Home Bisnis Ide Bisnis Rumahan Praktis, Mudah dengan Omzet Jutaan Rupiah
ide bisnis rumahan

Ide Bisnis Rumahan Praktis, Mudah dengan Omzet Jutaan Rupiah

by Titis NP

Bagi sebagian orang, pekerjaan di kantor hanyalah sarana untuk mencapai tujuan finansial sementara untuk bisa berbisnis sendiri kedepannya. Banyak orang yang ingin terlepas dari pekerjaan kantor atau memulai bisnis rumahan mereka sendiri.

Sejak  pandemi Covid-19 dimulai, jumlah bisnis online yang terdaftar melonjak. Mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mengeksplorasi ide bisnis dan memulainya hari ini. Apa saja sih bisnis yang bisa dikerjakan di rumah dan menghasilkan keuntungan yang lumayan?

Baca Juga : 17+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Prospek Keuntungan Besar

8  Ide Bisnis Rumahan Praktis

Seperti jenis bisnis apapun, semuanya bisa menjadi tantangan. Anda harus mempertimbangkan keahlian, target pasar, dan modal yang dimiliki sebelum memulai bisnis.

Tetapi, jika Anda ingin mewujudkan impian Anda menjadi bos bagi diri sendiri, Anda dapat mulai menjelajahi beberapa ide bisnis rumahan di bawah ini yang menguntungkan:

1. Toko Online

Cobalah membuka toko online Anda sendiri dan pasarkan di platform media sosial atau beberapa marketplace yang ada. Anda bisa menjual berbagai produk mulai dari fashion, makanan, elektronik dan masih banyak lagi.

Tentukan mulai dari sekarang niche bisnis yang ingin Anda jalani, siapa target pasar Anda dan seperti apa strategi bisnis yang nantinya hendak Anda jalani. Cobalah pasarkan bisnis Anda untuk mencari pelanggan potensial

Jangan lupa berikan promo gratis ongkir jika Anda ingin menghasilkan penjualan yang hebat. Toko online memiliki potensi besar untuk melipatgandakan penghasilan Anda dengan setiap penjualan yang dilakukan.

banner modal usaha gadai kendaraan

2. Membuat Kue

Ide bisnis yang bisa dilakukan di rumah selanjutnya adalah membuat kue. Apakah Anda memiliki bakat untuk membuat kue? Jika punya, mengapa Anda tidak manfaatkan bakat tersebut untuk memulai bisnis membuat kue dari rumah?

Baca Juga  11+ Aplikasi Bisnis Online Terbaik yang Wajib Dimiliki Pebisnis Pemula

Membuat kue dan menjualnya bisa menjadi ide bisnis kecil yang sempurna. Orang-orang selalu membutuhkan kue untuk berbagai acara mulai dari arisan, ulang tahun, pengajian, resepsi pernikahan dan sebagainya.

Ada ada pasar besar untuk bisnis Anda karena banyak orang yang membutuhkan kue, apalagi jika Anda bisa menangani custom kue. Contoh custom kue yang dapat Anda tawarkan adalah kue pernikahan atau ulang tahun.

Membuat dan menjual kue merupakan salah satu ide bisnis terbaik untuk dilakukan di rumah, terlebih para ibu rumah tangga. Mengapa? Sebab, Anda dapat membuat dan menghiasnya di waktu luang apa pun yang Anda miliki.

Banyak orang lebih suka membeli kue dari si penjual aslinya daripada supermarket untuk rasa yang lebih enak dan harga yang lebih murah.

Baca Juga : Ide Bisnis Kreatif Modal Kecil Profit Menjanjikan

3. Menjual Barang Bekas

Anda pasti memiliki banyak barang bekas di rumah dan sudah tidak terpakai lagi seperti baju, celana, jilbab, tas, sepatu, dan lain sebagainya. Kalau ada banyak jumlah barang yang tidak terpakai, mengapa tidak Anda manfaatkan barang tersebut untuk dijual?

Jadi, jika mengumpulkan semua barang yang masih layak, maka Anda bisa menjualnya di platform online seperti Olx atau Shopee. Bisa juga menjualnya di sosial media Anda sendiri. Produk preloved masih bisa laku di pasaran.

Jual produk lama Anda atau bahkan orang lain secara online untuk bisa mendapatkan keuntungan. Penghasilan Anda sebagai penjual barang bekas bisa menguntungkan, lho!

Tergantung pada barang apa yang Anda jual dan seberapa banyak peminatnya, kalau Anda berhasil menjual banyak, maka semakin besar keuntungan Anda.

Baca Juga : 10 Ide Peluang Sukses Bisnis Milenial

4. Jual Barang di Marketplace

Banyak orang menghasilkan pendapatan banyak dan setara dengan gaji full time di kantoran dengan menjual barang di marketplace. Menjual barang di sebuah marketplace  adalah bisnis yang mudah untuk dimulai di rumah.

Baca Juga  Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Minim Keuntungan Maksimal

Bisnis rumahan modal kecil ini bisa menjadi ladang untuk penghasilan Anda jika bisa mengelolanya dengan benar. Jual produk yang sesuai dengan niche Anda, dan ikuti segala macam aturan yang ditetapkan oleh masing-masing marketplace.

Kalau bisa mengikuti semua aturan yang dimiliki oleh marketplace dan produk bisnis Anda banyak diminati, maka Anda bisa sukses menghasilkan uang per harinya,

Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak dengan menjadi affiliate marketer. Melalui program afiliasi, Anda dapat memperoleh komisi hingga 4% saat Anda mengarahkan trafik ke situs web dan pelanggan melakukan pembelian.

Baca Juga : 9 Peluang Usaha Modal Kecil Profit Besar

5. Usaha Catering

Makanan adalah industri bisnis yang terus meningkat saat ini. Bisnis makanan dapat dengan mudah dimulai dari rumah jika Anda suka bereksperimen dengan hidangan yang lezat. Sedikit keahlian dan investasi kecil dalam peralatan adalah hal yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis catering Anda.

Mulailah dengan membuat menu makanan yang biasa dimakan saat sarapan atau makan siang terlebih dahulu. Promosikan bisnis Anda di platform media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Mintalah rekomendasi dari teman dan keluarga dengan resep makanan yang Anda buat. Jangan lupa lakukan pemasaran dari mulut ke mulut agar orang tertarik dengan bisnis Anda.

6. Les atau Kursus

Di masa pandemi ketika anak harus terpaksa belajar di rumah, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluan untuk memberikan kursus berbayar. Orang tua generasi milenial bekerja di kantor dan tidak punya waktu untuk melakukan beberapa bentuk kegiatan bersama anak-anak mereka.

Mereka selalu mencari kegiatan ekstrakurikuler untuk anak-anak mereka, yang berada di luar kurikulum sekolah, seperti mendongeng, kerajinan, menulis kreatif, dan sebagainya karena memang tidak ada waktu untuk mengajar anak.

Baca Juga  15 Peluang Usaha Jasa yang Menjanjikan dengan Profit Berlipat

Jadi, manfaatkan dengan baik peluang tersebut. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan mengajar. Kelas dapat dengan mudah dimulai dari rumah dan bahkan jam kerjanya juga sangat fleksibel. Iklankan pekerjaan Anda dengan memberi tahu teman dan keluarga tentang kursus yang sedang Anda buka.

Baca Juga : 10 Ide Usaha Kecil Modal Terjangkau

7. Bimbingan Belajar Online

Selain membuka kursus di rumah, ide bisnis yang masih berkaitan dengan mengajar dan bisa dilakukan di rumah selanjutnya adalah bimbingan belajar online. Jika sudah memiliki laptop dan koneksi internet yang bagus, Anda bisa mencoba ide bisnis ini.

Ide bisnis satu ini tidak eksklusif karena hanya mengajar anak-anak atau memberikan pelajaran akademis. Anda juga dapat menawarkan pelajaran lainnya di luar akademis seperti seni.

Selama apa yang Anda ajarkan adalah keterampilan yang bisa dishare, Anda dapat menawarkan pelajaran secara online. Siapkan saja akun Zoom atau Google Meet dan iklankan bisnis Anda menggunakan media sosial untuk mendapatkan peserta.

Baca Juga : 10 Ide Usaha Jualan di Mobil Paling Laris Untung Besar

8. Bisnis Aksesoris

Anda juga bisa kok menghasilkan uang dari passion yang Anda sukai dan dari kreativitas Anda sendiri dengan bisnis aksesori. Cobalah untuk menjual barang-barang buatan tangan seperti anting-anting, kalung, dan gelang.

Bisa juga Anda menjual barang handmade lain seperti dompet, tas, dan pouch. Untuk ide bisnis  rumahan satu ini, modal awal yang diperlukan cukup minim.

Anda bisa menghasilkan keuntungan tergantung pada faktor-faktor, seperti jumlah pembeli, bahan yang mahal dan tingkat kerumitan yang tinggi dalam membuat barang kerajinan.

 Memang ada macam-macam bisnis rumahan yang bisa dijalani oleh seseorang di era ini. Selama ada minat dan passion yang besar, maka menjalan bisnis dari rumah akan menghasilkan keuntungan yang maksimal. 

Baca Juga : 10 Peluang Usaha Paling Layak Dicoba

Related Posts