Home Investasi Indodax vs Pintu, Mana yang Cocok Bagi Pemula?
indodax vs pintu

Indodax vs Pintu, Mana yang Cocok Bagi Pemula?

by Titis NP

Investasi dalam mata uang kripto atau cryptocurrency saat ini dianggap sebagai salah satu investasi yang menguntungkan. Tak heran jika investasi ini menarik banyak trader pemula. Sebagian besar trader melakukan trading crypto di Indodax dan Pintu. Bagaimana perbandingan Indodax vs Pintu

Mana di antara keduanya yang paling cocok untuk pemula? Trader pemula tentu perlu belajar mengenai strategi, manajemen risiko, dan banyak hal lagi tentang trading ini. Oleh karena itu, tidak semua aplikasi trading kripto cocok untuk mereka.

Ciri Aplikasi Crypto yang Cocok Untuk Pemula

Trader pemula yang sedang memilah-milah app atau platform trading crypto untuk digunakan perlu memperhatikan fitur atau keunggulan di bawah ini pada app yang akan digunakan. Platform dengan fitur atau keunggulan tersebut sangat pas untuk para pemula

1. Mudah Digunakan

Sebuah platform trading crypto yang cocok untuk pemula adalah yang memiliki interface yang mudah dioperasikan oleh pengguna. Untuk mengetahui mudah atau tidaknya suatu platform digunakan, trader pemula dapat mencari tahunya lewat review pengguna.

2. Kemudahan Deposit

Platform trading crypto yang menawarkan kemudahan deposit tentu akan membuat trader pemula lebih lancar dalam trading. Kemudahan ini umumnya berupa metode deposit yang beragam, misalnya lewat transfer bank, ewallet, dan jaringan minimarket.

3. Aman dan Teregulasi

Memilih platform trading crypto yang aman dan teregulasi adalah suatu keharusan bagi trader pemula maupun yang telah berpengalaman. Platform yang aman dan teregulasi umumnya memiliki izin resmi dan terdaftar di Kominfo, Kementerian Perdagangan, dan Bappebti.

Baca Juga  Cara Membaca Candlestick Saham Bagi Pemula (Mudah Tanpa Ribet!)

4. Biaya Trading Terjangkau

Dengan biaya trading terjangkau, trader pemula dapat lebih leluasa dalam melakukan jual beli cryptocurrency sambil belajar dan memperoleh pengalaman baru. Oleh karenanya, para pemula sebaiknya membandingkan biaya trading tiap aplikasi sebelum menggunakannya.

5. Likuiditas Tinggi

Fitur likuiditas tinggi pada platform trading crypto memungkinkan para trader untuk dengan mudah dan cepat mencairkan atau mengubah aset crypto menjadi rupiah. Sehingga, trader dapat menikmati keuntungan trading dengan segera dan semakin termotivasi untuk trading.

6. Mata Uang Crypto Beragam

Trading cryptocurrency via app yang menawarkan macam-macam cryptocurrency pasti lebih menguntungkan. Macam-macam uang crypto ini memungkinkan trader melakukan diversifikasi trading.

Perbandingan Indodax vs. Pintu

Di Indonesia, trader dapat memilih untuk trading cryptocurrency di berbagai platform. Dua yang paling populer di antara para trader adalah Indodax dan Pintu. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Berikut perbandingan Indodax vs Pintu.

Keunggulan Indodax

Indodax merupakan marketplace aset cryptocurrency yang pertama ada di Indonesia. Saat ini, anggota platform ini mencapai 5 juta juta anggota. Berikut ini keunggulan Indodax.

1. Berizin dan Aman

Indodax sudah ada sejak tahun 2014 dan mampu bertahan hingga saat ini. Itu artinya, platform ini cukup terpercaya. Indodax juga mengantongi izin resmi dari Bappebti, Kominfo, dan Kemendag serta terdaftar sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto.

Indodax menjamin keamanan transaksi dengan menerapkan autentikasi Two Face Authenticator. Jika trader membukanya lewat website, ia akan diminta untuk melakukan verifikasi lewat email.

2. Volume Transaksi Besar

Karena memiliki 5 jutaan anggota, tak heran jika Indodax memiliki volume transaksi yang tinggi. Dengan tingginya volume ini, pasar crypto di Indodax lebih likuid dari platform lain. Itu artinya, trader mudah melakukan jual beli, harga asetnya kompetitif, dan spread tipis.

3. Aset Crypto Beragam

Para trader pemula mungkin hanya mengenal Bitcoin dan Ethereum untuk diperdagangkan di platform trading crypto. Namun, sebenarnya ada banyak sekali aset crypto yang bisa diperjual belikan. 

Baca Juga  Terjerat Pinjol Ilegal? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya

Di Indodax, trader dapat menemukan 110 aset crypto untuk diperdagangkan. Sehingga, mereka dengan mudah melakukan diversifikasi trading dan meminimalisir risiko

4. Menawarkan Analisa Chart Gratis dan Fitur Stop Loss

Seperti juga trading saham, trading cryptocurrency juga memerlukan analisa teknikal untuk menentukan langkah transaksi. Oleh karenanya, Indodax menawarkan free analisa chart harga. Selain itu, platform ini juga menawarkan fitur stop loss untuk meminimalisir kerugian.

5. Minimum Deposit Terjangkau

Untuk bisa memulai trading di Indodax, cukup memiliki minimal deposit sebesar 10 ribu rupiah. Nominal ini tentu dapat dijangkau oleh siapa saja. Selain itu, deposit juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, contohnya ewallet, virtual account, dan transfer bank via beragam bank.

Kelemahan Indodax

Indodax juga memiliki beberapa kelemahan.

1. Biaya Trading Agak Mahal

Biaya trading di Indodax agak mahal. Member harus membayar biaya tambahan untuk transaksi market taker sebesar 0,3%. Namun, untuk transaksi market maker biayanya gratis. Sedangkan penarikan akan dikenai biaya kliring sebesar 25 ribu rupiah.

2. Tidak ada Fitur Short Selling

Trader tidak dapat menikmati fitur short selling di Indodax. Padahal, banyak trader yang membutuhkannya. Jika terdapat fitur ini, maka ketika trader mengetahui adanya penurunan harga, ia akan langsung dapat melakukan penjualan aset

Keunggulan Pintu

Dua tahun setelah Indodax berdiri, platform trading crypto bernama Pintu didirikan. Aplikasi trading crypto ini telah didownload sebanyak 2 juta kali. Pintu memiliki beberapa keunggulan. 

1. Memiliki Tampilan Sederhana 

Dari segi tampilan aplikasi, platform Pintu memiliki tampilan sederhana. Dengan demikian, trader dapat mengoperasikannya dengan lebih mudah

2. Aman

Sama juga seperti Indodax, Pintu memiliki izin resmi dan terdaftar di Bappebti dan Kominfo. Selain itu, Pintu menerapkan beberapa lapis keamanan untuk menjamin keamanan transaksi, yaitu Google Authenticator dan keamanan biometrik berupa face ID dan sidik jari.

Selain itu, aset crypto platform ini disimpan di tempat yang aman dan sudah diakui dunia. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu takut asetnya akan hilang.

3. Deposit Minimal Terjangkau 

Para trader hanya perlu melakukan deposit minimal senilai 11 ribu dan mereka sudah dapat melakukan transaksi crypto di platform ini. Nominal ini sedikit lebih mahal dari Indodax, tapi masih terjangkau. Deposit dapat dilakukan via transfer bank dan e-wallet.

Baca Juga  Ingin Memulai Investasi? Ketahui Dulu Perbedaan Reksadana dan Saham

4. Pendaftaran Cepat dan Mudah 

Platform Pintu mengklaim bahwa proses pendaftaran menjadi anggotanya cepat dan mudah. Proses pengisian form, pengumpulan foto KTP dan foto selfie, serta verifikasi hanya memerlukan waktu 10 menit.

5. Fee Penarikan Lebih Terjangkau

Trader yang ingin menarik aset mereka menjadi rupiah hanya akan dikenai biaya 4.500 rupiah. Fee ini tentu saja sangat terjangkau bagi trader.

Kelemahan Pintu

Aplikasi Pintu memiliki beberapa kekurangan di bawah ini.

1. Spread Cenderung Tinggi

Dibandingkan beberapa aplikasi trading crypto, spread di platform Pintu cenderung tinggi. Hal ini tentu kurang menguntungkan bagi para anggotanya.

2. Tidak Menyediakan Analisis Teknikal

Pintu tidak menyediakan analisis teknikal atau chart untuk para anggotanya. Padahal, chart sangat membantu trader dalam menentukan langkah trading yang akan di ambil.

3. Pilihan Aset Lebih Sedikit

Pilihan aset mata uang kripto di aplikasi Pintu cukup terbatas. Sehingga, trader akan memiliki sedikit kendala dalam diversifikasi aset crypto.

Indodax vs Pintu: Mana yang Pas Untuk Pemula? 

Dari perbandingan di atas, yang menjadi juara antara Indodax vs Pintu adalah Indodax. Tak bisa disangkal bahwa Indodax memiliki lebih banyak keunggulan dari Pintu. Selain itu, Indodax juga menawarkan kemudahan bagi para trader pemula dengan fitur analisis chart dan stop loss.

Aplikasi Pintu lebih cocok untuk trader pemula yang hanya ingin trading cryptocurrency utama saja, contohnya Bitcoin. Pintu masih memiliki banyak hal untuk dibenahi agar anggotanya merasa lebih nyaman dalam trading.

Informasi perbandingan Indodax vs Pintu di atas diharapkan dapat membantu trader pemula untuk memilih platform trading yang tepat. Pemula umumnya perlu belajar banyak dalam trading crypto, untuk itu jangan lupa untuk menggunakan fitur edukasi yang ada di setiap platform yang digunakan.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts