Home Produk Keuangan 6 Cara Cek Angsuran FIF Online dan Tagihannya (Lengkap!)
cek angsuran fif

6 Cara Cek Angsuran FIF Online dan Tagihannya (Lengkap!)

by Titis NP

Selama ini, FIF memang terkenal dengan produk pembiayaan motornya. Namun, masyarakat sebenarnya dapat memperoleh produk pinjaman lain dari perusahaan ini. Apapun produk pinjaman yang dimiliki, nasabah FIF sebaiknya cek angsuran FIF secara berkala.

Beberapa nasabah terkadang abai dalam mengecek angsuran dan akhirnya lupa membayar angsuran dan terkena denda keterlambatan. Untuk menghindarinya, nasabah perlu melakukan pengecekan angsuran secara rutin. Pengecekan ini dapat dilakukan dalam beberapa cara lewat ponsel.

Mengenal FIF Lebih Dalam

FIF didirikan oleh ASTRA pada tahun 1989. Pada awalnya, FIF hanya focus menawarkan kredit sepeda motor Honda. Namun, pada tahun 2013, perusahaan pembiayaan ini mulai menambah produk pinjamannya.

Kini, FIF menawarkan 4 produk pinjaman utama, yaitu FIFASTRA, DANASTRA, SPEKTRA, dan AMITRA. Setiap produk pinjaman tersebut akan dikenai bunga yang berbeda-beda. Selain dipengaruhi oleh jenis pinjaman, besarnya bunga juga dipengaruhi oleh tenor pinjaman.

Pada tahun 2021, FIF menaikkan suku bunga pinjamannya menjadi 29,26% per tahun hingga 44,67% per tahun. Hal ini dilakukan karena tingkat suku bunga acuan meningkat dan penghasilan perusahaan menurun.

Nasabah yang terlambat membayar angsuran akan dikenai denda per hari. Besarnya denda per hari tersebut adalah 0,5% dari angsuran. Nominal denda harian ini sekilas terlihat kecil, tapi jika keterlambatan terjadi selama berhari-hari, tentu jumlah denda plus angsuran akan membengkak.

6 Cara Cek Angsuran FIF Secara Online

Pengecekan tagihan FIF dapat dilakukan secara online dan juga offline. Cek angsuran FIF online pasti lebih disukai daripada pengecekan secara offline karena mudah dan hemat waktu. Metode ini dapat dilakukan lewat ponsel kapan saja dan di mana saga

Baca Juga  Tabel Angsuran Pinjaman KUR Bank Jateng & Syaratnya Terlengkap!

Pengecekan online ini dapat dilakukan dalam beberapa cara di bawah ini.

1. Cek Tagihan FIF lewat Tokopedia

Sudah umum diketahui bahwa nasabah FIF dapat membayar angsuran lewat Tokopedia. Oleh karenanya, Tokopedia dapat digunakan untuk mengecek sisa angsuran atau tagihan FIF.

Dalam melakukan cara ini, nasabah dapat mengakses Tokopedia lewat aplikasi Tokopedia ataupun website. Sebelum memulai pengecekan, nasabah tak boleh lupa akan nomor kontrak mereka. Berikut langkah pengecekan tagihan FIF via Tokopedia.

  • Kunjungi halaman Tokopedia Angsuran.
  • Perhatikan kolom penyedia pinjaman dan klik FIF.
  • Masukkan nomor kontrak pada tempat yang tersedia.
  • Klik Bayar.
  • Tunggu beberapa detik dan rincian angsuran akan ditampilkan

2. Cek Angsuran Pinjaman FIF via i.Saku

Sarana kedua yang dapat digunakan oleh nasabah untuk mengecek angsuran FIF adalah i.Saku. i.Saku merupakan e-money berizin resmi Bank Indonesia dan dapat digunakan untuk belanja di Indomaret.

Untuk bisa cek angsuran FIF lewat i.Saku, nasabah harus download dan install aplikasi i.Saku terlebih dahulu. Setelah itu, nasabah dapat mengikuti langkah berikut.

  • Lakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor ponsel.
  • Masuk ke aplikasi i.Saku, gulir ke bawah sampai menemukan menu Lihat Semua, dan klik menu tersebut.
  • Klik opsi Kredit Angsuran.
  • Pada kolom pencarian, ketik produk pinjaman FIF yang akan dicek.
  • Klik produk pinjaman FIF yang dicari pada hasil pencarian dan masukkan nomor kontrak.
  • Klik Bayar. Selanjutnya, layar ponsel akan menampilkan detail pinjaman, seperti tenor, nama nasabah, angsuran ke berapa, dan total tagihan.

3. Cek Angsuran Pinjaman FIF via Email

Salah satu cara cek angsuran pinjaman FIF yang cukup praktis untuk dilakukan adalah lewat email. Langkah pengecekan lewat email adalah sebagai berikut.

