kualitas barang, bukan hanya dari segi harga yang lebih mahal.

Trik ini, bisa dilakukan juga pada toko online tentunya dengan tampilan toko yang eye catching. Foto produk yang jelas, deskripsi produk detail sehingga mereka puas mencari mana yang terbaik.

Kemudian ada kolom untuk diskusi gratis pada halaman situs toko, alhasil berlama-lama mengunjungi toko online tersebut menjadi sebuah hal yang tidak membosankan bagi konsumen sebelum membeli.

7. Product Guarantee

Menyediakan garansi produk, merupakan salah satu hal penting dan cara jitu meningkatkan penjualan sebuah produk. Dengan adanya garansi, konsumen akan lebih percaya untuk membeli dan merasa aman melakukan transaksi.

Sebagai contoh, untuk produk elektronik yang sudah memiliki garansi dari produsen. Selain garansi tersebut, berikan juga garansi pendukung untuk kondisi-kondisi tertentu. 

8. Gunakan Semua Media Promosi

Kalau dulu, media promosi yang banyak dipilih adalah media cetak. Kemudian poster dan spanduk, yang ditempatkan di posisi-posisi strategis trotoar atau jalan. Jangan sia-siakan, untuk tetap memanfaatkan media promosi tersebut di saat sekarang.

Tapi, seimbangkan juga dengan promosi melalui media sosial dan internet karena saat ini kecenderungan orang berbelanja online lebih besar. Mulailah dengan membuat Instagram, Facebook, Tiktok, untuk mempromosikan produk.

Jangan pula takut untuk membuat iklan berbayar melalui Google Ads, hingga memaksimalkan peran optimasi sebuah situs bisnis dengan menggandeng ahli SEO dalam proses promosi. 

Hasilnya, akan jauh lebih memuaskan baik dari segi waktu maupun peningkatan jumlah penjualan.

Baca Juga  Cara Bisnis Online yang Menguntungkan dalam 9 Langkah Bagi Pemula

9. Paket Bundling Perlu Dicoba

Belakangan ini, paket bundling produk-produk bisnis semakin banyak dijadikan cara meningkatkan penjualan produk. Lakukan juga cara ini, dengan memperhitungkan cost yang harus dikeluarkan dan berapa keuntungan bisa didapat dari satu paket tersebut.

Misalnya, untuk produk kecantikan merek A buatlah bundling beberapa produk dengan total harga lebih murah jika dibeli satuan. Kemudian tambahkan gift untuk mempermudah promosinya.

Tapi memang, untuk membuat bundling butuh modal yang cukup. Jika modal terbatas, bisa mengajukan pinjaman melalui gadaikendaraan.com. Yang siap menjadi mitra pebisnis ketika butuh tambahan modal usaha.

Terutama jika ingin mengembangkan usaha karena prosesnya mudah, cairnya cepat, bunganya kecil, dan terjamin keamanannya.

10. Kekuatan Review Pelanggan

Jangan abaikan pula review dari konsumen, mereka merupakan salah satu saksi nyata kualitas produk bisnis. 

Untuk toko offline, bisa membuat sebuah space di dalam toko untuk para konsumen yang berbelanja. Supaya mereka bisa memberikan komentar tentang produk dan pelayanan.

Sedangkan untuk toko online, tentu menyediakan kolom testimoni pelanggan atau review. Sebagai bahan pertimbangan bagi calon konsumen, sebelum mereka memutuskan untuk berbelanja di toko tersebut.

Semakin banyak testimoni positif, secara tidak langsung akan mendongkrak penjualan. Alhasil, cara meningkatkan penjualan produk tentu membuahkan hasil hebat nantinya.

Kenapa Peningkatan Penjualan itu Penting?

Beberapa alasan perlu dipahami, tentang mengapa sebuah bisnis perlu menerapkan strategi untuk peningkatan jumlah penjualan. Pertama, supaya keuntungan bertambah dan pendapatan juga meningkat.

Kedua, kemungkinan untuk mengembangkan bisnis akan lebih besar ketika penjualan meningkat. Dimana, hasil penjualan bisa dipakai untuk membuka kantor cabang dan memperluas target pasar.

Masih banyak alasan lain seperti persaingan akan lebih kompetitif, modal usaha menjadi lebih besar, dan potensi membuka lapangan kerja juga semakin besar.

Jangan abaikan cara meningkatkan penjualan produk. Jika dilakukan dengan fokus dan benar-benar maksimal, maka hasilnya juga akan memuaskan.

Related Posts