Home Bisnis 6 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha
faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha

6 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha

by Titis NP

Bagi pelaku usaha pemula, wajib memahami berbagai faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha sebelum memulai menjalankan suatu usaha. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir segala risiko yang tidak diinginkan.

Keberhasilan dan kegagalan dalam usaha memang suatu hal yang umum terjadi. Meskipun demikian, tak perlu putus asa saat mengalami kegagalan. Yang perlu dilakukan saat mengalami kegagalan usaha adalah mempelajari apa penyebab kegagalan tersebut.

Setelah mengetahui penyebabnya, selanjutnya adalah mempelajari berbagai cara supaya keberhasilan dalam usaha tercapai. 

Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha yang Wajib Dipahami oleh Pemula

Yang diperlukan untuk mendirikan usaha bukan hanya modal, tetapi ada banyak hal yang perlu dipahami oleh pelaku usaha pemula seperti faktor penyebab keberhasilan dan kegagalannya. 

A. Faktor Keberhasilan Wirausaha

1. Paham Tentang Dunia Usaha

Seorang yang memiliki pengetahuan luas tentang usaha biasanya tahu harus memulai dari mana. Berbeda dengan orang yang belum paham sama sekali tentang dunia usaha, pasti akan bingung dan kesulitan mencari peluang.

Bagi pemula minimalnya tahu dasar-dasar kewirausahaan jika ingin memulai suatu bisnis. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemula untuk memperluas wawasan dalam dunia bisnis, yakni:

  1. Banyak membaca literasi tentang bisnis baik dari internet maupun buku-buku usaha.
  2. Berdiskusi dengan orang-orang yang sudah ahli dalam bisnis.
  3. Selalu berani mencoba hal baru dan tidak takut dengan kegagalan.

2. Memiliki Visi (Tujuan) Usaha yang Jelas

Pelaku usaha perlu menentukan visi dalam usaha supaya punya motivasi dan bisa menentukan langkah apa yang perlu diambil. Sebaik apapun ide usaha yang dimiliki akan berantakan jika langkah yang diambil tidak tepat.

Baca Juga  Cara Bisnis Online yang Menguntungkan dalam 9 Langkah Bagi Pemula

Visi merupakan gambaran tentang masa depan perusahaan yang fungsinya sebagai landasan utama dalam menjalankan usaha. Visi memiliki peran penting bagi bisnis, yakni:

  1. Sebagai standar kerja suatu perusahaan, di mana visi membantu menyesuaikan sumber daya supaya perusahaan bisa meraih kesuksesan.
  2. Sebagai acuan dalam mengembangkan bisnis.
  3. Sebagai sarana yang berperan dalam mengambil keputusan, baik dari segi manajemen, operasional, legal, sumber daya, dan berbagai segi lainnya.

3. Berani Mengambil Risiko

Pelaku usaha harus berani menghadapi risiko kegagalan usaha karena tidak ada usaha yang selalu berjalan mulus. Risiko dalam berbisnis selalu datang kapan saja, oleh sebab itu sebaiknya siapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi.

Berbagai kemungkinan buruk yang mungkin terjadi seperti produk tidak laku atau produk kompetitor lebih unggul. Pada saat seperti itulah mental seorang pengusaha diuji. Suatu tindakan perlu diambil agar masalah tersebut bisa diselesaikan.

4. Memiliki Jaringan yang Luas

Dalam berbisnis, suatu relasi perlu dijalin agar bisnis semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat secara luas. Jaringan yang luas dalam berbisnis bermanfaat saat bisnis mengalami situasi sulit, misalnya terhambatnya perkembangan bisnis.

Saat bisnis telah dikenal oleh banyak orang, maka tidak menutup kemungkinan akan ada banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modal, sehingga peluang bisnis untuk maju semakin terbuka lebar.

5. Memanfaat Setiap Peluang

Pelaku usaha perlu memanfaatkan setiap peluang usaha dengan baik untuk meningkatkan penjualan sekaligus mempertahankan konsumen. Cara memanfaatkan peluang bukanlah hal yang mudah, tetapi ada beberapa trik yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. Punya tekad dan niat yang kuat dalam mencari solusi saat usaha mengalami penurunan.
  2. Mengubah pola pikir agar tetap semangat dan mengusir kekhawatiran diri.
  3. Melihat peluang usaha dari sudut pandang yang berbeda.
  4. Rajin melakukan survei pasar sebelum berinovasi pada produk.
Baca Juga  Ide Bisnis Kreatif Modal Kecil Profit Menjanjikan

6. Paham Cara Mempromosikan Produk

Cara promosi yang tepat merupakan salah satu faktor keberhasilan wirausaha, baik itu dengan cara konvensional maupun dengan media sosial. Promosi yang tepat bisa meningkatkan penjualan produk.

Biasanya konsumen yakin dengan suatu produk jika produk tersebut sudah dikenal dan digunakan oleh banyak orang.

B. Faktor Kegagalan Wirausaha

1. Tidak Mempunyai Kreatifitas untuk Mengembangkan Usaha

Kesuksesan dalam berbisnis mudah diraih bagi orang-orang yang selalu memiliki ide kreatif. Tapi berbeda bagi sebagian orang yang tidak memiliki ide kreatif, usahanya akan sulit untuk berkembang.

Orang yang tidak memiliki ide kreatif bukan berarti tidak bisa berpikir, hal tersebut disebabkan karena adanya hambatan dalam berpikir atau bisa juga disebut sebagai mental block. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan pikiran terhambat, diantaranya:

  1. Perasaan takut akan kegagalan dan kehilangan bisa menjadi penghalang munculnya kreativitas.
  2. Takut dikritik dan ditolak orang lain.
  3. Homeostasis, yakni keinginan untuk selalu berada pada keadaan yang sama.
  4. Berpikir secara pasif.

2. SDM yang Dimiliki Tidak Kompeten

SDM yang tidak kompeten menyebabkan perusahaan mengalami kemunduran. Di sini perlu adanya manajemen untuk mengelola SDM dengan tepat. Jika manajemen SDM tidak diterapkan dengan baik maka akan mengakibatkan berbagai hal berikut:

  1. Efektivitas dan efisiensi perusahaan menurun
  2. Struktur organisasi perusahaan tidak jelas
  3. Pengeluaran membengkak sebab perusahaan harus merekrut karyawan baru demi melakukan perombakan karyawan.

3. Ragu-ragu Dalam Menjalankan Usaha

Biasanya keragu-raguan dalam berbisnis muncul saat seorang pelaku usaha pernah mengalami kegagalan pada bisnis yang dijalankan sebelumnya. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari keragu-raguan dalam berbisnis, yakni:

  1. Jadikan pengalaman diri sebagai guru terbaik. Pengalaman buruk dalam berbisnis bisa dijadikan pelajaran supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama. Carilah jalan baru untuk menghindari masalah dan kesulitan yang sama.
  2. Pilihlah jenis bisnis berdasarkan skill yang dimiliki.
  3. Jalankan usaha berdasarkan minat. Mengerjakan sesuatu yang diminati akan lebih menyenangkan seperti tidak ada beban.
Baca Juga  10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Murah dan Menguntungkan 2021

4. Perencanaan Awal Kurang Baik

Beberapa pelaku usaha pemula belum benar-benar memahami pentingnya membuat perencanaan matang sebelum memulai usaha. Sebagian dari mereka hanya modal nekat karena merasa punya modal yang cukup.

Akibatnya usaha mengalami kegagalan di tengah proses yang sedang berjalan. Baik usaha skala kecil maupun besar memerlukan rencana usaha. Rencana tersebut merupakan dasar dari sebuah usaha.

Dengan adanya rencana usaha yang matang, maka pelaku bisnis siap menghadapi risiko bisnis yang mungkin terjadi. Rencana usaha juga membuat pelaku bisnis lebih fokus pada usaha yang sedang dijalankan.

5. Tidak Mampu Mengatur Keuangan Usaha

Pengusaha yang tidak bisa mengatur cash flow dan memelihara keuangan dengan baik, maka usahanya akan terancam. Bagi pengusaha yang belum pandai mengatur keuangan tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk mengatur keuangan:

  1. Pisahkan keuangan pribadi dan bisnis.
  2. Menyusun budgeting untuk membatasi pengeluaran.
  3. Membuat laporan pemasukan dan pengeluaran keuangan secara rinci.
  4. Menyiapkan cadangan keuangan untuk mengantisipasi kerugian yang mungkin saja terjadi.

6. Lokasi Usaha Kurang Memadai

Lokasi usaha yang kurang strategis turut menghambat kemajuan usaha. Pastikan cermat dalam memilih lokasi bisnis supaya perkembangan bisnis berjalan dengan lancar. Berikut ini ada beberapa cara untuk menentukan lokasi usaha:

  1. Pilih lokasi usaha sesuai dengan demografi konsumen supaya proses pemasaran bisa dijalankan dengan baik.
  2. Akses lokasi usaha mudah dijangkau.
  3. Usahakan untuk tidak memilih lokasi di jalan yang padat dan sesak sebab akan membuat konsumen malas untuk datang.
  4. Lokasi usaha memiliki lahan parkir yang luas supaya konsumen leluasa memarkirkan kendaraannya.

Perlu pemahaman yang lebih baik terkait faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha agar usaha berkembang dengan baik dan lancar. Butuh tambahan modal agar usaha semakin berkembang? Ajukan pinjaman dengan cepat, aman, dan terpercaya di https://www.gadaikendaraan.com/.

Related Posts