Home Asuransi 6 Jenis Asuransi Kesehatan dan Manfaat Memilikinya
jenis asuransi kesehatan

6 Jenis Asuransi Kesehatan dan Manfaat Memilikinya

by Titis NP

Ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing orang. Kesehatan sendiri merupakan ‘hadiah’ paling berharga bagi setiap orang. Karena itu, sangat penting untuk mengikuti pola hidup sehat dan segera berobat ke tempat yang seharusnya saat sakit. 

Masalahnya, biaya berobat semakin tinggi setiap tahunnya, dan inilah alasan mengapa setiap orang perlu memiliki asuransi kesehatan bahkan sejak usia muda. Berikut adalah informasi seputar jenis dan manfaat asuransi kesehatan yang ada di negeri ini:

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Macam-macam asuransi kesehatan dibedakan berdasarkan jenis perawatan yang akan ditanggung pihak perusahaan asuransi, jenis tertanggung, dan jenis dari perusahaan asuransi itu sendiri. 

Sangat penting untuk memahami berbagai jenis asuransi kesehatan di Indonesia agar bisa menjatuhkan pilihan pada jenis yang paling tepat. Berikut beberapa jenisnya:

  • Asuransi Personal

Sesuai namanya, jenis asuransi ini hanya bisa menanggung biaya pengobatan untuk satu orang yang namanya terdaftar sebagai penerima asuransi.

  • Asuransi Kelompok

Kebalikan dari asuransi personal, asuransi kelompok adalah jenis asuransi yang bisa membiayai pengobatan untuk seluruh anggota kelompok yang sudah didaftarkan, seperti satu perusahaan atau satu keluarga. Jadi, setiap orang yang terdaftar di dalam kelompok memiliki perlindungan kesehatan yang sama.

banner dana darurat gadai kendaraan

  • Asuransi Swasta 

Asuransi jenis ini hanya tersedia di perusahaan asuransi swasta alias non pemerintah. Jenis asuransi inilah yang sering dianggap mahal oleh sebagian orang, karena premi yang harus dibayarkan akan ditanggung seluruhnya oleh nasabah.

  • Asuransi Pemerintah

Asuransi jenis ini cenderung lebih murah karena premi yang harus dibayarkan tidak hanya ditanggung oleh nasabah tapi juga dibantu/disubsidi oleh pemerintah. Sayangnya, asuransi jenis ini lebih terbatas jika dibanding dengan auransi swasta.

  • Asuransi Rawat Inap

Asuransi jenis ini adalah yang paling banyak dipilih karena pemiliknya tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun saat harus dirawat di rumah sakit atau pusat medis lainnya. Mulai dari biaya kamar, obat, dokter, dan sebagainya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  • Asuransi Rawat Jalan

Beberapa jenis penyakit membutuhkan pengobatan rawat jalan yang tidak sebentar, yang tentunya akan memakan banyak biaya. Namun dengan asuransi rawat jalan, seluruh biaya pengobatan mulai dari konsultasi dokter, obat-obatan, tes lab, dan sebagainya akan dibayar oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga  13 Rekomendasi Daftar Fee Sekuritas Termurah di Indonesia

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Saat ini sudah ada banyak perusahaan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia untuk berbagai kalangan dan usia, mulai dari yang kondisi keuangannya biasa hingga berlebih. Premi yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan tersebut juga cukup beragam, yang dapat dipilih sendiri sesuai dengan kemampuan.

Sayangnya, banyak orang memutuskan untuk memiliki asuransi kesehatan setelah berada di usia tua misalnya setelah pensiun, padahal asuransi justru harus dimiliki sedini mungkin. Agar tidak ragu untuk mendaftar, inilah sejumlah manfaat utama memiliki asuransi kesehatan bagi setiap orang:

  • Tidak Bingung atau Panik Saat Sakit

Memiliki asuransi kesehatan, jenis apapun itu, akan membuat hidup lebih tenang karena saat tiba-tiba sakit tidak perlu pusing/bingung/panik dengan biayanya, terutama saat pandemi Covid-19 masih belum juga mereda seperti sekarang.

Jadi saat sakit, pemilik asuransi kesehatan hanya perlu fokus dengan kondisi badan dan bisa istirahat dengan lebih tanpa pusing memikirkan biaya berobat. Ketenangan jiwa dan pikiran tentu akan sangat berpengaruh terhadap proses pemulihan.

  • Tidak Merepotkan Orang Lain

Jika seseorang belum memiliki asuransi kesehatan, dan saat tiba-tiba sakit sedang tidak memiliki dana darurat misal, maka kemungkinan besar harus meminjam uang kepada keluarga, teman, saudara, atau tetangga, yang secara tidak langsung akan membebani mereka.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk orang-orang yang sudah memiliki asuransi kesehatan, karena biaya berobat akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu, maka pihak keluarga dan teman atau saudara hanya perlu memberikan perhatian tanpa ikut mengeluarkan uang.

  • Kondisi Keuangan Lebih Baik

Tanpa disadari, memiliki asuransi kesehatan akan sangat berpengaruh terhadap kondisi keuangan. Karena harus membayar premi asuransi setiap bulan atau tahun, maka peserta asuransi tentunya harus memiliki pemasukan yang stabil dan kondisi ini akan membuat uang keluar masuk menjadi lebih teratur.

Baca Juga  5 Cara Mencari Investor Untuk Modal Usaha Bagi Pemula

Selain itu, karena tidak harus berhutang saat tiba-tiba sakit tadi, maka kondisi keuangan pun akan menjadi lebih sehat, yang tentu saja sangat bagus untuk jangka panjang. 

  • Selalu Aman/Terlindungi Kapan dan di Mana Saja

Pandemi seperti saat ini telah membuat seluruh dunia menyadari bahwa urgensi medis tidak dapat diprediksi dan dapat menyebabkan pergolakan keuangan yang sulit ditangani. Tingkat infeksi yang tinggi dan terus bertambah menyiratkan betapa pentingnya memiliki rencana asuransi kesehatan sejak dini.

Dengan kata lain, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, dan lebih baik mempersiapkan sesuatu daripada tidak sama sekali, seperti pepatah yang mengatakan “Sediakan payung sebelum hujan”.

Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang tidak pasti ini adalah dengan memiliki asuransi kesehatan yang jenisnya dapat dipilih sendiri berdasarkan kebutuhan dan preferensi.

Asuransi ini akan sangat bermanfaat jika terjadi keadaan tidak terduga di kemudian hari bahkan ketika berada di luar negeri (tergantung pada perusahaan dan jenis asuransi yang dipilih), dan pemilik asuransi dapat mengklaim pencairannya saat sedang dibutuhkan.

  • Melindungi Diri Sendiri dan Keluarga

Salah satu hal paling melegakan dan menenangkan adalah sudah tahu bahwa diri sendiri dan anggota keluarga akan mendapatkan perawatan medis terbaik jika tiba-tiba sakit. Karena itu, saat mendaftar asuransi kesehatan untuk diri sendiri jangan lupa mendaftarkan anggota keluarga juga.

Baca Juga  5 Investasi Online yang Cocok untuk Pemula

Pertimbangkan orang tua yang mungkin sudah lanjut usia yang cenderung rentan terhadap penyakit, serta anak-anak yang biasanya mudah terserang sakit tertentu saat sedang memilih jenis asuransi kesehatan yang paling tepat.

  • Mengatasi Inflasi Medis

Ketika jumlah teknologi medis dan penyakit meningkat, biaya pengobatan juga akan ikut meningkat, dan penting untuk dipahami bahwa biaya pengobatan tidak terbatas pada rumah sakit saja tapi juga biaya konsultasi dokter, ambulans, tes, biaya ruang operasi, sewa kamar, obat-obatan, dan sebagainya.

Semua biaya ini dapat memberi tekanan yang cukup besar pada keuangan jika tidak dipersiapkan sejak sekarang. Namun dengan membayar premi yang relatif terjangkau, setiap orang dapat mengatasi beban inflasi medis sambil memilih jenis perawatan yang berkualitas tanpa khawatir dengan biaya.

  • Melindungi Tabungan dan Masa Depan

Penyakit yang tidak terduga kadang tidak hanya menyebabkan penderitanya mengalami sakit fisik tapi juga mental karena harus berurusan dengan biaya pengobatan yang mahal.

Namun dengan membeli polis asuransi kesehatan yang sesuai, setiap orang dapat mengelola pengeluaran medis dengan lebih baik tanpa menguras tabungan.

Jadi, tabungan yang sudah ada dapat digunakan untuk rencana masa depan yang sudah dipersiapkan seperti membeli rumah, pendidikan anak, tabungan pensiun, liburan keliling dunia, dan sebagainya.

Asuransi sangat penting dan dapat berguna pada saat tertentu, seperti asuransi kesehatan yang akan bermanfaat ketika harus rawat jalan atau bahkan menginap di rumah sakit. Jenis asuransi kesehatan yang bagus adalah yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan dan finansial.

Related Posts