Home Investasi 13 Rekomendasi Daftar Fee Sekuritas Termurah di Indonesia
fee sekuritas termurah

13 Rekomendasi Daftar Fee Sekuritas Termurah di Indonesia

by Titis NP

Fee sekuritas termurah tentunya harus dipahami oleh setiap investor, dimana lembaga jual beli saham umumnya menerapkan fee untuk segala jenis transaksi. Seperti saham, surat utang, reksadana, dan berbagai instrumen investasi lainnya.

Dengan menggunakan jasa jual beli sekuritas termurah, tentunya setiap investor dapat memaksimalkan keuntungan yang ada. Apalagi bila investasi yang dilakukan dalam jumlah besar, maka biaya fee jual beli harus benar-benar diperhatikan.

13 Daftar Fee Sekuritas Termurah di Indonesia

Saat ini setidaknya terdapat lebih dari 100 lembaga yang terdaftar sebagai lembaga jual beli sekuritas. Namun diantara semuanya terdapat beberapa lembaga yang menawarkan fee sangat rendah, yaitu sebagai berikut:

1. Fee Mirae Sekuritas

Bagi sebagian besar investor tentunya tidak asing dengan Mirae Sekuritas, dimana jasa jual beli surat berharga ini telah terdaftar secara resmi di OJK. Disini investor dapat menjual atau membeli segala macam instrumen investasi.

Salah satu kelebihannya ia menawarkan fee jual beli yang sangat kecil, karena biaya fee sendiri hanya berkisar antara 0.08% sampai 0.25%. Biaya tersebut sudah termasuk pajak dan biaya tambahan lainnya, sehingga terbilang sangat terjangkau.

2. Fee Ajaib Sekuritas

Ada pula lembaga lain yang menyediakan fee terjangkau yaitu Ajaib Sekuritas, disini fee untuk transaksi jual beli surat berharga hanya berkisar 0.13% sampai 0.15%. Meskipun sedikit lebih tinggi dari lembaga Mirae, namun Ajaib menawarkan beberapa keuntungan lainnya.

Seperti proses jual beli yang cepat, harga instrumen investasi sesuai aslinya, tidak ada biaya pendaftaran, dan beberapa keuntungan lain. Dengan begitu Ajaib bisa menjadi salah satu lembaga sekuritas yang bisa dipilih bila ingin membeli sebuah instrumen investasi.

Baca Juga  Stockbit vs IPOT: Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

3. Fee BNI Sekuritas

Bank BNI juga memiliki lembaga sekuritas yang dapat diakses dengan sangat mudah, mengingat ia tersedia dalam bentuk online. Disini pengguna bisa melakukan transaksi saham secara langsung dengan perusahaan terkait.

Jangan khawatir pula soal biaya fee yang diterapkan, karena BNI Sekuritas hanya menerapkan biaya fee hanya 0.17% sampai 0.27%. Biaya tersebut sudah termasuk biaya registrasi, keamanan ganda akun, surat perjanjian, dan lain sebagainya.

4. Fee Mandiri Sekuritas

Selain itu terdapat pula lembaga Mandiri Sekuritas yang menawarkan hal sama dengan lembaga sebelumnya. Lembaga ini mengklaim mampu memberikan biaya fee sangat terjangkau yang hanya berkisar antara 0.18% sampai 0.28%.

Biaya tersebut berlaku untuk pembelian saham dalam jumlah sedikit atau banyak sekalipun, sehingga sangat cocok bila ingin investasi instrumen dalam jumlah besar sekaligus. Mengingat banyak lembaga lan yang memberikan fee berbeda bila membeli dalam jumlah besar.

5. Fee BCA Sekuritas

Tak mau kalah BCA Sekuritas akhir-akhir ini juga menurunkan biaya fee transaksinya, karena awalnya biaya fee di lembaga ini berkisar antara 0.19% sampai 0.29%. Kini berubah menjadi hanya 0.18% sampai 0.28%.

Selain menjadi salah satu lembaga sekuritas dengan fee terendah, BCA Sekuritas juga menjadi lembaga sekuritas yang aman dan terpercaya. Mengingat ia berada di bawah pengelolaan langsung oleh bank BCA sendiri.

6. Fee MNC Sekuritas

Selanjutnya terdapat MNC Sekuritas yang memberikan fee sama dengan jasa lembaga sekuritas bank lainnya yaitu berkisar 0.18% sampai 0.28%. Bukan hanya itu saja pelayanan MNC Sekuritas juga terbilang sangat profesional.

Misalnya saja pelayanan yang ramah, pembelian cepat dan aman, hingga pilihan instrumen investasi yang lebih banyak. Hal tersebut tentu menjadi kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh lembaga sekuritas lainnya.

