Home Bisnis 9 Contoh Usaha UMKM Untuk Inspirasi Usahamu
contoh usaha umkm

9 Contoh Usaha UMKM Untuk Inspirasi Usahamu

by Titis NP

UMKM kini menjadi salah satu roda penggerak dalam bidang perekonomian di Indonesia. Nilai barang jasa yang telah diproduksi di Indonesia saat ini diproduksi oleh UMKM sebesar 60%nya. Ada banyak contoh usaha UMKM yang bisa menjadi ide bagi pelaku usaha pemula.

UMKM ini terdiri dari usaha mikro, menengah, dan usaha kecil. Perbedaan dari ketiga jenis usaha UMKM tersebut terlihat dari jumlah omset dan juga aset yang dimilikinya. Kegiatan usaha ini dijalankan oleh badan usaha yang kecil dan biasanya secara individu.

Para pelaku usaha UMKM kebanyakan dari pelaku usaha rumahan individu yang pada akhirnya mampu mengembangkan bisnisnya menjadi sebuah badan usaha. Maka penting sekali memilih jenis UMKM apa yang bisa dijalankan, agar dapat mempertahankannya hingga berkembang besar.

Apa Itu UMKM dan Contohnya

Pada umumnya UMKM ini merupakan sebuah usaha ekonomi yang produktif dan berdiri sendiri atau perorangan. Bukan berbentuk perusahaan, anak perusahaan ataupun cabang perusahaan. Contoh dan jenisnya bisa dikategorikan berdasarkan jumlah modalnya.

Berikut ini sederet contoh usaha UMKM yang bisa menjadi referensi terbaik bagi calon pelaku usaha UMKM itu sendiri:

1. Bidang Fashion

Usaha yang berhubungan dengan fashion atau lebih tepatnya pakaian masih menjadi primadona hingga saat ini. Khususnya jenis usaha yang dijalankan dengan cara online. Produk fashion memang selalu menjadi incaran banyak orang saat belanja online.

Lingkup industri di bidang pakaian ini begitu luas yang meliputi baju, aksesoris, celana, aksesoris dan masih banyak lagi. Dengan passion di bidang fashion maka ide bisnis ini bisa menjadi pilihan terbaik dalam menjalankan usaha UMKM.

Baca Juga  7 Ide Bisnis Unik Bagi Mahasiswa Modal Kecil Untung Besar

Coba juga untuk menjual produk ternama atau membuat merk lokal sendiri. Merek pakaian lokal saat ini juga banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan banyak juga dari mereka yang menjual pakaian lokalnya sampai ke luar negeri.

2. Kosmetik dan Skincare

Produk lainnya yang juga bisa menjadi pilihan untuk berjualan adalah kosmetik dengan skincare. Pertumbuhan industri skincare di Indonesia naik hingga 20% di tahun 2017 dan sekitar 95% industri ini didominasi oleh pelaku usaha kecil dan juga menengah.

Target pasar dari produk kosmetik dan skincare ini juga menjadi lebih luas, tak hanya untuk wanita saja. Tapi banyak juga produk yang ditujukan untuk pria sehingga industri ini menjadi sebuah pasar yang cukup potensial.

Jika ingin memulai usaha kecil dan juga menengah dalam bidang kosmetik serta skincare sebaiknya pertimbangkan juga pria, sebagai target pasar kemudian gunakan produk yang menggunakan bahan alami agar aman digunakan.

3. Perlengkapan Bayi

Contoh usaha UMKM lainnya yang tak kalah populer adalah berjualan produk perlengkapan bayi. Pasar dari produk yang satu ini nilainya bisa mencapai 88,1 triliun rupiah dari data yang diambil pada tahun 2017.

Besarnya peluang bisnis dari industri tersebut bisa membuat para pelaku usaha untuk menjalankan usaha kecil dan menengahnya, misalnya dengan menjadi reseller dari produk bayi contohnya pakaian bayi, perlengkapan mandi, botol susu, dan sebagainya.

4. MUA

Masih ada lagi contoh UMKM berikutnya yang bisa diambil berdasarkan keahlian, yaitu menjadi MUA. Tak hanya berjualan produk saja tapi UMKM juga bisa berjualan jasa, seperti menjadi MUA tersebut.

Bisnis ini juga semakin populer karena banyaknya wanita yang ingin tampil dengan cantik di suatu acara tertentu, menggunakan make up profesional bukan biasa-biasa. 

