Home Investasi 7 Investasi yang Cocok Untuk Milenial yang Menguntungkan

7 Investasi yang Cocok Untuk Milenial yang Menguntungkan

by Titis NP

Investasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dan melakukan perencanaan keuangan di masa mendatang. Saat ini terdapat beberapa jenis investasi milenial yang bisa pilih. 

Bukan hanya orang dewasa yang sudah mapan saja, anak mudah saat ini juga bisa memulai investasi. Perkembangan teknologi saat ini membuat para kaula muda bisa lebih mudah untuk memulai investasi yang aman dan tepat.

Jenis Investasi Milenial Dengan Profit Besar

Melakukan perencanaan keuangan sejak dini merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Hal tersebut dapat memberikan keuntungan di masa yang akan datang. 

Dengan memilih jenis investasi yang tepat, anak muda bisa mempersiapkan kondisi finansialnya agar semakin sukses. Hal ini membantu anak muda untuk meraih tujuannya. Berikut beberapa investasi milenial yang bisa dicoba.

1. Investasi Saham

Saat ini tren membeli saham sedang marak di kalangan anak muda. Produk investasi ini sangat cocok bagi anak muda yang suka dengan tantangan. Jenis investasi ini bisa dibilang memiliki risiko yang besar, namun keuntungan yang bisa diraih sepadan dengan risikonya. 

Risiko investasi ini bisa dikurangi dengan cara mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan saham. Cobalah untuk mencari saran dari pihak analis saham yang sudah berpengalaman agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar dan mengurangi risiko yang mungkin akan diraih. 

Untuk bisa menjalankan investasi ini, investor harus memiliki dana minimal 1 juga untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas. Modal tersebut bisa digunakan untuk membeli lot saham. 

Untuk bisa sukses menjalankan investasi ini, pihak investor harus rajin belajar dan menganalisa dengan baik. Pertimbangkan pilihan saham secara cermat untuk dapat meraih keuntungan yang besar. 

Besarnya jumlah investasi bisa disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Pikirkan dengan matang sebelum memulai investasi ini agar strategi dan perencanaan dapat dilakukan dengan baik. Jika berjalan dengan lancar, investor bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Baca Juga  Indodax vs Pintu, Mana yang Cocok Bagi Pemula?

banner utama gadai kendaraan

2. Emas

Investasi ini memiliki nilai yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Hal inilah yang membuat emas bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Bukan hanya berbentuk perhiasan, namun logam mulia saat ini merupakan pilihan investasi terbaik yang bisa dipilih. 

Untuk membeli produk emas, investor bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia seperti cicil emas. Proses cicilan bisa dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Besarnya jumlah cicilan juga bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. 

Namun untuk bisa merasakan hasilnya, investasi ini harus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Risiko investasi ini juga tidak terlalu besar dan bisa memberikan keuntungan di masa yang akan datang.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Investasi Saham yang Benar Agar Pemula Bisa Untung

3. Reksa dana

Investasi milenial yang satu ini sangat cocok bagi anak muda yang masih pemula dalam hal investasi. Hal tersebut terjadi karena instrumen investasi yang satu ini membutuhkan modal yang cenderung kecil. 

Bahkan hanya dana 10 ribu saja, investor bisa langsung membeli produk investasi yang satu ini. Investasi ini sangat terjangkau untuk semua kalangan dan bisa dimulai dengan lebuh mudah. 

Selain itu, investasi ini memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya. Meskipun begitu, namun hasil yang bisa diraih bisa cukup besar.

Baca Juga : 7 Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan dan Mudah Bagi Pemula

4. Deposito

Deposito bisa menjadi pilihan yang cocok bagi para kalangan muda yang ingin mulai berinvestasi. Produk deposito yang ditawarkan cukup beragam dan ditawarkan mulai dari jumlah 1 juta. Untuk bisa memiliki deposito, investor harus mengumpulkan uang terlebih dahulu. 

Suku bunga yang ditawarkan setiap perusahaan juga sangat beragam. Untuk itu agar bisa mendapatkan profit yang lebih besar, pilihlah perusahaan yang menawarkan suku bunga terbesar. 

Baca Juga  Penting, Begini Rumus Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank

Jangka waktu investasi ini juga terbilang cukup fleksibel dan bisa disesuaikan dengan keinginan. Investor bisa menikmati bunga deposito setiap bulan selama jangka waktu yang dipilih.

