Home Investasi 5 Cara Mining Ethereum Gratis bagi Pemula (Cepat dan Mudah!)
cara mining ethereum

5 Cara Mining Ethereum Gratis bagi Pemula (Cepat dan Mudah!)

by Titis NP

Ethereum (ETH) adalah salah satu aset kripto yang terbesar dan populer karena mempunyai fundamental yang baik. Cryptocurrency ini dapat diperoleh dengan mining alias menambang. Pemula yang tertarik dengan koin kripto ETH harus mengetahui cara mining ethereum secara cuma-cuma. 

Mining ETH merupakan salah satu cara untuk memperoleh keuntungan saat terjun ke dunia kripto. Prosesnya sangat disarankan untuk memakai PC atau laptop sehingga hasilnya lebih maksimal. Apa saja yang perlu dilakukan sebagai penambang ETH? 

Bagaimana Cara Mining Ethereum Gratis? 

Umumnya, koin kripto didapat dengan membeli di bursa aset kripto. Beruntung, masih ada cara lain yang bisa dilakukan secara gratis dan cocok untuk pemula yaitu melalui proses mining. Mining ethereum adalah membuat koin ether yang baru kemudian menyimpan seluruh transaksi e-money. 

Semua transaksi yang terjadi dalam blockchain ethereum akan tercatat secara permanen. Berikut cara menambang komoditas investasi berupa ethereum: 

1. Menyiapkan Dompet Digital 

Cara mining ethereum untuk pemula adalah membuat dompet digital atau e-wallet. Dompet digital berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan aset kripto yang berhasil didapatkan. Penyedia layanan e-wallet seperti halnya bank yang menyimpankan koin ETH dengan aman. 

Pilihlah penyedia layanan dompet digital yang mendukung penyimpanan ethereum. Pastikan untuk mempelajari ketentuan atau kebijakan yang dimiliki penyedia tersebut sehingga dapat menggunakannya secara tepat. 

Jika belum memiliki dompet digital, maka buatlah terlebih dahulu sebagai langkah awal. Dengan begitu, setelah mining selesai, koin kripto ETH bisa langsung disimpan dalam wallet tersebut. 

2. Memperbarui Kartu Grafis (GPU)

Perlu diketahui bahwa Graphical Processing Unit (GPU) merupakan perangkat yang digunakan dengan jenis perangkat lain dan perangkat lunak tertentu yang terkoneksi dengan ekosistem ETH. 

Baca Juga  Cara Mudah Hitung Premi Asuransi Mobil

Pada proses mining, hardware dan software bekerja sama untuk menjalankan bahasa pemrograman untuk memecahkan soal matematis yang sangat kompleks. Memiliki GPU yang canggih sangat penting untuk mendukung kelancaran proses mining ETH. 

Adapun spesifikasi kartu grafis yang perlu dicermati untuk menambang ethereum meliputi produktivitas, kecepatan, ongkos, daya yang dipakai dan hash rate. Apabila GPU masih versi lama, maka segera perbarui ke versi yang paling baru. 

Setidaknya, kartu grafis yang digunakan wajib memenuhi spesifikasi minimum untuk menambang ethereum. Pembaruan bisa dicek pada website resmi dari produsennya yakni Nvidia atau AMD.  

3. Memasang Software Mining Ethereum 

Sudah dijelaskan bahwa hardware dan software berperan penting dalam mining ETH. Jika perangkat kerasnya sudah diperbarui, maka saatnya untuk memasang software mining ETH.  

Memasang perangkat lunak untuk menyelesaikan persamaan matematis merupakan cara mining ethereum secara gratis yang krusial. Dalam transaksi ethereum, penambang akan dihadapkan oleh berbagai soal matematis yang rumit sehingga perlu software yang mendukung. 

Pilihannya ada dua yakni menggunakan software yang sudah disediakan oleh kartu grafis atau mengunduh dari internet. Contoh software yang sering digunakan adalah NBMiner dan Ethminer. Perangkat lunak nantinya juga akan disesuaikan dengan metode mining yang dipilih. 

Setelah beres menginstal software, maka tinggal dikoneksikan ke ekosistem blockchain ethereum. Bagi yang masih gamang, solusinya bisa memanfaatkan penyedia jasa yang tersedia online.  

4. Memilih Mining Pool

Langkah selanjutnya adalah menentukan mining pool. Bagi pemula, memilih bergabung dengan kelompok penambang ether merupakan keputusan yang cukup bijak. Keuntungannya adalah kemampuan penambangan yang akan meningkat. 

Hal yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih untuk menambang bersama yaitu ukuran pool, biaya keanggotaan dan pendapatan minimal. Jadikan kriteria tersebut sebagai acuan untuk menentukan pool mana yang lebih menguntungkan. 