Baca Juga  15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil Menengah

Biasanya jasa MUA akan diperlukan untuk acara wisuda, pernikahan, lamaran, photoshoot, dan acara formal lainnya. Jika pelaku usahanya sudah sangat ahli dalam bidang make up ini, bisa juga membuka kelas make up untuk penghasilan tambahan.

5. Bidang Kuliner

Selain bisnis bidang fashion, masih ada lagi contoh usaha UMKM yang tak pernah ada matinya yaitu bidang kuliner. 

Bisnis ini bahkan mampu menyumbang sekitar 41,40% produk domestik bruto ekonomi kreatif yang ada di Indonesia yang dimana nilai nominalnya mencapai Rp.383 triliun. 

Ditambah dengan adanya layanan antar makanan yang memudahkan, maka bisnis kuliner pun semakin populer lagi. Jasa antar makanan tersebut akan memungkinkan para pelanggan untuk memesan makanan dengan cara online, karena lebih praktis.

Layanan jasa antar makanan ini juga memudahkan orang-orang yang bekerja di kantor dan tak sempat keluar untuk makan. Jika memulai usaha di bidang kuliner akan lebih baiknya jika bekerja sama juga dengan layanan antar makanan tersebut.

6. Furniture

Contoh usaha UMKM yang juga akan menginspirasi pelaku usaha pemula adalah bisnis furniture. Meskipun dibandingkan dengan bidang lainnya, bisnis ini belum terlalu populer. Tapi omset per tahunnya mencapai 16,9% bagi e-commerce di Indonesia.

Pelanggan juga tidak harus datang ke tempat untuk membeli furnitur karena bisa membelinya secara online, dengan melihat-lihat katalognya misalnya melalui web. Pemasaran secara online memang lebih mudah dan lebih menarik bagi pelanggan.

Untuk berjualan secara online bisa dimulai dengan membuat website terlebih dulu. Kemudian bekerja sama dengan marketplace khusus furniture yang ada saat ini.

7. Penginapan

Adanya tren backpacker saat ini membuat bisnis penginapan juga semakin bertambah banyak. Permintaan penginapan yang harganya murah seperti guest house ataupun hostel juga terus bertambah dan meningkat.

Baca Juga  10 Ide Jualan Online Modal Kecil Paling Laris 2021

Apalagi jika lokasi untuk membuat penginapan ini berada dekat dengan wilayah yang dituju oleh para wisatawan. Membuka penginapan seperti hostel atau guest house biasanya tidak memerlukan biaya yang banyak.

Fasilitasnya pun terbatas seperti tempat tidur, sarapan, kamar mandi dan yang lainnya. 

8. Warmindo

Ada lagi contoh usaha di bidang UMKM yang tak kalah populernya saat ini dan banyak dicari yaitu warmindo atau, warung mie Indomie yang merupakan jenis mie instan populer di Indonesia. 

Kebanyakan orang Indonesia sebenarnya lebih suka nongkrong di warung kopi biasa seperti warmindo ini. Peluang kesuksesan dari bisnis dan usaha tersebut juga cukup tinggi, tak heran jika banyak orang yang mencoba membuka warmindo tersebut.

Untuk lebih menarik perhatian sebaiknya buat konsep yang unik dan berbeda agar pelanggan betah nongkrong dan berlama-lama di sana. 

Tambahkan juga inovasi makanan/minuman yang berbeda dan membuat mereka penasaran, tapi tidak menyesal saat mencoba makanan atau minumannya.

9. Usaha Otomotif

Punya keahlian di bidang otomotif dan punya lahan seperti garasi rumah yang luas? Bisa juga dijadikan ide dalam membuka usaha dalam bidang otomotif misalnya membuka bengkel kendaraan.

Tak hanya itu, bisa juga dengan membuka usaha jasa cuci kendaraan. Dilihat dari segi peluangnya, usaha di bidang otomotif ini menjadi jenis usaha yang tak ada matinya karena banyak orang yang perlu mencuci kendaraannya.

Sama halnya dengan usaha di bidang bengkel kendaraan, kembangkan usahanya dengan bekerja sama dengan merk otomotif yang menjual barang berupa sparepart orisinil di sana.

Masih banyak lagi pilihan ide untuk contoh usaha UMKM yang menginspirasi. Bagi Anda yang belum punya modal, cobalah untuk meminjam dana untuk modal di gadaikendaraan.com yang memiliki banyak keunggulan seperti proses cepat, aman, dan mudah.

Related Posts