Home Investasi IPOT VS Ajaib, Investasi Mana yang Cocok bagi Pemula?
ipot vs ajaib

IPOT VS Ajaib, Investasi Mana yang Cocok bagi Pemula?

by Titis NP

IPOT dan Ajaib menjadi dua aplikasi investasi yang cukup terkenal di kalangan investor, baik itu pemula maupun profesional. Walaupun sama-sama digemari oleh masyarakat investor, berikut ini perbandingan IPOT vs Ajaib yang dapat diperhatikan sebelum memilih aplikasinya.

Indo Premier Online Technology (IPOT)

Menjadi salah satu perusahaan sekuritas terbaik dan terbesar di Indonesia, IPOT menawarkan investasi di pasar modal baik perseorangan juga korporasi. Terbukti aman, IPOT juga telah berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berdiri sejak tahun 1996, IPOT berhasil menduduki peringkat teratas dalam persaingan pasar obligasi pada pertengahan tahun 2019 dengan volume transaksi mencapai Rp10 triliun serta penguasaan pangsa pasar sebesar 20%.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pendaftaran melalui online, sehingga tidak perlu repot-repot pergi dan mendatangi kantor cabang. Bila dijabarkan, berikut ini adalah kelebihan-kelebihan IPOT.

  • Pendaftaran akun dapat dilakukan online tanpa harus bertatap muka.
  • Tidak ada minimum deposit ketika membuka akun saham.
  • Integrasi investasi saham dan reksadana ada di satu aplikasi.
  • Adanya beragam fitur dalam memudah investor saat bertransaksi saham.
  • Charting Stock & Fund cukup lengkap.
  • Adanya fitur berita dan riset mendalam dari Tim Indo Premier Sekuritas sendiri.
  • Tampilan user interface atau antarmuka tidak sulit dipahami.

Ajaib

Ajaib merupakan salah satu aplikasi saham terbaik yang telah mendapat izin dari OJK. Platform ini dapat dikatakan ideal untuk dipakai berinvestasi saham karena kredibilitas yang tak perlu diragukan lagi. Untuk memiliki aplikasi ini, dapat diperoleh dengan mudah dengan mengunduh di PlayStore.

Hingga kini, Ajaib telah memiliki produk reksa dana berjumlah 130 dari 21 Manajer Investasi yang berbeda-beda. Program refferal pun menjadi keunggulan lain aplikasi ini, serta tidak ada subscription fee dan redemption fee ketika akan membeli dan menjual reksa dana.

Baca Juga  Penyebab Investasi Gagal Adalah Ini

Baik IPOT maupun Ajaib sama-sama digemari oleh banyak kalangan investor, sehingga review IPOT vs Ajaib diperlukan bagi nasabah yang akan memilih salah satu aplikasi ini.

Perbandingan IPOT vs Ajaib

1. Minimal Deposit

IPOT ialah aplikasi saham milik Indo Premier Sekuritas. Kelebihan platform ini adalah tidak adanya batasan minimal deposit bagi pengguna. Kelebihan ini cocok bagi para pemula yang baru mau mencoba memasuki dunia saham atau trading dengan besar modal yang relatif kecil.

Biaya tiap transaksi adalah sebesar 0,29%, sementara fee membeli saham adalah 0,19%. Ajaib memiliki panduan serta rekomendasi produk paling sesuai dan terbaik dalam memberi profit berdasarkan keadaan keuangan investor.

Salah satu keunggulan Ajaib yang lain adalah calon investor dapat membuka rekening saham. Itu membuat proses transaksi deposit dana di awal tidak diperlukan lagi. Sesi transaksi jual-beli saham pun dapat dimulai dengan nilai yang relatif murah dan terjangkau.

Kisaran nilai itu ialah 0,10% untuk transaksi harian di bawah Rp150 juta, serta akan semakin rendah jika nilai transaksi harian semakin besar.

2. Tawaran Layanan

IPOT menawarkan layanan investasi saham, reksa dana, serta Exchange Traded Fund (ETF). Untuk melihat perbandingan layanan IPOT vs Ajaib, Ajaib merupakan aplikasi yang berada di bawah kepemilikan Ajaib Group

Ajaib Group juga menaungi dua perusahaan, yaitu Ajaib Sekuritas dan Ajaib Reksadana. Hal ini menjadikan Ajaib menawarkan dua opsi investasi sekaligus, yakni saham dan reksadana.

Jadi, bagi para nasabah yang ingin berinvestasi saham dan reksadana sekaligus, tidak perlu memiliki dua aplikasi yang berbeda, melainkan memakai satu aplikasi ini saja.

3. Tampilan User Interface

Perbandingan IPOT vs Ajaib berikutnya ialah tampilan antarmuka. Baik tampilan user interface atau antarmuka IPOT dan Ajaib sama-sama ramah bagi pemula dan tidak sulit dipahami.

