Home Investasi 10 Rekomendasi Film Saham Terbaik yang Wajib Investor Tonton!
film saham

10 Rekomendasi Film Saham Terbaik yang Wajib Investor Tonton!

by Titis NP

Belakangan ini, investasi saham banyak dilirik oleh kalangan muda di Indonesia. Ada banyak cara untuk belajar ilmu tentang investasi, salah satunya melalui film saham. Film dengan tema investasi ini akan membantu menambah wawasan dan memberikan gambaran suka duka dalam berinvestasi.

Film-film ini juga bisa memberikan pandangan mengenai cara berinvestasi yang tepat. Untuk mengetahui rekomendasi film tentang saham dan investasi, berikut ulasan selengkapnya.

Rekomendasi Film Saham Terbaik yang Wajib Ditonton

Film yang mengangkat cerita tentang investasi saham memang menjadi sarana belajar yang efektif dan menyenangkan. Penonton juga bisa mengambil pelajaran dari setiap adegan yang dipertontonkan. Berikut ini beberapa film yang recommended untuk ditonton investor pemula:

1. Wall Street

Salah satu rekomendasi film yang mengangkat tema investasi saham yaitu Wall Street. Film yang tayang pada tahun 1987 ini menceritakan tentang situasi bisnis yang terjadi di Wall Street.

Film yang digarap oleh sutradara Oliver Stone ini diangkat dari kisah nyata tentang seorang pialang saham bernama Lou Stone yang tidak lain adalah ayahnya sendiri. Film ini menceritakan kisah Lou Stone yang mengalami depresi berat.

Hal penting yang diangkat dari film ini adalah sisi buruk pasar saham melalui tokoh pialang pasar modal bernama Bud Fox. Pria ini sangat ambisius untuk meraih kesuksesan di pasar saham, bahkan ia melakukannya dengan cara kotor dan melanggar kode etik.

Amanat yang bisa diambil dari film Wall Street ini adalah sikap untuk lebih berhati-hati dalam berinvestasi saham. Film ini juga mengajarkan mengenai cara-cara untuk menghindari kejahatan dalam bidang finansial.

Baca Juga  5 Cara Mencari Investor Untuk Modal Usaha Bagi Pemula

2. The Wolf of Wall Street

Rekomendasi film saham selanjutnya yang wajib ditonton investor adalah The Wolf of Wall Street. Film bergenre biografi komedi yang dibintangi artis papan atas Leonardo DiCaprio ini berhasil menarik perhatian publik.

Film yang dirilis pada tahun 2013 lalu ini menceritakan tentang kisah hidup Jordan Belfort yang merupakan seorang pialang saham. Film ini bercerita tentang kisah Jordan Belfort yang terpaksa berhenti bekerja karena perusahaan saham tempat ia bekerja mengalami bangkrut.

Belfort bersama-sama dengan kawannya kemudian berinisiatif untuk membuka perusahaan saham sendiri. Berkat usaha dan semangat pantang menyerah, Belfort dan teman-temannya berhasil meraih kesuksesan.

Namun sayangnya, mereka akhirnya berubah menjadi mafia saham yang tidak segan melakukan berbagai tindak kejahatan, penipuan, dan korupsi yang membuat mereka menjadi buronan FBI.

3. Enron: The Smartest Guys in Room

Enron: The Smartest Guys in Room juga menjadi film tentang investasi yang recommended untuk ditonton investor pemula. Film yang dirilis pada tahun 2005 ini mengangkat cerita tentang tragedi Enron.

Enron sendiri merupakan sebuah perusahaan besar Amerika yang mengalami kejatuhan. Film ini bercerita mengenai kasus penipuan finansial dan akuntansi terberat yang pernah terjadi sepanjang sejarah sejak awal perusahaan bangkit pada tahun 1985 hingga mengalami bangkrut pada 2001.

Film ini juga menceritakan seorang tokoh wartawan dari majalah Fortune dan analis investasi yang meragukan tentang laporan keuangan dan nilai saham dari perusahaan Enron yang terkesan tidak realistis.

Film yang mengusung konsep dokumenter ini mempertontonkan wawancara eksklusif antara Bethany Mclean dan Peter Elkind beserta mantan petinggi Enron dan mantan karyawan Enron.

4. Equity

Equity merupakan film yang menceritakan tentang problematika kehidupan Naomi Bishop yang pada awalnya mengalami banyak kebahagian hingga akhirnya jatuh di titik terendah. Naomi harus melewati berbagai masalah di dalam hidupnya.