  • Tujukan email ke halofif@fifgroup.astra.co.id
  • Pada subjek email, tuliskan cek angsuran FIF.
  • Pada body email, tuliskan tujuan pengiriman email serta detail angsuran, misalnya nama nasabah dan nomor kontrak
  • Tunggu balasan email dari FIF.
Baca Juga  Tabel Angsuran Pinjaman KTA Mandiri & Syaratnya (Lengkap!)

4. Cek Angsuran FIF via FIFGROUP Mobile Customer

FIF menyediakan aplikasi yang memudahkan nasabahnya dalam mengajukan pinjaman dan mengecek angsuran. Nama aplikasi ini adalah FIFGROUP Mobile Customer. Nasabah dapat mengunduhnya dengan mudah via Play Store. 

Setelah mengunduhnya, nasabah dapat mengecek tagihan dengan cara berikut ini.

  • Buka aplikasi FIFGROUP Mobile Customer.
  • Daftar dengan cara mengisikan nomor ponsel atau email, password, dan data diri pada kolom yang diminta.
  • Masuk ke aplikasi dengan cara login menggunakan nomor ponsel/email dan password yang telah didaftarkan.
  • Lakukan pengecekan angsuran.

5. Cek Angsuran Pinjaman FIF via Chat WA

Aplikasi Whatsapp sangat populer di Indonesia sehingga banyak perusahaan yang menawarkan customer support via WA. Salah satunya adalah FIF Group. Perusahaan pembiayaan ini memiliki beberapa akun Whatsapp FIF. 

Sebagian akun tersebut digunakan untuk sharing info dan promo kepada nasabah. Jika nasabah ingin menanyakan sesuatu, termasuk cek angsuran, mereka dapat menghubungi FIF di nomor 0895 21500 343.

6. Cek Tagihan Pinjaman FIF via Website Klikindomaret

Selain cara-cara di atas, nasabah juga dapat mengecek angsuran FIF via website virtual.klikindomaret.com. Ada beberapa langkah yang harus diikuti oleh nasabah ketika menggunakan website tersebut untuk mengecek angsuran FIF.

  • Kunjungi website dan klik Daftar untuk mendaftarkan diri.
  • Masukkan nomor ponsel dan ikuti instruksi yang diberikan oleh website tersebut.
  • Ketikan kata kunci Multi Finance pada kolom pencarian lalu klik menu tersebut setelah menu itu muncul.
  • Klik opsi Cicilan FIF dan jangan lupa untuk mengisikan nomor kontrak pada kolom yang ada.
  • Klik Bayar
  • Setelah itu, layar ponsel akan menampilkan detail angsuran, termasuk angsuran ke berapa, tanggal jatuh tempo, bunga, dan denda.
Baca Juga  10 Aplikasi Kredit Online Aman Terbaik dan Terpercaya

 

Cara Lain Untuk Mengecek Angsuran FIF

Jika nasabah kebetulan sedang tidak memiliki atau kesulitan mendapat akses internet, mereka dapat cek cicilan FIF dengan cara lain.

  • Cek Angsuran di Minimarket – Cara ini mudah sekali untuk dilakukan. Nasabah hanya perlu datang ke Indomaret atau minimarket lain dan mendatangi kasir. Setelah itu, minta tolong kepada kasir untuk mengecekkan angsuran dan serahkan nomor kontrak.
  • Cek Angsuran di ATM – ATM juga dapat digunakan untuk mengecek angsuran FIF. Setelah memasukkan kartu ATM dan PIN, tekan Transaksi Lainnya > Pembayaran > Cicilan/Pinjaman/Angsuran Kredit > FIFGROUP (atau kode 001(BRI)) > nomor kontrak.
  • Cek Angsuran di Kantor Pos – Cara ini hampir sama seperti pengecekan di minimarket. Nasabah hanya perlu datang ke kantor pos dan mendatangi loket. Setelah itu, serahkan nomor kontrak.

Ingin Pinjaman Aman, Cepat, Bunga Ringan?

Bunga pinjaman FIF tergolong tinggi. Sehingga, ada banyak nasabah yang merasa kapok mengajukan kredit di perusahaan pembiayaan ini. Sebagai alternatif, nasabah dapat pindah ke gadaikendaraan.com.

Bunga di perusahaan pembiayaan ini sangat terjangkau, hanya berkisar antara 8,5% sampai 13% per tahun. Selain itu, prosesnya juga cepat. Untuk mendapatkan pinjaman dari gadaikendaraan.com, nasabah perlu memberi agunan berupa BPKB motor atau mobil. 

Agunan ini dijamin tersimpan aman di kantor gadaikendaraan.com. Keunggulan lain dari perusahaan pembiayaan ini adalah jangkauan layanannya luas dan biaya admin terjangkau.

Cek angsuran FIF mudah dan praktis dilakukan. Hanya dengan mengusap dan mengetuk ponsel, nasabah sudah dapat mengetahui jumlah angsuran yang sudah dan belum dibayarkan. Sehingga, tidak ada lagi alasan bagi nasabah FIF untuk lupa melakukannya.

Related Posts