Baca Juga  Pintu vs Tokocrypto, Mana yang Cocok Bagi Pemula?

4. Metode Pembayaran

Pembayaran reksa dana melalui IPOT telah menggunakan rekening dana nasabah (RDN) yang dibuat ketika melakukan registrasi online, selayaknya rekening bank biasa dengan nomor rekening dan atas nama sendiri.

Untuk perbandingan IPOT vs Ajaib, Ajaib sendiri masih menggunakan transfer manual dalam metode pembayarannya, dapat pula melalui e-wallet OVO serta mewajibkan nasabah untuk mengunggah bukti transfer.

Review Bibit VS Ajaib

Bibit merupakan aplikasi saham lain seperti halnya IPOT dan Ajaib. PT. Bibit Tumbuh bersama ialah pelopornya, di mana pada platform ini, pengguna dapat melakukan jual-beli saham berbentuk reksa dana. Keamanan Bibit pun telah terjamin sebab aplikasi ini terdaftar dalam pengawasan OJK.

Penggunaan Bibit juga dapat dikatakan mudah, sehingga investor dari kalangan pemula hingga profesional mengandalkan aplikasi ini. Pendaftaran online pada Bibit dapat selesai dalam beberapa menit saja. Oleh sebab itu, dana investasi bisa dicairkan kapanpun dengan tidak ada penalti. 

Hal ini memungkinkan pengguna memilih opsi jalur investasi berdasarkan penghasilan atau dana yang ingin dialokasikan. Bibit juga mampu melakukan penyesuaian yang berhubungan dengan alokasi investasi yang didasarkan pada risiko profil.

Setelah mengetahui perbandingan IPOT vs Ajaib, simak perbandingan Bibit dan Ajaib berikut ini.

1. Tawaran Layanan

Bibit menawarkan layanan dengan beragam opsi dari reksa dana tersebut, seperti pasar uang, obligasi, dan sebagainya. Pengguna Bibit dapat melakukan pendaftaran secara online serta jual-beli reksa dana dengan tidak memungut biaya alias gratis.

2. Metode Pembayaran

Bila melihat review IPOT vs Ajaib sebelumnya, IPOT memiliki RDN, sementara Ajaib hanya melalui transfer dan OVO. Bibit juga didukung oleh banyak macam e-wallet dalam metode pembayarannya, seperti melalui virtual account, GoPay, dan LinkAja. 

3. Minimal Deposit

Minimal nilai investasi di Bibit juga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp10.000 dan pengguna sudah dapat bertransaksi lewat aplikasi ini. Besarnya cukup baik untuk pemula, apalagi mereka yang masih ingin belajar mengenai pasar modal tanpa takut merugi dalam jumlah besar.

Baca Juga  12 Rekomendasi Investasi Saham Jangka Panjang yang Bagus

4. Fitur Unggulan

Bibit juga memiliki unggulan sebab dapat menjadi asisten ketika berinvestasi. Terkadang, pengguna bingung menentukan pola investasi yang tepat seperti apa.

Fitur AI bernama Robo Advisor dalam Bibit dapat membantu merekomendasikan pola itu berdasarkan penghasilan, level risiko, dan tujuan investasi si nasabah.

Sesudah nasabah mendaftar, aplikasi akan menyeleksi profil, usia, penghasilan, risiko, hingga target investasi sehingga para investor tidak bingung harus mengalokasikan dana yang dimiliki untuk disimpan ke mana.

Tips Memilih Aplikasi Saham

Setelah melihat dan mengetahui perbandingan IPOT vs Ajaib dan Bibit pada penjabaran di atas, berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih aplikasi saham terbaik, serta hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih aplikasi saham.

  • Cobalah untuk menyesuaikan rekening bank yang dimiliki, sebab ada sekuritas yang cuma mengadakan opsi rekening dana nasabah (RDN) tertentu.
  • Bandingkan fee trading bernilai rendah. Ini akan menolong saat bertransaksi dalam jual-beli saham, dengan artian tidak harus membayar fee dengan nilai tinggi walaupun sering bertransaksi.
  • Sesuaikan dengan dana yang tersedia. Terdapat sekuritas yang mewajibkan alokasi dana awal dengan nilai cukup tinggi. Bagi investor pemula yang baru menggeluti dunia investasi saham, lebih baik memilih sekuritas dengan adanya syarat setoran awal minimum.
  • Pastikan bahwa aplikasi tidak sulit digunakan. Hal ini dapat dilihat dengan user interface masing-masing aplikasi dan memperhatikan review-review aplikasi lewat PlayStore.

Dengan berbagai penjabaran mengenai IPOT vs Ajaib di atas, ada baiknya untuk memperhatikan lebih matang lagi sebelum benar-benar memilih aplikasi yang akan diunduh dan dipakai, agar di kemudian hari tidak merasa rugi saat berinvestasi.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts