Home Investasi 3 Cara Jual Emas Tanpa Surat (Mudah dan Menguntungkan!)
jual emas tanpa surat

3 Cara Jual Emas Tanpa Surat (Mudah dan Menguntungkan!)

by Titis NP

Bagi masyarakat, emas merupakan komoditas investasi yang paling disukai karena mudah dijual dan harganya cenderung naik. Tapi, apakah akan laku walaupun suratnya sudah hilang? Tenang, jual emas tanpa surat tetap bisa dilakukan asalkan mengetahui cara yang tepat. 

Menjual emas yang dilengkapi dengan surat memang menaikkan harga jual. Sebab, surat pembelian emas memuat keaslian kadar emas dan beratnya. Dengan begitu, calon pembeli pasti akan percaya. Bagi yang ingin mendapatkan uang tapi surat pembelian emasnya hilang, berikut tersaji solusinya. 

Bagaimana Cara Jual Emas Tanpa Surat? 

Apabila tanpa surat, harga jual emas akan jatuh karena orang lain meragukan keasliannya. Hal tersebut tidak selalu benar jika menerapkan cara-cara berikut untuk menjual emas tanpa surat pembelian: 

1. Mendatangi Toko Emas 

Rekomendasi pertama bagi yang ingin jual emas tanpa surat dengan mudah adalah dengan membawa emas tersebut ke toko perhiasan. Kebanyakan, toko perhiasan akan tetap menerima perhiasan yang akan dijual kembali walaupun tidak dilengkapi dengan bukti pembelian. 

Nantinya, pihak toko akan melakukan penaksiran dengan bantuan mesin khusus. Tujuannya untuk mengetahui kadar dan berat emas. Berdasarkan hasil penaksiran, pihak toko akan menentukan harga dari emas yang dijual kembali tersebut. 

Walaupun toko tersebut menerima, tapi konsekuensinya adalah potongan harga yang relatif besar. Jadi, sebisa mungkin untuk menjual kembali emas di toko tempat membeli perhiasan tersebut. Biasanya, pihak toko tetap mau membayar lebih besar dibandingkan toko lain. 

2. Melalui Marketplace 

Selanjutnya, menjual emas tanpa bukti pembelian dapat dilakukan melalui marketplace. Jika memilih cara ini, maka pemilik emas dapat mematok harga jual secara mandiri, bukan pihak pembelinya. 

Peluang untuk mendapatkan untung terkesan lebih besar. Syaratnya, pemilik emas harus mengetahui nilai emas yang berlaku di pasaran. Dengan bekal tersebut, maka dapat menentukan harga jual emas dengan memperhatikan sisi untung dan ruginya. 

Baca Juga  Cara Bermain Saham Untuk Pemula Mudah dan Menguntungkan

Apabila menginginkan keuntungan yang cukup besar, maka pilihlah waktu ketika harga emas di pasaran sedang naik. Selain penetapan harga, menjual perhiasan di marketplace juga perlu memperhatikan sisi visual. 

Pastikan foto yang diunggah adalah foto emas asli yang dimiliki. Aturlah tata letak emasnya, background, dekorasi secukupnya dan pencahayaan sehingga terlihat menarik dilihat. Lengkapi juga dengan deskripsi produk emas tersebut, termasuk keterangan tanpa surat-surat.  

3. Menjual Langsung ke Orang Lain 

Masih ada cara lain untuk jual emas tanpa surat yakni memasarkan perhiasan tersebut secara langsung ke orang lain. Sebenarnya hampir sama dengan menjual via marketplace karena menerapkan direct selling. Bedanya ada pada platform yang digunakan. 

Menjual emas secara langsung ke orang lain, tidak membutuhkan aplikasi marketplace tertentu. Pemilik emas hanya perlu menawarkan ke saudara, teman atau tetangga secara langsung atau melalui chat. 

Bagaimana penetapan harganya? Sama seperti menjual via online shop, pemilik emas harus mencermati harga emas yang sedang berlaku untuk mematok harga jual perhiasan tersebut. Jangan lupa untuk meyakinkan calon pembeli bahwa emas tersebut asli dan berkualitas. 

Tips Menjual Emas Tanpa Surat agar Untung 

Pada dasarnya, ada atau tidaknya surat-surat yang lengkap, pemilik emas tetap bisa menjual asetnya tersebut ke orang lain. Namun, menjual emas yang tidak dilengkapi surat, membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya tambahan untuk mengecek keaslian serta kadar emas. 

Agar kerugian dapat diminimalisir sehingga uang dari penjualan masih bisa dikatakan menguntungkan, maka terapkan tips jual beli emas tanpa surat berikut ini: 

1. Mengamati Harga Emas  

Penting untuk diketahui bahwa cara jual emas tanpa surat yang menguntungkan adalah dengan berpatokan pada harga pasaran emas. Apabila berniat menjual emas, maka segera amati harga perhiasan tersebut di pasaran untuk menentukan perkiraan uang dari hasil penjualan. 

Kuncinya yaitu hindari menjual emas pada saat harga pasarannya rendah karena nominal yang didapat dari hasil penjualan akan sedikit. Waktu terbaik untuk menjual emas yakni ketika harga pasarannya ada di titik yang tertinggi sehingga keuntungan yang didapat akan maksimal.

