Home Bisnis 11 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing
contoh usaha modal kecil

11 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

by Titis NP

Usaha dengan menggunakan modal kecil menjadi incaran banyak masyarakat akhir-akhir ini. Ada banyak contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing layak untuk dicoba dan dijadikan praktek usaha. Berbagai macam contoh ini akan sangat membantu dalam menentukan bisnis terbaik.

Apabila sedang bingung dalam memilih jenis bisnis terbaik, maka ulasan pada kali ini akan sangat bermanfaat untuk disimak. Karena pada kesempatan kali ini akan ada banyak contoh usaha yang bisa segera dicoba.

Beberapa Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Menjalankan bisnis usaha modal kecil dengan ide yang belum pernah terpikirkan sebelumnya akan memiliki peluang yang besar. Ada banyak ide usaha yang bisa dijadikan batu loncatan dalam memulai sebuah usaha.

Beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikut bisa dipilih sesuai dengan passion masing-masing individu.

1. Daur Ulang

Siapa yang menyangka bahwa bahan jualan yang terbuat dari bahan daur ulang akan memiliki nilai seni yang tinggi. Selain membantu dalam menjaga kelestarian alam, adanya penggunaan bahan daur ulang ini bisa menjadi ciri khas sekaligus daya tarik bagi konsumen.

Berbagai macam kerajinan bisa dihasilkan dari barang daur ulang ini. Tinggal menyesuaikan saja keahlian yang dimiliki untuk menghasilkan bahan yang bagus. Menjalankan usaha satu ini pasti akan sangat menguntungkan. Maka dari itu, jualan barang dengan bahan daur ulang ini patut untuk dicoba.

2. Cloud Kitchen

Saat ini sedang banyak usaha cloud kitchen yang menjadi salah satu trend dalam melakukan bisnis. Dimana bagi siapa saja yang memiliki ruangan dengan space cukup untuk berjualan bisa disewakan kepada yang membutuhkan. Adanya penyewaan ini akan mendatangkan keuntungan tersendiri.

Baca Juga  7+ Bisnis Franchise Kopi Hits yang Paling Laris di Indonesia

Cukup dengan memanfaatkan lahan yang tersedia seperti garasi ataupun space lainnya yang sekiranya cukup. Maka, pundi-pundi uang akan mengalir dengan lancar tanpa harus menunggu datangnya konsumen. Ide usaha modal kecil ini akan sangat cocok bagi siapapun yang punya lahan.

3. Reseller Daster

Daster menjadi salah satu trend dikalangan ibu-ibu saat ini. Moment trend ini bisa dimanfaatkan untuk memulai sebuah contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Sediakan berbagai macam sampel daster dengan berbagai harga agar lebih menarik.

Jangan lupa untuk memberikan penjelasan pada setiap barang yang akan dibeli untuk menarik konsumen. Jelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan yang digunakan agar konsumen bisa memilih sesuai keinginan.

Adanya penjelasan ini pasti akan membuat konsumen nyaman dan tertarik untuk melakukan pembelian. Selain itu, adanya pelayanan terbaik dan ramah juga akan memungkinkan konsumen untuk kembali membeli lagi.

4. Reseller Makanan

Menjalankan usaha dengan menjadi reseller tidak hanya bisa dilakukan pada jualan pakaian atau daster saja. Melainkan jualan makanan juga patut untuk dicoba dengan menggunakan modal yang kecil. Cukup gunakan beberapa sampel saja, lalu lakukan promosi secara intens.

Maka, akan banyak konsumen yang datang untuk membeli jualan makanan yang ditawarkan. Jangan lupa untuk membuat ciri khas tersendiri pada makanan yang diperjualbelikan. Ciri khas ini bisa dilakukan pada bagian packing-nya ataupun pada bagian lainnya sehingga lebih menarik.

5. Frozen Food

Bagi pecinta makanan dan hobi dalam membuat kreasi makanan, maka buka usaha modal kecil yang bisa dicoba adalah frozen food. Berbagai macam kreasi yang telah dibuat bisa disajikan dalam bentuk frozen agar lebih awet dan tahan lama.

Ketahanan makanan ini akan lebih menghemat modal yang digunakan, namun tetap mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan. Apabila memiliki ketertarikan dalam dunia bisnis ini, maka tidak ada salahnya untuk mulai mencoba contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini.

Baca Juga  Rincian Modal Usaha Pecel Lele Menguntungkan!

