Home Perencanaan Keuangan Cari Pinjaman Uang Mudah untuk Kebutuhan Pribadi dan Modal Usaha
cari pinjaman uang

Cari Pinjaman Uang Mudah untuk Kebutuhan Pribadi dan Modal Usaha

by Titis NP

Semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi berarti semakin banyak dana yang harus diperoleh. Kebutuhan pribadi setiap orang berbeda-beda, tapi cara memenuhinya tetap sama, yaitu dengan menggunakan uang. Tidak heran ada banyak orang yang cari pinjaman uang dengan mudah. 

Selain untuk memenuhi kebutuhan pribadi, dana juga sangat dibutuhkan sebagai modal usaha. Kurangnya modal bisa menyebabkan hambatan sehingga bisnis atau usaha tidak bisa berjalan dengan lancar. Dimana Anda bisa mendapatkan pinjaman dana dengan mudah?

banner dana cepat gadai kendaraan

Tempat Pinjam Dana untuk Memenuhi Kebutuhan Pribadi

Kebutuhan pribadi seperti mengadakan pernikahan, membayar pendaftaran sekolah anak, dan berbagai kebutuhan lainnya memerlukan dana dalam jumlah cukup agar semua kebutuhan tersebut bisa terpenuhi dengan baik. Jika dana yang ada masih kurang, dana tambahan bisa diperoleh dari:

1. Bank

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bank adalah sumber dana yang paling aman dan terpercaya. Lembaga perbankan adalah sumber pinjaman dana yang paling populer dan banyak digunakan oleh rakyat Indonesia. Pinjaman dana di bank lebih aman untuk dilakukan dan lebih terjamin.

Tapi tentu saja calon peminjam perlu memenuhi berbagai persyaratan yang bisa dibilang cukup rumit. Selain persyaratannya yang banyak dan rumit, calon peminjam dana juga perlu mempersiapkan sesuatu untuk dijadikan jaminan. Tapi saat ini sudah ada pinjaman bank tanpa agunan.

Sayangnya, pinjaman bank tanpa agunan mempunyai suku bunga pinjaman yang lebih tinggi daripada pinjaman bank biasa dengan jaminan. Pilih jenis pinjaman sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Bank di Indonesia dan Berbagai Fungsinya!

2. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam atau lembaga non-bank adalah solusi lain untuk cari pinjaman uang. Untuk bisa meminjam dana dari lembaga ini, calon peminjam harus terlebih dahulu menjadi salah satu anggota koperasi simpan pinjam sehingga bisa mengajukan pinjaman dana dengan jaminan.

Baca Juga  11 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros!

Syarat dan cara mengajukan pinjaman dana di koperasi jauh lebih mudah daripada mengajukan pinjaman dana ke bank. Bunga pinjaman juga flat dan peminjam mempunyai kesempatan untuk memperoleh SHU atau sisa hasil usaha.

Pastikan untuk mendaftar di koperasi yang terdaftar di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI dan sudah memperoleh izin dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

3. Pinjaman Online

Saat ini sedang marak pinjaman online atau pinjol sebagai salah satu solusi untuk pinjaman dana yang prosesnya kilat dengan syarat yang sangat mudah untuk dipenuhi. Tapi jangan asal memilih layanan pinjaman online agar tidak terjebak pinjaman online ilegal yang bisa sangat merugikan.

Pinjaman online yang bisa dipercaya adalah yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Pinjol yang diawasi oleh OJK tidak perlu diragukan keamanannya dan sudah pasti merupakan pinjol legal. Pinjol yang bisa dipercaya juga merupakan pinjol yang alamat kantornya jelas dan ada situs resminya.

Periksa juga suku bunga yang ditawarkan dan pastikan suku bukunya wajar dan masuk akal, bukannya sangat besar dan sangat membebani peminjam.

Baca Juga : 10+ Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya, Langsung Cair!

4. Salary Advance

Istilah ini lebih dikenal dengan sebutan kasbon. Untuk memenuhi kebutuhan pribadi, kasbon bisa dilakukan dengan cara meminjam dana dari perusahaan tempat Anda bekerja. Perusahaan yang besar biasanya menyediakan fasilitas salary advance bagi karyawan yang memerlukan gaji di awal.

Bahkan ada perusahaan yang memperbolehkan karyawan untuk mengambil pinjaman dari kantor hingga sebesar tiga kali gaji. Kemudian karyawan harus membayarnya dengan cara melakukan potong gaji setiap bulan.

Cari pinjaman uang dengan cara salary advance biasanya memungkinkan karyawan mengambil hingga 80% gaji sebelum waktu gajian tiba untuk membantu memenuhi kebutuhan darurat karyawan.

Baca Juga  Goodbye Boros! Ini 12 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat Bagi Pemula

Baca Juga : Cari Modal Usaha Gratis? Berikut Cara dan Tips Mendapatkannya!