Sistem yang diberlakukan dalam sebuah kelompok penambang ether adalah reward atau hasil dari mining akan dibagi secara merata ke seluruh member. Jadi, tidak boleh ada satu member yang memperoleh pembagian paling besar. 

Baca Juga  Cara Investasi di Bibit Supaya Portofolio Makin Meroket Bagi Pemula

5. Mengumpulkan Hasil

Setelah melakukan penambangan selama kurun waktu tertentu, cara mining ethereum berikutnya adalah membuka website mining pool. Tujuannya untuk mengecek reward yang terkumpul dari proses mining tersebut. 

Bagi yang sudah merasa cukup dengan reward yang didapat, maka lanjut memeriksa ringkasan hasil mining ETH dengan menyalin alamat wallet publik yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa proses transfer ke dompet digital tidaklah sama antar pool. 

Apabila memilih Ethminer sebagai softwarenya, maka perangkat lunak tersebutlah yang bertindak sebagai command line. Dengan begitu, imbal hasil akan dibayarkan dan langsung dipindah ke dompet digital setelah mining sukses dilakukan. 

Jenis Penambangan Ethereum

Calon penambang ether, pertu mengetahui 3 cara menambang ethereum yang paling populer sampai saat ini yaitu personal, pool dan cloud mining. Setiap cara tentu memiliki karakteristik yang tidak sama. Berikut penjelasan selengkapnya: 

1. Personal Mining

Salah satu konsekuensi dari mining dalam kelompok yang mungkin tidak disukai beberapa orang adalah harus membagi hasil dengan anggota lain. Jika ingin mendapatkan hasil yang utuh tanpa dibagi, maka pertimbangkan untuk melakukan personal mining atau mining secara mandiri. 

Selama proses penambangan ethereum secara mandiri, seorang penambang tetap harus bersaing dengan penambang lain dan memecahkan soal matematis yang kompleks. Biaya yang dibutuhkan cukup banyak karena perlu banyak kartu grafis dan tagihan listrik yang tinggi. 

Personal mining sangat tidak dianjurkan untuk pemula karena peluang keberhasilannya sangat tipis. Pengecualian bagi pemula yang mengantongi sumber daya melimpah dan mental baja untuk bersaing dengan penambang yang sudah pro.  

2. Pool Mining

Cara mining ethereum gratis dan cepat dilakukan melalui pool mining. Maksud dari pool mining yaitu penambangan ETH yang dilakukan bersama dengan sejumlah orang. Satu kelompok terdiri dari beberapa penambang yang harus mematuhi aturan pool tunggal. 

Baca Juga  Investasi Jangka Panjang: Pengertian, Contoh, dan Jenis Investasinya

Sistem kerjanya yakni dalam satu pool, jika salah satu member berhasil menyelesaikan soal yang kompleks dan menemukan angkanya, maka reward akan dibagi rata. Besarnya reward yang didapat per anggota dipengaruhi oleh perhitungan rasio yang berlaku dalam pool tersebut. 

Bagi yang tertarik menambang ethereum dengan cara pool mining, perlu memperhatikan biaya keanggotaan. Biaya yang umum diterapkan antara 1% – 3% sehingga hindari pool yang memberlakukan lebih dari 3%. 

3. Cloud Mining 

Masih ada jenis penambangan ETH lain yang populer yaitu cloud mining. Pengertian cloud mining adalah cara penampangan ethereum yang prosesnya diserahkan kepada orang lain. Jadi, si penambang menyewa jasa orang untuk melakukan mining dalam jangka waktu tertentu. 

Hasil yang didapat dari penambangan akan diberikan secara utuh kepada pihak penyewa tanpa dikurangi apapun. Penyedia jasa hanya mendapatkan bayaran sesuai dengan tarif selama menambangkan ETH. 

Cloud mining merupakan cara penambangan ETH yang praktis karena tidak perlu repot melakukan prosesnya dari awal hingga akhir dan tinggal menerima hasilnya. Penambang juga tidak perlu membagi reward dengan orang lain seperti halnya pada pool mining. 

Hanya saja, perlu menyediakan uang yang banyak untuk membayar jasa yang tidak murah. Selain itu, jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan sebelum menyetujui kerjasama tersebut. 

Pemula yang ingin terjun ke dunia kripto, tidak perlu ragu untuk memulai asalkan memahami cara mining ethereum yang mudah dan gratis. Pool mining menjadi cara yang paling cocok karena prosesnya lebih cepat dan modalnya lebih rendah dibandingkan jenis penambangan ethereum lain.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts