Home Asuransi 5 Jenis Asuransi Mobil dan Manfaat Memilikinya
jenis asuransi mobil

5 Jenis Asuransi Mobil dan Manfaat Memilikinya

by Titis NP

Ada beberapa jenis asuransi mobil di Indonesia, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial masing-masing orang. Asuransi mobil sendiri termasuk sangat penting terutama untuk mobil baru. Harganya yang tidak murah tentu menjadi alasan utama untuk merawat dan menjaganya dengan baik.

Selain menjadi salah satu barang berharga karena mampu memberikan kesan prestige saat memakainya, mobil juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena berfungsi sebagai moda transportasi. Jika dirawat dengan apik, kendaraan ini juga bisa memiliki nilai jual yang stabil sehingga tidak merugikan.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Meningkatnya jumlah kendaraan di jalan raya terutama kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta telah menciptakan resiko kecelakaan lalu lintas yang lebih tinggi. Ketika hal itu terjadi, pemilik mobil atau pengemudi mobil harus membayar beberapa biaya yang ditimbulkan akibat kerusakan yang ada.

Selain harga beli yang mahal, biaya perbaikan mobil juga terbilang tidak sedikit apalagi untuk mobil-mobil khusus yang komponennya tidak tersedia di Tanah Air. 

Agar tidak membuat bingung atau pusing di kemudian hari jika terjadi hal-hal tak diinginkan, saat ini sudah banyak orang mulai membeli polis asuransi mobil yang jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

  • Collision Coverage/Asuransi Tabrakan

Jika pemilik mobil terlibat dalam kecelakaan dengan kendaraan lain, atau jika menabrak benda (misalnya pagar, pembatas jalan, dan sebagainya), maka asuransi tabrakan dapat membantu membayar untuk memperbaiki kerusakan mobil.

Jika kondisi mobil rusak parah dan kemungkinan dapat dipulihkan seperti kondisi awal sangat kecil, maka pihak perusahaan asuransi juga akan memberikan opsi untuk biaya penggantian mobil yang jumlahnya sesuai harga dari mobil tersebut. Dengan begitu, maka pemilik mobil bisa membeli mobil baru yang sama persis.

Baca Juga  Terjerat Pinjol Ilegal? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya

banner gadau bpkb gadai kendaraan

  • Asuransi Pembayaran Medis

Jika pemilik mobil dan/atau penumpang lain yang ikut di dalamnya (anggota keluarga, teman, saudara, atau lainnya) mengalami luka akibat kecelakaan yang disebabkan oleh si pemilik mobil, maka asuransi pembayaran medis dapat membantu membayar biaya yang terkait dengan cedera/luka-luka yang dialami. 

Biaya yang ditanggung perusahaan asuransi umumnya untuk pembelian obat-obatan dan konsultasi dengan dokter. Namun kadang juga termasuk rawat inap di rumah sakit, operasi, rontgen, dan lainnya tergantung isi perjanjian.

  • Asuransi Cedera Pribadi

Asuransi cedera pribadi biasa disebut juga dengan PIP, yang merupakan singkatan dari Personal Injury Protection. Asuransi mobil jenis ini akan mengcover biaya pengobatan medis pasca kecelakaan mobil yang sudah diasuransikan. 

Jenis asuransi mobil yang satu ini juga dapat membantu mengcover biaya lain yang timbul karena cedera/luka yang dialami pemilik mobil akibat kecelakaan tadi. Misalnya saja seperti biaya penitipan anak atau kehilangan pendapatan karena tidak bisa bekerja untuk sementara waktu.

  • Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) 

Secara harfiah, istilah total loss only memiliki arti hanya ketika kerugian total terjadi/diderita oleh pemilik mobil. Artinya, klaim asuransi hanya dapat dilakukan apabila terjadi kerugian total.

Pada kasus klaim asuransi mobil, kerugian total ini mengacu pada kondisi ketika di atas 75% mobil rusak atau mobil hilang karena pencurian, perampokan, atau begal. Jika kerusakan kurang dari 75%, maka pemilik mobil tidak akan mendapatkan klaim asuransi. 

Standar 75% ini ditentukan untuk memastikan bahwa mobil tidak lagi dapat digunakan. Salah satu kelebihan asuransi mobil jenis ini adalah preminya seringkali lebih murah.

  • Asuransi Mobil All Risk 

Jenis asuransi ini disebut juga disebut komprehensif atau all-inclusive, yang artinya adalah perusahaan asuransi akan membayar klaim atas segala jenis kerusakan mobil mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, atau bahkan hilang. 

Baca Juga  Mengenal Robot Trading, Plus Minus Investasi Menggunakan Robot Trading

Berbeda dengan asuransi TLO, asuransi all risk akan membayarkan klaim asuransi walaupun ada sedikit goresan pada body mobil. Oleh karena itu, premi asuransi mobil all risk lebih mahal jika dibanding dengan asuransi TLO. Namun, ada juga beberapa resiko yang tidak ditanggung oleh asuransi all risk, seperti:

  • Banjir, badai, hujan es, dan tanah longsor.
  • Tsunami, gempa bumi, dan letusan gunung berapi.
  • Kerusuhan atau huru-hara.
  • Terorisme dan sabotase.
  • Tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga.

Jika menginginkan perlindungan lebih luas terhadap sejumlah resiko di atas, maka pemegang polis asuransi perlu mengeluarkan biaya tambahan yang jumlahnya bisa berbeda-beda tergantung masing-masing perusahaan asuransi. 

Namun, ada juga beberapa perusahaan asuransi yang sudah mengcover sejumlah resiko di atas. Jadi, khusus untuk asuransi mobil all risk, detail kerugian yang akan diganti sangat tergantung pada perusahaan asuransi mana yang dipilih.

Apa Jenis Asuransi Mobil Terbaik?

Setelah mengetahui beberapa jenis asuransi di atas, mungkin akan timbul pertanyaan “Asuransi jenis mana yang sebaiknya dipilih?” Berikut jawabannya:

  • Pilihlah asuransi all risk jika nilai mobil yang dimiliki cukup tinggi alias mahal, sehingga membutuhkan biaya besar bahkan untuk kerusakan sangat kecil sekalipun.
  • Pilih asuransi all risk dan Total Loss Only (TLO) jika memiliki bisnis persewaan mobil atau kursus mengemudi.
  • Pilih asuransi Pembayaran Medis jika frekuensi penggunaan mobil cukup tinggi.
  • Pilih asuransi tabrakan jika sering mengemudi di jalan yang padat dengan resiko kecelakaan cukup tinggi.

Jika masih bingung, bisa juga memilih untuk menggunakan dua jenis asuransi kendaraan mobil, misalnya memilih asuransi mobil jenis TLO dengan All Risk. 

Baca Juga  Rekeningku VS Indodax: Aplikasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

Sebagai contoh, jika mobil yang dimiliki adalah mobil baru yang baru saja keluar dari showroom, maka disarankan membeli polis asuransi all risk untuk tahun pertama dan kedua. Setelah itu, dapat mengasuransikan mobil dengan membeli polis asuransi TLO untuk tahun ketiga dan seterusnya.

Manfaat Membeli Asuransi Mobil

  • Memberikan Perlindungan Terhadap Kendaraan

Asuransi mobil dapat memberikan perlindungan bagi pemilik mobil terhadap kerugian akibat kejadian yang tidak terduga di kemudian hari.

  • Keuangan Lebih Stabil

Ketika sebuah mobil mengalami kerusakan, maka membutuhkan biaya untuk memperbaikinya. Karena perusahaan asuransi menanggung biaya, maka pihak tertanggung/pemilik mobil tidak akan terlalu terbebani dengan biaya yang harus dikeluarkan, sehingga keuangan pribadi tidak akan terganggu.

  • Ada Banyak Opsi Asuransi

Beberapa jenis perusahaan asuransi mungkin hanya menawarkan jenis asuransi all risk dan TLO. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang menawarkan lebih banyak jenis seperti asuransi tabrakan, asuransi, pembiayaan medis, cedera pribadi, dan sebagainya. 

Bahkan, ada juga beberapa perusahaan yang menyediakan bantuan hukum dengan pihak ketiga, menyediakan mobil derek, menawarkan mobil pengganti saat mobil yang diasuransikan dirawat di bengkel, dan sebagainya. Masing-masing jenis asuransi tersebut memberikan manfaat lebih bagi pemegang polis.

  • Mendapat Perlindungan Kecelakaan Diri 

Manfaat lain dari mengasuransikan mobil adalah memberikan perlindungan kecelakaan diri dengan jumlah biaya yang telah ditentukan sebelumnya (sesuai perjanjian).

Perlindungan ini bahkan juga mencakup penumpang lain tanpa nama yang jumlah maksimumnya sesuai dengan kapasitas tempat duduk dari mobil yang diasuransikan, dengan jumlah dana yang bisa diklaim berdasarkan polis asuransi yang sudah disepakati.

Berikan perlindungan lebih untuk mobil kesayangan dengan memilih salah satu jenis asuransi mobil dalam daftar di atas. Sedangkan untuk pemilik mobil yang mungkin sedang membutuhkan dana darurat dan ingin menggadaikan BPKB, gadaikendaraan.com bisa dijadikan pilihan.

Related Posts