Home Bisnis 12 Cara Cari Uang Tambahan di Masa Pandemi Tanpa Modal!
cara cari uang tambahan

12 Cara Cari Uang Tambahan di Masa Pandemi Tanpa Modal!

by Titis NP

Di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, mengandalkan satu penghasilan saja tentu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lalu, bagaimana cara cari uang tambahan dengan hasil menjanjikan tanpa perlu mengeluarkan modal sama sekali?

Salah satu caranya bisa dilakukan dengan memanfaatkan platform media sosial dan internet. Untuk mengetahui cara cari uang tambahan tanpa modal yang efektif dan menjanjikan di masa pandemi seperti saat ini, berikut ulasan selengkapnya.

12 Cara Cari Uang Tambahan di Masa Pandemi Tanpa Modal

Kemunculan platform media sosial memang menjadi sarana mencari tambahan penghasilan menjanjikan tanpa perlu mengeluarkan modal sama sekali. Berikut ini beberapa cara memperoleh uang tambahan dengan bermodalkan gadget dan internet:

1. Jual Barang yang Sudah Tidak Dipakai

Menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang tambahan sekaligus mengurangi barang agar rumah lebih bersih dan rapi.

Caranya juga sangat mudah cukup dengan mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai seperti baju, lemari, dan perkakas rumah tangga lainnya. Kemudian, ambil foto barang-barang tersebut untuk diupload di media sosial seperti Instagram, WhatsApp, atau Facebook.

2. Kerjakan Dua Sampai Tiga Pekerjaan Sekaligus

Cara selanjutnya untuk mendapatkan uang tambahan adalah dengan mengerjakan dua sampai tiga pekerjaan sekaligus. Artinya, seseorang tidak boleh bergantung pada satu pekerjaan saja karena terkadang gaji yang didapat masih kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga  7 Ide Bisnis Unik Bagi Mahasiswa Modal Kecil Untung Besar

Meskipun sudah memiliki pekerjaan tetap, seseorang bisa mencoba pekerjaan paruh waktu (part time) untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya bisa dengan berjualan online, membuka jasa penulisan artikel, pembuatan desain, dan lain sebagainya.

3. Jeli Melihat Peluang

Di era digital seperti saat ini, peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan semakin terbuka lebar. Salah satu caranya yaitu jeli dalam melihat peluang. Semakin banyak peluang yang tersedia, maka semakin banyak pula saingan yang akan dihadapi.

Misalnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan seseorang memilih untuk menjual barang secara online. Maka dari itu, ia harus bisa memanfaatkan peluang yang ada agar usaha onlinenya bisa berjalan dengan lancar di tengah persaingan bisnis yang ketat.

4. Buka Jasa Tutor Online

Cara cari uang tambahan selanjutnya bisa dilakukan dengan membuka jasa tutor online. Dengan memanfaatkan teknologi gadget dan jaringan internet, seseorang bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi tutor atau pengajar secara online sesuai keahlian yang dimiliki.

Misalnya, seseorang memiliki keahlian dalam berbahasa Mandarin, maka ia bisa membuka jasa les bahasa Mandarin secara online. Selain itu, munculnya tren e-learning platform juga membuat kesempatan menjadi tutor online semakin terbuka lebar.

5. Jual Barang Handmade Secara Online

Cara cari uang tambahan di internet juga bisa dilakukan dengan menjual barang buatan tangan sendiri alias handmade secara online. Cara ini terbilang efektif untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang menjanjikan mengingat tingginya minat terhadap barang-barang handmade.

Barang-barang handmade tidak hanya merujuk pada benda fashion atau aksesoris saja, namun bisa merujuk pada makanan dan cemilan. Produk makanan hasil buatan sendiri cukup diminati masyarakat. Untuk meminimalisir modal yang dikeluarkan, maka bisa diberlakukan sistem pre-order.

6. Menyewakan Tempat yang Tidak Terpakai

Punya rumah atau kios yang tidak terpakai? Daripada dibiarkan terbengkalai begitu saja, lebih baik disewakan. Selain menambah penghasilan, menyewakan properti juga membantu mencegah kerusakan karena biasanya bangunan yang dibiarkan kosong justru cepat rusak.

Baca Juga  2 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

7. Jadi Penulis Konten

Menjadi penulis konten di blog juga menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan uang tambahan. Cara cari uang tambahan satu ini cocok untuk mereka yang memiliki keahlian menulis konten-konten menarik.

Untuk meminimalkan modal, buatlah blog melalui Blogspot atau Wordpress yang bebas biaya alias gratis. Agar blog yang dibuat lebih tersegmentasi, fokuslah pada satu topik terlebih dahulu misalnya blog khusus membahas tentang fashion, kuliner, traveling, atau produk kecantikan.

Mengapa harus mengangkat topik blog yang seragam? Hal ini bertujuan agar Google lebih mudah dalam memberikan adsense atau iklan berbayar yang bisa memberikan tambahan penghasilan yang menjanjikan.

8. Kontributor Stock Foto

Bagi orang-orang yang memiliki hobi fotografi, menjadi kontributor stock foto di situs web berlisensi seperti 123rf, stockphoto, atau istockphoto bisa menjadi cara efektif cari uang tambahan lewat HP yang menjanjikan.  

Tidak perlu menggunakan kamera DSLR yang mahal, sekarang ini sudah banyak smartphone yang dibekali kamera beresolusi tinggi sehingga hasilnya pun tidak kalah dari kamera DSLR. Bidiklah objek foto yang menarik, fresh, dan inovatif.

Semakin banyak orang yang mengklik foto atau mengunduh cuplikan video yang diunggah pada situs stock foto berlisensi, maka semakin tinggi pula uang yang bisa diperoleh sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh website tersebut.

9. Kerja Sampingan Jadi Ojek atau Taksi Online

Belakangan ini, ada banyak platform jasa yang melayani ojek atau taksi online. Hal ini tentunya menjadi peluang yang bagus bagi mereka yang memiliki kendaraan baik sepeda motor maupun mobil untuk mendapatkan tambahan penghasilan seusai pulang dari kantor atau ketika weekend.

10. Manfaatkan Voucher Cashback Saat Belanja

Cari uang tambahan selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan voucher cashback saat berbelanja di marketplace atau situs belanja online. Dengan adanya cashback, maka bisa mengurangi biaya pengeluaran dan lebih hemat.

Baca Juga  Cara Gadai BPKB Mobil dan Syaratnya

Nantinya, cashback ini bisa digunakan kembali saat melakukan pembelian atau transaksi. Selain memanfaatkan voucher cashback, untuk menghemat biaya belanja bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi reward Shopback.

Aplikasi ShopBack ini bermitra dengan berbagai marketplace dan e-commerce untuk memberikan cashback setiap kali pengguna melakukan pembelian.

11. Ikut Survei Online

Cara mendapatkan uang tambahan selanjutnya yang bisa dilakukan di masa pandemi seperti saat ini yaitu dengan mengikuti survei online. Sejumlah perusahaan biasanya meminta pendapat dari responden untuk memberikan ulasan mengenai suatu produk yang dibuat perusahaan tersebut.

Nantinya, perusahaan akan memberikan bayaran dalam bentuk poin atau reward yang bisa ditukarkan dengan uang tunai, pulsa, atau saldo e-wallet seperti saldo OVO, Shopeepay, Dana, atau Gopay.

Beberapa survei online juga mensyaratkan pesertanya untuk memiliki akun PayPal untuk menerima pembayaran. Beberapa situs penyedia survei online yang bisa dicoba untuk mendapatkan uang tambahan antara lain Mobrog, YouGov Indonesia, ViewFruit, SurveyOn, dan lain sebagainya.

12. Berinvestasi

Investasi juga menjadi salah satu cara efektif mendapatkan penghasilan tambahan jangka panjang. Dengan berinvestasi, seseorang bisa memiliki passive income tanpa harus bekerja ekstra.

Ada beberapa instrumen investasi yang bisa dipilih antara lain reksa dana, emas, saham, dan lain sebagainya. Meski begitu, investasi ini memerlukan konsistensi dan waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan hasil atau keuntungan yang maksimal.

Bagi yang sedang mencari pinjaman, bisa melakukan gadai BPKB kendaraan melalui gadaikendaraan.com. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan antara lain proses yang cepat, syarat pengajuan yang mudah, dan jaringan yang luas.  

 

Beberapa cara cari uang tambahan di atas bisa dipraktikkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang menjanjikan. Cukup dengan bermodalkan gadget dan jaringan internet, bukan hal mustahil lagi untuk mendapatkan uang tambahan di mana saja dan kapan saja. 

Related Posts