6. Snack Ringan

Semenjak masa pandemi yang cukup lama dan membuat orang harus berdiam diri di rumah dalam jangka waktu yang lama. Menghadirkan kebiasaan baru ditengah masyarakat dalam berbagai macam aspek kehidupan. Salah satu diantaranya adalah pemenuhan kebutuhan akan makanan.

Tidak sedikit orang yang menjadi lebih konsumtif dengan membeli berbagai macam snack ringan secara online. Bahkan pembelian snack online ini mengalami kenaikan yang cukup drastis. Adanya moment ini bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis snack ringan.

Dimana hanya dengan modal kecil, usaha ini sudah bisa dijalankan dan menghasilkan keuntungan yang banyak. Cukup melakukan stok cemilan yang familiar dan jangan lupa untuk melakukan promosi.

7. Jasa Titip

Usaha tanpa modal namun memiliki keuntungan yang cukup banyak adalah dengan membuka jasa titip. Hanya dengan menggunakan media sosial yang dimiliki, kemudian memperkenalkan jasa yang ditawarkan. Maka akan banyak orang yang tertarik dengan pelayanan yang ditawarkan.

Misalnya saja membuka jasa titip oleh-oleh dari suatu daerah. Pasti akan banyak yang tertarik dengan berbagai macam oleh-oleh daerah tersebut. Sehingga perjalanan yang dilakukan dalam suatu daerah tersebut tidak hanya jalan-jalan saja, namun juga menjadi bisnis.

8. Jualan Foto

Berbagai macam platform media sosial bisa dimanfaatkan untuk melakukan jual beli foto dari hasil karya terbaik. Misalnya saja Shutterstock yang saat ini sudah mulai banyak yang menggunakan. Cukup dengan melakukan upload foto yang akan dijual pada situs tersebut dan konsumen akan membeli.

Bahkan harga yang ditawarkan juga bisa naik dengan seiring berjalannya waktu. Sehingga ide bisnis satu ini bisa dijadikan passive income dengan prospek kemajuan kedepan. Manfaatkanlah hobi yang dimiliki untuk menjadi passive income hingga masa mendatang.

9. Kelas Online 

Penggunaan media online dalam berbagai macam aspek kehidupan tidak bisa dihindari lagi. Begitu juga dalam dunia pendidikan yang saat ini sudah mulai bergeser untuk beralih menjadi online. Adanya kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk membuka kelas baru dalam bentuk online.

Baca Juga  10 Usaha Ternak Modal 300 Ribu Menguntungkan!

Justru biaya yang dikeluarkan untuk membuka kelas secara online ini akan lebih sedikit dan bisa menghasilkan keuntungan besar. Cukup persiapkan materi yang dibutuhkan untuk dibagikan secara online dan temukan orang-orang yang membutuhkan kelas tersebut.

Jangan lupa untuk tetap menggunakan media online sebagai promosi. Calon peserta kelas online pasti akan lebih banyak dan beragam saat menggunakan media ini.

10. Catering Makanan Sehat

Pola hidup sehat dengan mengontrol makanan yang dimakan menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Cukup dengan menyediakan makanan yang sehat dan gunakan bahan-bahan simpel. Maka, usaha yang dilakukan sudah bisa dimulai dan lebih mudah dalam menemukan customer.

Jangan lupa untuk melakukan promosi dan juga branding agar produk yang dibuat lebih mudah dikenal. Kenali target pasar dan lakukan penawaran ke orang yang tepat, maka contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang dipilih akan banyak pelanggan.

Jika merasa terhambat masalah modal, maka ada solusi terbaik yang bisa digunakan. Dimana ada pinjaman dari gadaikendaraan.com yang bisa didapatkan dengan mudah. Prosesnya cukup aman dan cepat, sehingga usaha yang diinginkan bisa segera dimulai.

11. Minuman Sehat

Bukan hanya makanan sehat saja yang bisa dijadikan bisnis saat ini. Berbagai macam jenis minuman sehat juga bisa diperjualbelikan dengan melakukan promosi melalui manfaatnya. Misalnya saja menjual minuman jamu yang berkhasiat seperti kunir asem.

Meskipun produk ini ide lama, namun jika di packing dengan cara terbaik pasti akan lebih menarik perhatian banyak orang. Sehingga bisnis yang dilakukan akan berbeda dengan kebanyakan bisnis minuman lainnya.

Beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di atas bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Segera mulai usaha yang diinginkan, agar berbagai macam kemungkinan dalam menjalani usaha bisa diselesaikan lebih cepat. Sehingga kesuksesan akan didapatkan lebih cepat dari keinginan.

Related Posts