Baca Juga : Ini Cara Mudah Investasi Reksadana di Bareksa Agar Cuan Bertambah!

5. Asuransi

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa asuransi hanya jaminan kesehatan saja. Bukan hanya itu, ternyata asuransi juga memiliki nilai investasi yang cukup menjanjikan. Banyak sekali jenis asuransi yang bisa dipilih seperti asuransi pendidikan, jaminan hari tua dan lainnya. 

Meskipun mempunyai peranan yang sangat penting, namun keberadaan asuransi seringkali diabaikan dan dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal jenis investasi ini bisa memberikan manfaat jangka panjang yang cukup menjanjikan. 

Jaminan kesehatan bisa menjaga seseorang ketika mengalami sakit atau kecelakaan. Dengan adanya asuransi, maka semua biaya pengobatan yang dikeluarkan bisa digantikan. 

Membuat asuransi sejak dini bisa membuat investor muda mendapatkan jumlah premi yang kecil namun bisa mendapatkan biaya pertanggungan yang besar. 

Hal tersebut terjadi karena perusahaan asuransi menilai risiko anak muda jauh lebih kecil dibandingkan yang sudah berumur. 

Baca Juga : Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Rekomended

6. Properti

Investasi ini sangat cocok bagi anak muda yang sudah memiliki kemampuan finansial berlebih. Prospek dari investasi ini sangat menguntungkan dan bisa diandalkan untuk jangka waktu yang lama. Seperti diketahui bahwa harga properti akan terus melonjak setiap tahunnya. 

Untuk memulai investasi ini memang membutuhkan modal yang besar, namun juga dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda. 

Untuk memulai investasi properti ini dibutuhkan tekad yang kuat untuk dapat mempelajarinya berbagai hal yang terbaik secara lebih optimal. Pilihlah kawasan yang paling strategis agar harganya bisa terus melonjak.

7. Peer to Peer Lending

P2P lending adalah sebuah kegiatan finansial dengan pendekatan yang mampu menghubungkan pihak peminjam dan pemberi modal. Saat ini jenis investasi P2P cukup beragam dan banyak diminati oleh kalangan muda. 

Baca Juga  Bibit vs Ajaib, Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

Keuntungan yang bisa diraih dalam investasi ini cukup besar. Namun risiko yang bisa didapatkan juga berbanding lurus. Dengan menjalankan investasi ini, anak musa bisa mendapatkan keuntungan hingga 20% setiap tahunnya. 

Besarnya jumlah keuntungan tentu akan berbanding lurus dengan jumlah uang yang diinvestasikan. Bagi para pemberi modal, investasi ini dapat memberikan keuntungan yang besar. 

Baca Juga : Yuk Mengenal P2P Lending Beserta Cara Kerjanya Secara Lengkap!

Sedangkan bagi penerima pinjaman ini merupakan metode yang paling efektif untuk mendapatkan tambahan dana untuk dapat mengelola perekonomian usaha yang dijalani. 

Bisa dikatakan jenis investasi ini dapat mendukung peranan dalam membangun ekonomi negara melalui UKM. Selain memberikan keuntungan yang besar, pihak investor juga harus mempertimbangkan risiko yang mungkin dialami. 

Salah satu bentuk kerugian yang mungkin didapat adalah pemodal tidak mempunyai keleluasaan untuk bisa mendapatkan kembali dana investasi yang diberikan kepada pihak peminjam sebelum batas kontrak pendanaan selesai. 

Bukan hanya itu, risiko lain yang bisa dialami oleh pemilik modal adalah hilangnya jumlah modal yang diberikan. Hal tersebut bisa terjadi jika investor menanamkan modal ke pihak yang salah. 

Untuk mengurangi risiko dari investasi yang satu ini, pihak investor harus cermat dan teliti dalam hal memilih platform P2P lending yang terpercaya, resmi, transparan dan terdaftar di OJK.

Baca Juga : Mengenal Cryptocurrency, Jenis dan Cara Kerjanya

Setiap instrumen investasi milenial memiliki cara kerja, kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Pahami ketentuannya dengan baik agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Melakukan investasi merupakan hal yang penting untuk mempersiapkan masa depan dengan baik.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts