Home Bisnis 9 Kisah Sukses Investor Saham Dunia
investor sukses

9 Kisah Sukses Investor Saham Dunia

by Titis NP

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, saat ini masyarakat Indonesia banyak yang tertarik dengan saham. Untuk menjadi seorang investor saham yang sukses, pastinya harus memiliki pengetahuan yang cukup. Selain itu, kisah investor sukses juga bisa menjadi motivasi tersendiri.

Kisah sukses para investor saham ini sudah seharusnya dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk mulai menabung saham. Harapannya dari kisah tersebut orang-orang bisa terinspirasi dan berusaha untuk mempelajari saham lebih baik lagi.

Kisah Sukses Investor Saham

Ada banyak kisah sukses dari investor saham yang terkenal. Tidak hanya di dunia, di Indonesia juga sudah banyak yang membuktikan bisa berhasil menjadi investor saham. Berikut ini beberapa kisah sukses investor saham yang bisa membuat terinspirasi:

1. Warren Buffet

Bagi orang yang mulai mencoba terjun ke dunia saham pasti kenal dengan Warren Buffet. Warren Buffet dipandang sebagai salah satu investor yang paling sukses dalam sejarah dan disebut juga sebagai “Oracle of Omaha”. 

Warren Buffet bergerak dengan cara mengikuti prinsip Benjamin Graham. Prinsip tersebut adalah mengumpulkan kekayaan dengan pembelian saham serta perusahaan melalui Berkshire Hathaway. 

Sikap dari kisah sukses Warren Buffet yang perlu diteladani yaitu disiplin, sabar, serta mengetahui nilai investasi yang konsisten mengungguli pasar untuk beberapa dasawarsa.

banner modal usaha gadai kendaraan

2. Benjamin Graham

Investor saham sukses yang satu ini juga terkenal sebagai seorang manajer investasi serta pendidik keuangan yaitu Benjamin Graham. Benjamin Graham juga banyak menulis risalah investasi klasik. 

Hal ini membuat ia diakui sebagai bapak analisis keamanan serta investasi nilai secara universal. Inti strategi Benjamin Graham yaitu investasi harus memiliki nilai jauh lebih besar dibandingkan yang harus dibayarkan investor. 

Benjamin juga percaya dengan analisis fundamental serta mengincar perusahaan yang memiliki neraca kuat.

Baca Juga  7 Investasi yang Cocok Untuk Milenial yang Menguntungkan

Baca Juga : Ingin Memulai Investasi? Ketahui Dulu Perbedaan Reksadana dan Saham 

3. Thomas Rowe Price Jr.

Sosok Thomas Rowe Price Jr. dianggap sebagai bapak investasi yang bertumbuh. Price menghabiskan tahun-tahun formatif untuk berjuang ketika masa Depresi Besar. Cara pandang Price terhadap pasar keuangan adalah sebagai siklus. 

Price juga mengambil investasi di perusahaan yang baik untuk investasi jangka panjang. Keputusan ini menjadikannya sebagai salah satu investor sukses. Filosofi investasi yang ia pegang yaitu investor harus fokus  memiliki saham individu untuk keperluan jangka panjang. 

Dari Thomas Rowe Price Jr., orang-orang semakin sadar bahwa untuk bisa sukses sebagai investor saham diperlukan disiplin, konsistensi, percaya proses, serta pengamatan aspek fundamental emiten yang merupakan dasar keberhasilan investasi Price.

4. John Templeton

“Membeli rendah saham selama harga turun dan menjual kembali saham saat booming serta menghasilkan uang sangat banyak” merupakan kalimat yang terkenal dari John Templeton. Kisah sukses dari John Templeton terdengar gemilang. 

Ia juga menciptakan beberapa investasi pendanaan tersukses. Di tahun 1999, majalah Money mendapuk Templeton sebagai “stock picker global terbesar di abad ini”. Selain itu, Ratu Elizabeth II juga menganugerahi Tompleton dengan gelar kebbangsawanan untuk prestasi yang dimilikinya.

Baca Juga : Cara Bermain Saham Untuk Pemula Mudah dan Menguntungkan

5. Jesse Livermore

Kisah Livermore rasanya bisa menginspirasi orang-orang yang sebelumnya tidak pernah belajar saham. Ia tidak mempunyai pengalaman pendidikan formal maupun pengalaman perdagangan saham. 

Livermore merupakan investor mandiri yang belajar secara otodidak dengan melihat pengalaman orang yang berhasil atau orang yang gagal dalam aktivitas jual-beli bursa modal. 

Keberhasilan maupun kegagalan orang lain dipelajari oleh Livermore untuk memperkuat ide perdagangan yang masih bisa ditemukan di pasar saham ini. Di usia 15 tahun, Livermore sudah berhasil memperoleh keuntungan lebih dari US$1.000. 

Bagi seorang remaja, tentu saja angka tersebut sangat besar dan fantastis.

Baca Juga  11+ Aplikasi Bisnis Online Terbaik yang Wajib Dimiliki Pebisnis Pemula

6. Lo Kheng Hong

Di kancah nasional, kehadiran Lo Kheng Hong diberi julukan sebagai Warren Buffet Indonesia. Kesuksesan dalam belajar strategi investasi Warren Buffet membuat Lo Kheng Hong diberi julukan tersebut. Kisah sukses investor saham Indonesia ini sudah banyak diberitakan di media. 

Lo Kheng Hong merupakan orang yang sukses dalam mencapai financial freedom dengan cara investasi saham. Dibandingkan menjadi trader atau investor jangka pendek, Lo Kheng Hong memilih untuk menjadi investor jangka panjang. 

Di tahun 2012, diketahui bahwa Lo Kheng Hong memiliki aset saham dengan nilai Rp2,5 triliun. Lo Kheng Hong mengalokasikan asetnya di pasar modal. Sementara itu, sisa sebesar 15% dijadikan sebagai dana darurat. 

Terdapat 2 saham yang tercatat memberi keuntungan yang fantastis untuk Lo Kheng Hong, yaitu MBAI dan UNTR.

Baca Juga : 5 Aplikasi Investasi Online Modal Kecil

7. Andrian Wijaya

Kata siapa hanya orang dewasa yang bisa berkecimpung dalam dunia saham? Kisah Andrian Wijaya investor sukses membuktikan bahwa anak SMA bisa sukses dalam investasi saham. 

Pengalaman profesional pertama Andrian Wijaya yaitu saat ia berpartisipasi dalam olimpiade pasar modal. Memiliki pengetahuan yang telah diajarkan sang kakak, Andrian Wijaya berhasilkan memperoleh juara kedua untuk tingkat nasional. 

Hadiah olimpiade yang didapatkannya juga diinvestasikan di pasar saham. Dari kisah Andrian Wijaya, orang-orang perlu tahu bahwa berinvestasi saham tidak mengenal batasan usia. 

Selain itu, investasi juga tidak selalu harus dengan modal yang fantastis. Diperlukan kemauan untuk belajar serta tidak patah semangat untuk terjun dalam dunia saham.

8. Andika Sutoro

Sosok investor muda sukses dari Indonesia yang perlu diketahui adalah Andika Sutoro. Ia telah belajar mengenai investasi dari usia 15 tahun yang berawal dari rasa penasaran untuk mencari daftar orang terkaya di dunia. 

Dari kisah-kisah yang ia baca, Andika memiliki kesimpulan bahwa banyak dari orang kaya tersebut bisa mendapatkan kekayaan dengan investasi saham. Warren Buffet merupakan sosok yang paling menarik perhatian Andika. 

Baca Juga  Stockbit vs Ajaib: Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

Untuk memulai investasi saham, Andika mendapatkan modal dari hasil berjualan online. Pada saat itu, Andika mencoba berjualan CD kicauan burung walet sampai memperoleh penghasilan sebesar Rp10 juta. Dari penghasilan tersebut, Andika menggunakannya sebagai modal investasi. 

Hasil yang didapatkan juga mengejutkan, karena dari sejumlah uang yang diinvestasikan ia memperoleh keuntungan sampai 50% dalam waktu 6 bulan. Hal ini membuat Andika berani untuk menambah modal sampai sepuluh kali lipat. 

Hingga saat ini Andika berhasil menjadi seorang investor sukses.

Baca Juga : 5 Investasi Online yang Cocok untuk Pemula

9. Aab Abdullah

Kisah investasi Aab Abdullah merupakan sebuah bukti bahwa siapa saja bisa sukses berinvestasi asalkan memiliki keinginan dan kemauan untuk belajar. Aab Abdullah merupakan seorang sopir taksi yang berhasil mendapatkan keuntungan sebagai investor saham. 

Awal kisah Aab berkecimpung dalam dunia saham adalah saat ia menjadi sopir yang menunggu penumpang di kawasan BEI atau Bursa Efek Indonesia. Aab yang sudah memiliki ketertarikan dengan dunia saham, kala itu melihat spanduk dengan tulisan Yuk Nabung Saham. 

Di awal, Aab membeli saham PT Wijaya Karya Tbk. Untuk beberapa waktu, saham tersebut berwarna merah dan ia memutuskan untuk menahannya. Setelah beberapa saat, saham tersebut kembali menjadi hijau dan Aab memiliki keinginan untuk menjual. 

Namun, beberapa rekan memberi saran untuk menahan. Keputusan tersebut dinilai cukup tepat, karena akhirnya Aab bisa memperoleh keuntungan Rp300 ribu dari modal awal Rp 3 juta. Aab memiliki saran untuk investor saham untuk mengamati kinerja perusahaan serta sentimen pasar. 

Jika sentimen pasar negatif dan perusahaan memiliki kinerja baik, bisa jadi penurunan saham tidak berlangsung lama.

Untuk menjadi seorang investor sukses diperlukan kedisiplinan, keinginan untuk terus belajar, dan bersabar. Investasi rasanya kurang cocok bagi orang yang hanya ingin mendapatkan keuntungan dalam semalam saja, karena diperlukan keuletan untuk bisa sukses dalam waktu yang panjang.

Related Posts