Home Bisnis 15 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu Menguntungkan
jualan makanan dengan modal 20 ribu menguntungkan

15 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu Menguntungkan

by Titis NP

Jualan adalah salah satu ide usaha yang tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Bahkan hanya dengan modal 20 ribu, ada banyak ide usaha yang bisa dibuka dan memberikan keuntungan. Sebagai bahan inspirasi, ide jualan makanan dengan modal 20 ribu bisa mudah dilihat dari peluang yang ada di sekitar. 

 15 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu

Semua orang bisa memulai usaha jika memiliki kemauan. Bahkan hanya dengan modal yang sangat kecil, banyak pelajar yang sukses dengan usahanya. Bagi yang membutuhkan banyak inspirasi untuk membuka usaha jualan dengan modal mulai 20 ribu, berikut contoh usaha jualan yang bisa dicoba.

1. Jual Tahu Krispi

Tahu krispi adalah salah satu ide jualan yang menguntungkan dengan modal sangat kecil. Hanya dengan membeli tahu 10 ribu, sudah bisa menghasilkan 2 ember tahu krispi. Adapun bumbunya hanya membutuhkan tepung terigu yang bisa dibeli seharga 5 ribu saja.

Agar lebih gurih dan menarik, bisa juga dibaluri bumbu bubuk balado instan yang harganya tidak sampai 10 ribu. Sementara kemasannya cukup menggunakan plastik kecil yang bisa diwadahi ketika ada pembeli.

Dengan rasanya yang gurih, sasaran pelanggan tahu tidak hanya kalangan anak-anak saja. Tapi juga orang dewasa yang suka jajanan ringan.

2. Jual Cimol

Kalau memiliki lebih banyak waktu luang, usaha jualan makanan dengan modal 20 ribu yang satu ini bisa dicoba. Sejak awal muncul, jajanan cimol kian digemari hingga saat ini.

Padahal cara membuatnya sangat mudah dengan hanya bermodalkan tepung kanji dan beberapa bumbu dapur sederhana yang mudah didapatkan.

Baca Juga  10 Ide Usaha Jualan di Mobil Paling Laris Untung Besar

Bagi yang tidak punya gerobak untuk usaha keliling, bisa memulai jualan didepan rumah dan mempromosikannya melalui media sosial. 

3. Telur Gulung

Kue semprol atau telur gulung memang mulai jarang ditemui saat ini. Tapi ini justru jadi peluang besar untuk mulai mengembangkannya lagi. Apalagi modalnya hanya telur dan kemahiran dalam mengolahnya menjadi jajanan telur gulung yang gurih.

Ketika bisa mencari lokasi yang strategis, jualan telur gulung juga bisa memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

4. Makaroni Level Pedas

Kalau kebetulan punya link atau agen yang menjual makaroni kering mentah, bisa dimanfaatkan untuk usaha jualan makaroni level pedas. Makaroni mentah kering yang biasa dijual di pasaran bisa direbus dan digoreng kembali sebelum dibumbui dengan bubuk cabai.

Masyarakat Indonesia yang sebagian besar menyukai cabai dijamin akan suka dengan jajanan yang modalnya hanya di bawah 20 ribu ini. 

5. Kripik Bayam

Selanjutnya bisa mencoba usaha keripik bayam sebagai salah satu ide jualan makanan dengan modal 20 ribu. Apalagi bagi yang kebetulan memiliki lahan yang luas untuk menanam bayam sendiri, tentu modalnya bisa semakin kecil dengan keuntungan lebih besar.

Adapun bahan yang bisa digunakan untuk membuat olahan ini hanyalah tepung, minyak, dan bumbu krispi. Agar lebih menarik, kemasannya juga bisa dibuat dengan plastik yang lebih elegan dengan pembuka dan penutup elastis.

6. Sosis Goreng

Walaupun sudah banyak orang yang menjual sosis, tapi cemilan sosis goreng tetap memiliki banyak peminat. Apalagi dengan bahan sosis yang dianggap lebih sehat, sehingga orang tua biasa mengizinkan anaknya untuk membeli jajanan ini.

Sosis mentah yang dijual di pasaran bisa digoreng dan dibaluri bumbu dengan kreasi masing-masing. Lalu dijual dengan cara memotong kecil-kecil dan diaplikasikan dengan tusuk sate dan bumbu kecap serta saus. 

7. Es Dung-Dung

Zaman dulu, jualan makanan dengan modal 20 ribu ini sangat populer di kalangan anak-anak. Namun sejak kemunculan beragam es krim, es dung dung mulai ditinggalkan penggemarnya. 

Baca Juga  10 Ide Peluang Sukses Bisnis Milenial

Padahal kalau mau memasarkannya di tempat yang strategis, jualan es dung-dung sangat menguntungkan meski modalnya sangat kecil. Hanya campuran es dan santan saja, lalu diputar menggunakan alat tabung. 

Saat musim panas, jajanan ini bisa dijual di lokasi yang banyak anak kecil dan tentunya jauh dari penjual es krim. 

8. Es Lilin

Sama dengan es dung-dung, es lilin juga termasuk jajanan lama yang segar dan disukai anak kecil. Keberadaannya yang sangat langka saat ini dijamin akan menarik minat anak-anak zaman sekarang yang belum pernah merasakannya. 

Es lilin juga termasuk jualan makanan dengan modal 20 ribu karena modal utamanya hanyalah gula dan campuran rasa yang diinginkan serta freezer.

9. Es Wawan

Walaupun termasuk jajanan lama, saat ini masih banyak ditemukan penjual es Wawan. Selain cara membuatnya yang sangat praktis dengan modal kecil, es Wawan juga dikemas dengan tampilan lebih steril. 

Tampilan yang terlihat lebih bersih dengan pembungkus plastik keras ini membuat es Wawan tetap ramai pembeli, baik dari kalangan anak kecil ataupun anak-anak sekolah. 

10. Mi Instan Gelas

Jika mau lebih kreatif, mie instan juga bisa diolah kembali menjadi usaha jualan makanan dengan modal 20 ribu yang lebih menguntungkan. 

Misalnya menggunakan mi instan gelas atau jenis lainnya yang harganya terjangkau. Mi bisa langsung diolah ketika ada pembeli dan diletakkan dalam gelas agar mudah dibawa kemana-mana. 

11. Cilor Goreng

Cilor adalah singkatan dari cilok telor yang melapisi cilok pada umumnya dengan olahan telur. Ini salah satu variasi jajanan cilok yang lebih unik dan langka, sehingga peluangnya juga lebih besar dibandingkan cilok biasa. Untuk menghemat modal, cilor bisa dikemas dengan mangkuk sendiri ataupun ditusuk menggunakan tusuk sate.

12. Tahu Petis

Di daerah Jawa Timur, tahu petis sangat digemari semua kalangan. Terlebih oleh pekerja kasar yang belum sempat sarapan di pagi hari. Penyajiannya sangat gampang, cukup dengan menggoreng tahu seperti biasa.

Baca Juga  12 Peluang Usaha Modal 20 Juta yang Menguntungkan (Auto Cuan!)

Selanjutnya, bisa membuat bumbu petis sebagai pelengkapnya. Ketika disajikan hangat dan dimakan dengan olahan petis, tahu akan membuat pembeli ketagihan dan menjadikannya sebagai alternatif sarapan.

13. Es Kepal

Tidak harus mengeluarkan modal besar untuk membuat es kepal dan dijual kepada anak-anak. Gunakan saja bahan seadanya yang mudah ditemukan dan lebih terjangkau. Misalnya memakai bubuk milo sachet atau bahkan cukup dengan bahan sebotol sirup.

Selanjutnya bisa mulai membuat olahan pecahan es dan dikepal lalu dicampuri dengan sirup aneka rasa agar lebih segar saat disantap. Dijamin ide jualan makanan dengan modal 20 ribu berupa es ini laris saat musim kemarau. 

14. Rujak Buah

Berjualan rujak buah kelihatannya memang membutuhkan modal besar. Padahal sebagai awalan, rujak buah cukup membutuhkan modal 20 ribu untuk membeli 2 jenis buah ukuran kecil saja. Lalu bubunya bisa diolah sendiri dan dikemas di atas mika plastik.

Saat rujak sudah diminati dan mendapatkan banyak pelanggan, modal 20 ribu tadi bisa diperbesar dengan memperbanyak produksinya. 

15. Mi Lidi Level Pedas

Membuat mi lidi memang membutuhkan keahlian khusus agar rasanya renyah dan memiliki nilai jual. Apabila memiliki dua modal utama ini, usaha mi lidi pedas bisa dijadikan inspirasi usaha bisnis makanan ringan dengan modal 20 ribu dengan modal kecil. 

Keuntungannya bisa sangat besar karena penggemar jajanan super pedas yang satu ini sangat banyak. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga orang dewasa. 

Demikianlah 14 inspirasi jualan makanan dengan modal 20 ribu yang sangat menguntungkan. Agar usaha dengan modal kecil-kecilan ini bisa sukses, pastikan juga untuk pandai mencari peluang dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat berjualan.

Apabila lingkungannya strategis dan mendukung, tentu segala usaha dengan modal kecil ini juga berpotensi untuk sukses.

Related Posts