Solusi Pinjam Dana untuk Memenuhi Modal Usaha

Selain untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi, beberapa orang juga meminjam dana untuk membantu memulai usaha pribadi di rumah. Bagi yang membutuhkan dana tambahan untuk mulai menjalankan usaha atau bisnis pribadi, ada beberapa solusi yang bisa dicoba, yaitu:

1. GadaiKendaraan.com

Solusi yang pertama bisa ditemukan di GadaiKendaraan.com. Situs ini menerima pembiayaan dengan jaminan berupa BPKB motor maupun BPKB mobil. Seperti pinjaman lain yang terpercaya, GadaiKendaraan.com juga bisa diandalkan dan aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Untuk memenuhi keperluan modal usaha para calon peminjam, GadaiKendaraan.com bekerja sama dengan berbagai penyedia dana yang bisa dipercaya, seperti MNC Financial Services, Bussan Auto Finance, Adira Finance, dan BFI Finance.

Proses pengajuan dana cukup cepat dengan persyaratan yang mudah, yaitu berupa akta perusahaan, SIUP, SPK perusahaan yang berlaku, dan rekening koran perusahaan.

2. Pegadaian

Solusi lain untuk pinjaman dana demi memenuhi kebutuhan modal usaha adalah pegadaian yang menerima jaminan berupa aset pribadi. Pemilik usaha bisa memperoleh modal berupa uang cash atau tunai mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 400 juta dan tenor pinjaman maksimal 48 bulan.

Pegadaian menerima berbagai aset pribadi sebagai jaminan berupa berbagai barang elektronik, emas batangan atau perhiasan, BPKB, surat tanah, maupun berbagai barang berharga yang lainnya. Ada biaya administrasi yang harus ditanggung oleh peminjam sebesar 1% dari total pinjaman.

Proses cari pinjaman uang di Pegadaian cukup cepat, dana akan cair dalam waktu 3 hari kerja. Plafon pinjamannya juga cukup rendah sehingga tidak akan memberatkan para pemilik usaha.

Baca Juga : 10 Keunggulan Mengandalkan Pinjaman tanpa Bunga

3. Kredit Usaha Rakyat atau KUR

KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah layanan pinjaman dana yang disediakan oleh pemerintah dan bekerja sama dengan berbagai bank di Indonesia. KUR tersedia untuk menunjang bisnis UMKM dalam berbagai bidang, terutama bidang perikanan, pertanian, kehutanan, dan sebagainya.

Baca Juga  10 Aplikasi Kredit Online Aman Terbaik dan Terpercaya

Ada berbagai pilihan KUR yang disediakan oleh berbagai bank terpercaya di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah:

  • KUR BRI

Memungkinkan pemilik usaha untuk meminjam dana hingga sebesar Rp 50 juta. Tersedia layanan KMK atau Kredit Modal Kerja dengan masa pinjaman hingga 3 tahun. Layanan lain yang tersedia adalah KI atau Kredit Investasi dengan masa pinjaman hingga 5 tahun.

Syarat untuk meminjam dana di KUR BRI adalah perorangan atau usaha yang mempunyai usaha yang layak dan sudah berjalan selama minimal 6 bulan. Pemilik usaha tidak sedang menanggung kredit dari bank. Administrasi berupa KTP, SIUP, dan Kartu Keluarga harus dilampirkan.

Baca Juga : Cara Daftar Bantuan Modal Usaha UMKM Online dan Syaratnya (Lengkap!)

  • KUR Bank Mandiri

Selanjutnya ada Bank Mandiri yang menyediakan 3 layanan KUR yaitu KUR Khusus, KUR Ritel, serta KUR Mikro. Di bank ini, pemilik usaha bisa memperoleh modal usaha dengan nominal maksimal hingga Rp 25 juta.

Syarat pinjaman KUR Bank Mandiri antara lain calon debitur bebas dari kredit atau pembiayaan dari satu penyalur dan sudah menikah atau setidaknya berusia 21 tahun. Calon debitur juga harus mempunyai usaha yang layak dan produktif, serta sudah berjalan selama minimal 6 bulan.

Kredit Usaha Rakyat adalah solusi untuk cari pinjaman uang yang sangat bagus untuk para pemilik usaha. KUR disubsidi oleh pemerintah sehingga bunga yang ditawarkan adalah yang paling rendah dan sangat cocok untuk para pemilik usaha yang membutuhkan dana tambahan.

Baca Juga : 15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil Menengah

Apapun jenis pinjaman yang nantinya akan dipilih, pastikan untuk memperhitungkan kesanggupan dalam melakukan pembayaran. Pertahankan nama baik dengan meminjam sesuai dengan kemampuan dan mengembalikan dana pinjaman tepat pada waktunya.

Related Posts