Baca Juga  Bareksa vs Bibit, Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

Ia juga harus bisa mempelajari dan memahami bahwa apa yang terjadi di dalam kehidupannya adalah supaya ia bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Film garapan Meera Menon ini menggambarkan secara jelas kehidupan banker investasi mulai dari ambisi, serakah, hingga kejahatan kerah putih.

5. The Pursuit of Happiness

The Pursuit of Happiness merupakan film yang mengangkat kisah nyata seseorang bernama Chris Gardner yang mengalami kehidupan berat dan berliku. Gardner bersama anaknya diusir dari rumah yang mereka sewa karena tidak sanggup membayar uang sewa.

Hingga akhirnya, mereka tinggal di sebuah panti khusus untuk para tunawisma. Berkat usaha dan semangatnya, Gardner berhasil melaluinya dan meraih kesuksesan.

6. Capitalism

Film Capitalism yang dirilis pada tahun 2009 ini merupakan film saham terbaik yang menguak tentang penipuan pasar saham nyata yang terjadi di Amerika pada tahun 2008.

Setelah terjadinya krisis moneter pada tahun 2007, semua orang mati-matian melakukan investasi di pasar saham China yang berkolaborasi dengan perusahaan investasi di Amerika. 

Padahal, perusahaan China tersebut adalah scam companies atau perusahaan yang tidak punya pengalaman bisnis.

7. Inside Job

Inside Job juga menjadi rekomendasi film dokumenter terbaik yang mengangkat tema investasi. Film ini menguak seluk-beluk krisis keuangan yang terjadi pada tahun 2000-an.

Film ini menggali hal-hal yang memicu terjadinya krisis melalui fitur wawancara bersama seorang ekonom bernama Nouriel Roubini, Bill Ackman seorang hedge fund atau pengelola investasi, dan Christine Lagarde seorang direktur pelaksana IMF.

Dari film ini, penonton bisa mengetahui adanya kecenderungan penggunaan kokain dan keterlibatan Wall Street dalam praktik pelacuran.

8. Boiler Room

Boiler Room merupakan film tentang investasi yang ditayangkan pada tahun 2000. Film yang dibintangi oleh Ben Affleck dan Vin Diesel ini menceritakan tentan kisah seorang mahasiswa putus sekolah bernama Seth.

Baca Juga  √ Ingin Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto? Berikut Tips & Penjelasannya!

Seth memiliki hubungan yang buruk dengan ayahnya sehingga ia berambisi untuk bisa hidup mandiri dan mencoba terjun ke dunia pialang karena terinspirasi oleh Jay. Ia bekerja menjadi broker saham di Boiler Room dengan sangat agresif dan ambisius hingga ia bisa menjadi seseorang yang kaya raya.

Dalam film ini juga digambarkan mengenai tokoh Seth yang akhirnya terperangkap dalam kubangan keserakahan dunia saham. Ia bahkan tidak menyadari bahwa dirinya terlibat dalam penjualan saham bodong.

9. The Big Short

Rekomendasi film saham bergenre biografi dengan bumbu komedi yang layak ditonton oleh investor pemula yaitu The Big Short. Film ini mengangkat kisah nyata tentang krisis ekonomi dunia khususnya yang terjadi di Amerika.

Film yang dibintangi oleh Selena Gomez dan Margot Robbie ini menceritakan tentang 4 orang pria yang melihat adanya peluang untuk menciptakan ide gila di tengah krisis yang melanda.

Selain menghibur, penonton juga bisa belajar banyak hal mengenai investasi dan istilah-istilah dalam dunia ekonomi seperti CDO (Collateralized Debt Obligations) dan CDS (Credit Default Swap).

10. Rogue Trader

Rogue Trader yang dirilis pada tahun 1999 ini mengangkat kisah nyata dari seorang tokoh bernama Nick Leeson. Leeson merupakan seorang manajer muda yang menjalankan bursa derivatif di Singapura.

Di tangan Nick Leeson inilah, bank tertua yang ada di Inggris mengalami kerugian besar hingga miliaran dolar Amerika. Film ini sangat sarat dengan pelajaran tentang investasi sehingga cocok ditonton oleh mereka yang tertarik dalam dunia bisnis forex.

 

Rekomendasi film saham di atas bisa menjadi referensi bagi para investor pemula. Selain menghibur, film-film tersebut juga mengajarkan banyak hal baik cara berinvestasi maupun semangat untuk meraih kesuksesan dengan cara yang benar.  

Related Posts