Baca Juga  Stockbit vs Ajaib: Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

Apakah tanpa surat akan tetap mendapat untung? Tentu saja. Syaratnya hanya satu yakni menjual emas saat harga pasarannya berada di puncak. Walaupun tidak dilengkapi dengan surat pembelian, pemilik emas akan tetap mendapatkan untung karena menjualnya di saat yang tepat.  

2. Melakukan Pengecekan Emas

Menjual barang apapun, pasti akan cepat laris apabila tampilan barang tersebut bagus dan menarik. Jadi, pastikan untuk mengecek kondisi fisik emas sebelum dijual ke orang lain. Hal ini penting karena emas yang terlihat berkilau, mulus dan baik akan lebih menarik calon pembeli. 

Cara untuk membersihkan emas agar kilaunya kembali terlihat sangat mudah dilakukan. Pilihan cairan yang bisa dipakai yakni sabun cuci piring, cairan alkohol atau campuran antara cuka dan baking soda. 

Berikut langkah-langkah untuk membersihkan emas agar lebih menguntungkan saat dijual: 

  1. Tuang air hangat ke dalam wadah yang bersih;
  2. Campurkan sabun cuci piring secukupnya ke air hangat tersebut, kemudian aduk agar sabun cuci piring larut sepenuhnya dalam air;
  3. Setelah itu, masukkan emas ke dalam campuran tersebut;
  4. Diamkan selama beberapa menit hingga kotoran yang menempel pada permukaan emas, hilang semuanya;
  5. Lanjut pembersihan emas dengan menggosok seluruh permukaan emas secara perlahan menggunakan sikat yang super lembut;
  6. Angkat emas dari air kemudian keringkan menggunakan lap bersih yang lembut. 

Setelah diberi treatment yang spesial, emas akan kembali seperti baru. Sebenarnya, memoles ulang emas bisa dilakukan di toko perhiasan, tapi membutuhkan biaya. Maka, solusi untuk menghemat pengeluaran dan memaksimalkan keuntungan adalah dengan membersihkan sendiri. 

3. Menghitung Kadar Emas 

Jual emas tanpa surat tetap menguntungkan apabila mengetahui kadar emas yang akan dijual tersebut. Kemurnian yang dimiliki sebuah perhiasan emas akan mempengaruhi tinggi atau rendahnya harga jual sehingga wajib dipastikan terlebih dahulu. 

Umumnya, perhiasan emas yang kadarnya antara 80% hingga 96% akan dibanderol lebih tinggi saat dijual kembali. Bagi yang masih menyimpan surat-surat lengkap, maka bisa mengetahui kadarnya karena tertulis secara jelas. 

Baca Juga  Investasi Jangka Panjang: Pengertian, Contoh, dan Jenis Investasinya

Bagi yang suratnya hilang dan sama sekali tidak mengingat kadar emas yang dimiliki, berikut cara mengetahui kadar emas dengan akurat: 

  • Mendatangi Pegadaian 

Pegadaian memiliki layanan untuk menaksir kadar kemurnian berbagai jenis perhiasan yang terbuat dari emas, permata dan bahkan berlian. Cobalah untuk memanfaatkan jasa taksiran emas tersebut sehingga bisa mengetahui kemurnian emas yang akan dijual. 

  • Mendatangi Toko Perhiasan

Cara lain yang bisa dipilih adalah dengan mendatangi toko perhiasan. Semua toko perhiasan, pasti memiliki mesin khusus yang berguna untuk menghitung kadar kemurnian sekaligus berat perhiasan. 

  • Mengecek Kode pada Emas 

Tidak banyak yang tahu bahwa biasanya terdapat kode khusus pada perhiasan emas untuk menunjukkan kadarnya. Kode tersebut berupa angka yang dibubuhkan pada permukaan bagian dalam emas. 

Contohnya, kode angka bertuliskan 700 – 750 untuk menunjukkan bahwa kemurnian perhiasan tersebut ada di kisaran 70% dan 75%. 

Gadaikendaraan.com, Pinjaman Uang Cepat dan Aman 

Menjual emas untuk mendapatkan uang tunai merupakan pilihan yang tepat. Namun, masih ada cara lain lagi untuk memperoleh uang tunai dalam waktu singkat dan prosesnya aman yakni melalui gadaikendaraan.com. 

Mengapa harus memilih gadaikendaraan.com? Kelebihannya antara lain:

  • Mempunyai jaringan yang luas sehingga peminjam langsung berhubungan dengan surveyor resmi tanpa melibatkan pihak ketiga;
  • Membutuhkan hanya 1 hari untuk mencairkan dana pinjaman ke rekening peminjam;
  • Memiliki tim yang profesional dan handal sehingga mampu merespons setiap permohonan pinjaman dengan cepat;
  • Mensyaratkan dokumen yang tidak banyak, hanya BPKB kendaraan. 

Terdapat 3 cara yang mudah diterapkan untuk jual emas tanpa surat yakni melalui toko perhiasan, marketplace dan direct selling ke calon pembeli. Pastikan untuk mengecek harga pasaran emas dan kadar kemurniannya serta memastikan kondisi fisik emas tetap terlihat menarik untuk dijual.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts