Home Bisnis Inovasi Bisnis Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya!
inovasi bisnis

Inovasi Bisnis Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya!

by Titis NP

Dalam menjalankan usaha, pasti ada masa surut yang akan dialami sehingga cukup merugikan para pengusaha. Namun ketika kondisi ini terjadi, ada solusi yang bisa diterapkan demi meningkatkan kembali usaha yang dijalankan, yakni menciptakan inovasi bisnis.

Dengan adanya inovasi yang menarik dan sesuai dengan kondisinya, kemungkinan besar usaha yang tadinya sempat surut bisa kembali maju. Meski begitu, inovasi ini bukan berarti dilakukan ketika usaha surut saja. Saat kondisi stabil, inovasi tetap harus diciptakan demi kepuasan konsumen.

Pengertian Inovasi Bisnis

Penerapan inovasi sebuah bisnis tidak akan efektif jika pelakunya tidak memahami maknanya dengan benar. Berikut definisi yang bisa menjadi gambaran umum sebelum melakukan inovasi sebuah bisnis.

1. Menurut Bahasa

Berasal dari dua kata, yakni inovasi dan bisnis. Inovasi sendiri berarti ide atau gagasan baru, sementara bisnis adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan keuntungan.

Dari dua istilah ini, dapat disimpulkan bahwa pengertian inovasi bisnis adalah suatu ide atau gagasan baru yang diterapkan untuk mengembangkan sebuah usaha atau bisnis.

2. Secara Istilah

Sementara secara istilah dan aplikasinya, inovasi dalam bisnis berarti proses menciptakan ide baru yang belum pernah ada sebelumnya dalam mengembangkan sebuah produk bisnis.

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau pasar sehingga tetap dikenal dan dibutuhkan masyarakat meski persaingan produk sangat tinggi.

Baca Juga  Daftar Tabel Angsuran Gadai BPKB Mobil Terbaru 2022

Fungsi Inovasi Bisnis

Tujuan utama dari inovasi dalam bisnis adalah mendapat keuntungan yang lebih besar. Namun tindakan ini juga memberikan banyak manfaat lainnya yang meliputi:

1. Menjaga Eksistensi Produk dari Waktu ke Waktu

Menciptakan inovasi pada produk yang dibuat sangat bermanfaat untuk menjaganya tetap eksis dan diminati masyarakat. 

Walaupun banyak produk baru yang bermunculan, inovasi yang sesuai dengan kebutuhan tidak akan membuatnya tenggelam di tengah persaingan pasar.

2. Menyesuaikan Kebutuhan Konsumen

Manfaat inovasi tidak hanya dirasakan oleh pengusaha itu sendiri, tapi juga bagi masyarakat selaku konsumennya. Kebutuhan yang semakin kompleks tentu harus dipenuhi demi memudahkan berbagai aktivitas.

Kebutuhan ini bisa dipenuhi oleh pengusaha yang memperhatikan perilaku konsumennya. Inovasi produk terbaru sesuai aktivitas pasar sangat berguna memenuhi kebutuhan masyarakat yang cukup beragam sehingga memudahkan berbagai kegiatan.

3. Meningkatkan Keunggulan Brand dari Kompetitor

Brand produk yang dimiliki perusahaan juga sangat dipengaruhi oleh inovasi pelakunya. Semakin kreatif dan efektif inovasi yang diciptakan, tentu saja semakin unggul brand produk dibandingkan kompetitornya. 

Masyarakat juga menganggapnya sebagai produk berkualitas yang perlu diperhitungkan dalam dunia bisnis.

4. Mengatasi Masalah Bisnis yang Sebelumnya Terjadi

Manfaat yang tidak kalah pentingnya dalam sebuah bisnis adalah mengatasi berbagai masalah yang sempat terjadi sebelumnya.

Biasanya bisnis mengalami kemunduran karena berbagai masalah, baik dari segi produk maupun pengelolaannya. Masalah-masalah ini tentunya bisa diatasi kalau dilakukan inovasi dan pengembangan produk. Segala kelemahannya bisa dihilangkan dan ditambahkan inovasi sesuai kebutuhan pasar.

5. Meningkatkan dan Menjaga Efisiensi Produk

Saat pertama diciptakan, sebuah produk biasanya memiliki keefektifan yang sangat tinggi karena diciptakan ketika produk itu memang dibutuhkan pasar saat itu.

Namun seiring perkembangan waktu, produk akan kehilangan efektifitas nya karena kebutuhan masyarakat semakin meningkat sesuai zamannya.

Inovasi bisnis bisa meningkatkan fungsi dan keefektifannya sehingga tetap berguna bagi masyarakat hingga di masa mendatang.

Baca Juga  12 Cara Cari Uang Tambahan di Masa Pandemi Tanpa Modal!

6. Menambah Keuntungan Bisnis

Inovasi yang sesuai dengan kebutuhan publik tentunya diminati banyak konsumen. Kondisi ini bisa memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis karena permintaan produk semakin besar.

7. Produk Lebih Dikenal Masyarakat

Banyaknya bisnis serupa yang berkembang di masyarakat membuat tingkat persaingannya sangat tinggi. Salah satu cara membedakannya dengan bisnis serupa lainnya adalah dengan menciptakan inovasi sebagai ciri khasnya. Jadi, brand produk lebih dikenal masyarakat meski banyak kompetitornya.

Walaupun memiliki banyak manfaat, penerapan dari inovasi usaha tersebut juga membutuhkan dana. Apabila tidak memiliki cukup modal, bisa meminjam di gadaikendaraan.com.

Jasa keuangan ini sangat berguna saat pengusaha terdesak melakukan inovasi tapi belum ada modal . Ini disebabkan karena prosesnya yang Cepat, syarat mudah, peminjaman praktis melalui online, serta keamanannya yang sudah diawasi OJK.

Contoh Inovasi dalam Bisnis

Untuk lebih memahami penerapan dari inovasi bisnis, ada banyak contoh dalam kehidupan sehari-hari yang bisa menjadi gambarannya. Berikut beberapa contoh inovasi dalam sebuah bisnis.

1. Kamera DSLR Pada Android

Contoh Inovasi dalam berbisnis bisa ditemui pada usaha smartphone. Penggunaan android yang awalnya sekedar untuk berkomunikasi dan menjelajahi dunia maya, terus berkembang hingga digunakan sebagai alat berfoto. 

Ini disebabkan karena tuntutan konsumen yang memposting foto bagus pada media sosial serta hobi fotografi yang mulai muncul. 

Untuk memenuhi kebutuhan ini, perusahaan android menciptakan inovasi produk smartphone dengan kualitas kamera setara DSLR. Cocok bagi penggemar fotografi ataupun masyarakat yang hobi berfoto dan diposting di media sosial.

2. Notebook berupa Chromebook dengan Sistem Operasi Chrome

Kecanggihan teknologi membuat komputer semakin maju. Bahkan sistem operasinya terus berkembang, sehingga yang lama tidak sesuai digunakan lagi dan harus selalu update.

Sayangnya, laptop dengan sistem operasi terupdate semakin mahal untuk bisa mendukung prosesnya.

Padahal, tuntutan penggunaan teknologi komputer sangat tinggi seiring pembelajaran online yang mulai berlaku.

Baca Juga  10 Usaha Anak Muda Kreatif Tanpa Modal dan Menguntungkan

Untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dari semua kalangan, diciptakanlah chromebook yang sangat terjangkau karena memakai sistem operasi chrome. Jadi harganya lebih murah karena sistem operasi ini ringan dibanding yang lain.

3. Tisu Basah Mengandung Telon

Tisu basah bayi umumnya dipakai membersihkan bayi saat mengganti popok. Tapi sekarang mulai banyak orang memakainya untuk membersihkan bayi ketika udara dingin atau bayi sakit.

Melihat kondisi ini, perusahaan tisu bayi membuat inovasi produk dengan memberikan kandungan telon pada tisu. Jadi, membersihkan badan bayi dengan tisu memberikan sensasi seperti habis mandi akibat telon di dalamnya.

4. Meja Saji Susun

Meja saji adalah kebutuhan wajib dalam dapur untuk menyajikan makanan masak yang siap disantap. Namun tidak semua orang memiliki ruang yang besar untuk menyajikan semua makanan.

Sebagai solusinya, diciptakanlah inovasi meja makan yang tidak biasa oleh perusahaan, yakni meja saji susun. Jadi makanan tetap disajikan meski di area yang sempit maupun tidak memiliki meja makan.

5. Inovasi Ayunan Bayi dalam Bentuk Bouncer

Salah satu kesulitan dalam mengajak bayi adalah terus menggendong dan mengayunnya. Padahal para ibu juga dituntut untuk melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya dibanding hanya mengajak bayi saja.

Untuk itulah, diciptakan inovasi produk pengganti gendongan berupa ayunan elektrik atau bouncer. Alat ini bisa memberikan sensasi seperti digendong ibu dengan kendali remote kontrol. Hebatnya lagi, bouncer dilengkapi mulai sebagai pengganti senandung ibu saat menggendong bayi dan mengayunnya. Bahkan kecepatan ayunan juga bisa diatur dari jarak jauh dengan remot.

Besarnya peran inovasi bisnis menuntut semua pengusaha menerapkannya. Tentu saja dibutuhkan pemikiran yang lebih kreatif dan sesuai pasar agar inovasi produk yang diciptakan diminati masyarakat. Jika tidak diimbangi kondisi pasarnya, maka inovasi yang diciptakan tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Related Posts