Baca Juga  Saham Gorengan : Pengertian, Ciri-ciri dan Cara Menyikapinya

7. Fee Indo Premier (IPOT)

IPOT atau Indo Premier menjadi salah satu lembaga sekuritas terkenal di Indonesia, dimana lembaga ini memiliki instrumen investasi yang sangat besar. Bukan hanya dari dalam negeri saja, namun ia menawarkan sekuritas dari beberapa perusahaan internasional.

Disini biaya yang diterapkan juga terbilang cukup terjangkau, karena setiap transaksi surat berharga hanya akan dikenai biaya fee 0.19% sampai 0.29% saja. Dengan begitu ia sangat bagus untuk digunakan dalam transaksi jual beli surat berharga yang akan dilakukan.

8. Fee Sinarmas Sekuritas

Apabila lembaga sebelumnya menawarkan biaya fee yang relatif sama, beda halnya dengan Sinarmas Sekuritas. Lembaga ini sendiri memiliki biaya yang berbeda bila ingin membeli atau menjual sekuritas perusahaan.

Biaya fee untuk membeli instrumen investasi akan dikenakan fee sebesar 0.10% sampai 0.14%, sedangkan bila ingin menjual instrumen akan dikenai biaya 0.20% sampai 0.24%. Meskipun berbeda dengan yang lain, namun biaya tersebut terbilang sangatlah terjangkau.

9. Fee BRI Danareksa Sekuritas

Biaya sekuritas termurah lainnya datang dari BRI Danareksa Sekuritas, dimana lembaga ini sebenarnya dikhususkan untuk transaksi reksadana. Namun seiring waktu ia berubah menjadi lembaga yang menawarkan banyak instrumen jual beli surat berharga.

Untuk fee membeli surat berharga disini akan dikenai biaya 0.17% sampai 0.25%, disisi lain untuk menjual saham memiliki fee 0.27% sampai 0.35%. Biaya tersebut terbilang cukup terjangkau, apalagi saat ini banyak lembaga yang menawarkan fee diatas 0.5% per transaksinya.

10. Fee RHB Sekuritas

RHB Sekuritas menjadi lembaga yang selanjutnya bisa digunakan, lembaga ini sendiri sudah sangat terkenal dan banyak digunakan. Hal ini karena ia memiliki platform jual beli instrumen yang sangat besar, baik secara offline maupun online sekalipun.

Biaya yang dikenakan bila membeli atau menjual sekuritas secara offline ialah sekitar 0.25%, sedangkan bila melakukan transaksi di situs tradingnya bisa mencapai 0.35%. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan transaksi secara offline saja bila menggunakan lembaga yang satu ini.

Baca Juga  Rasio Likuiditas: Pengertian, Jenis, Contoh & Cara Menghitungnya!

11. Fee Philip Sekuritas (POEMS)

Terdapat pula situs atau lembaga bernama Philip Sekutritas (POEMS), dimana lembaga ini menawarkan beberapa keunggulan. Seperti sistem membership, analisa instrumen investasi, berita terkini, dan berbagai layanan lainnya.

Namun yang menjadi pusat perhatian, tentunya biaya fee yang ada di lembaga ini sangatlah terjangkau. Hal tersebut karena ia menawarkan fee jual beli sekuritas hanya sebesar 0.18% sampai 0.28% saja.

12. Fee Panin Sekuritas

Apabila ingin membeli instrumen investasi dalam jumlah besar, maka usahakan gunakan lembaga sekuritas terpercaya. Seperti salah satunya Panin Sekuritas, karena ia secara langsung berada di bawah pengelolaan bank Panin.

Bukan hanya aman dan terpercaya saja, namun biaya fee transaksi disini cukuplah terjangkau. Hal ini karena biaya belu sekuritas hanya akan dikenakan potongan 0.25%, sedangkan untuk menjualnya hanya 0.35% saja.

13. Fee Trimegah Sekuritas

Selain itu ada lembaga sekuritas lain berupa Trimegah Sekuritas, dimana lembaga ini pastinya sudah sangat sering dijadikan sebagai tempat jual beli surat berharga. Mengingat ia telah bekerja sama dengan banyak perusahaan dan berada di bawah pengawasan OJK secara langsung.

Biaya fee pembelian di lembaga ini hanya sekitar 0.18%, disisi lain biaya fee penjualannya sendiri berkisar 0.25% sampai 0.28%. Tentu saja biaya tersebut sudah termasuk keamanan, pajak, serta surat-surat yang diperlukan.

Dengan adanya banyak lembaga sekuritas yang menawarkan fee sekuritas termurah, tentu saja akan membuat investasi semakin mudah. Hal ini karena fee biasanya sangat berpengaruh terhadap jual beli surat berharga, terutama untuk investor yang melakukan transaksi dalam jumlah besar sekaligus.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts