Home Bisnis Contoh Bisnis Plan dan Cara Membuatnya Lengkap!
contoh bisnis plan

Contoh Bisnis Plan dan Cara Membuatnya Lengkap!

by Titis NP

Sebelum membangun suatu usaha, terlebih dulu perlu membuat bisnis plan agar bisnis bisa dijalankan dengan lancar dan terarah. Cara membuatnya tidaklah sulit, ikuti saja contoh bisnis plan yang akan dijelaskan berikut.

Bisnis plan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan suatu usaha. Dalam bisnis plan biasanya terdapat tujuan usaha, berbagai cara untuk dapat mencapai target usaha dan solusi untuk menghadapi berbagai macam risiko yang mungkin terjadi.

Berbagai Unsur yang Harus Ada Dalam Bisnis Plan

1. Ringkasan Eksekutif

Unsur pertama yang perlu ada dalam contoh bisnis plan ialah ringkasan eksekutif yang berisi tujuan, visi & misi, serta konsep dari bisnis tersebut. Ringkasan eksekutif perlu dibuat lebih menarik agar menarik perhatian para pembaca.

Sebagian pihak berpendapat bahwa ringkasan eksekutif tidak lebih dari dua halaman dan berisi kesimpulan dari bisnis plan.

2. Profil atau Latar Belakang Perusahaan

Pada bagian latar perusahaan isinya mengenai struktur organisasi dan data perusahaan. 

3. SDM

SDM merupakan aset utama bagi perusahaan sebab dengan adanya sumber daya manusia yang memadai maka peluang bisnis untuk menuju kesuksesan terbuka lebar.

4. Manajemen Operasional

Tulis secara jelas rincian operasional perusahaan mulai dari pembelian bahan baku hingga proses pendistribusian produk.

5. Produk dan Layanan

Sajikan penjelasan produk semenarik mungkin terkait berbagai kelebihan produk tersebut dan bagaimana produk tersebut bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan di sekitar lokasi bisnis.

6. Analisis Pasar

Ada beberapa poin penting pada unsur analisis pasar, yakni sebagai berikut:

  1. Menentukan target pasar berdasarkan lokasi bisnis
  2. Menganalisis selera konsumen
  3. Kelebihan dan kekurangan kompetitor di sekitar lokasi usaha
  4. Potensi volume penjualan produk berdasarkan riset pasar.
Baca Juga  2 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

7. Strategi Pemasaran

Sistem penjualan merupakan hal yang penting dalam bisnis sebab inti dari bisnis adalah menjual produk.

8. Rancangan Biaya dan Pendapatan

Uraikan dengan jelas berapa besaran modal dan dari mana modal tersebut. Kemudian modal tersebut akan digunakan untuk apa saja, misalnya untuk biaya pembelian bahan baku dan biaya operasional. Setelah itu menghitung perkiraan laba bersih bulanan yang akan diperoleh.

Contoh Bisnis Plan untuk Pemula

1. Bisnis Plan Kedai Kopi

Ringkasan Eksekutif

Brew Coffee hadir di kota Jepara agar warga Jepara tidak perlu keluar kota saat ingin minum kopi ataupun nongkrong bersama teman dan kerabat dekat. Tempat minum kopi yang terletak dekat pantai dengan bagunan kayu berdesain ukir khas Jepara akan memberikan suasana baru.

Rumani sebagai pemilik usaha bermitra dengan Purba Adi yang merupakan pemilik kebun kopi dekat lokasi Brew Coffee. Dengan adanya kemitraan ini, maka dipastikan tidak akan kehabisan bahan baku serta proses pendistribusian bahan baku jadi lebih mudah dan hemat.

Pemilik usaha Brew Coffee pernah menjadi barista di salah satu Coffee Shop ternama di Jakarta dan telah memenangkan berbagai kompetisi menyeduh kopi. 

Bahan baku utama Brew Coffee adalah kopi robusta dan arabika yang kemudian akan dijadikan produk minuman seperti coffee latte, cappucino, ice coffee blend, dan lain sebagainya.

Di lokasi Brew belum ada bisnis serupa. Target pasarnya adalah para turis dan warga sekitar. Pada tahun pertama omzet yang diharapkan adalah sebesar Rp350.000.000 dan akan naik pada tahun-tahun berikutnya.

Profil Bisnis

Brew Coffee merupakan kedai kopi yang memiliki keunikan yakni terletak di area pantai. Customer bisa menikmati secangkir kopi sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. 

Bisnis yang bersifat kemitraan ini bertujuan agar terjadi hubungan timbal balik yang baik di antara kedua belah pihak. 

SDM

Tenaga kerja berasal dari penduduk sekitar yang telah dilatih melalui akademi pelatihan barista yang dimiliki oleh salah satu mitra.

Manajemen Operasional

Peralatan dan Perlengkapan Kedai Kopi Brew Coffee:

  • Mesin espresso
  • Grinder biji kopi
  • Pemanggang waffle
  • Kompor
  • Panci
  • Kulkas
  • Gelas
  • Piring
  • Microwave
  • Rak penyimpanan

Pemasok Bahan Baku:

Biji kopi berasal dari salah satu mitra yang akan dikirim seminggu tiga kali.

Fasilitas:

Free WiFi, tempat ibadah, lahan parkir, ruang indoor dan outdoor langsung menghadap ke pantai Jepara.

Produk dan Layanan

Berbagai produk yang disajikan oleh Brew Coffee lebih mengutamakan cara seduh konvensional dan menghasilkan aroma yang khas.

Analisis Pasar

Dari hasil survei menyatakan bahwa baik penduduk lokal maupun turis mengkonsumsi kopi instan karena belum ada kedai kopi yang buka di sekitar lokasi bisnis. Oleh sebab itu, Brew Coffee memberanikan diri membuka kopi di sekitar lokasi pantai Jepara.

Strategi Pemasaran

Promosi:

Kegiatan promosi dilakukan secara online melalui media sosial dan Youtube.

Penjualan:

Brew Coffee buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 11 malam. Menyediakan beragam sistem pembayaran seperti kartu kredit, kartu debit, dan e-wallet.

Rancangan Biaya dan Pendapatan

Modal awal yang disiapkan kedua mitra adalah Rp100.000.000

Contoh Penghitungan Laba Bersih per Bulan:

Modal untuk bahan baku, perlengkapan, dan biaya operasional Rp100.000.000

Harga jual per cup Rp20.000

Target penjualan per bulan 7.000 cup

Laba Bersih = Omset – Modal = (Rp20.000 X 7.000 cup) – Rp100.000.000 = Rp40.000.000

2. Bisnis Plan Makanan Ringan

Contoh business plan selanjutnya adalah bisnis plan untuk makanan ringan.

Ringkasan Eksekutif

Makanan ringan merupakan jenis makanan yang banyak disukai oleh semua kalangan. Tidak perlu memproduksi sendiri karena sudah banyak pabrik yang membuatnya. Hanya tinggal melakukan pengemasan semenarik mungkin.

Camilan ini bisa dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Bentuknya yang ringan memungkinkan untuk dibawa ke mana saja. Bisa dibawa saat liburan bersama keluarga maupun dinikmati di rumah bersama anggota keluarga.

Kebanyakan penjual menjual makanan ringan dalam bentuk kiloan dan tidak didukung dengan packing yang menarik. Kini Camilan Ceria mencoba menghadirkan sesuatu yang baru yakni makanan ringan dengan kemasan menarik dan berat yang sesuai.

Rencananya akan dijual mulai dari 100 gram hingga 1kg dengan harga yang ramah di kantong. Target pasarnya semua kalangan masyarakat. Penjualan dilakukan secara online dan COD.

Profil Bisnis

Camilan Ceria sudah menjual berbagai camilan sejak beberapa tahun lalu dan kini memiliki ide kreatif untuk menjual makanan dengan berat khusus dan kemasan yang menarik supaya bisa dibawa ke mana saja.

Pemilik usaha Camilan Ceria adalah Susanti yang telah menjalankan usaha camilan sejak 5 tahun yang lalu.

SDM

Tenaga kerja berasal dari tetangga sekitar yang sudah dipekerjakan sejak beberapa tahun.

Manajemen Operasional

Peralatan dan perlengkapan yang diperlukan tidak banyak yakni hanya timbangan, kemasan, dan perekat.

Produk dan Layanan

Camilan Ceria hanya menyediakan produk makanan ringan yang selalu diminati oleh customer seperti keripik singkong, stik keju, emping pedas manis, keripik kentang pedas manis, permen mini berbagai macam rasa, dan lain sebagainya.

Analisis Pasar

Camilan Ceria sudah memiliki banyak konsumen dan sejauh ini jarang ada komplain. Dengan adanya inovasi terbaru terkait penjualan produk yang dikemas dengan wadah menarik, banyak pelanggan yang setuju. Belum ada penjual camilan yang melakukan hal serupa.

Strategi Pemasaran

Dipasarkan secara online dan COD agar pelanggan tak perlu repot datang ke toko.

Rancangan Biaya dan Pendapatan

Modal awal untuk belanja beraneka jenis camilan dan kemasan Rp4.000.000

Perkiraan penjualan selama sebulan Rp6.500.000

Laba bersih = Omset – Modal = Rp6.500.000 – Rp4.000.000 = Rp2.500.000

Contoh membuat bisnis plan tersebut hanyalah gambaran secara umum. Sedang membuat bisnis plan dan butuh sejumlah modal? Ajukan pinjaman melalui https://www.gadaikendaraan.com/ hanya dengan menggadaikan BPKB. Proses cepat dan tidak perlu menunggu lama.

Baca Juga  12 Cara Cari Uang Tambahan di Masa Pandemi Tanpa Modal!

Related Posts