Home Perencanaan Keuangan 7 Cara Cepat Menjadi Kaya dan Sukses
cara menjadi kaya

7 Cara Cepat Menjadi Kaya dan Sukses

by Titis NP

Ada begitu banyak orang yang mencari informasi tentang bagaimana cara menjadi kaya dan berpenghasilan melimpah. Kita mengerti bahwa uang bukanlah segalanya, akan tetapi banyak hal di dunia ini membutuhkan uang.

Hal yang menjadi masalah adalah untuk menjadi kaya tidak semudah menghitung angka dan jumlah harta. Pastinya diperlukan perjuangan serta kerja keras untuk memperoleh kesuksesan tersebut.

Cara Menjadi Kaya

Banyak miliarder yang memulai usahanya dari nol namun tetap bisa sukses di kemudian hari. Hal yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana langkah-langkah yang perlu ditempuh agar bisa sukses seperti mereka? Nah, di bawah adalah informasi terkait langkah-langkah menjadi kaya dan sukses:

1. Fokuslah Terhadap Hal yang Besar

Menabung sedikit demi sedikit setiap hari memang merupakan perbuatan baik. Contohnya adalah hanya membeli gorengan Rp10.000 atau hanya makan di warteg. Tetapi, apakah pengeluaran kecil tersebut dapat menjadikan seseorang kaya raya?

Kita dapat belajar dari pengalaman Warren Buffett, cobalah untuk fokus kepada hal besar sejak sekarang. Satu hal besar saja dapat menjadi penyebab kemakmuran dalam hidup.

Misalnya seseorang menginginkan untuk memiliki rumah, maka alokasikanlah pendapatan setiap bulan untuk mencapai keinginan tersebut. Karena tanpa rencana yang besar seseorang tidak dapat menyusun bagaimana strategi untuk mencapainya.

banner pinjaman dana gadai kendaraan

2. Jangan Utamakan Belanja

Salah satu perkataan Warren Buffett yang bisa menjadi pelajaran cara menjadi kaya adalah, “Janganlah menabung uang dari sisa belanja, akan tetapi belanjalah jika masih memiliki uang sisa dari menabung”.

Tipsnya adalah, cobalah untuk mematok berapa persen tabungan dari pendapatan setiap bulan, misalnya 50%. Jika memiliki gaji sebesar 10 juta rupiah, maka alokasikan 5 juta rupiah tersebut untuk mencapai rencana yang diinginkan.

Nah, dari sisa setelah menabung tersebut Anda dapat menggunakannya untuk keperluan lain. Pastikan untuk selalu disiplin dan komitmen terhadap apa yang telah direncanakan.

3. Fokus Kepada Aset yang Penting

Jika dibandingkan antara harta dan diri sendiri mana yang lebih penting? Pastinya semua orang akan menjawab diri sendiri.

Salah satu pebisnis serta dermawan yang berasal dari Amerika, Mark Cuban telah membuktikan cara ini. Seseorang wajib untuk terus belajar serta mengasah keterampilan diri sebagai aset penting untuk menjadi kaya.

Tanpa memperkaya diri sendiri dengan intelektual serta keterampilan, seseorang bisa saja terjebak dalam kejumudan serta susah untuk bisa maju.

4. Lipatgandakanlah Penghasilan

Pertanyaannya adalah, apakah seorang miliarder hanya memiliki satu sumber pendapatan? Jawabannya tentu tidak.

Mayoritas miliader tentu memiliki berbagai macam bisnis dari berbagai bidang, baik itu pertanian, peternakan, produksi kimia dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi kunci penting sebagai cara menjadi kaya dan sukses.

Baca Juga  Dana Darurat Ternyata Penting Loh

Keran-keran penghasilan tersebut mereka buka sebanyak-banyak mungkin untuk memperoleh uang. Itulah yang biasa disebut dengan penghasilan pasif.

Jika telah memiliki toko yang telah berkembang, maka sisa keuntungan dari penghasilan toko tersebut gunakanlah untuk membangun rumah kost agar bisa disewakan. Di sini dapat dilihat jika toko merupakan sumber penghasilan yang utama, adapun rumah kost yang disewakan menjadi penggandanya.

Intinya adalah, penghasilan pasif tersebut harus diperoleh dari bisnis yang tidak mengganggu pekerjaan utama serta tidak perlu ditunggu sepanjang hari.

Baca Juga : Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Mudah dan Menguntungkan

5. Menanam Uang

Kebanyakan miliader merupakan investor sukses karena menanamkan uangnya di perusahaan-perusahaan tertentu. Mereka benar-benar sadar jika menanam uang merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Semakin awal melakukannya, maka peluang untuk memperoleh hasil dari investasi tersebut pun akan semakin besar. Bahkan jika memungkinkan, cobalah untuk berinvestasi ketika masih menjadi mahasiswa.

Seseorang dapat memilih investasi yang sesuai. Akan lebih baik jika menabur benih uang tersebut di beberapa jenis investasi sekaligus. Untuk memulai investasi dapat mengalokasikan 15% dari pendapatan karena memang hal tersebut sudah cukup.

Baca Juga : 5 Aplikasi Investasi Online Modal Kecil

6. Jangan Melakukan Hal Secara Setengah-Setengah

Target yang telah direncanakan pastikan seluruhnya dikerjakan dengan baik. Seseorang harus mengetahui potensi apa yang dimiliki oleh dirinya kemudian memaksimalkan hal tersebut agar dapat meraih kesuksesan di masa depan.

Salah seorang pebisnis, pelatih potensi diri sekaligus penulis bernama Grant Cardone pernah mengatakan jika ingin sukses haruslah menjadi orang yang paling hebat di bidangnya.

Sebab itulah, seseorang perlu menumpahkan keluh keringatnya untuk tidak menjadi orang yang hanya biasa-biasa saja.

7. Bijak di Dalam Berhutang

Cara menjadi kaya berikutnya ialah untuk benar-benar bijak di dalam berhutang. Berutang memang bukan hal yang salah tetapi hal tersebut perlu direncanakan dengan baik dan tidak mudah meminjam uang untuk keperluan yang tidak penting.

Terlebih sekarang ada begitu banyak penawaran pinjaman online dengan berbagai macam iming-iming nya. Pastikan untuk bijak dan tidak mementingkan kebutuhan yang hanya berupa keinginan.

8. Bijak Ketika Memperoleh Penghasilan

Ketika seseorang mendapat gaji di tiap bulannya tentu akan merasa senang dan gembira. Akan tetapi jangan langsung membelanjakan uang tersebut jika tidak masuk ke dalam rencana keuangan.

Terlebih jika seseorang memperoleh bonus uang yang tidak terduga, biasanya mereka akan menghambur-hamburkan uang tersebut.

Baca Juga : Tips Menabung 100 Juta Pertama Untuk Pemula

Baca Juga  7+ Cara Mengelola Gaji 3 Juta Supaya Kondisi Finansial Aman

Apa yang Dilakukan Orang Kaya Sehingga Mereka Semakin Kaya Raya?

Ada salah satu ucapan yang cukup menarik, orang yang tidak dapat mengubah bagaimana pola pikirnya, maka dia tidak dapat mengubah besaran jumlah penghasilannya.

Ungkapan tersebut menjelaskan jika seseorang ingin menjadi sukses, hal tersebut dapat dimulai dari mengubah cara berpikir. Untuk mendapatkan cara berpikir yang positif kita dapat belajar dari hal-hal yang dilakukan oleh orang kaya, berikut informasinya:

1. Punya Tujuan yang Besar

Orang kaya tentunya memiliki tujuan besar untuk menjadi standar pencapaian. Dengan adanya standar tersebut seseorang akan terpaksa untuk terus tumbuh dan belajar menjadi yang terbaik.

Jika tidak memiliki tujuan besar, bagaimana mungkin seseorang dapat mengetahui arah serta jalan yang harus ditempuh.

2. Mereka Tahu Bagaimana Cara Mengelola Keuangan serta Mengembangkannya

Orang kaya tahu jika uang merupakan sumber daya sehingga mereka perlu pandai di dalam membelanjakannya serta mengetahui besaran jumlah yang perlu untuk diinvestasikan.

Jika bekerja hanya untuk memperoleh gaji bulanan serta bertahan hidup sehari-hari, maka seseorang sulit untuk memperoleh penghasilan yang besar di masa depan. Sebab itu cerdas-cerdas lah di dalam mengembangkan uang tersebut.

Baca Juga : Tips Membuat Perencanaan Keuangan Efektif

3. Memiliki Mindset Layak Menjadi Kaya

Cara menjadi kaya dan sukses selanjutnya adalah memiliki mindset layak menjadi orang kaya. Inilah pola pikir yang ada di dalam benak orang-orang yang telah sukses dan memperoleh penghasilan yang berlimpah. Kesadaran untuk menjadi kaya menjadi modal awal dan benar-benar sangat penting.

Coba lihat saja mereka yang berada di bawah garis kemiskinan, kemungkinan besar mereka tidak memiliki pola pikir dan tidak menganggap layak untuk menjadi orang kaya. Pandanglah diri sendiri sebagai orang yang penting dan berharga.

4. Melawan Rasa Takut

Rasa takut merupakan luapan emosi seseorang yang memiliki rencana besar. Rasa takut tersebut hadir karena khawatir gagal ataupun rencana tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi.

Orang kaya merupakan mereka yang cerdas serta dapat mengendalikan rasa takut tersebut. Jika telah berhasil mengendalikan ketakutan, maka resiko yang besar pun dapat dihadapi dengan baik.

5. Bersahabat dengan Uang

Orang kaya sadar bahwa uang memiliki kekuatan serta menjadi pelumas untuk melakukan banyak hal. Bagi masyarakat awam yang memiliki penghasilan rendah uang hanya dijadikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tidak untuk melakukan hal yang lebih besar.

Pembahasan tentang cara menjadi kaya dan sukses merupakan topik yang banyak dibicarakan. Sebab itulah di atas semuanya telah dijabarkan secara rinci mengenai apa saja yang perlu dilakukan serta kita juga belajar dari hal positif yang dilakukan oleh orang-orang kaya.

Related Posts

Leave a Comment